Tempat Wisata di Purwokerto yang Wajib Dikunjungi

0
68
Curug Cipendok
Curug Cipendok

Tempat Wisata di Purwokerto yang Wajib Dikunjungi

Selain populer dengan kulinernya yang menggugah selera, Purwokerto juga menyajikan aneka tempat wisata yang memberikan keindahan kolam nirwana dunia. Salah satunya ialah Small Word. Small Word memberikan tempat wisata alam dan sejarah yang dikemas dengan unik dan kreatif. Di Small Word, Anda bisa melihat miniatur bangunan keajaiban dunia yang dikemas dengan sangat cantik.

Meski tempat wisata di Purwokerto ini gres diresmikan pada bulan September 2016 lalu, tetapi sudah cukup digandrungi oleh wisatawan terutama kawula muda. Bagaimana tidak? Banyak spot anggun yang cocok untuk memenuhi dinding Instagram. Di sana Anda juga bisa melihat bunga-bunga aneka warna yang sanggup menyejukkan mata.

Selain Small Word, ada pula 10 tempat wisata di Purwokerto lain yang wajib Anda kunjungi. Apa sajakah itu? Berikut informasinya.

1. Baturraden

Baturraden termasuk objek wisata favorit yang wajib Anda kunjungi. Letaknya sempurna di lereng Gunung Slamet, Desa Karangmangu, Baturraden, Banyumas, Jawa Tengah. Anda bisa menempuh perjalanan dengan memakai kendaraan umum atau kendaraan pribadi.

Jika ingin memakai kendaraan pribadi, berhati-hatilah dikala melaju. Pasalnya, medan pegunungan yang naik-turun cukup menguji kemampuan Anda dalam berkendara. Sesampainya di sana, Anda bisa menikmati penorama pegunungan yang asri, lengkap dengan pepohonan yang rindang. Anda pun bisa mencicipi kesegaran hawa pegunungan.

Objek wisata Baturraden termasuk objek wisata yang cukup komplet. Di tempat wisata di Purwokerto ini terdapat beberapa wahana wisata yang sanggup dinikmati bersama keluarga, mirip contohnya kolam renang, kolam luncur, sepeda air, terapi ikan, hingga pemandian air panas. Di daerah wisata ini juga ada kebun binatang mini yang bisa dikunjungi bersama keluarga.

Selain itu, terdapat museum tempat menyimpan kerangka satwa Indonesia dan teater Baturraden yang dikemas secara unik. Ya, teater Baturraden merupakan sebuah pesawat yang sudah disulap menjadi sebuah teater. Teater ini memutar film berdurasi 10-15 menit, yang mengulas wacana kekayaan pariwisata, budaya, dan kekayaan alam Banyumas.

Harga tiket masuk Baturraden ialah seharga Rp14.000, sudah termasuk tiket masuk, berenang, pemandian air panas, dan permainan sepeda air. Jika ingin mengunjungi kebun binatang mini, Anda tinggal menambah Rp8.000,00 saja. Murah, bukan?

2. Baturraden Adventure Forest (BAF)

Objek wisata ini berada dalam kompleks wisata alam Baturraden. Baturraden Adventure Forest atau yang biasa disebut BAF memberikan pengalaman bertualang di alam terbuka. Terdapat beberapa acara wisata yang mereka tawarkan, mirip contohnya mountain adventure, water adventure, tree adventure, dan eco adventure.

Dari masing-masing program, terbagi lagi menjadi dua pilihan paket wisata. Paket wisata satu hari dan paket wisata setengah hari, dengan tarif masing-masing Rp230.000 dan Rp150.000. Tarif ini sudah termasuk desain dan kelengkapan program, akomodasi, makan, camilan, tenaga medis, dan asuransi.

Oh ya, pengelola juga telah menyiapkan tenda yang bisa disewa oleh pengunjung.

3. Pancuran Pitu Baturraden dan Goa Sarabadak

Pancuran Pitu Baturraden juga berhasil menjadi salah satu tempat wisata di Purwokerto yang wajib dikunjungi. Lokasinya masih terletak dalam kompleks wisata Baturraden. Anda bisa menempuhnya dengan berjalan kaki sejauh 2,5 km. Kalau malas, Anda bisa memakai kendaraan umum atau kendaraan langsung dengan melewati Bumi Perkemahan Baturraden.

Pancuran Pitu Baturraden menyajikan pemandangan alam yang elok. Selain itu, ada pula sumber air panas yang terpancar dari tujuh pancuran. Konon, kandungan welirang dari sumber air panas ini bisa menghilangkan segala penyakit kulit, mirip gatal-gatal ataupun jerawat. Tertarik untuk mencoba?

BACA JUGA:  Kecantikan Pantai Sepanjang, Julukan ‘Kuta Tempo Dulu’ yang Masih Melekat

Oh ya, tidak jauh dari situ (sekitar 50 meter), ada pula objek wisata Goa Sarabadak yang menyajikan wisata goa lengkap dengan tebing keemasan yang unik. Anda bisa menyaksikan air panas yang bersumber dari Pancuran Pitu Baturraden, mengalir di sepanjang tebing dengan kepulan uap panas. Endapan welirang dari air itulah yang menciptakan tebing berwarna kekuningan.

4. Pendakian Gunung Slamet

Gunung Slamet tentu sudah tidak asing lagi di indera pendengaran para pencinta wisata alam. Dengan ketinggian 3.428 mdpl, Gunung Slamet ditetapkan sebagai gunung tertinggi se-Jawa Tengah (dan kedua tertinggi di pulau Jawa sehabis Gunung Semeru).

Untuk menaklukan gunung ini, terdapat tiga jalur yang sanggup dilalui. Jalur selatan melalui Baturraden, jalur barat melalui Kaliwadas, dan jalur timur melalui Bambangan. Dari ketiga jalur tersebut, jalur terakhir inilah (Bambangan) yang mempunyai rute paling dekat. Selain mempunyai jarak yang lebih dekat, pemandangan pada jalur ini juga yang paling indah. Anda bisa melihat kawanan monyet yang “menemani” Anda selama mendaki.

Hal yang paling menakjubkan dari puncak Gunung Slamet ialah pemandangan awan yang terbentang luas sepanjang mata memandang. Anda pun sanggup menikmati “negeri di atas awan” dikala berada di tempat wisata di Purwokerto ini.

Ada sedikit tips untuk mendaki Gunung Slamet. Mendakilah ketika demam isu panas tiba, alasannya demam isu hujan akan menciptakan jalur pendakian terasa lebih licin. Selain itu, siapkan stamina fisik dan mental yang baik, alasannya pendakian ini akan banyak menguras fisik dan mental.

5. Curug Gomblang

Ini merupakan salah satu gerojokan ‘curug’ yang sedang hits di Purwokerto. Meski curug ini tidak terlalu tinggi, pemandangan yang dimiliki sangat menakjubkan. Terlebih terdapat beberapa spot berfoto yang telah disediakan oleh pengelola. Melalui spot berfoto tersebut, pengunjung sanggup mengambil gambar dengan latar Curug Gomblang.

Tempat wisata ini berada dalam jarak 17 km dari Kota Purwokerto dengan waktu tempuh sekitar 42 menit saja. Anda bisa memasuki daerah tempat wisata di Purwokerto ini dengan dana yang cukup hemat, hanya Rp5.000 saja.

6. Curug Cipendok

Suka bermain air sambil melihat satwa langka? Mungkin Anda bisa mencoba ke tempat wisata di Purwokerto yang satu ini. Ya, di Curug Cipendok Anda bisa mendengar alunan bunyi dari burung elang jawa yang berputar-putar mengelilingi curug. Namun, tolong tahan niat Anda untuk berburu atau mengoleksi binatang tersebut, alasannya elang jawa termasuk satwa langka yang dilindungi. Biarkan mereka hidup hening di habitatnya, ya!

Selain bisa melihat elang jawa, Anda juga bisa menemukan spesies endemik khas Purwokerto, yaitu monyet berwarna abu-abu. Itu juga kalau Anda beruntung, alasannya jumlahnya yang kian menipis.

Hal lain yang menarik dari Curug Cipendok ialah hutan yang asri dengan udara yang sejuk khas pegunungan, alasannya objek wisata ini memang berada dalam kompleks wisata Baturraden. Air yang ada di telaga ini pun masih sangat jernih, sehingga Anda bisa berenang dan bermain hingga puas. Untuk keamanan, hindari berenang di bersahabat gerojokan alasannya mempunyai arus yang sangat deras.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here