Wisata Bali – Pantai Pandawa

0
67
Pantai Pandawa
Pantai Pandawa

Wisata Bali – Pantai Pandawa

Pantai Pandawa merupakan sebuah tempat yang sempurna bagi Anda yang kurang menyukai keramaian ketika liburan. Tempat wisata di Bali ini tergolong masih gres dan tidak seramai Pantai Kuta, Pantai Legian dan Pantai Seminyak.

Tempat wisata ini dahulu disebut dengan nama Secret Beach alasannya lokasinya yang berada di balik tebing kapur tinggi, sehingga tak banyak orang yang mengetahui keberadaannya. Sekarang, pemerintah daerah telah membuka jalan masuk masuk dengan menciptakan jalan sepanjang 1,5 km membelah tebing kapur.

Nama tempat wisata ini didapatkan dari adanya lima buah patung Pandawa, legenda dalam pedoman Hindu, yang menghadap pantai. Di tebing kapur tersebut dibentuk lubang-lubang untuk menempatkan kelima patung Pandawa, yang terdiri dari Yudistira, Bima, Arjuna dan si kembar Nakula – Sadewa.

Tempat wisata yang juga disebut dengan Pantai Kutuh ini mempunyai keindahan yang tak kalah dibandingkan pantai lainnya di Bali. Hamparan pasir putih dan airnya yang biru kehijauan menciptakan siapa saja betah berlama-lama menikmatinya dengan duduk di formasi bangku malas di pantai ini.

Jika Pantai Kuta dikenal dengan pemandangan matahari terbenamnya, maka pantai yang menghadap timur ini mempunyai pemandangan matahari terbit yang mampu diandalkan. Tak jarang, dari sini Anda mampu melihat wisatawan yang melaksanakan paragliding dari Bukit Timbis, terbang melewati atas pantai.

Setiap tahunnya, Pantai Pandawa dijadikan lokasi untuk upacara Malesti yang merupakan sebuah upacara dalam rangkaian peringatan hari raya Nyepi. Upacara Malesti bertujuan untuk menyucikan diri dari segala kesalahan dan perbuatan jelek yang dilakukan di masa lalu. Selain itu, di daerah pantai ini juga terdapat kegiatan budidaya rumput bahari yang dilakukan nelayan setempat.

Untuk mampu menikmati segala keindahan pantai ini, Anda hanya perlu membayar sebesar 2.000 Rupiah untuk WNI dan 5.000 Rupiah untuk WNA. Murah sekali, bukan?

Apa yang mampu dilakukan di Pantai Pandawa?
Berikut beberapa hal menarik yang mampu Anda lakukan di Pantai Pandawa:

Hunting foto

Keindahan Pantai Pandawa menciptakan siapa pun ingin mengabadikannya dalam bingkai foto. Hamparan pasir putih dan air biru kehijauannya menjadi pemandangan kontras dan cantik. Jika ingin mengambil foto dengan angle yang berbeda, cobalah naik ke atas tebing dan bidik gambar terbaik dari tempat wisata ini.

Karena keindahannya, Pantai Pandawa juga seringkali dijadikan lokasi untuk foto prawedding dan pengambilan gambar untuk keperluan komersil mirip iklan dan juga film.

Berjemur dan dipijat

Di pantai ini tersedia bangku malas dilengkapi payung yang mampu Anda sewa untuk berjemur. Siapkan materi bacaan, suasana pantai yang hening sangat cocok kalau dinikmati sambil membaca buku favorit Anda. Sambil berjemur dan membaca, Anda juga mampu memanggil tukang pijat yang berkeliling di sekitar pantai.

BACA JUGA:  Grafika Cikole, Wisata Karakter Building di Hutan Pinus Bandung

Berselancar

Ombak di Pantai Pandawa tergolong ideal untuk berselancar. Menurut warga sekitar, terungkapnya eksistensi pantai ini juga tak lepas dari beberapa wisatawan yang dahulu seringkali membawa papan selancarnya berjalan menuju ke arah pantai ini. Banyak yang ingin tau mengapa mereka melewati tebing dengan membawa papan selancar. Saat itulah eksistensi pantai ini mulai diketahui banyak orang hingga sekarang.

Berlayar

Jika tak puas menikmati keindahan pantai ini dari atas pasir putihnya saja, Anda mampu berlayar ke bahari lepas. Tersedia bahtera dayung yang disewakan dengan harga 15.000 Rupiah untuk Anda gunakan menyusuri jernihnya air bahari di sini. Jangan lupa untuk menyewa baju pelampungnya juga dengan harga 10.000 Rupiah demi keamanan dan keselamatan Anda.

Belajar budidaya rumput laut

Menjelang sore, banyak nelayan yang tiba memunguti rumput bahari yang terdampar alasannya terbawa ombak. Di daerah pantai ini memang terdapat budidaya rumput bahari oleh nelayan setempat. Selain mengambil rumput bahari yang telah mati dan terbawa ombak ke tepi pantai, para nelayan ini juga melaksanakan penanaman rumput bahari untuk menjaga kelestarian alam di Pantai Pandawa.

Jika di Pantai Kuta Anda mampu ikut dalam kegiatan pelepasan tukik ke laut, di sini Anda mampu ikut dalam upaya penanaman rumput bahari bersama para nelayan. Meskipun sedang berlibur, namun upaya menjaga lingkungan tentu tetap wajib dilakukan, ya.

Wisata masakan dan berburu suvenir

Meskipun tergolong tempat wisata yang baru, namun fasilitas di Pantai Pandawa sudah cukup lengkap. Di sini, terdapat formasi warung makan dan juga kios yang menjual aneka suvenir khas pantai.

Jangan lupa merasakan aneka olahan sea food yang mampu memuaskan pengecap dan perut Anda. Untuk oleh-oleh, Anda mampu membelinya di kios suvenir sekitar pantai. Beragam pernak-pernik dan aksesoris mampu Anda temukan di sini, mulai dari gantungan kunci dari kerang, frame foto berhias pasir pantai hingga gelang dan kalung kayu dengan gesekan khas Bali.

Transportasi dan akomodasi

Pantai Pandawa terletak di Desa Kutuh, Kecamatan Kutu Selatan, Badung. Tempat wisata ini berjarak sekitar 18 km dari Bandara Internasional Ngurah Rai, namun sayangnya tidak ada transportasi umum yang melewati lokasi ini. Cara paling mudah ialah dengan memakai kendaraan pribadi, taksi atau dengan menyewa kendaraan beroda empat atau motor.

Untuk akomodasi, penginapan terdekat ada di daerah Nusa Dua yang berjarak sekitar 3 km dari tempat wisata ini.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here