Tempat Wisata di Lamongan Terlengkap

0
27
Lamongan
Lamongan

Tempat Wisata di Lamongan Terlengkap

Lamongan merupakan sebuah kabupaten di pesisir utara Pulau Jawa, yang berbatasan dengan Kabupaten Gresik di sebelah timur, Kabupaten Mojokerto dan Kabupaten Jombang di Selatan, kemudian di sebelah barat berbatasan dengan Kabupaten Tuban, dan di sebelah utara berbatasan dengan Laut Jawa. Kabupaten ini memiliki topografi berupa dataran rendah dan dataran tinggi, yang dalam beberapa hal menciptakan pesona alam yang mengagumkan, mulai dari wisata pantai hingga wisata pegunungan. Selain itu, Lamongan juga menjadi salah satu wilayah yang menjadi pintu masuk persebaran Islam di Jawa pada abad ke 15 – 16, sehingga saat ini memiliki beberapa peninggalan bersejarah yang layak untuk kalian kunjungi. Apa saja tempat wisata di Lamongan tersebut?

  1. Wisata Bahari Lamongan (WBL)
Wisata Bahari Lamongan
Wisata Bahari Lamongan

Tempat wisata kota Lamongan ini bernama Wisata Bahari Lamongan, atau biasa di singkat WBL. Tempat wisata di Lamongan WBL ini berlokasi di Jl. Raya Paciran, Kecamatan Paciran, Lamongan. Di lokasi ini, Anda dapat menikmati berbagai wahana hiburan, di antaranya Menaiki Kano atau Boat; Drop Zone; Crazy Car;  Istana Bawah Laut; Istana Bajak Laut; Goa Insectarium; Anjungan Wali Songo; Rumah Kaca; Texas City; Tembak Ikan; Water Boom; Paus Dangdut; hingga wahana permainan anak lainnya. Banyaknya wahana  yang ditawarkan WBL membuat para wisatawan betah berlama-lama di lokasi ini. Tiket masuk WBL sebesar Rp. 70.000,00 pada weekday, dan Rp. 100.000,00 pada weekend. Wisata Lamongan WLB ini sangat cocok dikunjungi oleh kalian dan keluarga.

  1. Goa Maharani Zoo
Goa Maharani Zoo
Goa Maharani Zoo

Goa yang masuk menjadi salah satu paket wisata ke WBL ini berlokasi di Jl. Raya Paciran, Kecamatan Paciran, Lamongan. Tempat wisata Lamongan Jawa Timur ini memiliki kedalaman Goa 25 meter, dan memiliki stalaktit dan stalagmit yang sangat artistik. Selain itu, Goa Maharani Zoo juga dilengkapi Galery Satwa dan Museum Satwa. Konsep kebun binatang mini ini menyerupai nuansa alam Afrika, sedangkan Museum Satwa memiliki koleksi replika fosil binatang purba dan binatang-binatang lain yang telah punah.

  1. Tlogo Sandang
Tlogo Sandang
Tlogo Sandang

Ini merupakan salah satu wisata alam Lamongan yang sedang hits di Instagram, namanya Tlogo Sandang. Lokasi wisata ini terletak di Ds. Tlogosari, Kecamatan Paciran, Lamongan. Wisata ini menawarkan keindahan tebing yang menjulang tinggi, dan memiliki beberapa lubang yang dapat kita masuki. Apabila dilihat sekilas, wisata ini tidak kalah indahnya dari Grand Canyon yang ada di Amerika.

  1. Telaga Bandung Lamongan
Telaga Bandung Lamongan
Telaga Bandung Lamongan

Ini bukanlah sebuah telaga di Kota Bandung, tetapi ini merupakan sebuah nama telaga yang berlokasi di Jl, Andanwangi, Ds. Bandung, Kota Lamongan. Suasana telaga cukup nyaman untuk bersantai, karena menjadi taman terbuka hijau. Pepohonan dan berbagai tanaman hijau tersebar di sekitar lokasi telaga. Dulunya, tempat ini sering dijadikan sebagai lokasi memancing ikan. Untuk masuk ke tempat wisata yang ada di Lamongan ini, pengunjung hanya dikenakan tarif parkir sebesar Rp. 2.000 rupiah saja.

  1. Pantai Brondong
Pantai Brondong
Pantai Brondong

Sebagai salah satu kabupaten yang berbatasan dengan laut, tentu saja wisata pantai menjadi salah satu favorit bagi banyak wisatawan, salah satunya wisata Pantai Brondong. Pantai ini berlokasi di Pelabuhan Paciran, Lamongan. Di tempat ini kalian dapat menikmati pemandangan yang indah, terutama pada waktu senja. Selain itu, di lokasi ini kalian juga dapat berbelanja ikan segar langsung dari para nelayan.

  1. Tempat Pelelangan Ikan (TPI) Brondong
Tempat Pelelangan Ikan (TPI) Brondong
Tempat Pelelangan Ikan (TPI) Brondong

Apabila kalian telah mengunjungi Pantai Brondong, tidak ada salahnya untuk mampir sejenak ke Tempat Pelelangan Ikan (TPI) Brondong. Di TPI ini, pengunjung dapat berbelanja berbagai jenis ikan untuk dijadikan oleh-oleh bagi keluarga di rumah. Selain itu, pengunjung juga bisa membeli ikan segar dan langsung mengolahnya di lokasi tersebut. Sungguh wisata kuliner Lamongan yang sayang untuk di  memberi oleh-oleh bagi keluarga di rumah.

  1. Pantai Kutang
Pantai Kutang
Pantai Kutang

Wisata pantai di Lamongan yang satu ini bernama Pantai Kutang. Namanya cukup unik, dan terkesan “nakal”. Pantai ini berlokasi di Ds. Dukuh Kentong, Desa Labuhan, Kecamatan Brondong, Lamongan. Pantai Kutang menawarkan keindahan pasir pantai yang cukup panjang, dipadukan dengan lebatnya hutan bakau di sekitar bibir pantai. Untuk lebih memikat banyak pengunjung, wisata Lamongan Pantai Kutang menyediakan fasilitas ayunan yang cukup hits bagi instragamer. Selain itu, pantai ini juga didukung oleh beberapa warung makan yang menawarkan menu olahan sea food beraneka ragam. Tarif masuk pantai ini juga sangat murah, yaitu hanya Rp. 2.000 rupiah.

  1. Pantai Kodok
Pantai Kodok
Pantai Kodok

Wisata Pantai Lamongan ini bernama Pantai Kodok, karena memiliki bebatuan yang menyerupai binatang kodok. Wisata Lamongan Tanjung Kodok ini memiliki batas tegas berupa karang serta bebatuan cadas yang kokoh. Pantai ini juga sering dijadikan untuk rukyah menentukan waktu datangnya puasa dan hari raya.

  1. Pantai Wedung
Pantai Wedung
Pantai Wedung

Salah satu pantai baru di Lamongan adalah Pantai Wedung, yang berlokasi di Brondong, Lamongan. Pantai ini menawarkan keindahan pemandangan pantai yang bagus, didukung oleh pasir putih yang lumayan panjang. Tempat wisata di Lamongan Jawa Timur ini cocok dikunjungi oleh keluarga dan teman-teman terdekat.

  1. Gunung Pegat
Gunung Pegat
Gunung Pegat

Tempat wisata di Lamongan 2017 ini bernama, Gunung Pegat, yaitu sebuah barisan perbukitan kapur yang salah satu bukitnya memisahkan antara Jalan Raya Lamongan – Jombang. Nama “Pegat” berasal dari istilah Jawa, artinya cerai. Berdasarkan kepercayaan setempat, bahwa apabila terdapat sepasang kekasih yang melintasi bukit ini, hubungan percintaannya tidak akan langgeng. Namun demikian, dibalik mitos yang tidak bersahabat itu, tersimpan pesona alam yang menakjubkan, sehingga tetap saja dapat menarik wisatawan muda untuk mengunjungi lokasi instagramable ini.

  1. Javas Kolam Renang
Javas Kolam Renang
Javas Kolam Renang

Tempat wisata di Lamongan ini berlokasi di Jl. Soewoko, Jetis, Kecamatan Lamongan. Lokasinya yang terletak di Pusat Kota Lamongan menjadikan lokasi ini cukup banyak dikunjungi oleh para wisatawan, khususnya bagi mereka yang ingin merasakan sensasi mandi yang mengasyikkan. Di lokasi ini, kita dapat berendam atau berjemur santai, sembari memandang keindahan kota Lamongan dari ketinggian.

  1. Bendungan Babat
Bendungan Babat
Bendungan Babat

Bendungan ini berlokasi di Kendal, Sekaran. Bendungan ini dibangun di atas aliran sungai Bengawan Solo, guna mengendalikan debit air yang terkenal cukup deras. Selain itu, bendungan ini juga berfungsi sebagai sumber irigasi masyarakat Lamongan. Di sepanjang tepi bendungan, wisatawan dapat berolah raga joging sembari merasakan udara yang segar di sore hari.

  1. Waduk Gondang
Waduk Gondang
Waduk Gondang

Salah satu tempat wisata di Lamongan Jawa Timur yang harus kalian kunjungi adalah Waduk Gondang. Waduk ini memiliki luas 6,6 hektar, dan berlokasi di Desa Gondang Lor, atau 19 Km arah barat pusat Kota Lamongan. Waduk yang diresmikan pada tahun 1987 oleh Presiden Soeharto ini berfungsi sebagai tempat penampungan air (sumber irigasi) bagi persawahan penduduk. Selain fungsi pertanian, Waduk Gondang juga memiliki fungsi hiburan, yaitu wisata menaiki perahu untuk mengelilingi luasnya waduk ini.

  1. Waduk Prijetan
BACA JUGA:  Tempat Wisata Taman Bungkul
Waduk Prijetan
Waduk Prijetan

Waduk ini menjadi salah satu destinasi baru wisata di Lamongan. Waduk ini memiliki panorama alam yang indah. Kalian dapat berdiri di papan kayu sembari berfoto di berbagai sudut waduk. Lokasi wisata Lamongan dan Sekitarnya ini terletak di Ds. Krekah, Kedungpring, Lamongan, Jawa Timur.

  1. Wisata Edukasi Gondang Outbond (Wego) Lamongan
Wisata Edukasi Gondang Outbond (Wego) Lamongan
Wisata Edukasi Gondang Outbond (Wego) Lamongan

Wisata Lamongan baruini berlokasi di Ds. Juwet, Deketagung, Sugio, dan memiliki tiket masuk sebesar Rp. 10.000 rupiah. Tempat wisata di Lamongan Wego ini menawarkan keseruan bermain outbond dengan berbagai wahana permainan yang cukup menantang. Selain itu, wisata Lamongan Wego juga dilengkapi oleh wahana edukatif sains, seperti pengetahuan tentang berbagai macam tanaman hutan hujan tropis, miniatur pesawat terbang (sering dikenal juga sebagai “Wisata Lamongan Pesawat”), dll. Terlebih lagi, wisata Wego juga didukung oleh sarana bumi perkemahan dan kolam renang gaya Eropa, tidak jarang pengunjung merasa ketagihan untuk kembali mengunjungi lokasi ini. Wisata yang baru diresmikan pada bulan November 2016 ini menjadi salah satu favorit bagi wisatawan berbagai daerah.

  1. Sukodadi Carnival
Sukodadi Carnival
Sukodadi Carnival

Wisata baru Lamongan ini menawarkan keseruan permainan malam hari yang tidak ada duanya. Di lokasi ini, wisatawan dapat menikmati berbagai fasilitas permainan, seperti biang lala, komidi putar, roller couster, dll. Selain itu, wisata Sukodadi Carnival juga menyediakan hiburan sirkus dan juga pertunjukan budaya. Konsep wisata daerah Lamongan ini memadukan antara kebudayaan modern dan kebudayaan tradisional, yang dikemas secara “fun”.  Wisata ini berlokasi di Jl. Pantura No., 38, Sukodadi, Lamongan.

  1. Wisata Gunung Mas Tugu Mantup
Wisata Gunung Mas Tugu Mantup
Wisata Gunung Mas Tugu Mantup

Wisata Lamongan Mantup bernama Wisata Gunung Mas Tugu Mantup, atau sering dikenal dengan nama Istana Gunung Mas. Wisata di Mantup Lamongan ini berlokasi di Jalan Raya Mantup, Tugu, Lamongan. Di lokasi ini, wisatawan dapat mengunjungi Kampung Koboi yang sangat fotogenik, selain itu lokasinya sangat tenang dan menawarkan nuansa santai. Terlebih lagi, di lokasi ini juga disediakan kolam ikan. Wisata ini cukup hits di Lamongan, dan menjadi tujuan utama para kawula muda.

  1. Kolam Renang Kendil Wesi
Kolam Renang Kendil Wesi
Kolam Renang Kendil Wesi

Lokasi kolam renang ini terletak di Jl. Raya Paciran, Kecamatan Paciran, Kabupaten Lamongan. Wisata ini merupakan sebuah kolam renang yang dikelilingi oleh pepohonan yang cukup rimbun, sehingga memberikan efek yang menenangkan.

  1. Monumen van der Wijck
Monumen Van Der Wijck
Monumen Van Der Wijck

Monumen ini berlokasi di Jl. Raya Tuban – Gresik, Sedayu Lawas, Brondong Kabupaten Lamongan. Monumen ini berfungsi sebagai pengingat tenggelamnya Kapal van der Wijck di perairan Lamongan pada tahun 1936. Tragedi tenggelamnya Kapal van der Wijck juga menjadi salah satu latar belakang novel paling laris yang pernah ditulis oleh Buya Hamka. Begitu populernya tragedi ini membuat beberapa wisatawan tertarik untuk mengunjungi dan mengabadikan momen di depan monumen ini. Terlebih lagi setelah sebuah film dengan judul yang sama dipublikasikan pada tahun 2013.

  1. Makam Sunan Drajat
Makam Sunan Drajat
Makam Sunan Drajat

Pesisir Laut  Utara Jawa memang terkenal sebagai salah satu pusat persebaran agama Islam di Jawa pada abad XV – XVI, salah satu tokoh pendakwah tersebut dikenal dengan nama Sunan Drajat, yang dimakamkan di Lamongan. Untuk menuju wisata religi ini, kalian harus menempuh perjalanan selama 1 jam dari pusat Kota Lamongan.

  1. Makam Sunan Sendang Duwur
Makam Sunan Sendang Duwur
Makam Sunan Sendang Duwur

Satu lagi wisata religi yang berlokasi di Lamongan adalah Makam Sunan Sendang Duwur, tepatnya berada di Desa Sendang Duwur, Kecamatan Paciran. Sunan Sendang Duwur dikenal sebagai salah satu penyiar Islam yang sangat berpengaruh pada masanya. Di makam yang terletak di atas bukit ini, para peziarah dapat melihat gaya arsitektur bangunan yang unik, perpaduan antara kebudayaan Hindu dan kebudayaan Islam.

  1. Makam Dewi Sekardadu
Makam Dewi Sekardadu
Makam Dewi Sekardadu

Berdasarkan kepercayaan setempat, Dewi Serdadu merupakan Ibu dari Sunan Giri. Makam in terletak di sekitar Waduk Gondang. Apabila kalian berada di lokasi ini, kalian dapat merasakan udara sejuk yang akan membuat Anda nyaman.

  1. Alun-alun Kota Lamongan
Alun Alun Kota Lamongan
Alun Alun Kota Lamongan

Tempat wisata di Kota Lamongan terletak di pusat kota Lamongan. Di Alun-alun ini, kalian dapat bersantai sembari melepas lelah setelah bekerja seharian. Setelah direnovasi, tempat ini menyediakanberbagai macam wahana permainan anak, seperti perosotan, ayunan, dll. Selain itu, pepohonan dan tempat duduk yang tersebar di berbagai sudut alun-alun akan membuat Anda betah berlama-lama di lokasi ini. Apabila kalian dapat pada minggu pagi, kalian akan melihat banyak orang yang berolahraga di lokasi ini. Wisata alun-alun Lamongan juga menawarkan kelezatan menikmati berbagai olahan makanan, mulai dari seafood, sate, nasi goreng, bubur, dll.

  1. Pemandian Air Panas Brumbun
Pemandian Air Panas Brumbun
Pemandian Air Panas Brumbun

Obyek wisata Lamongan ini menawarkan kenikmatan relaksasi berendam di kolam air panas. Suasana pemandian ini cukup asri, karena dikelilingi oleh pepohonan hijau. Lokasinya yang terletak jauh dari keramaian membuat wisatawan betah berlama-lama di lokasi ini. Perlu diketahui, pemandian ini dipercaya sebagai lokasi bertapa Sunan Drajat. Selain itu, pemandian ini juga dipercaya dapat menyembuhkan berbagai penyakit kulit. Pemandian ini memiliki dua kolam, dengan luas 5×10 meter. Lokasi Pemandian Air Panas Brumbun tepatnya berada di Ds. Kranji, Kecamatan Paciran, Lamongan.

  1. Rowo Sekaran Lamongan
Rowo Sekaran Lamongan
Rowo Sekaran Lamongan

Wisata yang satu ini terletak di Rowo Sekaran Lamongan. Di lokasi ini, kalian dapat menikmati indahnya perairan yang banyak ditumbuhi tanaman enceng gondok. Apabila beruntung, kalian dapat berkeliling menggunakan kapal nelayan menyusuri rawa.

  1. Museum Sunan Drajat
Museum Sunan Drajat
Museum Sunan Drajat

Museum ini berlokasi di sekitar Makam Sunan Drajat. Di museum ini, wisatawan dapat belajar mengenai perkembangan masuknya Islam ke Jawa, khususnya ke Kabupaten Lamongan. Museum ini menyimpan banyak koleksi benda bersejarah, di antaranya kitab, Bedug, dll.

  1. Stadion Surajaya Lamongan
Stadion Surajaya Lamongan
Stadion Surajaya Lamongan

Stadion kebanggaan masyarakat Lamongan ini merupakan salah satu lokasi wisata yang ditawarkan kabupaten ini, terlebih lagi bagi pendukung setia klub Persela Lamongan. Stadion yang menjadi kandang tim Persela Lamongan ini memiliki kualitas yang tergolong bagus, tribun yang sudah baik dan didukung oleh rumput lapangan yang relatif rata.

  1. Masjid Agung Lamongan
Masjid Agung Lamongan
Masjid Agung Lamongan

Masjid Agung Lamongan terketak di pusat Kota Lamongan, tepatnya di Ds. Tumenggungan, Kecamatan Lamongan, Lamongan. Masjid ini memiliki arsitektur cukup unik, karena memadukan antara kebudayaan Jawa dan Kebudayaan Islam. Masjid ini cukup terkenal dan banyak dikunjungi oleh para jamaah ketika memasuki waktu Sholat.

  1. Tugu Adipura Kencana Lamongan
Tugu Adipura Kencana Lamongan
Tugu Adipura Kencana Lamongan

Salah satu tugu yang bagus untuk lokasi hunting foto di malam hari adalah Tugu Adipuran Kencana, yang berlokasi di Jl. Jaksa Agung Suprapto No. 18, Sidokumpul, Kecamatan Lamongan, Lamongan.

Bagaimana ulasan tempat wisata di Lamongan yang kami sajikan, kami rasa sudah cukup membantu menentukan destinasi wisata akhir pekan kalian. Jangan lupa juga untuk mengunjungi tempat wisata di Indonesia lainnya, seperti wisata di Gresik, wisata di Bojonegoro, dan wisata di Tuban.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here