Tempat Wisata Pulau Karimun Jawa

0
29
Karimun Jawa Pantai Baracuda
Karimun Jawa Pantai Baracuda

Tempat Wisata Pulau Karimun Jawa

Wisata karimun jawa – Pulau Karimun jawa merupakan kepulauan di tengah laut jawa yang termasuk ke dalam kabupaten Jepara, Jawa Tengah. Kepulauan Karimun jawa secara keseluruhan terdiri dari 27 pulau dan hanya 5 pulau diantaranya yang berpenghuni.

Kepulauan Kerimun jawa menunjukkan wisata maritim dan alam yang indah dan menawan untuk wisatawan domestik dan mancanegara.

Nama Karimunjawa sendiri berasal dari dari sebuah kisah rakyat sekitar. Konon dulu Sunan Muria membuang anaknya yang bandel yang berjulukan Syekh Amir Hasar ke pulau yang kremun-kremun dalam bahasa Jawa, yang artinya samar-samar.

Karena tampak kremun-kremun maka pulau ini dinamakan pulau Karimun dan sekarang pulau tersebut erat dikenal dengan nama Karimunjawa.

Pulau yang dijadikan Taman Nasional pada bulan Maret 2001 ini merupakan rumah bagi terumbu karang, hutan bakau, hutan pantai dan ratusan spesies fauna laut yang lebih dari 200 jenis diantaranya merupakan jenis ikan hias. Kepulauan ini juga merupakan rumah bagi beberapa binatang langka mirip Elang Laut Dada Putih, penyu sisik dan penyu hijau.

Keistimewaan lainnya dari kepulauan ini yaitu flora Dewandaru yang hanya terdapat di kepulauan ini dan tidak ada di kawasan lain. Anda tidak dianjurkan untuk memetik dan membawa pulang flora ini bila berkunjung ke Karimunjawa alasannya yaitu berdasarkan kisah rakyat sekitar bila Anda melakukannya maka kapal yang Anda tumpangi akan tenggelam.

Kepulauan yang dominan mempunyai pasir putih halus ini memang menyimpan keindahan alam yang selalu menarik minat para wisatawan.

Lokasi Karimun Jawa
Kepulauan Karimunjawa terletak sekitar 83 kilometer utara kota Jepara. Kepulauan ini mampu dicapai dengan memakai kapal baik dari Semarang maupun Jepara. Ada dua pilihan kapal untuk mencapai kepulauan ini, kapal cepat dan kapal ekonomi.

Kapal cepat biasanya hanya berangkat seminggu sekali dari pelabuhan Tanjung Emas Semarang, biasanya setiap Sabtu dan kembali setiap hari Minggu siang dengan usang perjalanan 2-3 jam. Kapal ekonomi biasanya berangkat setiap dua hari sekali dari pelabuhan Pantai Kartini Jepara dengan usang perjalanan sekitar 6 jam.

BACA JUGA:  Gili Ketapang, Pesona Bawah Laut Jawa Timur yang Menggoda

Pelayaran selalu tergantung dari cuaca dan ombak laut Jawa. Bila cuaca dan ombak tidak mendukung, maka pihak perhubungan mampu menunda atau membatalkan pelayaran menuju kepulauan ini.

Selain memakai kapal, kepulauan Karimunjawa mampu juga dicapai dengan memakai pesawat dari bandara Ahmad Yani Semarang menuju bandara Dewa Daru di pulau Kemujan dengan waktu tempuh sekitar 30 menit.

Diantara kedua pilihan transportasi tadi, kapal merupakan pilihan yang lebih terkenal dikalangan wisatawan.
Kepulauan Karimunjawa memang sangat indah, dengan airnya yang jernih dan pantai-pantai pasir putihnya saja sudah cukup menarik minat wisatawan.

Ditambah dengan berlimpahnya spesies binatang laut dan beberapa binatang langka yang mampu dilihat di kepulauan ini, maka bertambahlah daya tarik kepulauan ini. Dengan keindahan maritim dan alam yang ditawarkan Karimunjawa, kepulauan ini mempunyai beberapa julukan mirip Pulau Liburan, Paradise of Java dan Caribbean van Java.

Aktivitas Wisata Karimun Jawa
Kebanyakan orang berkunjung ke Karimunjawa untuk menikmati keindahan pantai, laut dan baharinya. Pengunjung biasanya sering menghabiskan waktunya berscuba diving, snorkeling, berenang, memancing, bermain pasir dan menikmati keindahan sunset.

Namun di kepulauan ini juga terdapat wisata tracking hutan mangrove di desa Kemojan yang cukup ramai dikunjungi.

Penangkaran ikan hiu di Pulau Menjangan Besar juga menyedot minat besar wisatawan pengunjung kepulauan ini. Beberapa pariwisata lain di kepulauan ini yaitu Legon Lele, Pantai Batu Karang Pengantin, Pulau Barakuda, Pulau Nirwana, Karimunjawa Culinary Centre, Alun-alun Karimunjawa, Pantai Ujung Gelam, hutan bakau dan masih banyak lagi.

Dengan suasana terpencil dan asri yang dimiliki pulau ini, tidak heran memang jikalau banyak orang menimbulkan kawasan ini sebagai kawasan pelarian dan bersantai dari segala kesibukan dan kepenatan kehidupan sehari-hari mereka.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here