“Three in One Water Vacation” di Pantai Pelang

0
7
Pantai Pelang Seaside
Pantai Pelang Seaside

“Three in One Water Vacation” di Pantai Pelang

Dari utara dan juga selatan, Pulau Jawa selalu berbatasan dengan laut. Dimana, keadaan ini sangat menguntungkan alasannya menambah daftar objek wisata pantai yang bisa dikunjungi di setiap kota.

Pantai-pantai ini tumbuh dengan ciri khas masing-masing yang menciptakan Sobat Native akan terpengaruhi untuk tiba dan mengunjungi.

Seperti halnya Pantai Pelang yang berada di daerah Trenggalek. Objek wisata ini memadukan dua unsur yang berbeda. Air maritim dengan pantainya dan juga air tawar dengan air terjunnya yang tidak kalah indahnya. Serta, beberapa kolam renang yang tidak kalah menariknya untuk dicoba.

Rute, Lokasi, Dan Harga Tiket Masuk
Alamat Pantai Pelang berada di Desa Wonocoyo Kecamatan Panggul, Kabupaten Trenggalek, Provinsi Jawa Timur. Jaraknya kurang lebih sektar 50 km dari sentra kota Trenggalek. Waktu yang harus di tempuh kurang lebih 2 jam hingga 3 jam. Tergantung bagaimana kondisi jalan, macet atau tidak.

Sobat Native bisa menempuhnya melalui jalan Jarakan – Karangan sejauh 5 km kemudian, belok ke kiri. Dan, lanjutkan perjalanan sejauh 2 km. Ketika, Sobat Native berada di jalan Dongko – Karangan. Jalanan akan meliuk-liuk. Turunan dan tanjakan ialah sahabat yang akan menemani perjalanan Sobat Native. Apabila, berada di jalan ini Sobat Native harus sedikit berhati-hati karena, kondisi jalan yang kurang begitu baik.

Setelah, berjalan sejauh 1 km Sobat Native, akan menemukan kantor pos kemudian belok ke kanan untuk menuju jalan Panggul – Dongko. Ikuti jalanan agar, Sobat Native masuk dijalan Dongko – Kampak. Lanjutkan perjalanan kurang lebih 18km hingga memasuki jalan Walutowo.

Setelah 2 km belok ke kiri menuju jalan Diponegoro. Setelah menemukan pertigaan, belok ke kanan menuju jalan MT. Haryono. Teruskan perjalanan sejauh 1km kemudian, belok kiri menuju jalan Pantai Pelang. Lanjutkan lagi sejauh 3 km semoga Sobat Native hingga di tempat tujuan.

Apabila, Sobat Native berangkat dari kota Yogyakarta. Arahkan, kendaraan menuju jalan wonosari – praci. Jalanan ini memang sedikit berliku-liku. Tetapi, kondisi jalannya sudah sangat baik. Tetapi, memasuki wilayah pacitan apalagi, perbatasan antara pacitan dan Trenggalek, kondisi jalan kurang begitu baik. Jadi, Sobat native harus sedikit berhati-hati.

Harga Tiket Masuk untuk daerah wisata ini ialah 8 ribu rupiah untuk week day, dan 10 ribu rupiah untuk weekend. Dan, dikenakan biaya parkir sebesar 3 ribu rupiah untuk motor, dan 5ribu rupiah untuk mobil. Harga yang cukup murah bukan?

Mengenal Pantai Pelang
Setelah hingga di daerah objek wisata Sobat Native akan disambut dengan daerah parkir yang cukup luas. Dengan beberapa warung yang bangun dan menghadirkan kuliner khas Kota Trenggalek. Mereka akan selalu memberikan menu-menu andalan untuk menarik hati para wisatawan untuk mampir.

Ada dua pilihan jalan yang bisa ditempuh oleh Sobat Native. Dimana melintas sebuah jembatan yang dibawahnya mengalir air sungai atau menentukan jembatan kayu yang memutari bebatuan yang tinggi nan besar. Tebing karang ini mirip membentuk sebuah goa yang bisa dimasuki oleh manusia.

Setelah melewati jembatan. Sobat Native akan disambut dengan daerah hutan pinus yang esoktis. Di tempat ini Sobat Native, bisa duduk-duduk di gazebo sembari menikmati semilir angin pantai yang aduhai. Pohon pinus yang menjulang tinggi ini pun tampak begitu anggun dan bisa dijadikan sebuah spot foto yang menarik.

Sepanjang jalan ini, Sobat native akan ditemani dengan aliran sungai yang higienis dan jernih. Sehingga, Sobat Native bisa memanfaatkannya sebagai sebuah cermin yang tidak akan pernah berbohong kepada Sobat Native.

BACA JUGA:  Museum Geologi Bandung, Wisata Berbonus Pengetahuan Sains

Puas menyusuri daerah hutan ini. Sobat Native, akan dihadapkan pada sebuah pilihan yang cukup sulit. Dimana, ada 3 air yang akan menarik hati Sobat Native. Air yang berasal dari daerah pantai dengan deburan ombak yang menabrak karang. Kolam renang yang cukup besar dan dengan air yang cukup bersih. Atau gemericik bunyi jeram yang akan menggoda.

Alangkah lebih baik kita pergi ke pantai terlebih dahulu. Dari sini, ada jalan kecil yang bisa dipakai untuk pergi ke daerah Pantai. Biasanya jalur kecil ini akan tertutup oleh aliran sungai yang semakin deras, apalagi dikala ekspresi dominan penghujan. Makara untuk menjaga keselamatan alangkah baiknya Sobat Native menyeberang melalui jalan yang berada di dekat area parkir atau melintas jembatan. Air sungai ini berasal dari sumber mata air grobogan sewu.

Pantai ini mempunyai bibir pantai yang cukup luas yaitu, kurang lebih 2 km. Dengan total luas area mencapai 10 hektar. Luas sekali bukan? Karena termasuk dalam jajaran pantai selatan, Sobat Native harus sering berhati-hati bila ingin mandi dan berenang di daerah ini. Sangat disarankan untuk tidak nekat dikala datangnya ombak yang cukup besar.

Di area pantai ini ada beberapa karang-karang yang bisa dijadikan sebagai tempat selfie. Karang-karang ini cukup elok bila dijadikan sebagai landmark foto yang kece. Apalagi dikala datangnya sunset. Berdiri atau duduk di karang ini sembari menikmati pemandangan yang luar biasa indahnya menjadi sebuah hal yang wajib.

Tetapi, biasanya daerah Pantai Pelang ini dikala tiba momen matahari terbenam cuaca akan bermetamorfosis mendung. Jadi, Sobat Native yang bisa melihat keindahan sunset yang tepat merupakan sebuah keberuntungan yang tidak bisa tertandingi.

Saatnya kembali ke jeram dimana jeram ini mempunyai nama Gebang sewu. Memiliki ketinggian 35 meter. Air Terjun ini memang tampak esoktis dengan derasnya air yang bisa dijadikan sebagai spot foto yang menarik. Hanya saja, Sobat Native harus berhati-hati karena, jalan yang dipenuhi dengan bebatuan ini cukup licin.
Tetap, sayangnya keindahan jeram ini harus terkotori dengan agresi vandalisme yang berada di bebatuan. Aksi ini memang bisa menciptakan sebuah daerah wisata menjadi jelek pamornya. Jadi, diperlukan Sobat Native menjaga daerah ini dengan baik.

Terakhir, ialah sebuah kolam renang yang tidak jauh juga dari Air terjun. Kolam renang ini cukup luas dengan gazebo yang ada di dekat kolam. Sobat Native bisa memanfaatkan kolam ini untuk berendam dan menikmati daerah ini. Di area ini pun Sobat Native bisa memesan beberapa macam kuliner yang tersedia dengan harga yang bersahabat.

Kurang lebih 100 meter dari Air Terjun ini. Sobat Natïve akan disuguhkan panorama Goa yang masih sangat alami. Goa Pelang namanya. Goa ini begitu esoktis alasannya memang keberadaannya yang cukup dalam. Karena, kondisinya yang masih perawan, diperlukan Sobat Native berhati-hati bila berada di Goa ini.

Kawasan Pantai Pelang ialah sebuah daerah super lengkap yang memadukan 3 unsur wahana air yang menarik untuk dikunjungi. Bagi, Sobat Native yang ada sedang melintas menuju ke Pacitan atau mungkin, resah mencari tempat wisata pantai yang tidak biasa, bisa mengunjungi pantai ini. Rasakan keseruan dan pengalaman menarik disini. Dijamin betah dan tidak bisa move on.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here