Tempat Wisata di Tegal yang Wajib Dikunjungi

0
68
Alun Alun Kota Tegal Kurang Nyaman Dan Ramai Lapak 20180522 194442
Alun Alun Kota Tegal Kurang Nyaman Dan Ramai Lapak 20180522 194442

Tempat Wisata di Tegal yang Wajib Dikunjungi

Tegal mempunyai tiga daerah wisata utama yang mampu dijelajahi oleh wisatawan. Pertama yakni daerah pesisir yang bersahabat dengan pantai, kemudian daerah perkotaan yang terkenal dengan tempat kulinernya, dan yang terakhir yakni daerah dataran tinggi yang masih alami dan sejuk. Untuk mengenal lebih jauh perihal potensi wisata Tegal, simak uraian lengkap tempat wisata di Tegal yang wajib dikunjungi di bawah ini.

1. Bukit Goa Lawa

Bukit Goa Lawa yakni daerah perbukitan yang terletak di Kecamatan Balapulang, Kabupaten Tegal. Bukit ini mempunyai tumpukan watu yang menjulang tinggi ibarat menara. Nah, di watu inilah wisatawan biasanya kerap melaksanakan foto selfie atau mengambil foto pemandangan hijau dari daerah hutan yang ada di bawahnya.

Tempat wisata ini dinamai Goa Lawa alasannya beberapa perbukitan di tempat wisata di Tegal ini mempunyai cukup banyak celah batuan. Dari celah inilah dikala sore hari berbagai kelelawar atau lawa yang keluar untuk mencari makan. Selain Bukit Goa Lawa, tempat wisata di Tegal ini juga dijuluki Bukit Batu Agung alasannya berada di daerah Desa Batu Agung.

Akses perjalanan menuju ke Bukit Goa Lawa termasuk gampang bila ditempuh dari daerah Kota Tegal. Yang cukup sulit yakni bagaimana cara hingga ke atas bebatuan untuk selfie. Wisatawan harus mendaki dengan cukup hati-hati supaya mampu hingga ke puncak dengan selamat dan mengambil foto yang diinginkan.

2. Curug Pitu Margasari

Curug Pitu yakni salah satu riam di Tegal yang banyak diburu oleh wisatawan terutama bagi mereka yang menyukai tantangan. Akses ke tempat wisata di Tegal ini mampu dibilang cukup sulit alasannya membutuhkan perjalanan selama 2 jam berjalan kaki dari lokasi parkiran. Wisatawan juga harus melalui medan yang cukup terjal untuk hingga ke curug yang terjun dari perbukitan watu ini.

Untuk mampu melaksanakan perjalanan ke Curug, wisatawan harus melapor ke Polsek Mergasari terlebih dahulu. Setelah itu, mereka harus menempuh perjalanan sekitar 5 kilometer dari pos sebelum alhasil hingga ke daerah air terjun. Wisatawan juga harus melalui sungai besar yang arusnya cukup deras, hutan yang masih alami, dan jalur yang cukup susah dilalui dikala isu terkini hujan.

Saat tiba di air terjun, wisatawan mampu menikmati keindahan riam dan daerah hutan di sekitarnya. Udara di tempat wisata di Tegal ini juga cukup sejuk sehingga wisatawan mampu ngadem sejenak sembari merelaksasikan pikiran.

3. Taman Wisata Air Panas Guci

Taman Wisata Air Panas Guci yakni destinasi favorit warga Tegal yang selalu ramai dikunjungi dikala selesai pekan. Tempat wisata di Tegal ini terletak di Desa Guci, Kecamatan Bumijaya, Tegal. Wisatawan yang ingin mandi air panas atau terapi penyakit tulang dan kulit mampu tiba ke sini dengan memakai kendaraan eksklusif atau kendaraan umum.

Air panas yang dihasilkan mengalir dari kaki Gunung Slamet yang oleh warga setempat dibuatkan air mancur dan kolam. Warga mampu mandi di sini dengan bebas sehabis membayar retribusi masuk sekitar Rp5.000 dan ditambah biaya parkir kendaraan. Selanjutnya, mereka mampu menentukan kolam yang mampu dipakai untuk mandi sesuai dengan gender.

BACA JUGA:  Rumah Teletubbies, Rumah Anti Gempa Di Yogyakarta

Selain mampu menikmati air panas alami yang mengalir dari perut bumi, wisatawan juga mampu menginap. Warga lokal bersahabat pemandian banyak yang membangun fasilitas berupa guest house atau motel yang mampu disewa jika wisatawan ingin menikmati suasana hening dan sejuknya udara pegunungan selama lebih dari 1 hari.

4. Pantai Alam Indah Tegal

Terletak di Jalan Bali, Martoloyo, Kota Tegal, pantai yang berada di pesisir utara ini cukup terkenal di kalangan warga setempat. Saat selesai pekan atau hari libur, tempat wisata di Tegal ini akan dipenuhi oleh wisatawan yang dominan yakni anak muda dan keluarga yang ingin mengajak anak-anaknya menikmati alam.

Aktivitas menarik yang mampu dilakukan di tempat wisata di Tegal yang buka mulai dari pukul 06.00 hingga dengan 18.00 ini yakni bermain pasir dan berenang. Untuk acara berenang, ada beberapa hukum yang harus diikuti supaya tidak tergulung ombak. Biasanya akan ada pengawas pantai yang menjaga keselamatan wisatawan.

Selain bermain di pantai, wisatawan juga mampu berwisata kuliner. Ada cukup banyak penjual kuliner di tepian pantai yang mampu Anda coba satu per satu. Wisatawan mampu makan di tepian pantai hingga senja untuk melihat matahari terbenam atau sunset yang indah. Fenomena golden sunset di pantai ini terkenal indah sehingga sering diabadikan oleh para fotografer dari Tegal dan sekitarnya.

5. Waduk Cacaban

Waduk Cacaban yakni waduk buatan yang diinisiasi oleh Belanda ratusan tahun silam. Dahulu kala, daerah ini dipakai sebagai sistem perairan dan juga sumber air minum sebelum berubah fungsi menjadi sebuah tempat wisata sehabis Indonesia merdeka dan Tegal terpecah menjadi dua wilayah.

Wisatawan yang tiba ke Waduk Cacaban mampu melaksanakan beberapa acara menarik. Pertama yakni menikmati pemandangan yang indah. Kawasan waduk ini mempunyai pemandangan hijau dan Gunung Semar yang masih alami. Wisatawan mampu juga mengambil gambar pemandangan ini sembari melaksanakan penjelajahan.

Aktivitas kedua yang mampu dilakukan di sini yakni menjelajahi waduk dengan perahu. Penduduk setempat menyewakan bahtera yang mampu dipakai oleh wisatawan. Mereka akan mengantar wisatawan berkeliling waduk hingga puas. Satu bahtera biasanya mampu memuat 4-8 orang.

6. Kebun Teh Tegal

Sebagai salah satu produsen teh terbesar di Indonesia, Tegal mempunyai beberapa perkebunan yang kerap dijadikan destinasi wisata oleh para wisatawan. Kebun teh yang selalu ramai dikunjungi dikala selesai pekan terletak di Bumijaya, Tegal, sekitar 15 menit perjalanan dari Bulakan.

Wisatawan yang tiba ke tempat wisata ini mampu menerima pemandangan perbukitan yang didominasi oleh hijaunya daun teh. Sejauh mata memandang hanya ada perdu teh yang dipetik dan diolah secara alami oleh penduduk setempat. Teh di daerah ini hanya untuk konsumsi lokal warga Tegal dan sekitarnya.

Selain menikmati pemandangan yang indah dan juga udara yang sejuk, Anda juga mampu menyaksikan kegiatan pembuatan teh. Daun teh akan dipotong kecil-kecil kemudian dijemur hingga kering. Teh yang dihasilkan di sini juga dicampur dengan melati orisinil sehingga rasanya lebih harum. Wisatawan mampu menikmati minum teh di sini atau membeli daun teh keringnya untuk dijadikan oleh-oleh.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here