Tempat Wisata Di Bogor Paling Terkenal

0
221
Tempat Wisata Di Bogor
Tempat Wisata Di Bogor

Tempat wisata di bogor paling terkenal  – Bogor yang terdiri atas Kabupaten dan Kota telah menjadi salah satu destinasi wisata yang sangat populer dari Jawa Barat. Pemerintah dari wilayah yang memiliki julukan Kota Hujan tersebut memang tengah menggenjot pemasukan daerah dari sektor pariwisata semaksimal mungkin. Sebab itu, lokasi wisata yang sudah ada semakin disempurnakan lagi dari segi pelayanan dan fasilitas, sedangkan tempat-tempat lain yang tampak memiliki potensi sebagai destinasi wisata pun segera digarap. Bogor sendiri sejak zaman kolonial Belanda telah dipercaya sebagai area yang menyenangkan, terbukti dengan nama asli daerah tersebut sendiri, yakni Buitenzorg atau aman tenteram.

Kini,Tempat Wisata Di Bogorpun semakin bertambah dan menawarkan pesona yang berbeda-beda, sehingga semuanya wajib untuk dikunjungi oleh para wisatawan. Terlebih lagi, mayoritas tempat wisata tersebut ramah untuk segala usia mulai anak-anak hingga dewasa, sehingga menjadi pilihan yang sangat tepat untuk menghabiskan liburan keluarga maupun rombongan besar.

Destinasi Tempat Wisata Di Bogor untuk Anak

Saat akhir pekan dan ketika libur sekolah sudah tiba, anak-anak tentu akan sangat senang ketika diajak untuk berlibur ke tempat-tempat hiburan. Untuk yang tinggal di sekitaran Bogor seperti Jakarta, Depok, Tangerang, dan Banten, maupun daerah-daerah lain di seluruh Indonesia, banyak sekali tempat wisata untuk anak di Bogor yang layak untuk dikunjungi. Perlu diingat bahwa untuk memilihkan destinasi wisata untuk anak-anak, hal terpenting yang harus dipertimbangkan adalah sisi fun education yang ditawarkan oleh tempat wisata yang bersangkutan. Menawarkan banyak hiburan menyenangkan tentu disukai oleh anak-anak, akan tetapi sayang bila kemudian tidak dibarengi dengan adanya unsur edukasi yang dapat mereka pelajari. Sebab itu, orang tua yang hendak mengajak anak berlibur ke lokasi wisata atau para guru yang tengah memilihkan tujuan untuk education trip wajib memilih tempat-tempat yang memberikan edukasi dengan metode menyenangkan.

De Ranch Mega Mendung Puncak Bogor

De Ranch Mega Mendung Puncak Bogor
De Ranch Mega Mendung Puncak Bogor

Tempat wisata di Bogor yang menyenangkan sekaligus edukatif untuk anak di Bogor yang pertama adalah De Ranch Mega Mendung yang berlokasi di sekitar Puncak, Bogor. Areal wisata yang satu ini masih tergolong baru, namun sangat cepat menjadi primadona bagi wisatawan yang mengunjungi kawasan Puncak, di mana daerah dataran tinggi tersebut memang sudah sejak lama menjadi destinasi favorit masyarakat sekitar Jabodetabek untuk menghabiskan waktu liburan.

Salah satu tempat wisata di Bogor, De Ranch Mega Mendung sendiri merupakan gabungan dari dua tempat berkonsep hiburan alam yang terkenal di Bandung, yakni De Ranch Bandung yang merupakan areal menunggang kuda dan Lembang Farm House berupa areal pertanian dan peternakan dengan banyak spot foto ala Negeri Dongeng. Singkatnya, di De Ranch Mega Mendung Bogor, wisatawan dapat menunggangi kuda sambil mengelilingi kawasan bangunan menyerupai Negeri Dongeng seperti Rumah Hobbit, Rumah Permen, dan Rumah Kelinci. Tidak ketinggalan, wisatawan dapat menikmati juga keindahan taman bunga berwarna-warni seperti di Negeri Belanda.

Jungleland Adventure Theme Park

Jungleland Adventure Theme Park
Jungleland Adventure Theme Park

Lokasi wisata yang ramah kepada anak serta memiliki sesi edukasi di Bogor yang kedua adalah Jungleland Adventure Theme Park. Sesuai namanya, tempat hiburan yang satu ini memang memiliki konsep taman bermain modern yang menyediakan berbagai wahana untuk pengunjung beragam usia. Anak-anak dapat mengunjungi science center yang memberikan beragam informasi tentang ilmu pengetahuan secara menarik sehingga mudah dimengerti anak-anak. Selain itu, hampir seluruh taman bermain memiliki figur dinosaurus yang telah punah jutaan tahun lalu yang dapat pula dijadikan ajang mengenalkan macam-macam hewan purba tersebut kepada mereka. Tidak sampai di situ saja, pengunjung dapat pula bermain air di seluncuran arus deras dengan menggunakan bom bom car air. Bagi orang dewasa yang ingin sedikit memacu adrenalin, tersedia rumah jailangkung yang sangat horor.

Cibalung Happy Land

Cibalung Happy Land
Cibalung Happy Land

Happy Land sebagaimana namanya menawarkan hiburan outbond yang edukatif bagi anak-anak dan dijamin akan membuat mereka bahagia. Mayoritas wahana di areal wisata alam yang satu ini memang didesain untuk anak-anak, sehingga tidak heran jika Cibalung Happy Land yang berlokasi di kaki Gunung Salak ini menjadi pilihan utama dalam daftar wisata bersama berbagai sekolah, utamanya anak-anak dalam rentang usia TK dan SD.

Di sini, anak-anak dapat belajar cara beternak dan bercocok tanam yang benar seperti menanam dan memanen padi, memerah susu sapi, hingga memberi makan kelinci. Kegiatan edukatif semacam itu dapat membentuk karakter anak menjadi penyayang pada lingkungan sekitar. Selanjutnya, mereka pun dapat berenang di kolam dangkal yang memang dikhususkan bagi mereka. Untuk anak-anak dengan usia dan tinggi badan yang cukup dapat mencoba permainan yang lebih menantang seperti paint ball, flying fox, hingga mengendarai ATV.

Destinasi Wisata Murah Meriah Di Bogor

Tidak melulu menawarkan destinasi wisata yang mengharuskan pengunjung merogoh kocek sangat dalam, banyak pula  wisata di Bogor yang murah yang dapat dijadikan pilihan untuk menghabiskan akhir pekan maupun liburan panjang. Tempat-tempat tersebut sengaja dibangun untuk memenuhi kebutuhan lokasi wisata yang terjangkau oleh semua kalangan. Bagaimanapun, tidak ada aturan tertulis bahwa untuk bersenang-senang harus mengeluarkan banyak uang. Bahkan, beberapa spot wisata di Bogor tidak menetapkan biaya sepeserpun bagi pengunjung yang datang dan ingin mengeksplorasi tempat tersebut.

BACA JUGA:  Air Terjun Leuwi Cieung di Bogor yang Sangat Alami

Eco Art Park

tempat wisata di bogor Eco Art Park
Eco Art Park

Taman modern yang satu ini terletak di Sentul, Bogor. Eco Art Park terdiri dari dua bagian, yakni Taman Patung atau Sculpture Garden dan Taman Sains atau Sains Garden. Namun keduanya menitikberatkan penggunaan bahan-bahan yang ramah lingkungan sekaligus pula ingin mengajak masyarakat untuk melakukan gerakan daur ulang terhadap barang-barang bekas di sekitar. Di bagian Sculpture Garden, wisatawan dapat menyaksikan patung Transformer raksasa yang terbuat dari bekas onderdil mobil. Besi-besi tua tersebut diproses sedemikan rupa untuk membebaskannya dari karat, kemudian disusun menyerupai mobil yang dapat bertransformasi dalam film franchise yang telah memasuki seri keempatnya itu.

Selain itu, ada pula Patung Sumo, hingga replika kereta api lengkap dengan penumpangnya. Sementara di bagian Sains Garden, wisatawan akan dibuat tercengang sekaligus bertanya-tanya dengan cara dua buah parabola yang terpisah lebih dari sepuluh meter dapat saling menghantarkan suara dari ujung ke ujung dan banyak lagi ilmu pengetahuan lain yang dapat dipelajari melalui media sederhana namun menyenangkan. Hebatnya lagi, untuk mengunjungi tempat wisata yang satu ini, wisatawan tidak perlu membayar sama sekali alias gratis.

Goa Agung Garunggang

tempat wisata di bogor goa agung garunggang
Goa Agung Garunggang

Bila menginginkan sensasi lokasi wisata alam yang indah tetapi memerlukan perjuangan untuk mencapainya tetapi dapat dieksplorasi secara gratis, maka Goa Agung Garunggang di Sentul merupakan pilihan yang tepat. Goa berada di bawah tanah, sehingga praktis, wisatawan harus turun dari permukaan yang terang menuju areal gelap dan agak basah. Berkunjung ke sini wajib membawa sendiri senter karena tidak ada yang menyewakan dan harus berhati-hati karena agak licin. Tetapi, perjuangan itu sebanding dengan pesona dalam Gua Agung Garunggang yang dipenuhi stalagtit dan stalagmite dengan bunyi gema yang berbeda-beda namun merdu, seolah berasal dari sebuah alat musik. Sekelilingnya terbuat dari dinding batu dan memiliki struktur unik sehingga menghasilkan foto yang bagus ketika diabadikan.

Spot Wisata Hits Dan Kekinian Di Bogor

Seolah semakin ingin melengkapi pilihan wisata yang dimiliki, Bogor pun kini menawarkan banyak tempat wisata di Bogor kekinian yang mana memiliki prinsip utama memenuhi standar lokasi yang instragramable. Tempat-tempat tersebut merupakan lokasi wisata yang menawarkan hiburan berupa banyak spot untuk diabadikan dalam jepretan foto dan tidak ketinggalan pula diunggah di akun sosial media yang dimiliki, terutama Instagram. Sebagian tempat menawarkan konsep wisata modern sedangkan sebagian lagi memanfaatkan keindahan alam sekitar yang asri dan hanya menambahkan perangkat sepenuhnya untuk dijadikan pendukung dalam keperluan pengambilan foto.

Little Venice Bogor

tempat wisata di bogor Little-Venice

Mendengar Venice atau Venezia pasti akan membuat mayoritas orang langsung teringat akan sebuah komplek dengan bangunan-bangunan super artistik di Italia. Bogor pun ternyata memiliki sebuah areal wisata yang terinspirasi dari komplek tersebut dan dibangun dalam areal gedung elit bernama Kota Bunga. Bangunan-bangunan di sekeliling benar-benar mirip dengan bangunan di Venice sehingga cantik sekali ketika diabadikan dalam foto.

Ditambah dengan taman bunga warna warni yang juga wajib untuk menjadi spot selfie, wefie, groufie dan beragam jenis foto lainnya. Tidak hanya sampai di situ, wisatawan juga bisa menaiki Missisippi Boat Ride, yaitu sebuah perahu rakit ala Eropa untuk menyusuri aliran sungai yang membentang tenang di tengah-tengah komplek bangunan.

Curug Ciherang Jonggol

Beberapa tahun terakhir, daerah Jonggol acap kali menjadi bahan lelucon di Televisi tanpa banyak orang mengetahui bahwa terdapat sebuah spot wisata yang kekinian di daerah tersebut, yakni Curug Ciherang. Semula, hiburan utama serta satu-satunya yang dimiliki oleh destinasi wisata alam ini hanya air terjunnya yang mungkin akan membosankan dan tidak menarik untuk dikunjungi berkali-kali. Pengelola kemudian mengadaptasi tren gardu pandang yang tengah populer di Yogyakarta untuk diaplikasikan di Curug Ciherang.

Tidak memakan waktu yang lama, Curug Ciherang kemudian memiliki rumah pohon dan jembatan gantung yang secara fungsional sama dengan gardu pandang. Wisatawan dapat menyaksikan panorama sekitar yang sangat asri dan menyegarkan mata dari ketinggian sekaligus pula mengabadikannya dalam foto. Satu hal lagi yang sangat disukai wisatawan Curug Ciherang adalah tidak dikenakannya retribusi apa pun untuk mengeksplorasi tempat wisata yang satu ini.

Highland Park Resort

tempat wisata di bogor Highland Park Resort

Kemping bukanlah sesuatu yang asing di Indonesia, namun kini muncul tren kemping terbaru, yakni glamorous camping atau kemping mewah. Konsep ini pertama kali populer di luar negeri dan kini telah tersedia banyak spot semacam itu yang kemudian tidak terbendung memasuki tanah air. Highland Park Resort merupakan salah satu pionir glamorous camping di Indonesia. Menyebutnya sebagai Apache Camp atau tenda bernuansa Mongolian, tempat wisata yang satu ini akan menyajikan sensasi kemping maupun berkemah yang sangat berbeda, hits, serta kekinian. Sebagaimana tenda-tenda orang Mongolia yang besar lengkap dengan kamar tidur, dapur, ruang santai, hingga toilet karena memang difungsikan sebagai tempat tinggal semi permanen, begitu pula Apache Camp di Highland Park Resort. Wisatawan dapat menginap sambil menikmati beragam aneka hiburan outdoor lain yang telah disediakan pengelola.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here