Tempat Wisata di Belitung yang Wajib Dikunjungi

0
72
Pulau Lengkuas
Pulau Lengkuas

Tempat Wisata di Belitung yang Wajib Dikunjungi

Belitung mampu dikatakan sebagai salah satu destinasi wisata yang dulunya tersembunyi. Tidak banyak orang tahu keindahan sebenarnya dari Belitung. Tetapi semenjak munculnya film Laskar Pelangi, keindahan Belitung yang sebenarnya mulai terekspos. Hal ini menimbulkan Belitung menjadi salah satu destinasi liburan favorit bagi para traveler yang ingin mengeksplor keindahan negara kita tercinta ini.

Jika Anda memasukkan Belitung sebagai daerah liburan Anda selanjutnya, beberapa daerah wisata di Belitung yang wajib dikunjungi antara lain:

1. Pantai Tanjung Tinggi

Pantai Tanjung Tinggi yaitu pantai populer di Belitung yang dipakai sebagai salah satu lokasi syuting untuk film Laskar Pelangi. Pantai ini terletak di sebelah utara Belitung, tepatnya 37 km dari kota Tanjung Pandan. Berpasir putih, air maritim jernih, dan watu granit super besar yaitu ciri khas dari pantai ini.

Ombak di Pantai Tanjung Tinggi relatif damai sehingga Anda mampu berenang tanpa harus takut terbawa ombak. Di tepi pantai, terdapat warung-warung yang menjajakan seafood untuk memuaskan rasa lapar Anda sesudah puas bermain air.

2. Pantai Tanjung Kelayang

Terletak di sebelah utara Pulau Belitung, Pantai Tanjung Kelayang yaitu pantai kedua yang populer sesudah Pantai Tanjung Tinggi. Yang khas dari pantai ini yaitu Batu Kelayang yang merupakan maskot dari Sail Wakatobi – Belitung 2011. Pantai Tanjung Kelayang terdiri dari dua bagian, yaitu sebelah barat dengan deretan watu granit dan sebelah timur berupa hamparan pasir putih nan cantik. Anda mampu menyelam, berenang, berjemur, memancing, dan malakukan bermacam-macam atraksi air lainnya di pantai ini.

3. Pulau Lengkuas
Objek wisata ketiga yang populer di Belitung yaitu Pulau Lengkuas. Pulau ini berada di sebelah utara Pulau Belitung, Anda hanya perlu menempuh jarak sekitar 30 menit untuk menyeberang ke pulau ini. Hal yang menarik dari Pulau Lengkuas yaitu mercusuar yang menjulang tinggi di tengah-tengah pulau.

BACA JUGA:  Taman Wisata Matahari, Pilihan Wisata Keluarga Di Bogor

Mercusuar ini sudah bangun semenjak tahun 1882. Dari atas mercusuar ini, Anda mampu menikmati pemandangan keindahan pantai-pantai di Belitung dari ketinggian.

4. Bukit Berahu

Bukit Berahu yaitu sebuah daerah perpaduan antara resto dan bungalow atau villa di sebuah pantai indah di Belitung. Bukit Berahu terletak bersahabat dengan Tanjung Tinggi. Dari atas Bukit Berahu, Anda mampu menikmati keindahan pantai berpasir putih dan maritim biru muda yang jernih.

Untuk mencapai pantai di bungalow ini, Anda harus menuruni 97 anak tangga, sehingga ada baiknya Anda memakai sepatu tanpa hak. Karena pantai di sini merupakan bab dari bungalow, Anda mampu menikmati sensasi private beach yang tidak mampu Anda temukan di pantai Belitung lainnya.

5. Pantai Punai

Pantai Punai berlokasi di sebelah Tenggara Belitung, tepatnya di desa Tanjung Kelumpang. Berbeda dengan pantai khas Belitung lain yang mempunyai watu granit super besar, di pantai ini Anda akan mendapati pasir putih dengan watu granit kecil dan suasana yang lebih tenang.

Di depan pantai ini ada pulau kecil berjulukan Pulau Punai. Dulunya, di pulau ini terdapat aneka macam burung punai. Untuk menuju pulau ini Anda hanya perlu berjalan kaki bila air sedang surut.

6. Pulau Pasir

Pulau Pasir sebenarnya yaitu sebuah tumpukan daratan yang hanya terdiri dari pasir. Saat air maritim surut, tumpukan pasir ini akan terbentuk mirip pulau. Sedangkan ketika air maritim pasang, daratan ini seluruhnya akan karam di bawah air laut. Pulau ini tidak terlalu luas, hanya sebesar setengah lapangan sepak sepak bola.

Saat air surut, ada aneka macam wisatawan yang singgah di pulau ini dengan memakai bahtera nelayan. Anda akan merasa takjub dengan pemandangan di pulau ini, alasannya pulau ini berdekatan dengan pulau-pulau lain.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here