Wisata Samarinda – Asri, Sejuk dan Hijau di Segala Tempat

0
292

Wisata Samarinda – Asri, Sejuk dan Hijau di Segala Tempat

Merupakan ibukota dari provinsi Kalimantan Timur, kota Samarinda menjelma menjadi kota yang penduduknya paling padat di Kalimantan. Selama ini, kota Samarinda hanya terkenal dengan kain tenun khas yang biasanya mempunyai motif kotak-kotan dengan paduan dan corak berbagai warna yang berbeda. Kenyataannya, bukan hanya tenun, wisata Samarinda pun patut untuk anda perhitungkan. Banyak pontesi terpendam di kota ini.

Tak banyak dikenal memang, wisata Samarinda masih tertutup dari publikasi yang luas. Tapi, menurut penulis justru inilah daya tarik yang bisa menjadi sangat menarik bila anda mengetahuinya lebih lanjut. Inilah beberapa rekomendasi penulis tentang wisata Samarinda yang berpontensial.

1. Air Terjun Tanah Merah – Wisata Samarinda Menyegarkan

Berada tepat di dusun Purwosari, kecamatan Samarinda Utara, anda bisa menuju destinasi wisata ini yang jaraknya kurang lebih 14 km dari pusat kota Samarinda. Pun dengan akses kendaraan umum, anda bisa mencapai lokasi wisata Samarinda Air Terjun Tanah Merah dengan mudahnya.

Air Tejun Tanah Merah
Air Tejun Tanah Merah

Tergolong amat unik, air terjun yang tingginya mencapai 15 meter ini mempunyai karakter air yang jernih dan teramat bersih. Lalu, ketika air terjun mencapai dasar, tiba-tiba air yang tadinya jernih menjadi keruh kemerahan. Wah, kok bisa? Ini karena dasar tanah pada lokasi air terjun ini mempunyai tanah berjenis gambut.

Tak ingin badan dan tubuh basah terkena air? Duduk-duduk di gazebo sembari menikmati pemandangan dan udara jernih bisa jadi opsi anda untuk bersantai. Apalagi dengan menyantap hidangan dari warung sekitar lokasi wisata, sungguh nikmat rasanya jika dibayangkan.

2. Desa Budaya Pampang – Wisata Samarinda Sekaligus Belajar Budaya

BACA JUGA:  Beberapa Tempat Wisata di Samarinda Yang Menarik

Selain menikmati budaya penduduk setempat, wisata Samarinda ini sangat banyak peminatnya, lho! Desa budaya Pampang dihuni oleh penduduk asli yang merupakan suku Dayak Kenyah. Pada hari Minggu setiap pukul 1 siang hingga 3 sore, akan diadakan pertunjukkan dan kebolehan seni oleh penduduk lokal di gedung pertemuan desa.

Yang membuat salah satu wisata Samarinda ini unik adalah anda harus mengenakan pakaian adat ketika melihat dan berkunjung. Tak perlu khawatir, anda bisa menyewa pakaian adat dan mengabadikannya dengan berfoto di rumah adat.

3. Kebun Raya Unmul – Wisata Samarinda Asri

Berjarak kurang lebih 10 km dari pusat kota, Samarinda, Kebun Raya Unmul adalah hal milik dari Universitas Mulawamana yang terbuka untuk akses umum. Biaya masuk ke wisata Samarinda yang satu ini hanyalah lima ribu rupiah.

Kebun Raya Unmul
Kebun Raya Unmul

Di dalam kebun raya Unmul, anda bisa mengelilingi danau yang ukurannya sangat besar dengan cara menyewa sepeda air. Andong pun tersedia untuk anda yang ingin berwisata mengelilingi destinasi wisata ini.

4. Telaga Permai Batu Besaung – Wisata Samarinda Bertema Kawasan Hijau

Ingin menikmati sensasi berkemah dekat air terjun di wisata Samarinda? Coba deh kunjungi Telaga Permai Batu Besaung.

Telaga Permai Batu Besaung
Telaga Permai Batu Besaung

Berjarak kurang lebih 15 kilometer dari pusat kota, tanah di kawasan telaga ini punya ketinggian yang berbeda-beda. Sehingga, aliran air sungai yang mengalir di wisata Samarinda ini nampak seperti air terjun tapi lebih pendek.

Yap, cuku menarik memang beberapa tempat dan objek wisata Samarinda. Selain keindahan hutan Kalimantan yang memang salah satu terbesar di dunia, wisata di kota Samarinda ini perlu anda datangi untuk sekadar mampir dan melepas penat di kota besar lain.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here