Tempat Wisata di Majalengka yang Wajib Dikunjungi

0
73
Panyaweuyan Argapura 768x432
Panyaweuyan Argapura 768x432

Tempat Wisata di Majalengka yang Wajib Dikunjungi

Majalengka, sebuah kabupaten yang terletak di bab timur Jawa Barat ini ternyata punya potensi wisata yang dilarang dipandang sebelah mata. Wilayah Majalengka yang mempunyai perpaduan dataran rendah di bab utara dan wilayah perbukitan di bab tengahnya ini menciptakan kota dengan julukan kota angin ini punya banyak destinasi wisata alam yang menarik untuk dikunjungi.

Kini, Anda mampu punya destinasi wisata menarik lainnya di Jawa Barat, selain Bandung dan Bogor, yang mampu dijadikan sebagai lokasi liburan yang pas untuk seluruh anggota keluarga. Lantas, apa saja tempat wisata di Majalengka yang wajib dikunjungi para wisatawan? Simak ulasannya berikut ini.

1. Perkebunan Teh Cipasung

Kebun Teh Cipasung sempat menjadi tempat wisata favorit warga Majalengka dan sekitarnya sesudah potret keindahannya banyak dipamerkan di media sosial. Salah satu lokasi paling Instagrammable di Majalengka ini memperlihatkan nuansa alam yang hijau dan teduh, cocok disambangi para wisatawan yang mendambakan ketenangan dan udara segar. Anda mampu menikmati udara segar sambil berjalan-jalan mengelilingi area kebun teh yang mempunyai luas sampai 58 hektare ini.

Kebun Teh Cipasung berlokasi di Desa Cipasung, Kecamatan Lemahsugih, Majalengka yang juga merupakan perbatasan Kabupaten Majalengka dan Kabupaten Ciamis. Untuk mampu masuk ke area kebun teh, pengunjung diharuskan membayar tiket masuk seharga Rp3.500.

2. Telaga Herang

Warga yang tinggal di wilayah Majalengka, Cirebon, Indramayu, dan Kuningan tentunya sudah tidak aneh dengan tempat wisata di Majalengka yang satu ini. Telaga Herang merupakan danau wisata lembap jernih yang dihuni bermacam-macam jenis ikan dengan corak menawan. Saking jernihnya, ikan-ikan yang hidup di dalam danau akan tampak begitu terang oleh mata telanjang. Namun, pengunjung tidak diperbolehkan menangkap ikan di Telaga Herang. Pengunjung yang nekat menangkap ikan-ikan di Telaga Herang akan dikenakan denda dengan jumlah nominal yang tidak mengecewakan besar.

Di Telaga Herang, wisatawan tidak hanya mampu menikmati sejuk dan jernihnya air danau yang menenteramkan hati dan pikiran. Wisatawan pun mampu mengelilingi area danau dengan menaiki bahtera belibis yang mampu disewa dengan tarif Rp5.000 saja.

3. Jembar Waterpark

Majalengka juga punya waterpark dengan wahana dan akomodasi lengkap berjulukan Jembar Waterpark. Kolam renang terbesar di Majalengka yang dibuka semenjak tahun 2012 ini dulunya merupakan lokasi galian pasir milik perusahaan Jembar Raya. Hal unik yang dimiliki tempat wisata di Majalengka ini tidak lain yaitu konsep desain wahananya yang bertema dinosaurus. Di samping itu, akomodasi yang disediakan Jembar Waterpark pun relatif lengkap.

Di tempat wisata yang cocok untuk keluarga ini, Anda mampu bersantai di kolam renang maupun kolam arus yang pas untuk relaksasi. Anak-anak pun pastinya akan sangat antusias untuk bermain di waterboom setinggi 7 meter. Setelah puas berenang, pengunjung mampu membersihkan diri di kamar bilas yang disediakan di sekitar area bermain. Gazebo dengan desain unik pun tersedia bagi pengunjung yang ingin duduk kalem sambil menikmati masakan ringan yang mampu dibeli di kafe waterpark. Setiap animo liburan, Jembar Waterpark selalu ramai dikunjungi wisatawan yang tiba dari wilayah Majalengka dan sekitarnya.

BACA JUGA:  Danau Sentani, Nirwana Dunia di Tanah Papua

Nah, kalau Anda berminat untuk mengajak keluarga berwisata ke taman air ini, tiba saja ke lokasinya yang terletak di Desa Ranji Wetan, Kecamatan Kasokandel, Majalengka. Harga tiket masuk yang dipatok Jembar Waterpark pun relatif terjangkau, yakni hanya Rp25.000 per orang dan Rp30.000 per orang khusus hari libur.

4. Wisata Paralayang Gunung Panten

Selain di Cililin Bogor, wisata paralayang dengan pemandangan pegunungan mampu Anda temukan di Majalengka, tepatnya di daerah wisata paralayang Gunung Panten, Kelurahan Munjul. Di tempat wisata di Majalengka ini, Anda mampu menikmati teduhnya pemandangan Gunung Ciremai, hamparan daerah persawahan yang hijau, serta lanskap Majalengka dari ketinggian 300 mdpl.

Paralayang bukan satu-satunya wahana menarik yang mampu Anda temukan di sini. Anda juga mampu mencoba wahana gantole yang sudah disiapkan pengelola, tentunya dengan harga paket wisata yang bervariasi. Paket tandem paralayang dipatok dengan harga Rp350.000-Rp450.000, sedangkan untuk paket wahana gantole dibanderol mulai Rp450.000-Rp650.000. Harga tersebut tentunya sudah termasuk makanan, minuman, suvenir, dan dokumentasi.

5. Curug Cipeuteuy

Curug Cipeuteuy merupakan salah satu tempat wisata di Majalengka yang paling terkenal di media sosial. Nama “cipeuteuy” konon berasal dari sejarah daerah sekitar curug yang dulunya dikelilingi pohon petai raksasa. Objek wisata yang juga merupakan daerah hutan konservasi ini berlokasi di Bumi Perkemahan Desa Bantaragung, atau sekitar 24 km dari arah timur sentra kota Majalengka. Di daerah wisata ini, Anda tidak hanya mampu menikmati segarnya percikan air dari curug, tapi juga mampu pribadi menyaksikan indahnya bunga anggrek yang dibudidayakan di dalam hutan lindung.

Tak hanya itu, daerah konservasi Curug Cipeuteuy pun merupakan rumah bagi elang jawa serta bermacam-macam jenis tanaman dan fauna lainnya. Mengingat statusnya sebagai daerah koservasi, para pengunjung dibutuhkan semoga mampu menjaga kebersihan area wisata dengan tidak membuang sampah sembarangan.

Fasilitas pendukung yang dimiliki objek wisata yang satu ini pun cukup lengkap, yakni terdiri dari kamar mandi, lahan parkir, gazebo, warung, saung, area hiking, dan masih banyak lagi. Untuk mampu masuk ke tempat wisata di Majalengka ini, pengunjung diharuskan membayar tiket masuk seharga Rp10.000 untuk cukup umur serta Rp5.000 untuk anak-anak.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here