Wisata Kepulauan Seribu – Pulau Tidung

0
53
Pulau Tidung
Pulau Tidung

Wisata Kepulauan Seribu – Pulau Tidung

Selalu ada kekayaan alam Indonesia yang mampu dikagumi keindahannya. Kali ini tempat wisata alam yang sayang sekali jikalau dilewatkan ialah Pulau Tidung. Tahukah Anda di mana letak Pulau Tidung? Pulau Tidung berada dalam deretan Kepulauan Seribu.

Jika Anda tinggal di daerah Jakarta dan sekitarnya, lokasi Pulau Tidung tentunya tak terlalu jauh, ya. Tak ada salahnya menikmati libur tamat pekan dengan suasana yang berbeda. Jika biasanya Anda menghabiskan libur tamat pekan dengan berkeliling mal saja, coba sesekali menyeberang dengan kapal feri dari Pelabuhan Muara Angke atau dengan memakai speedboat dari Marina, Ancol.

Berada di Pulau Tidung, bersiaplah untuk berdecak kagum melihat keindahan pulau seluas 109 hektar ini. Pulau Tidung sendiri terbagi menjadi dua bab utama, yaitu Pulau Tidung Besar dan Pulau Tidung Kecil. Kedua bab pulau ini dihubungkan oleh sebuah jembatan yang sangat fenomenal.

Pulau Tidung Besar merupakan daerah pemukiman warga. Warga di sini banyak yang berprofesi sebagai nelayan, pemandu wisata ataupun pengelolah penginapan. Karena menjadi daerah pemukiman, di Pulau Tidung Besar sudah dibangun banyak fasilitas umum mirip sekolah, klinik, pasar dan juga kantor pemerintahan daerah setempat. Jumlah warga di pulau ini merupakan jumlah terbesar di antara pulau-pulau yang berada dalam daerah Taman Nasional Kepulauan Seribu.

Menyeberang ke Pulau Tidung Kecil, Anda mampu menikmati keindahan alam yang luar biasa. Berbeda dengan Pulau Tidung Besar yang dihuni oleh banyak warga, Pulau Tidung Kecil tidak berpenghuni. Anda mampu menikmati suasana yang damai dan melupaka rutinitas harian Anda di perkotaan. Di sini juga terdapat hutan bakau yang sengaja dikembangkan warga untuk menghindari pengikisan pantai. Ombaknya yang relatif damai menciptakan Anda tak perlu khawatir jikalau ingin berenang.

Selain berenang, masih ada banyak acara menarik yang mampu Anda lakukan di sini. Karena menjadi tempat wisata andalan, Pulau Tidung mempunyai banyak fasilitas pendukung yang menyenangkan bagi wisatawan mirip kano, jetski, banana boat dan donut boat. Kegiatan yang menjadi favorit di sini tentu saja menyelam dan snorkeling.

Menyelam dan snorkeling di perairan tempat wisata ini akan menjadi pengalaman yang tak terlupakan. Perairan Pulau Tidung sangat kaya dengan biota maritim yang beragam. Dengan menyelam, Anda mampu berinteraksi pribadi dengan ikan-ikan kecil berwarna-warni yang berenang lincah dan juga bersentuhan dengan koral bermacam-macam bentuk dan warna yang tentunya sangat cantik.

Snorkeling di tempat wisata ini tak kalah menarik. Anda tak perlu mempunyai keahlian berenang ataupun menyelam untuk mampu mencoba pengalaman snorkeling. Anda juga tak perlu membawa alat snorkeling jauh-jauh dari rumah. Di sini tersedia tempat penyewaan perlengkapan snorkeling, dengan biaya 35.000 Rupiah saja Anda sudah mampu memakai perlengkapan ini. Jika ragu melaksanakan acara ini sendiri, Anda mampu menyewa jasa pemandu dengan biaya 100.000 Rupiah saja.

Berkeliling Pulau Tidung pun mampu menjadi pilihan menyenangkan. Anda mampu berjalan kaki berkeliling perkampungan dan berinteraksi dengan warga setempat atau berjalan ke pantainya. Jika tak ingin berjalan kaki, tersedia tempat penyewaan sepeda dengan biaya hanya 15.000 Rupiah. Ingin mencoba pengalaman yang berbeda? Cobalah sewa bahtera nelayan dengan tarif 400.000 Rupiah per hari. Dengan bahtera ini, Anda mampu berlayar ke pulau tetangga dan juga memancing di maritim lepas. Menyenangkan, ya.

BACA JUGA:  Kecantikan Pantai Sepanjang, Julukan ‘Kuta Tempo Dulu’ yang Masih Melekat

Waktu terbaik untuk berkunjung ke tempat wisata ini ialah antara bulan April – Oktober. Hal ini dikarenakan cuaca sedang baik sehingga planning acara Anda mampu berjalan dengan baik. Satu lagi yang perlu diingat ialah di tempat wisata ini tidak ada mesin ATM. Makara sebaiknya Anda membawa uang dalam jumlah yang cukup.

Jembatan Cinta

Jembatan Cinta sudah menjadi sebuah ikon di Pulau Tidung. Jembatan sepanjang 800 meter yang menghubungkan antara Pulau Tidung Besar dan Pulau Tidung Kecil ini menjadi salah satu spot favorit para wisatawan yang tiba ke tempat wisata ini. Setiap sore hari, Jembatan Cinta banyak dipenuhi wisatawan yang ingin menyaksikan momen matahari terbenam khas Pulau Tidung yang populer anggun ini.

Jembatan ini juga menjadi tempat belum dewasa setempat ‘terjun bebas’ dari ketinggian sekitar 6 meter. Tak perlu merasa ngeri, belum dewasa di Pulau Tidung sudah biasa melaksanakan atraksi ini. Terjun dengan aneka macam gaya kemudian berenang dengan ceria. Anda juga mampu ikut terjun bersama mereka.

Terjun dari jembatan ini juga menjadi asal mula nama Jembatan Cinta. Konon, jikalau ingin cepat menemukan jodoh, Anda mampu mencoba terjun dan berenang di sini. Untuk yang sudah mempunyai pasangan, terjun berdua akan menciptakan relasi asmara langgeng dan semakin tak terpisahkan.

Sejarah Pulau Tidung
Tidung dalam bahasa setempat berarti ‘berlindung’. Hal ini dikarenakan berdasarkan cerita, pulau ini dijadikan sebagai lokasi persembunyian dari kekejaman bajak maritim pada zaman dahulu. Selain itu, Pulau Tidung menjadi tempat penyusunan seni manajemen perang dikala pasukan Fatahillah menyerang Malaka.

Menurut warga setempat, Pulau Tidung telah menjadi tempat tinggal nenek moyang mereka semenjak tahun 1800an, tepatnya sehabis meletusnya Gunung Krakatau. Nenek moyang mereka dominan bekerja sebagai nelayan, hal ini menjadi profesi turun temurun hingga kemudian Pulau Tidung menjadi salah satu tempat wisata andalan. Warga mulai beralih profesi sebagai pemandu wisata dan membuka penginapan untuk wisatawan yang datang.

Fasilitas

Untuk fasilitas selama di Pulau Tidung, Anda mampu menginap di rumah warga atau homestay. Kebanyakan penginapan telah dilengkapi dengan pendingin udara atau AC, sehingga Anda tak perlu khawatir akan merasa tak nyaman alasannya ialah kepanasan. Selain itu, banyak penginapan juga yang menyediakan paket makan. Dengan biaya tertentu, Anda mampu menerima fasilitas makan 3x sehari.

Jalanan di pulau ini kecil dan terkadang menciptakan wisatawan sedikit kebingungan dikala ingin kembali ke penginapan. Untuk itu, sebaiknya Anda mencatat nama pemilik dan nomor rumah penginapan Anda, sehingga Anda mampu bertanya arah ke warga jikalau mengalami kesulitan.

Oleh-oleh
Untuk oleh-oleh, Anda mampu membeli bermacam-macam hasil kerajinan tangan warga setempat. Tersedia juga jajanan mirip manisan rumput laut, keripik sukun, asinan cumi dan manisan buah ceremai.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here