Segarnya Kebun Teh Sukawana Di Lembang

0
11
Lokasi Kebun Teh Sukawana
Lokasi Kebun Teh Sukawana

Segarnya Kebun Teh Sukawana Di Lembang

Perjalanan ke kebun teh Sukawana Lembang ini bergotong-royong ngga disengaja. Awalnya saya bareng sobat ingin berkunjung ke curug bugbrug, bersahabat Curug cimahi. Tapi ternyata ditutup, mungkin sebab longsor. Akhirnya kita putusin buat ke perkebunan teh Sukawana saja, kebetulan memang belum pernah ke sini.

Ternyata, keindahan kebun teh Sukawana di Parongpong Lembang ini melebihi asumsi awal lho.

Pernah ke kebun teh Rancabali di Ciwidey? Rapi dan indah bukan? nah perkebunan teh Sukawana juga tidak kalah indahnya lho, rapi pula.

Kebun Teh Sukawana
Kebun Teh Sukawana berada di bawah PTPN VIII, termasuk dalam kebun Bukit unggul, bab Sukawana. Sebelumnya, area ini dikenal dengan nama ‘pangheotan‘. Katanya, nama ini berasal dari nama Van Houten, seorang meneer Belanda yang mempunyai perkebunan disini.

Sekarang, PTPN VIII lebih mengangkat nama Sukawana untuk menyebut tempat perkebunan teh ini.Di sini, terdapat juga pabrik pengolahan teh. Katanya, hasil olahan teh dari sini lebih diutamakan untuk export.

Area perkebunannya sendiri saya pikir tidak seluas perkebunan teh di Bandung yang lain mirip rancabali, ciwalini, dan lain sebagainya. Meskipun demikian sebab termasuk perkebunan teh yang aktif produksi, area kebun tehnya terpelihara dan asri.

Dari sini kita mampu menikmati gunung Burangrang dan Tangkuban bahtera yang seolah sempurna berada didepan mata. Tempat ini cocok sekali jadi tempat wisata alam alternatif di Bandung.

Alamat – Lokasi Kebun Teh Sukawana
Alamat kebun teh Sukawana berada di Karyawangi, Parongpong. Lokasi kebun teh Sukawana sendiri tidak mengecewakan bersahabat dari kota Bandung. Jika dari area Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) di Ledeng, ke lokasi jaraknya hanya sekitar 15 KM saja. Hanya saja di 2-3 KM terakhir jalannya cukup jelek. Waktu di perjalanan akan tidak mengecewakan banyak habis disini.

Patokan jalan menuju lokasi juga cukup terperinci sebetulnya. Kita mampu memakai jalan utama ataupun alternatif ke arah Parongpong. Jika dari arah Lembang, arahkan kendaraan ke arah parongpong. Dari pertigaan Lembang-Parongpong, kurang lebih 3 KM akan terlihat Mesjid di sebelah kanan. Nah tidak jauh dari situ terdapat pertigaan ke arah Sukawana di sebelah kanan.

Peta Kebun Teh Sukawana
Untuk lebih mudahnya, mampu dilihat peta kebun teh Sukawana dari google map di bawah ini ya. Tinggal klik pada tanda lokasi, kemudian tentukan rute saja.. Atau, mampu juga anda trace dan lihat jalannya dengan google street. Udah hingga ke lokasi eksklusif lho google streetnya, jadi mampu sekalian lihat kondisi jalannya..

Point lokasinya saya set ke Sekolah Dasar Negeri tunas karya, sebab lokasi Sekolah Dasar nya tidak jauh dari area perkebunan utama. Jalan hingga ke pertigaan sukawana di parongpong bagus. Hanya saja dari pertigaan hingga ke lokasi (3-4 KM) tidak mengecewakan rusak.

BACA JUGA:  7 Tempat Wisata di Bondowoso Terbaru Paling Menrik di Kunjungi

Saat artikel ini dibentuk ( 10 desember 2016), lokasi jalan masih relatif sama dengan yang ada di google street. Lumayan off road 😀

Transportasi
Saya ngga melihat adanya angkutan umum ke tempat ini. Hanya terdapat pangkalan ojek di pertigaan parongpong dan di lokasi. Kayaknya sih ngga ada angkutan lain kesini. Kalaupun ada tampaknya di jam-jam tertentu saja.

Kondisi jalan tidak mengecewakan rusak, tapi masih bisalah dilalui motor atau kendaraan beroda empat yang rada tinggi. Saya sendiri memakai motor Nmax, dan masih mampu hingga ke lokasi (rada maksain motor dikit).

Tiket Masuk Kebun Teh Sukawana
Harga tiket masuk kebun teh Sukawana cukup murah. Saya berdua memakai satu motor hanya membayar Rp 5000 saja. Jika ingin Camping, biaya yang dikeluarkan yaitu Rp 10.000 / orang.

Dengan biaya segitu, kita bebas mengitari area perkebunan teh disini sampe puas.

Hal Yang Bisa Dilakukan
Ada beberapa acara yang mampu anda lakukan di lokasi perkebunan ini. Antara lain;

Mengunjungi Pabrik Pengolahan Teh
Saya tidak melaksanakan hal ini. Tapi membaca beberapa blog di internet tampaknya mampu dilakuin. Anda mampu bertanya ke Satpam penjaga gerbang buat teknisnya.

Tea Walk
Silahkan tea walk..berjalan-jalan di area kebun teh sepuasnya. Jalan-jalan kecil di kebun tehnya mampu dengan gampang dilalui. Jalan-jalan kecil ini juga membentuk contoh yang indah banget, khas kebun teh yang terpelihara.

Area perkebunannya yang relatif kecil ngga bikin takut tersesat jikalau jalan-jalan disini. Patokan-patokan areanya cukup jelas. Tapi tetap saja hati-hati jikalau kabut turun ya.

Camping
Disini juga bebas untuk camping. Sejauh yang saya lihat, tidak terdapat area khusus untuk camping, tapi kita mampu menentukan area mana aja untuk mendirikan tenda.

Untuk rombongan, ada beberapa lapangan kecil yang mampu digunakan. Bisa ditanyakan eksklusif ke satpam aja ya..

Bersepeda
Jika anda suka bersepeda dengan trek yang menantang, area sekitar kebun teh ini mampu jadi pilihan.

Dengan background hamparan teh yang hijau, medan yang naik turun, dan lokasi yang cukup bersahabat dari kota, tentunya bakal mampu memuaskan hobby bersepeda gunung anda.

Sarana Yang Tersedia
Naah ini.. Di area ini tidak terdapat sarana khusus untuk mendukung wisata sepertinya. Hanya berupa sarana umum biasa.

Terdapat beberapa warung untuk jajan, minum dan mengisi perut. Masjid juga ada di area perumahan pegawai perkebunan. Untuk toilet, ngga ada. Tapi mampu ikut di toilet Masjid.

Disini juga tidak terdapat penyewaan peralatan untuk camping dan sejenisnya. Makara anda harus bawa peralatan sendiri.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here