Tempat Wisata di Jawa Tengah yang Wajib Dikunjungi

0
57
Candi Borobudur Magelang
Candi Borobudur Magelang

Tempat Wisata di Jawa Tengah yang Wajib Dikunjungi

Jawa Tengah merupakan salah satu provinsi di Indonesia yang dianugerahi dengan begitu banyak keistimewaan. Selain kaya akan budaya dan budbahasa istiadat, provinsi yang berbatasan eksklusif dengan Jawa Barat, Jawa Timur, serta Daerah spesial Yogyakarta ini juga punya bentang alam yang menawan.

Ada begitu banyak tempat wisata menarik di Jawa Tengah yang selalu ramai dikunjungi wisatawan, terutama dikala demam isu liburan dan final pekan. Nah, buat Anda yang sedang merencanakan piknik dalam waktu dekat, tempat wisata di Jawa Tengah berikut mungkin mampu menjadi rekomendasi yang cocok.

1. Candi Borobudur – Magelang

Ikon wisata paling populer di Jawa Tengah yakni Candi Borobudur yang terletak di Magelang, tepatnya 40 km arah barat bahari Yogyakarta. Tempat wisata di Jawa Tengah ini merupakan peninggalan agama Buddha masa lampau.

Selain merupakan candi Buddha terbesar di dunia yang sarat akan nilai sejarah, Borobudur juga didapuk sebagai salah satu dari 7 keajaiban dunia. Di kompleks Candi Borobudur sendiri terdapat 1.460 relief dan 504 stupa yang hingga kini masih terjaga keasliannya.

Untuk mampu menikmati jejak sejarah yang sungguh menawan ini, pengunjung hanya akan dikenakan biaya tiket masuk sebesar Rp15.000 (wisatawan domestik) dan USD20 untuk wisatawan mancanegara. Murah, kan?

2. Candi Prambanan – Klaten

Masih ihwal objek wisata sejarah. Kali ini ada Candi Prambanan yang terletak di Klaten, tepatnya di wilayah perbatasan Jawa Tengah dan Yogyakarta. Anda tentu tidak asing kan dengan legenda Roro Jonggrang yang meminta Bandung Bondowoso membangun 1.000 candi dalam satu malam? Ya, Prambanan-lah jawabannya.

Ketika berkunjung ke tempat wisata di Jawa Tengah ini, Anda tidak hanya akan disuguhi dengan jejak sejarah yang eksotis, tapi juga hijaunya pepohonan yang tumbuh di sekitar area candi. Pun lantaran terletak di perbatasan, candi ini dikelola secara kolaborasi antara DIY dan Jawa Tengah.

Candi Prambanan yang merupakan komplek candi Hindu terbesar di Indonesia pernah mengalami beberapa kali pemugaran, terutama pasca gempa Jogja pada 2006 silam. Meski begitu, kesan orisinil candi yang bersejarah tetap tidak hilang dari bangunan ini.

3. Puri Maerokoco – Semarang

Jika Anda ingin mengenal kebudayaan Jawa Tengah secara menyeluruh, berkunjunglah ke Puri Maerokoco di Semarang. Di Taman Mini Indonesia Indah-nya Jawa Tengah ini Anda mampu menyaksikan banyak sekali jenis kebudayaan khas Jateng menyerupai pakaian khas, rumah adat, hingga permainan tradisional.

Tempat wisata di Jawa Tengah ini sangat cocok dijadikan destinasi liburan final pekan bersama keluarga, terutama untuk si kecil, lantaran ada banyak wahana menarik yang mampu dicoba, mulai dari perahu, kereta, sepeda air, dan wahana lain yang tak kalah menarik.

BACA JUGA:  Secret Garden Bali, Selaras Dengan Harmoni Alam

4. Kota Lama – Semarang

Masih di Semarang, salah satu objek wisata menarik yang sayang untuk dilewatkan dikala berada di Kota Lumpia ini yakni Kota Lama. Kota Lama sendiri merupakan sebuah daerah yang oleh pemerintah kolonial dulu dijadikan sebagai sentra perniagaan.

Di sini, Anda mampu menjumpai bangunan-bangunan peninggalan Belanda, menyerupai Gereja Blenduk, Stasiun Kereta Api Tawang, Jembatan Mberok, PT Pelni, Pabrik Rokok Praoe Lajar, Polder Air Tawang, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Sedikit informasi, Kota Lama Semarang juga dijuluki sebagai The Little Netherland (Belanda Kecil), lantaran konsep dan tata kelola tempat di sini sangat menyerupai dengan salah satu sudut kota di Belanda.

Yang menarik, Anda mampu singgah ke banyak sekali tempat makan yang masih sangat berbau Eropa, baik dari bangunannya maupun hidangan yang ditawarkan, salah satunya yakni Toko Oen yang merupakan salah satu tempat wisata masakan di Semarang yang paling terkenal. Menu favorit pengunjung di restoran ini yakni es krim. Kalau berada di Kota Lama, jangan lupa mampir ke tempat makan yang satu ini, ya.

5. Lawang Sewu – Semarang

Selain Kota Lama, Anda juga mampu menyaksikan bangunan peninggalan zaman kolonial di Lawang Sewu, Semarang. Meskipun namanya Lawang Sewu, bukan berarti bangunan ini mempunyai 1.000 pintu. Hanya saja bangunan ini memang mempunyai jumlah pintu yang sangat banyak.

Pada zaman dulu, Lawang Sewu digunakan sebagai kantor sentra perkeretaapian di wilayah Semarang. Tidak heran bila berkunjung ke sini, Anda akan melihat banyak miniatur kereta yang dipajang di meja yang dilindungi kaca-kaca.

Aura mistis seketika akan menyergap Lawang Sewu pada malam hari. Kalau Anda suka menguji nyali, cobalah tiba dan jelajahi bangunan kuno ini dikala matahari sudah terbenam, dijamin bulu kuduk Anda akan merinding. Keindahan dan keklasikan arsitektur bangunannya juga menciptakan tempat wisata di Jawa Tengah ini sering dijadikan latar fotografi, syuting film, dan semacamnya.

Oh ya, di depan Lawang Sewu juga terdapat Tugu Muda yang dibangun untuk mengenang pertempuran 5 hari di Semarang. Tugu Muda juga akan lebih seru bila dikunjungi pada malam hari. Di sekitarnya ada bangku-bangku kecil yang disediakan untuk pengunjung.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here