Teluk Kiluan, Surga Tersembunyi di Ujung Tanah Lampung

0
31
Gapura Teluk
Gapura Teluk

Teluk Kiluan, Surga Tersembunyi di Ujung Tanah Lampung

Teluk Kiluan bagaikan nirwana tersembunyi yang di ujung Provinsi Lampung. Ketika berkunjung ke Teluk Kilauan, pengunjung akan disuguhkan pemandangan pantai dengan gradasi biru kehijauan dilengkapi dengan air yang jernih dan terumbu karang serta ikan hias yang mampu Anda lihat secara jelas.

Adalah Teluk Kiluan, yang akan menyuguhkan topografi berbukit dan lembah, yang sangat cocok untuk dijelajahi. Selain menyuguhkan lanskap yang indah, ternyata teluk satu ini dihuni oleh ratusan ekor lumba-lumba.

Ratusan lumba-lumba hidung botol dan lumba-lumba snipper mampu dengan gampang dijumpai di tengah laut. Mereka menyapa ramah setiap orang yang dilihatnya dengan lompatan-lompatan indahnya.

Perairan di Teluk Kilauan sangat kaya akan ikan, sehingga sering dijadikan sebagai lokasi para pemancing handal untuk mencari mangsa. Kesuburan perairan ini menimbulkan karang mampu tumbuh dengan baik. Ini pula yang menimbulkan tempat teluk kiluan juga menyuguhkan spot diving yang dangkal namun sangat indah.

Selain teluk yang indah, di lepas pantai terdapat pulau kecil yang juga menantang untuk dijelajahi. Dijelajahi keindahan permukaannya maupun diselami di bawah airnya.

Legenda Teluk Kiluan
Ada satu legenda yang hingga kini masih beredar dan dipercaya oleh Masyarakat sekitar. Legenda berawal ketika era mulai runtuhnya Kerajaan Majapahit dan Islam masuk Indonesia.

Di tempat yang awalnya Umbul atau perlambangan masyarakat Pekon Bawang, dikenal seorang pendatang yang sangat tinggi kesaktiannya. Dia berjulukan Raden Mas Arya yang berasal dari daerah Banten atau Malaka. Raden Anta Wijaya sangat dikenal Pemberani. Namun, banyak kerabatnya yang tidak bahagia kepada dia dan berusaha untuk membunuhnya.

Karena kesaktian yang belum terkalahkan, dia mampu tahu kapan final hayat akan tiba. Karena itu, balasannya Raden Anta Wijaya meminta kerabat yang ingin membunuh dirinya tersebut supaya membawa dia ke Pulau yang ketika ini berjulukan Pulau Kiluan. Sebab, dia hanya mampu dibunuh di Pulau itu, selanjutnya Raden Anta Wijaya dibunuh di Pulau tersebut.

Lokasi Teluk Kiluan
Objek wisata pantai Teluk Kiluan berada di Kiluan Negeri, Kelumbayan, Kabupaten Tanggamus, provinsi Lampung.

Rute Menuju Teluk Kiluan
Dari Kota Bandar Lampung Butuh waktu sekitar 3-4 jam untuk hingga ke teluk Kilua, dengan jarak sekitar 80 km kalau dilihat di peta.

Adapun saluran menuju ke Teluk Kiluan masih tidak mengecewakan sulit lantaran di sana sini terdapat titik yang belum tersentuh pembangunan. Di sana pun belum ada listrik pun juga sinyal komunikasi masih sulit, warga memakai generator untuk menerima sumber listrik.

Sebaiknya tiba ke Teluk Kiluan ketika demam isu kemarau, ketika itu jalan tidak mengecewakan bersahabat dan tidak licin. Saat tiba dengan kendaraan beroda empat pribadi, sebaiknya memakai kendaraan beroda empat untuk off road ibarat jeep atau SUV. Hindari memakai kendaraan beroda empat biasa, terlebih yang sasis rendah atau matic.

Dari Bandar Lampung, pengunjung mampu masuk ke jalan Morotai, kemudian ke jalan Laksamana RE Martadinata hingga masuk ke jalan raya Way Ratay. Dari sana terus ikuti jalan hingga masuk ke jalan Pematang Awi, jalan Dirt Road, dan Akhirnya akan hingga ke Kiluan.

Alternatif lain kalau berangkat dari Bandar Lampung, pengunjung mampu mengambil arah ke Padang Cermin. Telusuri jalan hingga menemui persimpangan masuk pangkalan Tentara Nasional Indonesia Angkatan Laut. Kemudian ambil jalur ke kiri menuju Punduh Pidada.

Petunjuk jalan dengan goresan pena “Teluk Kiluan” mampu ditemui di sana. Terus ikuti jalan hingga memasuki pasar Bawang, dan di persimpangan, belok kanan hingga persimpangan terakhir. Setelah itu, belok ke kiri dan pengunjung akan menemukan gapura Teluk Kiluan.

Jam Buka Teluk Kiluan
Tidak ada pagar atau pembatas area di teluk ini, demikian juga dengan pulau di lepas pantai. Karena itu, secara teknis tempat ini buka 24 jam penuh. Namun demikian tiba di malam hari sangat tidak disarankan, kecuali dengan perencanaan matang dan rombongan. Karena penerangan disini belum ada listrik, jadi ketika malam kondisi gelap dan rawan kecelakaan.

Tiket Teluk Kiluan
Harga tiket memasuki area teluk sebesar Rp 5000. Untuk mencapai pulau di lepas pantai ada kena biaya Taxi Perahu Rp 15000/orang. Bagi yang membawa kendaraan beroda empat pribadi, ada biaya parkir menginap sebesar Rp 20.000.

Fasilitas Teluk Kiluan
Di Teluk Kiluan ada penginapan Teluk Kiluan yang sederhana ibarat cottage dari kayu. Beberapa penduduk sekitar juga ada yang menyewakan kamar di rumah mereka untuk para pengunjung yang menginap, dengan konsep homestay.

Kisaran tarif menginap per malam di Teluk Kiluan mulai dari Rp 150.000 hingga Rp 500.000.

Aktivitas Menarik di Teluk Kiluan
Melihat Lumba-Lumba

Salah satu keistimewaan Teluk Kiluan yaitu atraksi lumba-lumba di bahari lepas. Umumnya pengujung sudah melihat lumba-lumba, baik di kebun binatang, akuarium, atau bahkan dari film-film dokumenter. Namun tentu sangat sedikit diantara pengunjung yang sudah pernah melihat lumba-lumba melesat dan menari di bahari lepas di habitat orisinil mereka.

BACA JUGA:  Museum Satwa, Museum Fauna Kelas Internasional di Malang

Melihat lumba-lumba berenang riang di samping bahtera dan mereka berada dekat di samping bahtera kita merupakan pengalaman yang sangat menyenangkan. Yang niscaya akan menjadi pengalaman yang tidak akan pernah terlupakan. Pengunjung mampu menikmati keindahan tarian lumba-lumba di Teluk Kiluan ini.

Di Teluk Kiluan dua jenis lumba-lumba. Spesies pertama yaitu lumba-lumba hidung botol dengan tubuh lebih besar, berwarna abu-abu, dan pemalu. Spesies kedua yaitu lumba-lumba paruh panjang dengan tubuh lebih kecil dan bahagia melompat. Kawanan lumba-lumba liar menyelam bebas di bawah laut.

Kedua jenis lumba-lumba itu cukup dekat dengan manusia. Lumba-lumba bahagia mendekati bahtera atau kapal yang tengah melintas di laut. Dari jauh, sirip lumba-lumba itu ibarat antena kapal selam. Setelah dekat, lumba-lumba pun berloncatan, bergantian menyelam, timbul tenggelam, hampir tidak ada jarak dengan perahu. Mereka seakan berlomba memperlihatkan diri kepada insan dan gampang disentuh. Lumba-lumba itu tampak sangat menggemaskan.

Konon, populasi lumba-lumba di teluk kiluan yaitu populasi terbesar di Asia. Bahkan di dunia.

Island Hopping
Sewa Perahu Katir. Image via: http://yopiefranz.com/2016/03/teluk-kiluan-tempat-wisata-seru-di-lampung/

Selain berperahu melihat lumba-lumba dia lam liar, pengunjung juga mampu keliling Pulau dengan Perahu Katir sambil menikmati pemandangan yang indah.

Pulau Kelapa atau dikenal pula sebagai Pulau Kiluan yaitu destinasi lain di Teluk Kiluan. Pulau ini sering menjadi tujuan utama lainnya ketika tiba ke teluk. Di pulau yang luasnya hanya sekitar 6 hektar ini, pengunjung mampu menikmati keindahan sebuah pulau kecil di tengah teluk.

Perjalanan menuju pulau ini hanya memakan waktu 10-15 menit dengan menumpang jukung dari Desa Kiluan Negeri. Biaya penyeberangan sekitar Rp 250.000. Namun dengan daya muat maksimal hingga 20 pengunjung, maka biayanya sekitar Rp 15.000 per orang.

Renang Di Laguna

Keistimewaan Teluk Kiluan lain yaitu Laguna Gayau. Laguna suering dianggap sebagai Kolam Renang alami yang terletak di Balik Bukit Teluk Kiluan. Bagi pengunjung teluk, singgah mengunjungi Laguna Gayau yaitu sebuah keharusan.

Meski sering dijadikan sebagai tujuan kunjungan prioritas ke dua, namun destinasi ini tak kalah menarik. Bahkan, justru lebih menantang dan eksotik. Sebuah “kolam renang” raksasa berwarna biru, yang terbentuk oleh kontur alam bebatuan dan air di bahari tersebut.

Lubang kerikil karang tersebut, ukuran panjangnya tidak kurang dari lima meter. Percikan air bahari dari dalam lubang yang mengenai muka dan badan, terasa mengobati rasa lelah dan penat. Intinya laguna ini Sangat menyenangkan.

Itu sebabnya, banyak wisatawan yang memanfaatkan percikan air tersebut untuk diabadikan sebagai background foto mereka.

Snorkeling

Spot snorkeling terbaik di tempat ini ada di area dekat pulau kelapa, sekitar 15 menit berperahu dari Teluk Kiluan. Spot snorkeling Di Pulau Kelapa, Teluk Kiluan juga berada di dekat bibir pantai. Karena dekat ke pantai, itu, ada banyak orang-orang yang tidak begitu mahir snorkeling tanpa sengaja menginjak terumbu.

Spot ini mempunyai aneka macam jenis ikan hias yang menarik. Juga banyak dijumpai bintang bahari berwarna biru.

Penyelam mesti sedikit hati-hati lantaran posisi terumbu karang yang dangkal. Jika tidak waspada, ketika ombak besar ombak bahari akan dengan gampang menghempaskan penyelam menabrak terumbu karang. Bukan hanya tubuh yang tergores karang, tetapi terumbu karang juga akan mengalami kerusakan.

Menanti Sunset

Yang tak boleh ketinggalan yaitu menikmati matahari terbenam dari Teluk Kiluan. Sunset di pantai ini sudah sangat populer di kalangan traveler domestik hingga mancanegara.

Semua mata pengunjung akan terpukau dengan keindahan Pantai Teluk Kiluan Lampung. Keindahan teluk begitu melegenda, apalagi ketika senja menjelang. Duduk di pinggiran pantai menikmati angin berhembus ketika matahari mulai terbenam. Diiringi bunyi khas Pantai Teluk Kiluan. Pengunjung tidak akan mampu melupakan sensasi sunset yang luar biasa indah ini.

Tak sedikit yang rela bermain hingga petang bahkan menginap untuk menerima momen terbaik. Hal inilah yang menimbulkan banyak penduduk yang rela menyewakan kamar di rumah mereka untuk pengunjung mampu menginap. Agar mampu menikmati pemandangan pantai secara paripurna di kala sunset.

Objek Wisata Dekat Teluk Kiluan
Bagi pengunjung yang merencanakan untuk berlibur cukup usang di wilayah lampung, tentu tidak cukup kalau hanya mengunjungi 1 objek saja.

Masih berkaitan dengan wisata pantai, pengunjung mampu menentukan melanjutkan kunjungan di hari berikutnya ke Laguna Dodo. Laguna yang terletak masih terhitung 1 area ini berjarak 1,3 km dari teluk kiluan.

Objek wisata pantai lain yang tidak kalah unik yaitu pantai gigi hiu. Pantai kolam di negeri avatar ini dipenuhi tonjolan-tonjolan kerikil bagai bekas madan pertarungan avatar pengendali bumi. Panati unik ini berjarak 12 km dari teluk kiluan.

Demikian mampu kami berikan reviu mengenai teluk kiluan lampung. semoga mampu dijadikan pegangan awal untuk rekan yang akan merencanakan kunjungan ke teluk indah ini. Selamat berwisata!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here