Tempat Wisata Di Palembang Yang Wajib Dikunjungi

0
63
Taman Wisata Punti Kayu Palembang 615x410
Taman Wisata Punti Kayu Palembang 615x410

Tempat Wisata Di Palembang Yang Wajib Dikunjungi

Palembang yaitu ibukota dari provinsi Sumatera Selatan dan merupakan kota terbesar kedua di Pulau Sumatera. Dulunya, Palembang populer dengan eksistensi kerajaan Sriwijaya, kerajaan Buddha yang paling besar di Asia Tenggara.

Selain populer dengan pempeknya, Palembang juga mempunyai potensi wisata yang tidak kalah dengan kota lainnya di Sumatera. Apa saja kawasan wisata di Palembang yang wajib dikunjungi?

1. Jembatan Ampera

Jembatan Ampera yaitu sebuah jembatan yang sudah menjadi ikon dan lambang kota Palembang. Mulai dibangun pada tahun 1962, jembatan ini selesai dibangun dalam jangka waktu 3 tahun. Jembatan Ampera menghubungkan Seberang Ulu dan Seberang Ilir yang terpisahkan oleh Sungai Musi. Sekitar 50 meter dari Jembatan Ampera, terdapat sebuah pasar yang merupakan sentra souvenir dan kuliner sehingga Anda mampu dengan gampang membeli buah tangan dan mengisi perut.

2. Sungai Musi

Sungai Musi yaitu sungai terpanjang di Sumatera dengan panjang mencapai 750 KM. Sungai Musi membelah kota Palembang menjadi 2 bab dan dulunya merupakan sarana transportasi utama di Palembang. Di tepi Sungai Musi terdapat beberapa obyek wisata, di antaranya restoran terapung, Kampung Arab, dan Benteng Kuto Besak. Menurut saya, Sungai Musi yaitu kawasan yang pas untuk berwisata masakan di kota Palembang.

3. Pulau Kemaro

Pulau Kemaro terletak di tengah Sungai Musi, sekitar 6 KM dari Jembatan Ampera. Saat ini Pulau Kemaro yaitu salah satu kawasan wisata di Palembang yang paling terkenal. Di Pulau Kemaro terdapat sebuah vihara yang banyak didatangi oleh umat Buddha untuk berdoa dan berziarah. Di sini juga mampu ditemukan sebuah makam yang merupakan makam dari seorang putri Palembang. Putri ini mempunyai kisah tersendiri, yaitu ia menikah dengan anak raja dari China dengan mas kawin berupa 9 guci emas, namun pada alhasil pasangan tersebut menerjunkan diri ke sungai dan tenggelam.

Di Pulau Kemaro terdapat beberapa hal menarik, contohnya pagoda berlantai 9 yang dibangun pada tahun 2006, dan pohon cinta. Masyarakat setempat percaya bahwa jika sepasang kekasih mengukir namanya di pohon cinta ini, maka korelasi cinta mereka akan berlanjut hingga dengan pernikahan.

4. Taman Hutan Wisata Punti Kayu

Taman Hutan Wisata Punti Kayu yaitu kawasan wisata di Palembang yang berupa hutan wisata. Hutan wisata ini yaitu satu-satunya di Palembang, tidak ada hutan wisata yang lain. Berlokasi sekitar 7 KM dari sentra kota Palembang, Taman Hutan Wisata Punti Kayu yaitu salah satu kawasan wisata keluarga yang favorit di Palembang. Mempunyai luas sektiar 50 hektar, Taman Hutan Wisata Punti Kayu mempunyai kemudahan wisata yang lengkap, disertai dengan penangkaran buaya dan kebun binatang. Selain berenang, bermain perahu, berpiknik, dan bermain di taman, Anda juga mampu melihat atraksi gajah dan menunggang kuda di sini. Taman Hutan Wisata Punti Kayu yaitu hutan pinus kota yang paling besar di Indonesia. Harga tiket masuk Taman Hutan Wisata Punti Kayu yaitu 5,000 Rupiah dan buka dari jam 9 pagi hingga dengan jam 4 sore.

BACA JUGA:  Wisata Bandung – Floating Market Lembang

5. Benteng Kuto Besak

Benteng Kuto Besak yaitu bangunan kebanggan kota Palembang. Berdiri kokoh dengan materi batu, Benteng Kuto Besak merupakan saksi usaha melawan para penjajah. Dari Benteng Kuto Besak, Anda mampu melihat banyak kapal berlayar di Sungai Musi. Benteng Kuto Besak yaitu salah satu kawasan wisata di Palembang yang sudah menjadi ikon unik alasannya yaitu keindahan yang ditawarkannya, terutama pada sore hari.

6. Masjid Agung Sultan Mahmud Badaruddin

Masjid Agung Sultan Mahmud Badaruddin yaitu masjid yang paling besar di kota Palembang. Bangunan Masjid Agung Sultan Mahmud Badaruddin merupakan campuran dari arsitektur Indonesia, Eropa, dan China. Tempat ini yaitu kawasan yang cocok untuk wisata budaya dan wisata religi di Palembang. Di akrab Masjid Agung Sultan Mahmud Badaruddin Anda mampu menemukan 2 pasar yang menjual banyak sekali macam souvenir, kain tenun, kerajinan kayu, dan makanan.

7. Taman Kambang Iwak

Taman Kambang Iwak merupakan salah satu peninggalan sejarah semenjak jaman penjajahan Belanda. Dulunya, Taman Kambang Iwak dipakai untuk kawasan rekreasi keluarga Belanda yang tinggal di sekitar Taman Kambang Iwak. Sekarang ini, Taman Kambang Iwak yaitu salah satu kawasan wisata di Palembang yang sangat disukai. Banyak orang berlari pagi di taman ini, mengelilingi bak dengan panjang lebih dari 800 meter. Selain mempunyai banyak sekali kemudahan permainan, kawasan ini juga mempunyai banyak restoran yang cocok untuk berkumpul anak muda.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here