Taman Pintar Yogyakarta, Tempat Wisata Edukasi di Jogja yang Unik

0
41
Taman Pintar Yogyakarta 2
Taman Pintar Yogyakarta 2

Taman Pintar Yogyakarta, Tempat Wisata Edukasi di Jogja yang Unik

Berbicara wacana pariwisata di Daerah spesial Yogyakarta memang tak pernah ada habisnya. Jogja selalu menjadi magnet wisatawan, baik domestik maupun mancanegara. Wisatawan tertarik tiba untuk selalu menikmati momen-momen berlibur di Yogyakarta.

Alasan mengapa wisatawan mau menghabiskan waktu liburannya di Jogja ada banyak. Beberapa diantaranya adalah: biaya yang murah, transportasi yang lancar, masakan murah dan enak, variasi spot wisata. Variasi spot wisata yang sangat beranekaragam, mulai dari wisata alam pantai, wisata alam dataran tinggi, wisata Goa.

Bahkan untuk wisatawan yang tertarik dengan sisi humaniora, Jogja juga kaya akan objek jenis ini. Jogja kaya akan wisata sejarah, budaya dan edukasi. Salah satu objek wisata edukasi yang ketika ini sedang hit di Yogyakarta ialah Taman Pintar.

Taman Pintar Yogyakarta
Taman Pintar yogyakarta ialah wahana wisata yang terdapat di pusat Kota Yogyakarta. Taman ini memadukan tempat wisata rekreasi maupun edukasi dalam satu lokasi.

Taman Pintar mempunyai arena bermain sekaligus sarana edukasi yang terbagi dalam beberapa zona. Tempat rekreasi ini sangat baik untuk bawah umur pada masa perkembangan.

Beberapa tahun ini Taman Pintar menjadi alternatif tempat berwisata bagi masyarakat Yogyakarta maupun luar kota. Taman ini, khususnya pada wahana pendidikan anak usia dini, dilengkapi dengan teknologi interaktif digital serta pemetaan video.

Fasilitas modern ini diperlukan memacu khayalan anak serta ketertarikan mereka terhadap teknologi.

Saat ini ada 35 zona dan 3.500 alat peraga permainan yang edukatif

Alamat Taman Pintar Yogyakarta
Lokasi Taman Pintar Jogja sangat gampang dijangkau alasannya ialah berada di bersahabat pusat kota Jogja.

Alamat tepatnya berada di Jl. Panembahan Senopati No.1-3, di tempat Benteng Vredeburg, Ngupasan, Gondomanan, Kota Yogyakarta, Daerah spesial Yogyakarta

Rute Menuju Taman Pintar Jogja
Rute menuju Taman Pintar Jogja sangat gampang dijangkau alasannya ialah berada di bersahabat pusat kota Jogja.

Dari pusat kota Jogja hanya dengan berjalan kaki saja ke timur di Jl. KH. Ahmad Dahlan/Jl. Raya Jogja menuju ke Jl. Pangurakan akan hingga ke Taman Pintar Jogjakarta.

Jarak yang ditemuh dari pusat kota Jogja ke Taman Pintar Jogja sangat bersahabat yaitu sekitar 500 meter saja dengan berjalan kaki.

Jam Buka Taman Pintar Jogja 2019
Taman Pintar dibuka dari mulai hari Selasa – Minggu. Khusus hari senin libur kecuali kalau bertepatan dengan libur nasional.

Buka mulai jam 09.00 wib dan Tutup jam 16.00 wib.

Tiket Taman Pintar Jogja

Harga tiket masuk ke area Taman Pintar Jogja (non rombongan) untuk bawah umur ialah Rp.10.000,- dan sampaumur Rp.18.000,-. Harga tersebut belum termasuk tiket untuk menikmati wahana permainan yang ada di dalamnya.

Fasilitas Taman Pintar Yogyakarta
Fasilitas wisata edukasi di taman akil Yogyakarta sangat lengkap. Wajar saja, alasannya ialah lokasi ini memang diproyeksikan akan menajdi taman edukais paling maju se-asia tenggara. Selain kemudahan pendukung umum menyerupai mushola, kamar mandi dan toilet, kemudahan khusus yang ada di tempat ini meliputi:

Alat – alat peraga IPTEK yang interaktif
Ruangan yang disewakan untuk umum
Food court, musholla, ruang kesehatan
Pusat informasi dan pelayanan pengunjung
Lift untuk pengunjung yang berkebutuhan khusus

Wahana Taman Pintar Jogja
Wahana wisata edukasi di taman akil yogyakarta, sebagian besar didedikasikan untuk menumbuhkan minat pengunjung pada sains dan teknologi. Namun bukan berarti meninggalkan ketertarikan pada hal berbau budaya dan kesenian. Karena itu wahana di tempat ini selaian berbau sains, juga ada yang berbau budaya dan seni, menyerupai kreasi batik dan kreasi gerabah.

1. Gedung Oval

Gedung oval ialah adalah sebuah gedung di area Taman Pintar yang bentuk bangunannya memang berbentuk oval. Gedung ini didedikasikan untuk menumbuhkan minat pengunjung terhadap sains. Khususnya sains fisika, geologi, astronomi, dan biologi.

Untuk sains fisika di gedung ini terdapat alat peraga faktor Van De graff, generator pedal, dan terowongan ilusi. Untuk sains geologi ada alat peraga iklim dan gempa bumi. Untuk sains astronomi di gedung ini terdapat ruang pamer tata surya. Sedangkan untuk biologi di gedung oval terdapat zona kehidupan purba dan Aquarium air tawar.

2. Gedung Kotak

Secara ukuran gedung kotak lebih besar dari gedung Oval, namun Secara fungsional Gedung kotak menyerupai dengan gedung oval. Sama sama didedikasikan untuk menumbuhkan minat kepada sains. Hanya saja perbedaannya, Sains yang tawarkan di gedung kotak lebih bersifat penerapan. Artinya kalau gedung oval konsentrasi pada basic sains, maka gedung kotak konsentrasi pada teknologi.

Di gedung kotak ada zona teknologi terkenal yaitu zona yang memperkenalkan perkembangan terbaru dari teknologi digital mulai dari Google film hingga alat-alat interaktif berbasis ICT. Ada juga zona air untuk kebaikan hidup kemudian. Ada yang berbau hiburan menyerupai lorong ilusi, jejak nutrisi, maupun Sona Dino Adventure dan teater 4D.

BACA JUGA:  Candi Selogriyo, Menyepi Menyendiri di Antara Perbukitan

Yang sangat menarik di gedung kotak yaitu Sona Tepi-TV. Zona Tepi TV merupakan zona broadcasting. Disini pengunjung mampu mengekspresikan diri sebagai pembawa berita. Hasil rekaman shooting mampu dibawa pulang dalam bentuk CD.

Yang sangat menarik, Gedung ini juga dilengkapi dengan beberapa ruangan yang lebih bersifat informatif untuk kehidupan kewarganegaraan, menyerupai contohnya Sona KPU, Zona SNI, dan Zona teman KPK.

Zona lain yang menyajikan informasi menarik ialah Zona olahraga, zona nuklir, sona memorabilia, galeri pusaka, zona objek wisata Indonesia dan zona panas bumi. Yang terakhir yang mungkin paling disukai oleh bawah umur ialah sunnah hand on science. Di sini bawah umur mampu melaksanakan praktikum sains eperti yang mereka pelajari di sekolah

3. Planetarium Taman Pintar

Planetarium Taman Pintar, mempunyai keistimewaan yaitu penggunaan proyektor digital untuk memperagakan benda-benda langit. Dalam setiap pertunjukan, menampilkan simulasi suasana langit kota Yogyakarta pada malam hari beserta banyak sekali macam benda angkasa dan susunan bintang yang tampak pada ketika itu.

Pertunjukan dilanjutkan dengan pemutaran film wacana perjalanan insan di Bulan. Semua diproyeksikan pada media kubah berbentuk setengah lingkaran, dilengkapi dengan dingklik penonton bersandaran yang mampu direbahkan, sehingga seluruh pertunjukan mampu dinikmati dengan nyaman.

4. Play Ground

Yang pertama, ada playground yang menyambut pengunjung Taman Pintar. Ada banyak sekali alat peraga dan bermain yang seru dan menyenangkan, tak hanya untuk bawah umur saja, tapi juga untuk keluarga. Semua peralatan dan permainan yang ada di dalam sini mampu digunakan secara cuma-cuma. Anak-anak mampu membelajari bunyi nada, melatih ketangkasan, dan masih banyak lagi hal seru lainnya yang dilakukan di playground ini.

Salah satu sudut play ground yang paling membanggakan sekaligus memebuatterharu ialah Tapak Prestasi. Penghargaan tidak hanya diberikan kepada para pejuang di masa kemudian namun juga kepada para pelajar yang telah berprestasi mengharumkan nama Indonesia di dunia melalui kejuaran-kejuaraan di bidang sains dan tekhnologi. Nama dan prestasi para pelajar terpatri dalam sebuah mosaic indah di sepanjang sisi terusan area Playground, dengan cita-cita mampu memacu prestasi berguru para pelajar supaya mampu menorehkan nama pada mosaic berikutnya lewat prestasinya.

5. Dino Adventure Dan Teater 4D

Kedua zona ini sebenernya berada dalam gedung kotak. Namun alasannya ialah menariknya zona ini, sehinga nativeindonesia.com merasa perlu untuk membahasnya secara tersendiri.

Dino Adventure ialah petualangan mengelilingi kehidupan purba yaitu kehidupan dinosaurus dengan memakai lori. Dinosaurus dikemas dalam bentuk replika raksasa dilengkapi dengan sistem bunyi robotik yang canggih. Ada enam jenis dinosaurus yang mampu dijumpai yaitu Tyrannosaurus (T-rex), Styracosaurus, Parasaurolophus, Allosaurus, Stegosaurus, dan Diploducus.

Sedangkan Teater 4D merupakan pemutaran film animasi anak dalam bentuk 4D sehingga penonton mampu menyerupai mencicipi eksklusif insiden yang ada di film tersebut.

Sejarah Taman Pintar Yogyakarta
Menghadapi realitas perkembangan sains dan teknologi yangs angat pesat dan wujud kepedulian terhadap pendidikan, maka pemkot Yogyakarta menggagas sebuah wangsit untuk Pembangunan “Taman Pintar”.

Disebut “Taman Pintar”, alasannya ialah di tempat ini nantinya para siswa, mulai pra sekolah hingga sekolah menengah mampu dengan leluasa memperdalam pemahaman soal materi-materi pelajaran yang telah diterima di sekolah dan sekaligus berekreasi. Dengan sasaran pembangunan Taman Pintar ialah memperkenalkan science kepada siswa mulai dari dini, cita-cita lebih luas kreatifitas anak didik terus diasah.

Bangunan Taman Pintar ini dibangun di eks tempat Shopping Center, dengan pertimbangan tetap adanya keterkaitan yang erat antara Taman Pintar dengan fungsi dan acara bangunan yang ada di sekitarnya, menyerupai Taman Budaya, Benteng Vredeburg, Societiet Militer dan Gedung Agung.

Relokasi area mulai dilakukan pada tahun 2004, dilanjutkan dengan tahapan pembangunan Tahap I ialah Playground dan Gedung PAUD Barat serta PAUD Timur, yang diresmikan dalam Soft Opening I tanggal 20 Mei 2006 oleh Mendiknas, Bambang Soedibyo.

Pembangunan Tahap II ialah Gedung Oval lantai I dan II serta Gedung Kotak lantai I, yang diresmikan dalam Soft Opening II tanggal 9 Juni 2007 oleh Mendiknas, Bambang Soedibyo, bersama Menristek, Kusmayanto Kadiman, serta dihadiri oleh Gubernur DIY, Sri Sultan Hamengku Buwono X.

Pembangunan Tahap III ialah Gedung Kotak lantai II dan III, Tapak Presiden dan Gedung Memorabilia. Dengan selesainya tahapan pembangunan, Grand Opening Taman Pintar dilaksanakan pada tanggal 16 Desember 2008 yang diresmikan oleh Presiden RI, Susilo Bambang Yudhoyono.

Objek Wisata Dekat Taman Pintar Jogja
Taman Pintar berada di tengah pusat kota Yogyakarta. Selain berdekatan dengan beberapa objek wisata menyerupai Benteng Vredeburg dan Malioboro, letak taman ini juga tak jauh dari Istana Negara (Gedung Agung) dan Keraton Yogyakarta.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here