Taman-Taman Tematik Di Bandung

0
64
Bandung
Bandung

Taman-Taman Tematik Di Bandung

Menghabiskan waktu luang ketika akhir pekan tiba bisa menjadi salah satu agenda wajib yang harus kamu lakukan. Banyak sekali aktivitas yang bisa kamu lakukan untuk menghabiskan waktu luang di akhir pekan, seperti refreshing, berenang, maupun sekedar jalan jalan. Jika kamu sedang berada di Bandung, kamu bisa mengunjungi taman taman di Bandung yang bagus untuk mengisi waktu luangmu di akhir pekan. Kalau bingung mencari tempat wisata Bandung mana saja yang bisa dikunjungi, kamu bisa memilih untuk mengunjungi berbagai macam taman-taman di Kota Bandung yang unik dan mempunyai tema tema tertentu. Berikut ini team kami berhasil menghimpun informasi mengenai taman di Bandung tematik yang bisa kamu datangi ketika akhir pekan tiba :

Taman Vanda

Taman Vanda
Taman Vanda

Taman Vanda Kota Bandung berlokasi di Jalan Merdeka bawah di antara Gedung Bank Indonesia dan Polretabes Bandung. Taman Vanda dilengkapi dengan air mancur yang cantik. Nama Vanda sebenarnya berasal dari nama salah satu jenis anggrek.

Taman Pustaka Bunga Cilaki

Taman Pustaka Bunga Cilaki
Taman Pustaka Bunga Cilaki

Wisata taman bunga di Bandung yang kedua bisa kamu kunjungi adalah taman pustaka bunga. Taman ini dulunya bernama Taman Cilaki. Sekarang taman ini lebih terlihat cantik dan suasana sejuknya semakin terasa karena banyak pepohonan rindang yang tumbuh menjulang serta tambahan tanaman bunga bunga menambah suasa asri taman ini. Di taman ini, kamu tidak boleh membawa makanan, minuman, maupun binatang. Aturan ini harus kamu patuhi jika tidak ingin ditegur oleh petugas yang sedang bekerja.

Taman Fotografi

Taman Fotografi
Taman Fotografi

Taman fotografi di Bandung berada di Jalan Anggrek menjadi tempat bagi para komunitas fotografi berkumpul. Fasilitas yang disediakan di taman ini diantaranya adalah beberapa sarana yang melengkapi kegiatan fotografi seperti cermin, spot foto di beberapa titik, dan fasilitas pendukung lainnya. Taman ini juga dilengkapi dengan wifi serta arena bermain anak di sebelah Timur.

Taman Jomblo

Taman Jomblo
Taman Jomblo

Taman jomblo di Bandung merupakan salah satu taman di Bandung yang fenomenal. Taman ini dikenal juga dengan nama taman pasupati Kota Bandung. Lokasi taman berada di kolong jembatan Pasupati dan terdapat beberapa single seat atau bangku yang memang di desain untuk duduk sendirian. Taman ini banyak didatangi oleh anak muda Bandung untuk sekedar nongkrong maupun berkumpul dengan komunitas.

Taman Skate Board

Taman Skate Board
Taman Skate Board

Taman taman yang ada di Bandung memang banyak, salah satunya adalah taman skate board. Taman ini bersebelahan dengan taman jomblo atau taman Pasupati. Seperti namanya, taman ini seringkali digunakan untuk kegiatan skateboarding. Bahkan hampir seluruh skateboarder di Bandung sering berkumpul di taman ini.

Taman Film

Taman Film
Taman Film

Taman film di Bandung berlokasi di Jalan Layang Pasupati, Tamansari, Bandung Wetan. Taman ini dilengkapi dengan sebuah videotron berukuran 4 x 8 meter. Para pengunjung taman juga dimanjakan dengan sound sistem berkualitas yang didukung dengan daya listrik 33000 watt. Seperti namanya, taman ini sering menjadi tempat pemutaran film yang bisa ditonton gratis oleh para pengunjung.

Taman Musik Centrum

Taman Musik Centrum
Taman Musik Centrum

Taman musik centrum Kota Bandung berlokasi di Jalan Belitung. Taman ini memang dikhususkan untuk kamu yang hobi bermain musik. Biasanya memang teman ini dijadikan tempat para musisi khususnya anak band untuk manggung. Untuk dapat manggung di taman ini, kamu tinggal berkoordinasi dan mengajukan izin ke Diskamtam Kota Bandung.

Taman Lansia

Taman Lansia
Taman Lansia

Taman lansia di Bandung bukan hanya milik kaum lansia saja. Semua umur boleh boleh saja berkunjung ke taman ini. Taman Lansia terletak di Jalan Cisangkui Bandung. Taman ini biasanya dijadikan sarana berolahraga oleh para keluarga kecil di Bandung atau sekedar duduk bersantai di hari Minggu pagi.

Taman Super Hero

Taman Super Hero
Taman Super Hero

Taman superhero di Bandung ini cukup unik. Terletak di antara Jalan Bengawan dan Jalan Anggrek, di taman ini dipasang berbagai macam patung superhero yang bisa menjadi spot foto selfie. Ada superhero batman, superman, bahkan juga gatotkaca yang meramaikan taman ini. Bagi kamu yang sedang berada di Bandung tidak ada salahnya mampir ke taman ini dan berselfie dengan patung superhero.

Taman Pet Park

Taman Pet Park
Taman Pet Park

Taman baru di Bandung ini diperuntukkan bagi masyarakat yang menyukai hewan peliharaan. Untuk masuk ke taman ini bukan berarti kamu harus membawa hewan peliharaan. Hanya saja, keunikan taman ini adalah kamu bisa menemukan berbagai macam fasilitas yang diperuntukkan bagi hewa peliharaan. Jadi bisa dibilang selain menyediakan fasilitas untuk warga Bandung, Pemerintah Kota Bandung juga begitu memperhatikan makhluk hidup khususnya hewan peliharaan dari warga masyarakat Bandung.

Taman Dewi Sartika

Taman Dewi Sartika
Taman Dewi Sartika

Taman indah di Bandung ini mempunyai dekorasi mirip dengan Stonehedge, ada juga aneka bunga dan trotoar yang lebar, nyaman, dan teduh untuk berjalan kaki. Taman ini merupakan taman tertua di Bandung.

Taman Teras Cikapundung

Taman Teras Cikapundung
Taman Teras Cikapundung

Taman di Bandung Barat ini memiliki 3 zona wisata dan dilengkapi dengan air mancur yang bergerak mengikuti alunan lagu. Ada juga fasilitas amphiteater yang berfungsi saat digelar acara musik. Taman ini merupakan tempat konservasi ikan khas Sungai Cikapundung.

Taman Balaikota

Taman Balaikota
Taman Balaikota

Selain taman film Kota Bandung, ada taman yang terletak di Balai Kota Bandung yaitu Taman Balaikota. Di taman ini terdapat beberapa patung pahlawan Indonesia seperti Dewi Sartika. Namun ada juga patung badak putih dan patung merpati yang mempunyai arti masing masing.

Taman Cikapundung Riverspot

Taman Cikapundung Riverspot
Taman Cikapundung Riverspot

Taman romantis di Bandung ini menggunakan konsep bergaya Eropa. Taman ini cukup romantis di datangi oleh pasangan muda mudi Bandung di malam hari. dilengkapi dengan bangku cantik, pot bunga yang terinspirasi dari ruang publik di Cannes, Perancis menambah cantik taman Cikapundung ini. taman ini sudah ada sejak jaman Belanda dengan nama Taman Tjibeunjing Plantsien.

Taman Ciebunying

Taman Ciebunying
Taman Ciebunying

Taman di Bandung Selatan ini berfungsi sebagai hutan kota. Sekarang, taman ini banyak dimanfaatkan warga Bandung sebagai tempat pre wedding maupun tempat berkumpul berbagai macam komunitas anak muda Bandung. Taman ini juga dikenal sebagai taman robot di Bandung karena menghadirkan patung robot bernama Trangkoters yang terinspirasi dari film transformer. Jika transformer berbentuk mobil sport, patung Trangkoters berbentuk angkot. Unik ya?

Taman Alun Alun Bandung

Taman Alun Alun Bandung
Taman Alun Alun Bandung

Taman kota di Bandung ini menjadi ikon Kota Bandung sejak lama. Mengalami beberapa kali perubahan akhirnya taman ini menampakkan wajahnya menjadi lebih menarik. Terdapat Masjid Agung di salah satu taman Alun Alun Bandung yang dikelilingi oleh rumput sintetis berwarna hijau dan tanaman yang berwarna warni.

Taman Tepian Anak Sungai Cikapayang

Sungai Cikapayang
Sungai Cikapayang

Terletak di samping Taman Vanda, taman ini berada di area Balai Kota Bandung. Taman ini sering dijadikan tempat nongkrong oleh para warga masyarakat Bandung maupun para wisatawan. Banyak juga anak anak yang bermain air di Taman Tepian Anak Sungai Cikapayang ini.

Taman Pramuka

Taman Pramuka
Taman Pramuka

Taman terbaru di Bandung ini berada di dekat perempatan ke Jalan Gandapura berdekatan dengan tempat wisata kuliner yang berada di sepanjang Jalan Riau. Taman ini sering dijadikan tempat berkumpul para anggota pramuka di Kota Bandung maupun tempat nongkrong anak anak muda Bandung.

Taman Lalu Lintas Ade Irma Suryani

Taman Lalu Lintas Ade Irma Suryani
Taman Lalu Lintas Ade Irma Suryani

Taman ini berlokasi di dekat Kodam III Siliwangi tepatnya di Jalan Belitung, Sumur Bandung. Seperti namanya, taman ini menyediakan berbagai fasilitas bermain anak sekaligus menyediakan wahana permainan edukatif yang berkaitan dengan lalu lintas.

BACA JUGA:  Tempat Wisata Pantai Wohkudu

Taman Inklusi

Taman Inklusi
Taman Inklusi

Taman di Bandung berikut ini diperuntukkan untuk kaum penyandang disabilitas. Untuk mendesain taman ini, Pemerintah Kota Bandung bahkan sampai meminta pendapat dari para kaum disabilitas. Taman seluas kurang lebih 400 meter persegi ini berlokasi di dekat GOR Saparua atau antara Jalan Aceh dan Jalan Saparua.

Taman Active Park

Taman Active Park
Taman Active Park

Taman bermain di Bandung selanjutnya berada di Kawasan Taman Supratman, Bandung. Kehadiran taman ini merupakan program Pemkot untuk meningkatkan kesehatan masyarakat. Program pembangunan taman ini diinisiasi oleh Perusahaan Coca Cola sejak tahun 2013.

Taman Alun Alun Ujungberung

Taman Alun Alun Ujungberung
Taman Alun Alun Ujungberung

Taman di Bandung kota ini berada di kompleks Masjid Agung dan Pasar Ujungberung. Taman ini telah mengalami beberapa kali renovasi sehingga menghasilkan taman yang menarik yang bisa dinikmati warga Bandung dan para wisatawan.

Taman Pers

Taman Pers
Taman Pers

Taman di Bandung buatan Ridwan Kamil ini berlokasi di Jalan Malabar sebelah selatan Pasar Kosambi. Taman ini awalnya adalah area Ruang Terbuka Hijau yang dire-desain ssehingga menjadi taman pers. Banyak wartawan yang sering berkumpul disini untuk sekedar berdiskusi atau mengetik berita. Fasilitas yang disediakan diantaranya adalah saung, toilet portabel, serta wifi.

Taman Gesit

Taman Gesit
Taman Gesit

Taman gesit berlokasi di Jalan Dipatiukur, Lebakgede, Coblong, Kota Bandung. Pembangunan Taman Gesit merupakan hasil kerjasama dari pihak ketiga dengan Diskamtam Kota Bandung.

Taman Tegallega

Taman Tegalega
Taman Tegalega

Ada taman di Bandung yang ada colokan listrik, namun bukan di Taman Tegallega ini. Taman Tegallega berada di seberang Museum Sri Baduga. Taman ini memiliki luas sekitar 16 hektar dengan konsep sebagai taman masa depan. Sejumlah sarana telah diperbaiki di taman ini dengan tidak mengubah karakter taman sebagai kawasan konservasi.

Taman Fitness

Taman Fitness
Taman Fitness

Taman tematik di Bandung berikutnya berlokasi di Jalan Imam Bonjol. Taman ini cukup unik karena tersedia berbagai macam alat fitnes yang bisa kamu pakai secara gratis. Taman ini mirip dengan salah satu taman yang ada di Jerman yang sama sama menyediakan beragam alat fitness secara gratis.

Taman Labirin

Taman Labirin
Taman Labirin

Terletak persis di depan Balai Kota Bandung, taman ini berbentuk labirin mini yang dikelilingi tanaman hijau. Taman ini merupakan favorit masyarakat Bandung maupun wisatawan.

Taman Persib

Taman Persib
Taman Persib

Persib merupakan klub sepakbola yang berasal dari Bandung, makanya klub persib ini senantiasa di elu elukan oleh warga masyarakat Bandung. Taman ini dibuat sebagai dedikasi dan dukungan warga masyarakat serta Pemkot Bandung atas sepak bola Bandung. Bahkan di dalam taman ini disediakan fasilitas lapangan sepakbola. Kedepannya, di taman ini akan di bangun museum Persib Bandung.

Taman Cinta Barusen Hills

Taman Cinta Barusen Hills
Taman Cinta Barusen Hills

Taman di Bandung yang baru ini berada di Ciwidey. Taman ini terkenal karena taman cintanya yang ikonik dan instagramble. Disini ada juga fasilitas kolam renang yang berada di ketinggian. Untuk mengunjungi taman ini, kamu harus membayar sebesar Rp 15.000,00 per orang.

Taman Jamur Ciwidey

Taman Jamur Ciwidey
Taman Jamur Ciwidey

Masih berada di kawasan Ciwidey, taman ini merupakan taman yang berisi pohon cemara yang dirapikan hingga membentuk mirip jamur. Selain dikenal sebagai taman jamur, tempat ini juga dikenal dengan nama bukit jamur karena kontur tanahnya tidak rata. Untuk masuk ke taman ini kamu tidak perlu membayar sepeser pun.

Taman Sejarah

Taman Sejarah
Taman Sejarah

Berlokasi di bekas lahan parkir Gedung DPRD Kota Bandung, taman ini merupakan taman baru di Kota Bandung. Jika kamu sedang berkunjung ke Mall BIP dan BEC, kamu bisa mampir ke taman ini karena letaknya berdekatan. Taman ini baru diresmikan beberapa bulan yang lalu oleh Walikota Bandung.

Taman Peta (Peta Park)

Taman Peta (Peta Park)
Taman Peta (Peta Park)

Taman di Bandung Timur ini lagi hits loh. Berlokasi di Jalan Peta Nomor 229 berdekatan dengan Festival Citylink taman ini menyuguhkan suasana yang asri dilengkapi dengan bunga bungaan yang indah. Disini juga ada kolam dengan air terjun mini yang menambah kesejukan. Peta park bisa kamu jadikan sebagai referensi tempat untuk menggelar pesta pernikahan. Untuk masuk ke taman ini kamu harus membayar tiket masuk sebesar Rp 10.000,00 dan biaya parkir sebesar Rp 3.000,00 untuk motor serta Rp 5.000,00 untuk mobil.

Taman Lapangan Gasibu

Taman Lapangan Gasibu
Taman Lapangan Gasibu

Taman di Bandung yang gratis ini sebenarnya merupakan lapangan yang berumput hijau. Setiap akhir pekan di taman atau lapangan ini sering berdatangan warga Bandung yang berolahraga. Tempat ini berdekatan dengan Gedung Sate yang merupakan salah satu ikon Bandung. Fasilitas yang disediakan diantaranya adalah jogging track, amphitheater, perpustakaan, musala, dan juga toilet.

Taman bermain MIM

Taman Bermain MIM
Taman Bermain MIM

Taman bermain anak di Bandung ini berada di Metro Indah Mall. Disini kamu tidak akan menemukan pepohonan hijau nan rindang karena sejatinya tempat ini menyediakan berbagai macam permainan anak mirip dengan time zone serta waterpark.

Taman Kupu Cihanjuang

Taman Kupu Cihanjuang
Taman Kupu Cihanjuang

Taman di Bandung dan alamatnya bisa dengan mudah kamu temukan di internet. nah, kalau taman kupu Cihanjuang ini merupakan tempat penangkaran kupu kupu. Taman ini ditutup dnegan jaring tipis agar kupu kupu tidak keluar dari ruangan. Disini kamu bisa melihat langsung metamorfosis kupu kupu.

Taman Kelinci Ciwidey

Taman Kelinci Ciwidey
Taman Kelinci Ciwidey

Taman ini berlokasi di Jalan Raya Ciwidey KM 33,7, Cikembang, Panundaan Ciwidey, Bandung. Buka dari jam 10 pagi sampai jam 8 malam taman ini tidak pernah sepi pengunjung. Kelinci kelinci lucu yang menggemaskan akan menyambut kamu ketika datang ke taman ini.

Taman All Age Adventure

Taman All Age Adventure
Taman All Age Adventure

Taman di Bandung yang ada ayunan ini berlokasi di Jalan Raya Pacet Km 6, Kampung Babakan Cilandak 02/07Cipenjeuh, Pacet, Bandung. Taman ini menyediakan aneka fasilitas bermain di alam terbuka untuk semua usia.

Taman Budaya Jawa Barat Dago

Taman Budaya Jawa Barat Dago
Taman Budaya Jawa Barat Dago

Taman hiburan di Bandung ini telah ada sejak tahun 1991. Berada di kawasan Dago Tea House, taman ini memiliki fasilitas gedung teater tertutup, teater terbuka, ruang pameran, sekretariat, sanggar olahraga seni, wisma seni, dan cafetaria. Tempat ini sering dijadikan tempat pertunjukan oleh para seniman Bandung.

Taman Miniatur Kereta Api Floating Market Lembang

Taman Miniatur Kereta Api Floating Market Lembang
Taman Miniatur Kereta Api Floating Market Lembang

Taman di Bandung untuk anak ini menyediakan pernak pernik kereta api yang super lengkap sehingga terlihat hidup. Karya seni memang pantas dipertontonkan untuk khalayak umum. Para anak anak pun akan senang melihat taman miniatur kereta api ini.

Taman Bunga Cihideung Lembang

Taman Bunga Cihideung Lembang
Taman Bunga Cihideung Lembang

Taman bunga anggrek di Bandung ini berada di kawasan Lembang yang terkenal. Di dalamnya terdapat berbagai macam tanaman hias dan bunga bungaan yang menarik. Taman bunga Cihideung meurpakan sebuah kawasan wisata bunga di Bandung yang terletak di desa Cihideung kecamatan Parongpong, Lembang, Bandung.

Katanya, Pemerintah Kota Bandung berencana membuat 600 taman kota Bandung tematik lainnya loh. Jadi, di Bandung nanti akan ada lebih banyak taman-taman cantik dan fotogenik lengkap dengan tema menarik yang bisa menjadi destinasi wisata Baru di Bandung. Tidak sabar kan ingin mendatangi semua jenis taman di Bandung tadi, ayo segera pesan tiket untuk berkunjung ke Bandung saat libur long weekend tiba. Ditunggu kedatangannya di Bandung!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here