Tempat Wisata di Pangandaran yang Wajib Dikunjungi

0
29
Pangandaran Waterpark
Pangandaran Waterpark

Tempat Wisata di Pangandaran yang Wajib Dikunjungi

Kalau berbicara perihal Pangandaran, niscaya kata pertama yang muncul di pikiran kita ialah pantainya. Pandangaran memang sudah dikenal dengan wisata pantainya, tidak hanya oleh masyarakat Indonesia, tapi juga mancanegara. Memang, pantai-pantai di Pangandaran mempunyai panorama yang bagus dan menarik. Tapi apakah tujuan wisata di Pangandaran hanya pantai saja? Ternyata tidak. Berikut daftar kawasan wisata di Pangandaran yang wajib dikunjungi:

1. Cukang Taneuh

Atau juga disebut sebagai Green Canyon oleh seorang berkebangsaan Perancis pada tahun 1993. Green Canyon terletak di Desa Kertajaya, Cijulang, Ciamis. Dari Ciamis sendiri Anda harus menempuh perjalanan sekitar 130 km atau 31 km dari Pangandaran.

Di kawasan wisata ini Anda mampu menyewa sampan dengan harga 75.000 Rupiah yang mampu dipakai oleh maksimal 5 orang. Sampan ini mampu Anda sewa mulai dari jam 7.30 sampai 16.00. Anda mampu menikmati indahnya ngarai dengan udara yang sejuk dan juga pemandangan hijau yang menarik. Selain itu, Green Canyon ini juga dekat dengan kawasan wisata Batukaras dan juga Bandara Nusawiru.

2. Pantai Pangandaran

Tentu tidak lengkap ke Pengandaran tapi tidak ke pantainya. Pantai ini menjadi primadona bagi wisatawan yang berlibur ke Pengandaran. letaknya ada di Desa Pananjung, Kecamatan Pangandaran. Jika Anda dari arah Ciamis, Anda harus ke arah selatan sekitar 92 km.

Di pantai ini Anda mampu menikmati pemandangan matahari terbit dan terbenam yang memukau mata, berenang dengan kondusif alasannya pantainya landai dan juga menikmati taman laut. Pantai Pangandaran dikenal dengan pasirnya yang putih. Untuk menuju lokasi, Anda juga sudah dipermudah dengan jalanan beraspal yang sudah dilengkapi dengan penerangan yang baik.

3. Pantai Batu Karas

Letaknya ada di Desa Batukaras, sekitar 34 km dari Pangandaran. Tempat wisata ini merupakan kawasan wisata dengan suasana yang damai dan gelombang bahari yang bersahabat, sehingga Anda mampu dipastikan akan betah berlama-lama di sini.

BACA JUGA:  Tempat Wisata di Surabaya yang Wajib Dikunjungi

Tempat wisata ini juga cocok untuk Anda yang mempunyai hobi berselancar alasannya pantai ini merupakan paduan pantai Batu Hiu dan Pantai Pangandaran. Anda juga mampu menginap di hotel atau penginapan yang terdapat di sekitar pantai, dengan begitu Anda mampu menikmati sunset dan sunrise yang indah.

4. Gua Sumur Mudal

Tidak hanya pantai, gua alam yang ada di Pangandaran juga merupakan objek wisata yang paling diminati oleh wisatawan. Nah salah satunya ialah Gua Sumur Mudal ini.

Nama gua ini didapat alasannya dulunya di dalam gua ini ada mata air yang bentuknya mirip sumur dengan air yang “mudal” atau mendidih dalam Bahasa Indonesia. Gua ini termasuk goa yang dilarang dilewatkan jikalau Anda melaksanakan trip ke Pangandaran.

5. Curug Bojong

Ternyata, dulu jeram atau curug ini berjulukan Curug Sawangan. Namun kini ini lebih populer dengan nama Curug Bojong dikarenakan air sungainya berasal dari Kampung Bojong. Jika Anda ingin menujju kawasan ini dari Pangandaran, ambil jalur Babakan lalu Sukahurip dengan jarak tempuh sekiar 6 km saja.

6. Pantai Keusik Luhur

Letaknya di Desa Kertamukti, Kecamatan Cimerak, atau berjarak sekitar 45 km dari Pangandaram. Perpaduan antara pemandangan alam pegunungan dan birunya bahari menjadi ciri khas dari pantai ini.

Dari atas bukit yang ada di pantai ini, Anda mampu melihat pemandangan ombak yang menghantam karang. Nama Keusik Luhur sendiri ternyata juga diambil dari latar belakang pantai ini. “Keusik” artinya pasir, sedangkan “luhur” artinya tinggi. Nama tersebut diambil alasannya gelombang bahari yang besar menciptakan pasir terangkat tinggi ke watu karang.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here