Wisata Bali Yang Indah – Tanjung Benoa

0
51
Tanjung Benoa
Tanjung Benoa

Wisata Bali Yang Indah – Tanjung Benoa

Bali tak pernah kehabisan pesona. Mengunjungi Bali, Anda akan butuh waktu yang usang untuk tinggal dan menikmati tiap jengkal keindahannya. Mendengar kata Bali, mungkin yang terlintas di pikiran Anda ialah Pantai Kuta, Pantai Sanur atau Pantai Legian. Bagaimana dengan Pantai Tanjung Benoa?

Pantai Tanjung Benoa bahu-membahu tak kalah terkenal dibanding ketiga pantai tersebut. Tempat wisata yang terletak di sisi selatan Pulau Bali ini mempunyai keunikan dengan ujung pantainya yang menyempit. Namun, tentu saja hal ini tak mengurangi keindahan pantai yang terletak di Bali ini. Pantai ini terletak sekitar 15 km dari Bandara Internasional Ngurah Rai dan berjarak sekitar 40 menit berkendara dari Denpasar.

Pantai Tanjung Benoa mempunyai ombak yang tak begitu besar, sehingga cukup ideal untuk acara air mirip parasailing, jet ski, snorkeling dan beberapa acara lainnya. Selain itu, untuk Anda yang tiba bersama belum dewasa tak perlu khawatir, bermain pasir di tepi pantai juga menjadi acara yang kondusif dan menyenangkan.

Seperti beberapa pantai lainnya di Bali, Pantai Tanjung Benoa dahulu merupakan sebuah perkampungan nelayan dan pelabuhan dagang bagi saudagar Cina. Pada tahun 1980an, pantai ini mulai dikembangkan menjadi sebuah tempat wisata alasannya menyadari potensi wisatanya yang cukup besar. Dengan hamparan pasir putih dan keindahan alam bawah lautnya, Pantai Tanjung Benoa diyakini akan menjadi tempat wisata yang banyak diminati.

Jalan Pratama yang merupakan jalan utama di daerah ini menjadi jalanan yang paling ramai. Sepanjang Jalan Pratama terdapat gugusan penginapan, restoran, toko suvenir dan juga galeri seni. Untuk dilema kuliner, Anda tak perlu khawatir. Di sini terdapat banyak warung makan dengan harga terjangkau hingga restoran mahal berkelas yang sama-sama menyajikan masakan khas bahari yang lezat.

Apa saja yang menarik dari Pantai Tanjung Benoa?

Tempat wisata ini tak hanya memberikan panorama pantai saja, masih ada tempat-tempat menarik yang wajib Anda kunjungi mirip yang berikut ini:

Perkampungan nelayan

Dikembangkan menjadi salah satu tempat wisata andalan di Bali bukan berarti daerah Tanjung Benoa lepas begitu saja dari sejarahnya. Di sini, Anda masih mampu mengunjungi perkampungan nelayan setempat yang terletak di ujung utara semenanjung ini.

BACA JUGA:  Batu Secret Zoo, Kebun Binatang Modern Dengan 5 Area Cantik

Awalnya, sebagian besar penduduk di sini memang bekerja senagai nelayan, hingga lalu daerah Tanjung Benoa mulai dikembangkan menjadi sebuah tempat wisata. Sebagian penduduk beralih profesi dengan membuka bisnis di bidang pariwisata.

Di sini, Anda juga mampu mengunjungi Pasar Desa Pakraman yang merupakan pasar tradisional setempat. Di pasar ini, nelayan menjual ikan segar hasil tangkapannya dengan harga yang lebih terjangkau dibanding membelinya di supermarket terdekat.

Pulau Penyu

Jangan lupa mengunjungi Pulau Penyu yang merupakan daerah konservasi penyu di Tanjung Benoa. Dari pantai, Anda perlu berlayar sekitar 30 menit dengan bahtera untuk mencapai Pulau Penyu.

Perahu yang dipakai untuk berlayar pun cukup unik. Bagian bawah bahtera ini terbuat dari beling transparan. Hal ini mampu memudahkan Anda untuk melihat keindahan alam bawah bahari di perairan Tanjung Benoa.

Tiba di Pulau Penyu, Anda mampu melihat penyu mulai dari masih berbentuk telur, tukik hingga dengan penyu dewasa. Tak hanya itu, Anda juga mampu membeli cinderamata bertema penyu mirip gantungan kunci, kaos dan topi.

Pasar Malam

Ingin menikmati suasana malam yang berbeda di Bali selain kafe dan pub malam? Datang saja ke Pasar Malam yang terletak di Jalan Pratama. Di sini, Anda mampu menikmati bermacam-macam masakan khas Bali dengan nuansa khas Bali yang kental.

Silakan menikmati jajanan dan kopi seduh yang khas dengan diiringi pertunjukan seni Bali. Jangan lupa merasakan arak khas Bali yang dibentuk memakai resep dan cara tradisional yang masih terjaga hingga ketika ini.

Situs keagamaan

Selain dikenal dengan keindahan alamnya, Bali juga terkenal dengan budayanya yang kental. Di sini terdapat Pura Taman Beji dan Klenteng Caow Eng Bio.

Pura Taman Beji merupakan salah satu pura Hindu tertua di daerah Tanjung Benoa. Pura ini dahulu hanya dipakai oleh keluarga kerajaan saja. Selain arsitektur pura, Anda juga masih mampu menikmati keindahan bahari dari sini. Karena fungsinya sebagai tempat ibadah, Anda tak diperbolehkan masuk ke pura bila berpakaian kurang sopan.

Klenteng Caow Eng Bio merupakan klenteng tertua di Tanjung Benoa dan masih berfungsi hingga ketika ini. Klenteng ini mencapai puncak keramaiannya setiap perayaan hari Imlek dan Waisak.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here