Trekking ke Curug Tilu Leuwi Opat Lembang

0
6
Jembatan Kayu 2 Curug Tilu Leuwi Opat
Jembatan Kayu 2 Curug Tilu Leuwi Opat

Trekking ke Curug Tilu Leuwi Opat Lembang

Curug Tilu Leuwi Opat, nama kawasan ini mungkin terdengar gila ya? Memang kawasan wisata ini masih belum banyak dikenal, padahal tempatnya tidak mengecewakan lho. Letaknya berada di parompong, tidak jauh dari Lembang.

Curug/air terjun ini cocok sekali buat penyuka wisata alam ataupun trekking ringan.

Seputar Curug Tilu Leuwi Opat
Curug Tilu Leuwi Opat merupakan salah satu wisata curug di Lembang. Tempatnya sendiri cukup luas. Disini ada area outbond, camping, dan tentunya wisata penderasan dan sungai.

Area depan berupa lembah dengan sungai jernih. Biasanya outbond, camping, dan permainan dilakukan di area ini.

Lokasi curug tilu leuwi opat bergotong-royong bertetangga eksklusif dengan Dusun Bambu lho. Pernah ke dusun bambu? bila naik ke skywalk lutung kasarung, atau mengunjungi area camping, anda mampu melihat lembah yang berbatasan eksklusif dengan dusun bambu.

Nah, lembah itu termasuk ke dalam area wisata curug tilu leuwi opat. Di lembah ini mengalir sungai dengan air jernih yang bersumber dari Situ Lembang.

Lokasi Curug Tilu Leuwi Opat
Lokasi curug tilu berada di Ciwangun Parompong, tidak jauh dari Lembang. Lokasinya terletak tidak jauh dari curug cimahi, kurang lebih 2 KM.

Meskipun bersisian tempatnya dengan dusun bambu, tapi untuk menuju kesini jalan masuknya beda lho.

Rute Menuju Lokasi
Jika dari Lembang, arahkan kendaraan ke Parompong, ke arah penderasan pelangi ataupun dusun bambu. Setelah melewai universitas advent, jalan akan menurun dan berbelok ke kiri (ada jembatan). Nah disini, terdapat jalan lurus (naik) dengan goresan pena Ciwangun Indah Camp.

Ikuti terus jalan ini kurang lebih 1,5 KM, dan anda akan menemukan gerbang masuk ke curug tilu di sebelah kiri.

Tiket Masuk Curug Tilu Leuwi Opat
Tiket masuk curug tilu leuwi opat dikala kami berkunjung yakni Rp 10.000

Kegiatan Yang Bisa Dilakukan
Ada beberapa hal yang mampu di lakuan disini, antara lain:

Outbound
Tidak hanya trekking eksklusif ke curug tilu, disini juga anda mampu mengikuti acara outbound yang cukup lengkap. Antara lain; Body rafting, flying fox, gebuk banal, high rope, jembatan dua tali, menangkap ikan, rakit, shaking bridge, dan lain sebagainya.

Sepertinya untuk outbond, anda harus menghubungi terlebih dahulu. Saat saya berkunjung di hari biasa, tidak terlihat ada petugas di area outbond. Kemungkinan sih hanya ada di hari libur saja.

BACA JUGA:  43 Rekomendasi Wisata di Tulungagung

Trekking Ke Curug Tilu
Ini merupakan hal yang saya lakukan. Kita mampu berjalan menuju ke area curug tilu. Rute trekkingnya terhitung ringan kok. Datar, dengan sedikit naik turun. Meskipun demikian, tetap harus hati-hati sebab di beberapa kawasan akan berjalan melewati tebing tinggi tanpa pengaman.

Selain itu, anda juga akan menyusuri sungai, menyeberang dengan jembatan kayu/bambu, dan sedikit naik turun jalan berbatu. Usahakan untuk memakai sepatu atau sandal yang cocok untuk outdoor ya.

Jalan menuju curug tilu tidak bercabang-cabang, jadi anda tidak akan tersesat.

Untuk menuju curug tilu, anda tinggal ikuti saja jalan lurus menyusuri selokan. Terus ikuti jalan ini hingga bertemu area camping atas. Di ujung area camping terdapat jalan kecil, terus ikut jalan ini. Hati-hati, jalan ini menyusuri tebing dengan jurang cukup lumayan. Di Beberapa kawasan anda juga harus berjalan diatas pipa-pipa air.

Anda akan menemukan jembatan irigasi, seberangi jembatan ini. Disini juga kita mampu main air kalau mau. Sepertinya area ini cocok buat bawah umur main air, soalnya lebar, bersih, dan tidak dalam.

Setelah itu, ikuti terus aja jalan setapak yang ada. Curug tilu berada diujung dari jalan ini, jadi ngga bakal tersesat.

Jalan ini berada di lembah menyusuri sungai, dengan tebing di kiri dan kanan. Suasananya masih alami banget. Di beberapa tempat, kita akan menyeberangi sungai dengan jembatan kayu/bambu. Hati-hati ya, soalnya cukup licin sebab basah/lumut.

Air terjun ini cukup tinggi, tapi di trend kemarau airnya mampu kecil banget. bahkan mampu hingga hilang.

Kurang lebih 25 meter dari sini, kita akan hingga di area curug tilu..

Di area ini kita mampu bermain air. Airnya higienis dan masbodoh banget, eksklusif dari sumbernya di situ lembang. Perlu diperhatikan, dihentikan untuk berenang mendekati penderasan ya, sebab cukup dalam. Kurang lebih 3 meter dengan arus pusaran yang cukup berbahaya.

Warung disini tidak buka setiap hari. Hanya di hari libur saja.

Hati-hati! Belum ada pengaman ataupun alat bantu mirip tambang untuk berpegangan di area-area tertentu. Jembatan kayu cukup licin. Akan sedikit sulit buat yang tidak terbiasa.

Buat anda yang suka wisata alam ataupun ingin trekking ringan tapi murah dan dekat, kawasan ini cukup direkomendasikan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here