Review Wisata Curug Cimahi Bandung Lengkap

0
11
Lokasi Curug Cimahi Bandung
Lokasi Curug Cimahi Bandung

Review Wisata Curug Cimahi Bandung Lengkap

Curug Cimahi Bandung merupakan salah satu tempat wisata di Bandung yang belum banyak dikunjungi . Curug atau penderasan Cimahi simpel untuk dijangkau dan terletak persis di pinggir jalan raya kolonel Masturi dan tidak jauh dari Universitas Advent bandung .

Dikutip dari Wikipedia , Curug atau juga Air Terjun Cimahi ini, mempunyai ketinggian sekitar 87 meter. Merupakan salah satu curug yang tertinggi di wilayah Bandung dan sekitarnya.

Nama Cimahi berasal dari nama sungai yang mengalir di atasnya yaitu Sungai Cimahi yang berhulu di Situ (danau) Lembang dan mengalir ke Kota Cimahi. Curug ini berada di ketinggian 1050 m dpl dengan suhu di daerah ini berkisar 18-22 derajat Celsius.

Alamat Curug Cimahi Bandung
Alamat Curug Cimahi lengkapnya ialah di Jl. Kolonel Masturi No.325, Cisarua, Bandung Barat, Jawa Barat 40551.

Letak curug Cimahi relatif erat dibandingkan dengan objek wisata lainnya serta saluran menuju lokasinya pun cukup baik.

Jalan Menuju Curug Cimahi
Untuk menuju lokasi curug cimahi, anda mampu menggunakan banyak jalur alternatif baik dari arah Cimahi, sentra kota Bandung, ataupun dari Lembang. Salah satu saluran paling simpel ialah melalui jalur Lembang – Parongpong, satu arah dengan dusun Bambu.

Anda cukup menyusuri jalur tersebut hingga ke terminal angkot Cisarua yang terletak kurang lebih 1 KM sebelum pertigaan ke Dusun Bambu Bandung.

Ikuti terus jalan ini. Patokannya ialah universitas advent. Setelah universitas advent, anda akan melewati turunan, jembatan dan tanjakan. Setelah tanjakan inilah gerbang ke curug cimahi berada.

Pintu masuk Curug Cimahi berada persis di sebelah terminal angkot Cisarua, di pinggir jalan Kolonel Masturi sehingga simpel ditemukan.

Jika menggunakan angkutan umum, anda mampu menuju lokasi menggunakan angkutan kota jurusan Ledeng-Parongpong. dari terminal ledeng di jalan Setiabudi. Kemudian dilanjutkan menggunakan angkutan jurusan Parongpong-Padalarang sekitar 2 Km dan berhenti di terminal angkot Cisarua.

Jika anda berkunjung ke Dusun Bambu Bandung, maka gerbang lokasi curug cimahi akan anda lewati langsung.

Sarana dan Fasilitas
Akses dari gerbang masuk menuju lokasi curug cimahi cukup baik. Anda akan menyusuri tangga turun kurang lebih selama 15-20 menit dengan kondisi cantik dan terawat.

Tangganya cukup banyak lho, jadi anda bakal cukup capek ketika naik nantinya. Tetapi, sepanjang tangga banyak terdapat shelter dan tempat istirahat, sehingga anda mampu simpel beristirahat. Disarankan untuk menggunakan sandal/sepatu yang nyaman bila berkunjung kesini.

Jika ingin treking dengan suasana alami tapi ngga nanjak mirip disini, mampu anda lihat review Curug tilu leuwi opat. Tempatnya ngga begitu jauh dari curug cimahi.

BACA JUGA:  Tempat Wisata Pantai Pulau Manuk

Saran kami, pelan-pelan saja pas perjalanan naik tangga ketika pulang ntar. Satu demi satu asal terus maju akan lebih cepat, ngga terlalu capek dan ga bikin kepala pusing nantinya.

Harga Tiket Masuk Curug Cimahi
Harga tiket masuk curug cimahi cukup terjangkau. Anda mampu masuk ke lokasi dengan membayar tiket sebesar Rp 15.000, plus kalau membawa motor Rp 2000 untuk parkir motor.

Perlu diingat kalau tempat wisata ini kini mempunyai nama lain ; penderasan pelangi.

Dimalam hari tempat wisata ini juga buka dengan nama lain: penderasan pelangi atau rainbow fall Bandung. Dinamakan demikian sebab pada malam hari terdapat fitur lampu hias yang menyala dibelakang air terjun, dan cukup indah untuk dinikmati.

Fasilitas
Fasilitas umum terdapat di lokasi curug cimahi antara lain warung, mushalla, kamar kecil, dan tempat istirahat yang cukup. Secara umum kondisi objek wisata ini cukup terawat dan bersih. Selain itu, kondisi airnya pun cukup bersih. Hal ini ditandai dengan banyaknya capung jarum dan kupu-kupu yang biasanya menjadi parameter tingkat kesehatan air di satu tempat .

Tempat parkir berada di area erat gerbang masuk. Sekarang sehabis dikembangkan dengan penderasan pelangi, terdapat penambahan beberapa dek untuk pengunjung menikmati suasana sekitar lokasi.

Melihat Lokasi penderasan ini, mungkin anda akan berpikir letaknya berada jauh dari keramaian. Padahal sama sekali tidak. Letak penderasan ini cukup unik, terletak persis dipinggir jalan raya.

Tersembunyi dibalik tebing dan pepohonan namun sehabis mencapai lokasi terasa mirip ditengah hutan dan asri lho. Ditambah dengan adanya kelompok monyet liar yang cukup jinak, menambah keunikan lokasi ini.

Kalau berkunjung di siang jelang sore dan matahari sedang cerah, anda mampu menemukan pelangi di erat air terjun.. keren lho.

Air terjun yang satu ini cocok banget buat yang suka wisata alam, tapi berlokasi ngga jauh dari keramaian. Jika anda ingin melihat wisata alam lainnya dengan tipe yang sama, mampu cek juga Tangkuban Perahu. Kawah di gunung ini mampu pribadi anda capai dari tempat parkir!

Alternatif wisata alam di Bandung lainnya, anda mampu berkunjung ke Kawah putih, Situ Patenggang, Ranca Upas, ataupun Glamping Lakeside Rancabali.

So, bila rekan-rekan sedang berlibur ke Bandung lokasi ini mampu anda jadikan salah satu tujuan buat wisata alami di Bandung.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here