Wisata Curug Cipamingkis, Tempat Indah Dengan Fasilitas Lengkap

0
39
Spot Foto Jembatan Cinta
Spot Foto Jembatan Cinta

Wisata Curug Cipamingkis, Tempat Indah Dengan Fasilitas Lengkap

Aktivitas padat setiap hari, baik itu bekerja, sekolah, les, training dan sebagainya rawan berujung pada rasa lelah dan penat. Terutama bila Anda tinggal di daerah kota besar mirip Jakarta yang dipenuhi dengan segudang masalah. Rasanya ingin mampu berlibur ke suatu tempat dan memanfaatkan waktu berkumpul bersama keluarga maupun para sahabat. Mulai dari sekarang, aturlah acara untuk refreshing sejenak. Anda berhak menerima jatah menenangkan jiwa dan raga.

Lalu ke mana tujuan wisata yang patut disambangi semoga memperoleh semua itu? Jika anda tinggal di Jakarta dan sekitarnya, tidak perlu jauh-jauh. Pergilah ke daerah Bogor dan kunjungi Curug Cipamingkis.

Destinasi ini mempunyai akomodasi memadai yang lengkap, sehingga para pengunjung mampu menikmati suasana dengan nyaman. Kelebihan dari Curug Cipamingkis yakni dari pengelolanya.

Jika biasanya sebuah curug dikelola oleh warga sekitar maupun organisasi tertentu, Cipamingkis sudah dikelola oleh Perum Perhutani. Tak heran bila segala layanan di dalamnya begitu memuaskan.

Lokasi Curug Cipamingkis
Alamat lengkap Curug Cipamingkis berada di Desa Wargajaya, Kecamatan Sukamakmur, Bogor, Jawa Barat. Jarak dari sentra kota Bogor kurang lebih 44 kilometer. Membutuhkan waktu kira-kira 1,5 jam hingga 2 jam untuk hingga ke titik lokasi. Lalu untuk alat transportasi yang mampu dipakai yakni kendaraan pribadi, mirip sepeda motor maupun mobil. Sedangkan kendaraan umum belum mampu mengantarkan hingga lokasi.

Selain itu, jarak parkiran hingga Curug pun relatif dekat. Kebanyakan tempat wisata curug lain mempunyai jarak cukup jauh dari latar parkirnya, menciptakan sehingga gampang lelah. Tapi di Curug Cipamingkis Anda tidak perlu berjalan jauh lagi.

Pilihan Rute Menuju Curug Cipamingkis
Bagi Anda yang belum pernah mampir ke Curug Cipamingkis niscaya membutuhkan rute menuju ke sana. Berikut ini ada beberapa jalur yang mampu Anda pilih sesuai impian :

Dari Arah Bekasi
Bila keberangkatan dari Bekasi, maka Anda mempunyai 3 pilihan, yaitu melalui Tol Jagorawi, Tol Jakarta-Cikampek maupun Jalan Raya Nagorong. Bagi yang menentukan Tol Jagorawi, perjalanan dimulai dengan menuju tol JORR hingga ke pintu keluar wilayah Gunung Putri. Kemudian belok kanan ke arah Mayor Oking. Teruskan saja hingga di pertigaan sebelum Pasar Baru Citereup. Pilih jalur menuju Cibadak. Nantinya Anda akan tembus ke pertigaan Pasar Sukamakmur Jonggol. Lanjutkan hingga tiba di Jalan Kp. Ciherang dan bertemu dengan Rumah Makan Banoyaya. Terakhir ikuti petunjuk arah hingga tujuan.

Berbeda lagi kalau Anda menentukan Tol Jakarta-Cikampek. Arahkan perjalanan menuju pintu exit ke arah Lemahabang. Lanjutkan hingga menemukan Polsek Cikarang Selatan. Teruskan hingga melewati Celecton Blue Cikarang, berbelok ke kiri, kemudian belok kanan menuju Pasar Cibarusah sehabis pertigaan kedua Kantor Pos Cibarusah. Ambillah jalur sebelah kiri menuju Jonggol hingga Anda melintasi Pasar Baru Jonggol. Anda akan hingga di Alun-Alun Jongol, kemudian belok kiri hingga pertigaan ke Jalan Kb Danas. Lanjutkan kembali perjalanan mirip petunjuk sebelumnya.

Sedangkan jalur melalui Jalan Raya Narogong hampir sama. Acuan Anda yakni Taman Mekarsari. Setelah melewati tempat tersebut, arahkan kendaraan menuju Jonggol. Jalur perjalanan selanjutnya sama dengan rute melalui Tol Jakarta-Cikampek.

Dari Cianjur
Keberangkatan dari Cianjur dimulai dengan melintasi jalur Istana Cipanas. Kemudian teruskan perjalanan hingga ke Polsek Pacet dan belok kanan. Selanjutnya Anda akan bertemu dengan jalan yang bentuknya cagak tiga.

Ambillah jalur di sisi kanan kemudian arahkan kendaraan ke Jalan Puncak Dua. Dari sini, teruskan hingga melewati Sekolah Menengah Pertama 3 Cipanas. Ikuti jalan dan lihat petunjuk arah hingga melintasi Curug Arca. Lalu tinggal belok kiri dari pertigaan dan Anda hingga ke tujuan.

Dari Jakarta
Rute dari Kota Jakarta sendiri tidaklah rumit. Bagi Anda pengguna mobil, maka mampu melalui Tol Cibubur. Jalur yang harus dilewati yakni mulai dari Tol Cibubur, kemudian lanjutkan hingga Gunung Putri. Selepas itu Anda akan tiba di Jonggol.

Teruskan perjalanan hingga wilayah Sukamakmur dan tembus ke Desa Wargajaya. Terakhir, sampailah di Curug Cipamingkis. Perjalanan akan semakin gampang bila memakai aplikasi Maps yang ada di Smartphone.

Mitos di Curug Cipamingkis
Sebagian besar tempat-tempat di Indonesia masih dipercaya mempunyai legenda maupun mitos, tak terkecuali Curug Cipamingkis ini. Mitos-mitos yang beredar memang diyakini oleh warga sekitar dan para pengunjungnya. Bahkan tak hanya satu mitos.

BACA JUGA:  Bukit Indah Simarjarunjung, Mengagumi Indahnya Bumi Sumatera

Mitos pertama bekerjasama dengan asmara atau percintaan. Konon katanya bila ada seseorang yang masih single dan mandi di bawah penderasan dengan niat ingin bertemu jodoh, maka permintaannya tersebut akan dikabulkan.

Lalu mitos kedua yakni wacana ‘penghuni’ Curug Cipamingkis. Begitu Anda masuk ke daerah curug yang dipenuhi dengan pepohonan, aura mistis memang terasa begitu kental. Kabarnya penghuni Curug yakni seekor jelmaan ular naga paduan dari Pangeran Langit. Masyarakat setempat pun menyebutnya sebagai Dewi Ular atau Ratu Ular.

Sementara mitos ketiga ini dialami sendiri oleh salah satu pengunjung Curug. Belum terlalu terperinci siapa orangnya dan kapan peristiwa tersebut terjadi. Namun berdasarkan keterangan beberapa sumber, seorang pengunjung secara tak sengaja bertemu dengan makhluk ghaib yang menyorotkan mata berbinar merah dan tajam ke arahnya. Setelah itu ia mencicipi ada suatu kekuatan yang masuk ke dalam dirinya. Ternyata kekuatan tersebut membuatnya mempunyai ‘daya tarik’ khusus di mata lawan jenis dan kekerabatan percintaannya.

Daya Tarik Curug Cipamingkis
Sebagai obyek wisata yang mempunyai wahana komplit, tempat ini mempunyai daya tarik yang sayang bila ditinggalkan. Para pengunjung niscaya tak akan kecewa dengan sajian mirip ini :

Keelokan Air Terjun

Daya tarik pertama pastilah dari air terjunnya. Curug Cipamingkis berasal dari kata Curug dan Cipamingkis. Curug merupakan bahasa Sunda yang berarti air terjun. Sedangkan Cipamingkis diambil dari kata ‘pamungkas’ yang artinya terakhir.

Perlu diketahui bahwa curug ini berasal dari pertemuan 2 buah sungai yang mengaliri Bogor, yaitu Sungai Cipamingkis dan Sungai Cisarua. Kemudian nama penderasan diambil dari salah saru nama sungai tersebut.

Air terjun Cipamingkis sendiri mempunyai tebing yang tidak terlalu tinggi. Sekitar 10 – 15 meter saja. Para pengunjung pun masih kondusif untuk mencicipi pancuran penderasan maupun bermain air di sekitarnya. Debit air juga tidak mengecewakan deras, sehingga ketika ekspresi dominan kemarau pun masih mengalir. Sedangkan bila ekspresi dominan hujan, air kemungkinan jadi sedikit keruh.

Berbagai Wahana Spot Foto

Daya tarik selanjutnya yakni didirikannya banyak sekali wahana spot foto mengagumkan. Pembangunan wahana-wahana ini berhasil menarik perhatian para pengunjung. Terutama bagi mereka yang mempunyai hobi hunting foto.

Beberapa spot tersebut yakni Gardu Pandang, Foto Bintang, Jembatan Cinta, Perahu Asmara, Stone Garden, Taman Barathayuda dan Rumah Pohon. Anda mampu mencoba semua wahana tersebut satu per satu untuk menerima koleksi foto yang kece.

Camping Ground
Fasilitas yang tak kalah mengagumkan di Curug Cipamingkis ini yakni tersedianya camping ground. Meskipun sudah banyak villa yang dibangun di sekitar Curug, akan tetapi pengalaman berkemah justru lebih menyenangkan.

Apalagi jikalau dilakukan bersama keluarga, tentu mampu mempererat kekerabatan masing-masing anggotanya. Anda mampu menentukan memakai tenda yang dibawa sendiri atau menyewa tenda dari pengelola. Anda hanya perlu membayar 31 ribu rupiah untuk berkemah di sini.

Berbagai Fasilitas Pendukung Lainnya
Bagi Anda pecinta outdoor activity, Curug Cipamingkis menyediakan area outbond dan juga jogging track. Bila sehabis melaksanakan semua acara perut terasa lapar, Anda mampu mendatangi Saung sebagai tempat makan dan istirahat. Mushola untuk beribadah dan toilet juga ada. Sangat lengkap bukan?

Jam Buka Curug Cipamingkis
Curug Cipamingkis dibuka setiap hari di hari kerja maupun hari libur. Kemudian jam buka dan tutupnya sendiri mulai pukul 08.00 – 18.00 bagi para pengunjung yang tidak menginap.

Namun di dikala liburan panjang tiba, sebaiknya datanglah sedari pagi, alasannya yakni obyek wisata belum dipenuhi oleh para pengunjung dari dalam maupun luar kota.

Harga Tiket Masuk ke Curug Cipamingkis
Untuk mampu menikmati keindahan panorama Curug Cipamingkis, Anda tidak perlu membayar mahal. Per tahun 2018 tiket masuknya sebesar 15 ribu rupiah dan 3 ribu rupiah retribusi Perhutani. Lalu Anda juga masih dikenakan biaya parkir motor sebesar 2 ribu rupiah dan kendaraan beroda empat 4 ribu rupiah.

Harga-harga ini mampu saja berubah sewaktu-waktu, tergantung dari kebijakan Perum Perhutani sebagai pengurus.

Apakah Anda tertarik berkunjung ke Curug Cipamingkis? Tentukanlah waktu yang tepat. Perkiraan cuaca juga sangat penting demi keamanan bersama. Jangan lupa pakai pula sepatu khusus untuk treking atau mendaki yang lebih besar lengan berkuasa berpijak.

Selamat berlibur!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here