Tempat Wisata di Karanganyar Terbaru Yang Menarik Untuk di Kunjungi

0
23
Telaga Madirda 640x480
Telaga Madirda 640x480

Tempat Wisata di Karanganyar Terbaru Yang Menarik Untuk di Kunjungi

Tempat wisata di Karanganyar – Karanganyar merupakan salah satu kabupaten di Jawa Tengah. Berlokasi sekitar 14 Km dari kota Solo atau Surakarta.

Nama Karanganyar mungkin tidak setenar Solo, tetapi di sana terdapat banyak lokasi wisata alam yang sangat menarik untuk dikunjungi. Bahkan kebanyakan paket wisata ke Kota solo akan menyertakan daerah wisata area Karanganyar.

Tempat Wisata di Karanganyar yang menjadi destinasi terfavorit yaitu wisata alam yang berada di lereng Gunung Lawu. Di sana ada banyak tempat-tempat menarik nan asri yang akan memberi ketenangan batin bagi sisapa saja yang mengunjunginya.

Selain itu, di Kabupaten Karanganyar ini juga terdapat candi-candi yang terlihat gagah ketika dijadikan sebagai objek foto. Candi-candi tersebut juga masih aktif dipakai oleh pemeluk agama Hindu di sekitar sana.

Tempat Wisata di Karanganyar
Berikut kami sajikan lokasi wisata yang bisa Anda jadikan daftar kunjungan ketika liburan nanti di Karanganyar:

1. Grojogan Sewu

Grojogan Sewu bisa dibilang sebagai daerah liburan di Karanganyar yang paling populer dan selalu ramai dikunjungi oleh wisatawan.

Air terjun yang terletak di lereng Gunung Lawu ini, berada di Kalisoro, Tawangmangu. Untuk hingga ke lokasi, para pengunjung harus melewati tangga sebanyak 1.250 buah.

Sepertinya anak tangganya sangat banyak dan terdengar melelahkan, namun bergotong-royong tidak semengerikan itu.

Karena suasana di sekitar yang hijau ditambah kera-kera yang berkeliaran dengan bermacam tingkah lakunya menciptakan rasa lelah terlupakan begitu saja.

Di samping keindahan alamnya yang memukau, Grojogan Sewu juga populer sebagai daerah wisata menakutkan di Karanganyar. Di sana terdapat sebuah jembatan kayu berjulukan kretek pegat yang bergotong-royong sangat menarik untuk dijadikan objek foto.

Akan tetapi, berdasarkan mitos yang beredar, apabila sepasang kekasih melewatinya, maka kekerabatan mereka akan berakhir di tengah jalan.

Menurut beberapa tokoh spiritual, ini dikarenakan jembatan itu mempunyai aura pegat sih atau perpisahan. Dan ketika sore, akan terlihat sosok kakek-kakek yang konon merupakan abdi setia penunggu Grojogan Sewu, melewati kabut di sekitar jembatan.

2. Air Terjun Jumog

Tempat wisata alam Karanganyar ini letaknya tidak jauh dari Grojogan Sewu dengan saluran yang kurang lebih sama. Meskipun begitu, Air Terjun Jumog bisa dibilang kalah tenar dan belum banyak didatangi pelancong kalau dibandingkan dengan Grojogan Sewu.

Padahal untuk hingga ke air terjunnya, wisatawan tidak perlu berjalan kaki terlalu jauh. Dan tidak perlu melewati hingga seribu anak tangga.

Namun memang untuk debit air lebih kecil daripada Grojogan Sewu dan di Jumog juga jarang ada monyet yang berkeliaran.

BACA JUGA:  5 Hal yang Harus Kamu Lakukan di Labuan Bajo

Suasana yang disajikan kurang lebih sama, hanya saja alasannya lebih sepi dari pengunjung menciptakan Air Terjun Jumog terasa lebih menenangkan.

3. Air Terjun Pringgodani

Satu lagi penderasan yang bisa menjadi daerah berfoto di Karanganyar, Air Terjun Pringgodani. Lokasi wisata ini terletak di kakai Gunung Lawu, tepatnya di Kelurahan Blumbang, sekitar 4 Km dari terminal bus Tawangmangu.

Dengan ketinggian sekitar 100 meter dan mempunyai dua tingkat, penderasan ini terlihat sangat spektakuler. Sayangnya saluran menuju ke sana sangat sulit dengan medan yang cukup berat, sehingga hanya bisa dilihat dari kejauhan.

Biasanya wisatawan menikmati keindahan penderasan tersebut di Sendang Pengantin di atas penderasan yang terdiri dari tujuh kucuran air.

4. Agrowisata Amanah

Lokasi outbound yang biasa disebut daerah wisata amanah Karanganyar ini merupakan daerah rekreasi buatan yang tertata sangat rapi.

Di sini tersedia area outbound, daerah makan, dan penginapan yang saling berkesinambungan. Area yang dibangun di atas tanah seluas kira-kira 9 hektar ini ditanami bermacam-macam sayur dan buah untuk kebutuhan restorannya.

Tidak hanya itu, di sini juga merupakan salah satu daerah bermain anak di Karanganyar yang bisa menciptakan si kecil betah.

Karena Agrowisata Amanah mempunyai bermacam-macam wahana outbound menarik dilengkapi karyawan-karyawan yang secara profesional akan membantu buah hati Anda selama kegiatan.

Beberapa arena bermain yag bisa dilakukan yaitu budidaya ikan, praktik beternak dan juga berkebun. Sehingga selain bersenang-senang, anak Anda juga sekaligus menerima edukasi yang baik bagi tumbuh kembang mereka.

5. Telaga Madirda

Tempat wisata di Karanganyar, Telaga Madirda merupakan salah satu dari sekian banyak keindahan alam yang tersembunyi di Kabupaten ini. L

okasinya terletak di Ngargoyoso, tidak jauh dari penderasan Jumog, tetapi hanya bisa ditempuh dengan berjalan kaki. Mungkin itu yang menciptakan daerah ini belum terlalu banyak dibicarakan dan dipilih untuk daerah rekreasi sebagai pelepas lelah.

Padahal suasana yang diberikan sangat sejuk dan bisa merefresh segala kepenatan dari rutinitas harian yang menjadikan kejenuhan.

Pemandangan yang hijau dilengkapi dengan telaga berisi air higienis menciptakan waktu berjalan sangat cepat ketika berada di sana.

Ada sedikit dongeng menarik di Telaga Madirda yang merupakan obyek wisata di karanganyar jawa tengah ini. Konon sebuah kerikil yang terdapat di sana merupakan kerikil daerah Retno Anjani bertapa dan melahirkan Anoman.

Hingga ketika ini kerikil tersebut dikeramatkan oleh masyarakat sekitar, dan telaga ini juga dijadikan ritual kegamaan oleh umat Hindu.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here