Taman Kyai Langgeng, Mengenang Sejarah Perang Dalam Suasana Suka Cita

0
10
Ayunan Langit
Ayunan Langit

Taman Kyai Langgeng, Mengenang Sejarah Perang Dalam Suasana Suka Cita

Taman Kyai Langgeng dibangun sebagai sebuah taman rekreasi dengan konsep ibarat Dufan di Jakarta. Ukurannya cukup luas untuk sebuah taman rekreasi. Taman Kyai Langgeng dibangun di atas tanah seluas 27,5 hektar.

Sebagai taman hiburan taman kyai langgeng mempunyai setidaknya 4 kategori wahana. Yakni wahana edukasi, wahana petualangan, wahana air, dan wahana permainan. Tidak tertinggal wahana religius, yakni ziarah makam Kyai langgeng, di tengah kompleks taman.

Aneka koleksi pohon langka dan setengah langka menjadi keunikan yang ditawarkan taman wisata ini. Di Taman Kyai langgeng terdapat sekitar 130 spesies tanaman, bahkan terdapat pula flora langka antara lain mentaok, lerak, apel bludru, sawo ijo, keben, mojo dan sebagainya.

Selain kemudahan buatan, pemandangan alami taman memang sudah indah. Pengunjung mampu melihat pemandangan Gunung Sumbing menjadi bab eksotis yang tak ternilai. Meski dibangun pada tahun 80an, taman ini terus berkembang dan menjadi primadona.

Makam Kyai Langgeng di Tengah Taman
Ki Ageng Suryokusumo atau lebih dikenal dengan nama Kyai Langgeng yaitu seorang ulama berpengaruh. Beliau penasehat spiritual Pangeran Diponegoro pada masa usaha melawan penjajahan Belanda. Beliau masih keturunan Raja mataram yaitu Sri Sultan Hamengkubuwono II dan merupakan salah satu orang kepercayaan Pangeran Diponegoro.

Setelah penangkapan Pangeran Diponegoro oleh militer Belanda, Kyai Langgeng beserta para pengikut menyingkir ke Magelang. Selama menetap di Magelang dia masih terus melaksanakan perlawanan terhadap penjajah Belanda.

Sebagai seorang ulama, Kyai Langgeng juga sempat mendirikan pondok pesantren kecil di Magelang dan mempunyai sejumlah santri. Beliau meninggal pada tahun 1829 dan dimakamkan di Magelang tepatnya ada di tengah area Obyek Wisata Taman Kyai Langgeng.

Makam Kyai Langgeng sering dikunjungi masyarakat dari dalam kota, luar kota, bahkan ada beberapa dari luar Pulau Jawa. Para pengunjung yang ingin berziarah di makam Kyai Langgeng mampu pribadi menghubungi pengelola Obyek Wisata Taman Kyai Langgeng.

Lokasi Taman Kyai Langgeng
Taman Kyai Langgeng berlokasi di Jalan Cempaka No.6, Kelurahan Kairirejo, Kecamatan Magelang Tengah, Kota Magelang, Provinsi Jawa Tengah.

Dari sentra kota magelang, hanya berjarak 3.5 km saja.

Rute Menuju Taman Kyai Langgeng
Jika pengunjung berada di Yogyakarta dan ingin menuju kota Magelang, mampu melalui jalan Raya Yogyakarta-Magelang dan menuju Kota Mungkid melalui Jalan Letnan Tukiyat. Pada rute ini, pengunjung akan mendapati sebuah bangunan berjulukan Armada Town Square, sebuah mall di kota Magelang.

Setelah dari Armada Town Square, pengunjung mampu mengambil arah ke jalan Sarwo Edhi. Pada rute ini, terdapat beberapa petunjuk jalan yang mengarah ke Taman Kyai Langgeng.

Jam Buka Taman Kyai Langgeng
Taman Kyai Langgeng dibuka pukul 08.00 hingga 16.30 pada hari Senin hingga Minggu.

Tiket Taman Kyai Langgeng
Harga Tiket Masuk Hari Senin hingga Jumat : Rp. 24.000. Harga Tiket Masuk Hari SABTU, MINGGU, dan Hari Libur Nasional : Rp. 30.000.

Untuk Retribusi Parkir Kendaraan, Sepeda Motor Rp. 2.000, Mobil Rp. 5.000, dan Bus Rp. 10.000.

Dengan biaya tiket yang dibayarkan Setiap pengunjung mampu memanfaatkan tanpa dipungut biaya lagi kemudahan 10 wahana. 10 Wahana ini mencakup Teater 6 Dimensi, Bianglala, Komidi Putar, Komidi Layang, Kereta Mini, Kereta Air, Sepur Mini, Becak Mini, Becak Air, dan Mobil Keliling. Pengunjung mampu memakai sebagian atau semua wahana tidak berbayar itu.

Fasilitas Taman Kyai Langgeng
Fasilitas pendukung aktivitas wisata di taman kyai langgeng magelang ini sudah cukup lengkap. Pengelola menyediakan Area parkir, Kedai Souvenir, Mushola, food court, toilet, dan Jaringan Wifi Gratis.

Daya Tarik Taman Kyai Langgeng
Wahana Edukasi

Salah satu daya tarik taman kyai langgeng yaitu adanya aneka macam jenis wahana edukasi. Wahana-wahana ini didesain untuk menunjukkan pendidikan dan pengetahuan kepada para pengunjung, khususnya pengunjung anak-anak.

Salah satu bab wahana edukasi, terdapat kebun flora langka. Taman Kyai Langgeng dulu dikenal sebagai Taman Bunga. Karena itu hingga kini masih mempunyai ratusan jenis flora orisinil Indonesia dan sebagian dari koleksi tersebut termasuk langka.

Saat ini sedang dilakukan pengembangan menjadi Taman Tematik dengan menambah koleksi flora bunga secara bertahap. Berbagai flora tersebut tersebar di seluruh area sehingga cocok untuk observasi atau edukasi bagi pengunjung.

Pada wahana edukasi Terdapat juga spot Dirgantara. Obyek Wisata Taman Kyai Langgeng memboyong pesawat FOKKER F-28 lengkap beserta mesin. Pesawat ini dimanfaatkan sebagai wahana edukasi untuk memperluas wawasan pengetahuan pengunjung perihal dunia penerbangan.

Pengunjung mampu melihat secara pribadi ruang kokpit pesawat, kabin penumpang, aneka macam jenis alat utama pesawat termasuk BLACK BOX. Efek bunyi mesin pesawat juga mampu dirasakan pengunjung dan jangan khawatir panas ketika di dalam pesawat alasannya yaitu ada pendingin ruangan (AC).

Wahana Anjungan Dirgantara ini mampu dinikmati pengunjung dengan membayar tiket tambahan sebesar Rp. 8.000/orang. Buka setiap hari mulai jam 08.00 hingga 15.00 WIB, jadi jangan hingga terlewatkan ya.

Bagian wahana edukasi ada juga taman satwa. Beberapa koleksi satwa ada di salah satu area Taman Kyai Langgeng. Satwa ini mampu dimanfaatkan untuk edukasi serta memperluas wawasan dan pengetahuan perihal satwa orisinil nusantara.

Selain itu juga mampu interaksi dengan beberapa satwa/reptil baik untuk foto maupun selfie. Di lokasi ini juga terdapat bak terapi ikan yang mampu dimanfaatkan pengunjung untuk relaksasi. HTM Rp. 5.000. Fasilitas ini buka 09.00 WIB – 16.00 WIB, Selsasa hingga minggu.

Fasilitas laind I wahana edukasi yaitu Perpustakaan. Selain sebagai kawasan wisata atau rekreasi, Taman Kyai Langgeng juga menjadi kawasan edukasi yang menyenangkan. Desa buku yang berada di tengah area menjadi salah satu kawasan untuk mempelajari aneka macam pengetahuan melalui koleksi buku-buku yang di miliki perpustakaan Taman Kyai Langgeng.

BACA JUGA:  Taman Nasional Alas Purwo, Hutan Tertua Pulau Jawa yang Penuh Misteri

Wahana Petualangan

Sebagai sebuah taman yang dirancang untuk menjadi tmaan hiburan, faktor keseruan tentu masukd alam pertibanga utama dalam mendesain taman ini. SAah satu aspek penting untuk membuat hiburan yaitu pengalaman bertualang. Uutk itu di taman kyai langgeng hadir beberapa kemudahan wahana petualangan.

Fasilitas Flying Fox, Sebuah permainan yang memerlukan keterampilan dengan keamanan peralatan yang memadai. Permainan ini menjadi petualangan alternatif bagi orang yang menginginkan sensasi lebih.

Wahana Flying Fox di Obyek Wisata Taman Kyai Langgeng telah di desain dengan kondusif untuk dipakai para pengunjung yang menginginkan permainan menantang.

Fasilitas ini mampu dinikmati oleh pengunjung dengan tarif Rp.10.000 setiap hari ahad dan hari libur nasional.

Wahana petualangan yang dipakai sebagai salah satu spot menarik untuk foto yaitu top selfie. Wahana selfie ini terdiri dari sepeda layang dan ayunan langit. Kedua kemudahan sudah dilengkapi dengan alat pengaman. Fasilitas ini mampu dipakai pengunjung dengan tarif Rp. 20.000. Fasilitas top selfie buka 09.00 WIB – 16.00 WIB setiap hari.

Fasilitas lan yaitu bioskop 6D. Wahana multimedia dengan audio visual dengan aneka macam imbas khusus ini mampu menjadi pilihan menarik bagi pengunjung. Pengunjung diajak mencicipi sensasi petualangan teknologi digital. Selain sebagai wahana petualangan kemudahan ini juga mampu berfungsi untuk edukasi.

Di dalam lokasi taman terdapat sarana transportasi untuk keliling taman. Yakni Kereta mini dan Mobil keliling. Kereta mini siap mengantar para pengunjung dalam jumlah banyak mengelilingi sebagian area Obyek Wisata Taman Kyai Langgeng.

Mobil mini berbentuk kendaraan semi terbuka yang mampu dipakai oleh pengunjung untuk mengelilingi sebagian area Obyek Wisata Taman Kyai langgeng. Kedua kemudahan ini tidak memerlukan biaya tambahan.

Salah satu kemudahan gres di wahana petualangan yaitu Dragon Coaster. Fasilitas gres ini pengganti Jet Coaster. Rasakan sensasi tanpa batas bersama sobat di wahana ini. Jangan lupa ketika naik Dragon Coaster abadikan moment-nya yang luar biasa. Fasilitas ini mampu dipakai pengunjung dengan tarif Rp. 10.000. Fasilitas buka jam 09.00-16.00 setiap hari.

Wahana Air

Seperti layaknya semua taman bermain, eksistensi wahana air tidak mampu dilepaskan dari sebuah taman. Demikian pula taman kyai langgeng, mempunyai beberapa kemudahan untuk wahana air.

Terdapat Water Park dan Water Boom. Fasilitas ini berada di lokasi yang mempunyai pemandangan eksotis alasannya yaitu selain berenang juga mampu melihat pesona alam Gunung Sumbing. Pengunjung mampu memakai bak renang ini setiap waktu sebagai hiburan yang menyehatkan sekaligus menantang.

Tiket masuk ke dalam unit Water Park & Water Boom Rp. 10.000/orang. Buka setiap hari jam 09.00 – 16.00 . Khusus hari jumat buka jam 13.00 WIB – 16.00 WIB

Ada juga kemudahan Becak Air. Wahana menarik yang mampu dipakai secara gratis dengan bentuk belibis ini mampu dipakai 1-2 orang. Tentu akan menyenangkan berjalan di atas air memakai becak air dengan pasangan, keluarga, maupun sahabat. Selama bermain becak air pengunjung mampu sambil menikmati pohon-pohon sekitarnya yang rindang dan sejuk.

Terdapat juga kemudahan Hand Boat. Permainan mirip becak air dengan bentuk mirip speed boat ini khusus untuk dipakai usia anak-anak. Dengan biaya Rp. 10.000 pribadi mampu menikmati sensasi Wahana Hand Boat. Operasional unit ini mulai 09.00 – 16.00 setiap hari MINGGU dan hari libur nasional.

Fasilitas lain yaitu water ball. Wahana permainan perhiasan tersebut akan menunjukkan kegembiraan tersendiri bagi belum dewasa alasannya yaitu mampu mencicipi sensasi berjalan di atas air. Tarif untuk memakai wahana Water Ball Rp.10.000. Fasilitas buka jam 09.00 – 16.00 setiap hari MINGGU dan hari libur.

Fasilitas terakhir di wahana air, terdapat kereta air. Seperti dengan Kereta Mini, Wahana Kereta Air ini mampu membawa pengunjung dalam jumlah banyak mengelilingi sebagian area Taman Kyai Langgeng. Pengunjung mampu menikmati kereta air tanpa harus membayar tiket tambahan.

Wahana Permainan Anak
Taman kyai langgeng juga ramah pada pengunjung anak. Bahkan pengelola taman menyediakan aneka macam kemudahan yang dimasukkan dalam kategori permainan.

Terdapat kemudahan sepeda tandem. Fasilitas penyewaan sepeda yang mampu dipakai oleh 2 orang ini disediakan untuk pengunjung dengan biaya Rp.10.000. Sepeda tandem tersedia pada jam 08.00-16.00 WIB hanya pada Minggu dan hari libur.

Fasilitas permainan lain yaitu UFO Car. Fasilitas di area Kiddie Town ini mampu dipakai hingga 2 orang per unit nya. UFO Car disediakan untuk pengunjung dengan biaya Rp.20.000, mulai jam 08.00 hingga jam 16.00 setiap hari.

Terdapat juga beberapa kemudahan permainan lain, yang semuanya tidak memerlukan biaya tambahan. Beberapa diantaranya yaitu Becak mini, Sepur mini, Bianglala, Komidi putar, dan Komidi Layang.

Objek Wisata Dekat Taman Kyai Langgeng
Setelah puas bermain air dan petualangan di taman kyai langgeng, pengunjung tidak usah khawatir kehabisan materi wisata. Objek terpopuler di bersahabat taman tentu saja Candi Borobudur. Dengan jarak 19 km candi mampu dikunjungi pekan waktu oleh pengunjung.

Bagi yang ingin mengetahui lebih jauh soal kyai langgeng dan pangeran Diponegoro, mampu berkunjung ke Museum Diponegoro. Museum hanya berjarak 1.5 km dari taman. Saat ini bekas kamar dimana terjadi kejadian negosiasi dan penangkapan Diponegoro, dijadikan museum. Sejumlah peninggalan dari masa perang, di pamerkan di museum Diponegoro Magelang yang berukuran 10 x 10 meter ini.

Sekian ulasan kami mengenai taman wisata kyai langgeng. Semoga mampu menjadi wangsit dan rujukan untuk merencanakan liburan ke lokasi ini.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here