Rekomendasi Tempat Wisata Di Pati

0
13
GARDU PANDANG KAYEN PATI

Rekomendasi Tempat Wisata Di Pati

Kabupaten Pati masuk dalam deretan wilayah yang dilalui jalur pantura Jawa Tengah. Pati mempunyai julukan yang cukup hits yaitu bumi mina tani. Memang, beberapa wisata di Pati belum banyak terekspose media. Sedikit kalah dengan beberapa tempat wisata di Blora dan juga daerah didekatnya yaitu beberapa tempat wisata di Rembang. Namun, jika anda mau mengeksplore potensi wisata di Pati tentunya ada banyak sekali wisata menarik dengan pemandangan yang sangat indah.

Nah, pada artikel ini, kami ingin membagikan daftar lengkap beserta ulasan mengenai tempat wisata di Pati yang cocok anda kunjungi untuk mengisi waktu luang di hari libur panjang atau libur akhir pekan.

  1. JUWANA WATER FANTASY (JWF)
JUWANA WATER FANTASY (JWF)
JUWANA WATER FANTASY (JWF)

Destinasi wisata Pati hits ini terbilang baru karena baru diresmikan pada tahun 2012 lalu. Juwana Water Fantasy merupakan sebuah wahana rekreasi keluarga yang berisikan berbagai wahana permainan air lengkap dengan fasilitas pendukungnya. Lokasinya berada di Jalan Juwana-Rembang km 8, Bumimulyo Mujil, Batangan, Pati, Jawa Tengah.

  1. WADUK GUNUNG ROWO
WADUK GUNUNG ROWO
WADUK GUNUNG ROWO

Wisata di Pati Waduk Gunung Rowo terletak di Lereng Gunung Muria timur yang sampai sekarang masih mempunyai fungsi utama sebagai sumber irigasi bagi persawahan milik warga sekitar Pati. Keindahan waduk ini mampu menyihir para wisatawan sehingga Waduk Gunung Rowo menjadi tidak pernah sepi pengunjung. Anda bisa menikmati kesejukan alam di sekitar waduk dengan mengelilingi hutan atau duduk duduk di gazebo kayu yang telah disediakan sembari menyantap kuliner ikan air tawar yang banyak dijajakan oleh pedagang yang berjualan di sekitar waduk.

  1. WADUK SELOROMO
WADUK SELOROMO
WADUK SELOROMO

Waduk ini juga berada di Kabupaten Pati dan letaknya berdekatan dengan Waduk Gunung Rowo. Waduk Seloromo mempunyai panorama alam yang tidak kalah cantik dari Waduk Gunung Rowo. Bahkan tempat ini menjadi spot favorit para pecinta fotografi karena lokasinya sangat cocok dijadikan background foto yang bisa diunggah di dunia maya.

  1. MAKAM SYEH JANGKUNG SARIDIN
MAKAM SYEH JANGKUNG SARIDIN
MAKAM SYEH JANGKUNG SARIDIN

Obyek wisata Kabupaten Pati yang religius ini merupakan makam salah satu tokoh terkenal di Pati. Konon katanya, beliau merupakan putra dari Sunan Muria dan suami dari Dewi Samaran. Beliau dikenal mempunyai kesaktian sejak kecil dan menimbulkan konflik dengan Sunan Kudus. Bagi anda yang hobi berwisata religi bisa mendatangi tempat ini selagi berada di Pati.

  1. PANTAI BANYUTOWO
PANTAI BANYUTOWO
PANTAI BANYUTOWO

Berbatasan langsung dengan Laut Jawa, obyek wisata Pantai Banyutowo Pati menjadi salah satu spot terindah yang ada di Kabupaten Pati. Lokasi Pantai Banyutowo juga berbatasan langsung dengan Kabupaten Jepara dan berdekatan dengan beberapa tempat wisata di Jepara seperti Benteng Portugis dan juga Pulau Mandalika yang terkenal.

  1. WISATA JOLONG
WISATA JOLONG
WISATA JOLONG

Tempat wisata ini sangat menarik di kalangan wisatawan lokal maupun mancanegara. Lokasinya terletak di Lereng Gunung Muria yang ada di Kudus. Hawanya sangat sejuk dikelilingi dengan pepohonan yang rindang. Di Wisata Jolong, anda bisa menemukan macam macam lokasi wisata yang berada dalam satu kompleks seperti Bumi Perkemahan Jolong, tempat outbound, agrowisata, dan juga air terjun.

  1. GOA PANCUR
GOA PANCUR
GOA PANCUR

Tempat wisata Pati Jawa Tengah Goa Pancur berlokasi di Desa Jimbaran, Kayen. Goa ini mempunyai panorama yang sangat indah berupa stalagtit dan stalagmit yang menggantung dan menjulang cantik. Terdapat aliran sungai yang masih sering penuh dengan air di dalam goa, maka dari itu jika anda berkunjung kesini anda diharuskan untuk berhati hati.

  1. AIR TERJUN TADAH HUJAN
AIR TERJUN TADAH HUJAN
AIR TERJUN TADAH HUJAN

Lokasinya berbatasan langsung dengan Kabupaten Grobogan tepatnya di Lereng Gunung Kendeng yang berupa pegunungan kapur. Wisata tersembunyi di Pati berupa air terjun ini masih belum banyak dikunjungi para wisatawan karena aksesnya yang belum begitu baik. Meskipun begitu, pemandangan yang disajikan sangat cantik dan masih asri.

  1. PINTU GERBANG MAJAPAHIT
PINTU GERBANG MAJAPAHIT
PINTU GERBANG MAJAPAHIT

Tempat wisata di Kabupaten Pati ini merupakan Peninggalan bersejarah dari Kerajaan Majapahit. Namanya juga pintu gerbang, bangunan ini terbuat dari kayu jati yang berbentuk sederhana namun menjulang tinggi dan penuh dengan sejarah. Tempat wisata Pintu Gerbang Majapahit cocok dijadikan spot foto dengan tema klasik bagi anda yang hobi fotografi.

  1. PULAU SEPRAPAT JUWANA
PULAU SEPRAPAT JUWANA
PULAU SEPRAPAT JUWANA

Pulau Seprapat Juwana merupakan tempat wisata di Pati Jawa Tengah yang berada di Desa Bendar, Juwana, Pati. Letaknya tepat berada di muara Sungai Silugonggo. Ukurannya sebesar 220 x 65 meter dengan nuansa mistis yang sangat terasa di sekitarnya. Sayangnya, tempat ini sering dijadikan tempat untuk berziarah untuk mendapatkan pesugihan oleh warga warga yang tidak bertanggung jawab.

  1. BUMI PERKEMAHAN REGALOH
BUMI PERKEMAHAN REGALOH
BUMI PERKEMAHAN REGALOH

Wisata alam di Pati ini cocok dinikmati bersama keluarga maupun rombongan dari sekolah. Suasananya sangat khas bumi perkemahan lengkap dengan pepohonan rimbun nan asri di sekelilingnya. Pada hari biasa, saat tidak ada aktivitas berkemah, lokasi ini dijadikan tempat untuk nongkrong oleh warga sekitar.

  1. ALUN ALUN KOTA PATI
ALUN ALUN KOTA PATI
ALUN ALUN KOTA PATI

Tempat wisata di Pati Kota ini mempunyai keunikan tersendiri yaitu banyaknya pedagang yang menjual berbagai macam barang dagangan seperti pakaian, aksesoris, mainan, dan lain sebagainya. Bahkan di beberapa sudut alun alun terdapat permainan yang bisa di sewa oleh anak anak. Banyak orang yang mampir ke alun alun ini jika sedang melewati Kota Pati untuk sekedar nongkrong atau menghabiskan waktu luang.

  1. LORODAN SEMAR
LORODAN SEMAR
LORODAN SEMAR

Mungkin Lorodan Semar adalah tempat wisata di Pati terbaru yang harus anda datangi. Bentuknya cukup unik dengan 3 tingkat yang diiringi gemericik air. Pada bagian dasar tempat wisata ini terdapat gundukan batu besar mirip dengan papan seluncuran yang dalam bahasa Jawa disebut Lorodan, maka dari itu dinamakan Lorodan Semar. Lokasinya ada di Desa Sumbersari, Kayen, Pati.

  1. GOA WAREH
GOA WAREH
GOA WAREH

Saat liburan tiba, goa ini selalu tidak pernah sepi pengunjung. Berlokasi di Kedumulyo, Sukolilo, Pati, tempat wisata ini mempunyai mitos yang terus diyakini oleh masyarakat setempa dimana siapapun yang mandi dan membasuh muka di sendang yang ada di Goa Wareh niscaya akan awet muda atau cepat bertemu dengan jodohnya.

  1. PANTAI BANYUTOWO (PANTAI SOIMAH)
PANTAI BANYUTOWO (PANTAI SOIMAH)
PANTAI BANYUTOWO (PANTAI SOIMAH)

Wisata alam di Pati yang satu ini dijadikan tempat bersandar kapal kapal nelayan setelah dan sebelum mencari ikan di laut. Banyak wisatawan yang menjadikan pantai ini sebagai salah satu destinasi wisata terfavorit di Pati karena banyaknya kapal kapal nelayan menghasilkan sebuah panorama dan pemandangan yang indah.

  1. HUTAN MANGROVE PANTAI SAMBILAWANG
HUTAN MANGROVE PANTAI SAMBILAWANG
HUTAN MANGROVE PANTAI SAMBILAWANG

Objek wisata di Pati Jateng berikutnya terletak di Desa Sambilawang, Trangkil, Kabupaten Pati. Seperti hutan mangrove di pinggir pantai yang berada di daerah lain, hutan mangrove Pantai Sambilawang menawarkan sebuah wisata trackking menyusuri hutan mangrove sembari mendengarkan penjelasan dari tour guide yang kebetulan sedang bertugas.

  1. AIR TERJUN GRENJENGAN SEWU
AIR TERJUN GRENJENGAN SEWU
AIR TERJUN GRENJENGAN SEWU

Pati memang kaya akan wisata air terjunnya, salah satunya adalah Air Terjun Grenjengan Sewu yang berlokasi di Desa Jrahi yang masuk dalam wilayah Kecamatan Gunungwungkal, Kabupaten Pati. Airnya sangat jernih sehingga siapapun yang berkunjung kesini tidak akan tahan jika tidak menceburkan diri ke kolam yang ada di bawah air terjun.

  1. AIR TERJUN SELONATAH
AIR TERJUN SELONATAH
AIR TERJUN SELONATAH

Air Terjun Selonatah merupakan tempat wisata di Pati dan sekitarnya yang harus anda kunjungi, terlebih bagi anda yang hobi berwisata alam dan bermain air. Lokasinya berada di Dukuh Selonatah, Gunungpanti, Winong, Pati, Jawa Tengah.

  1. KEBUN KOPI JOLONG
KEBUN KOPI JOLONG
KEBUN KOPI JOLONG

Tempat wisata Jolong Pati yang satu ini ada di dalam kompleks wisata Jolong yang terkenal baik di kalangan warga setempat maupun wisatawan lokal dari luar Pati. Seperti namanya, di kebun ini anda bisa memetik biji kopi yang nantinya bisa diolah menjadi minuman yang disukai oleh hampir seluruh warga Indonesia.

  1. WISATA KLATING PUCAKWANGI
WISATA KLATING PUCAKWANGI
WISATA KLATING PUCAKWANGI

Selain tempat wisata di Pati Jolong, anda juga bisa mengunjungi wisata Kalting Pucakwangi yang terletak di Desa Mojoagung, Pucakwangi, Pati. Lokasi ini menawarkan keindahan alam berupa air terjun bertingkat yang tidak terlalu tinggi yang airnya jernih dan mengalir ke sungai yang cukup lebar. Pastinya anda tidak akan tahan jika tidak basah basahan di tempat ini.

  1. PATI NIGHT CARNIVAL
BACA JUGA:  Tempat Wisata Pantai Cimaja
PATI NIGHT CARNIVAL
PATI NIGHT CARNIVAL

Pati Night Carnival adalah tempat wisata di Pati dalam bahasa Inggris yang harus kamu kunjungi. Sebenarnya, ini adalah suatu event tahunan yang diadakan oleh Pemerintah Kabupaten Pati yang berisikan pameran kostum kostum menarik dan unik bikinan warga masyarakat Pati. Event ini tidak pernah sepi pengunjung baik yang berasal dari dalam Kota Pati maupun luar Kota Pati.

  1. CANDI KAYEN
CANDI KAYEN
CANDI KAYEN

Wisata Pati Kayen sarat akan sejarah dan edukasi. Cagar budaya ini terletak di tengah persawahan milik penduduk dan merupakan peninggalan jaman Hindu Buddha kuno silam. Setiap tahunnya, candi ini selalu mendapat ekskavasi dari Balai Arkeologi Yogyakarta dengan total pengunjung mencapai 4500 orang setiap tahunnya.

  1. WISATA RELIGI MAKAM SYEKH MUTAMAKKIN
WISATA RELIGI MAKAM SYEKH MUTAMAKKIN
WISATA RELIGI MAKAM SYEKH MUTAMAKKIN

Tempat wisata religi di Pati selanjutnya merupakan makam yang banyak dikunjungi orang untuk berziarah. Syekh Mutamakkin merupakan ulama yang terkenal dari Pati. Setiap tahunnya, orang yang berkunjung ke tempat ini mencapai 500 ribu orang. Jumlah yang cukup fantastis ya.

  1. SENDANG SANI PATI
SENDANG SANI PATI
SENDANG SANI PATI

Tempat wisata di Pati yang menjadi ikon wisata Kabupaten pati ini selalu ramai pengunjung khususnya di hari libur. Sendang sani merupakan sendang atau kolam kecil yang airnya tidak pernah habis apalagi surut. Konon katanya di kolam ini terdapat bulus yang umurnya mencapai ratusan tahun. Tidak jauh dari sendang ini, terdapat kolam renang yang dikelola oleh penduduk setempat dengan baik dan menjadi daya tarik tersendiri bagi pengunjung.

  1. WISATA KULINER MAKANAN KHAS PATI
WISATA KULINER MAKANAN KHAS PATI
WISATA KULINER MAKANAN KHAS PATI

Wisata kuliner Pati ada bermacam macam, seperti soto ayam kemiri di utara Terminal Pati, Petis kambing runting yang ada di dekat Simpang Lima Pati, dan juga tahu gimbang udang jumbo yang juga terletak di dekat Simpang Lima Pati. Cita rasa kuliner khas Pati sangat menggoda sehingga anda akan menyesal jika tidak sempat merasakannya.

  1. AIR TERJUN SANTI
AIR TERJUN SANTI
AIR TERJUN SANTI

Selain tempat wisata di Pati Kayen, anda bisa mengunjungi Air Terjun Santi yang berlokasi di Desa Gunungsari, Tlogowungu. Untuk dapat mencapai air terjun ini anda harus berjalan sejauh 500 meter dulu melewati jalur yang telah disiapkan.

  1. AIR TERJUN TRETES TLOGOWUNGU
AIR TERJUN TRETES TLOGOWUNGU
AIR TERJUN TRETES TLOGOWUNGU

Air terjun ini bagian dari Air Terjun santi yang terletak di Kecamatan Tlogowungu. Lokasinya jauh di pelosok sebuah kampung sehingga wisata alam ini jarang dijamah oleh pengunjung.

  1. AIR TERJUN GRENJENGAN JOLONG
AIR TERJUN GRENJENGAN JOLONG
AIR TERJUN GRENJENGAN JOLONG

Wisata Pati Jolong berikutnya berupa air terjun yang lokasinya masih satu kompleks dengan Kebun Kopi Jolong dan Wisata Jolong. Di sekitar air terjun ini anda disuguhkan pemandangan yang masih alami dan asri lengkap dengan gemericik air dari air terjun yang menyejukkan hati dan membuat pikiran menjadi fresh.

  1. DESA WISATA PEMANCINGAN TALUN
DESA WISATA PEMANCINGAN TALUN
DESA WISATA PEMANCINGAN TALUN

Desa wisata ini mempunyai konsep yang cukup sederhana dengan puluhan tambak dilengkapi rumah makan lesehan yang menyajikan sajian menu khas berselera. Lokasinya terletak di Desa Talun yang masuk dalam Kecamatan Kayen. Kawasan ini sering dikunjungi oleh wisatawan, bahkan dalam satu tahun bisa mencapai 36 ribu pengunjung yang penasaran akan sensasi makan ikan air tawar yang baru saja dipancing langsung di atas kolamnya.

  1. PETILASAN KADIPATEN PATI GENUK KEMIRI
PETILASAN KADIPATEN PATI GENUK KEMIRI
PETILASAN KADIPATEN PATI GENUK KEMIRI

Tempat wisata Pati dan sekitarnya yang satu ini diyakini sebagai petilasan Kadipaten Pati yang paling pertama dibangun. Setiap tahunnya, tempat ini mendapat kunjungan sebanyak 19.500 pengunjung yang berlokasi di Dusun Kemiri, Desa Sarirejo, Kota Pati.

  1. VIHARA GUNUNGWUNGKAL
VIHARA GUNUNGWUNGKAL
VIHARA GUNUNGWUNGKAL

Wisata di Kota Pati berikutnya dikenal dengan nama Vihara Saddaghiri dan merupakan vihara termegah di Kota Pati. Lokasinya memang tidak dipinggir jalan, melainkan di dalam perkampungan. Meskipun begitu tidak mengurangi minat para pengunjung untuk mendatangi vihara ini.

  1. KRAN AIR RAKSASA MELAYANG
KRAN AIR RAKSASA MELAYANG
KRAN AIR RAKSASA MELAYANG

Obyek wisata di Pati Jawa Tengah ini cukup unik dimana anda bisa mendapati sebuah kran air berukuran raksasa di pinggir kota. Kran air melayang ini merupakan sebuah tempat wisata yang dihasilkan dari ilmu terapan yang mempesona dan banyak disukai pengunjung.

  1. HUTAN KOTA KALIDORO
HUTAN KOTA KALIDORO
HUTAN KOTA KALIDORO

Wisata Kota Pati berikutnya merupakan tempat bersantai yang paling asik di tengah kota. Banyak sekali warga masyarakat Pati yang memanfaatkan hutan kota Kalidoro ini sebagai tempat untuk menghabiskan waktu di sore hari atau di akhir pekan. Alamatnya berada di Jalan Kembang Joyo Nomor 33, Kecamatan Pati, Kabupaten Pati, Jawa Tengah.

  1. WISATA INDUSTRI PT DUA KELINCI
WISATA INDUSTRI PT DUA KELINCI
WISATA INDUSTRI PT DUA KELINCI

Mengunjungi Pabrik PT Dua Kelinci di Pati mungkin bisa menjadi wisata Pati terbaru yang harus anda coba. Pabrik kacang yang produknya sudah dikenal sampai ke mancanegara ini menawarkan wisata belanja dan edukasi yang harus anda datangi bersama keluarga dan rombongan.

  1. KERAJINAN BATIK TULIS BAKARAN
KERAJINAN BATIK TULIS BAKARAN
KERAJINAN BATIK TULIS BAKARAN

Selanjutnya, ada tempat wisata di Pati Selatan berupa sebuah kampung yang memproduksi kerajinan batik tulis. Wilayahnya terletak di Desa Bakaran, Pati, Jawa Tengah. Tempat ini menyediakan berbagai macam ragam batik tulis yang bisa anda beli. Selain itu, anda juga bisa langsung praktik membuat batik tulis di tempat ini.

  1. MAKAM JATI KEMBAR
MAKAM JATI KEMBAR
MAKAM JATI KEMBAR

Wisata di daerah Pati yang satu ini berlokasi di dekat Candi Kayen. Terdapat dua buah pohon kayu jati kembar yang tinggi menjulang diantara makam seorang tokoh terkenal di Desa Miyono.

  1. MASJID AGUNG PATI
MASJID AGUNG PATI
MASJID AGUNG PATI

Masjid Agung Pati merupakan obyek wisata Pati Jateng yang harus anda kunjungi saat mampir ke Kota Bumi Mina Tani. Di sekitar masjid pun ada banyak sekali pedagang yang menjajakan oleh oleh khas Pati sehingga di tempat ini anda bisa berwisata religi sekaligus berbelanja oleh oleh khas Pati.

  1. AIR TERJUN SEKAR GADING
AIR TERJUN SEKAR GADING
AIR TERJUN SEKAR GADING

Wisata Pati Rembang ini menjadi spot yang tepat untuk melepas penat. Lokasinya tepat berada di daerah Desa Plukaran yang terletak di kaki Gunung Muria, Pati. Letak air terjun ini memang tidak jauh dari pusat desa sehingga mudah dijangkau oleh wisatawan.

  1. KEDUNG PRAU
KEDUNG PRAU
KEDUNG PRAU

Tempat wisata di Pati terpopuler berikutnya berupa kedung yang merupakan sebuah sungai diapit bebatuan berstruktur indah lengkap dengan airnya yang jernih dan menyegarkan. Lokasinya berada di Tambakromo, Desa Larangan. Terletak di Pegunungan Kendeng, Kedung Prau ini menyajikan wisata alam yang masih alami dengan hawa sejuknya yang khas.

  1. GARDU PANDANG KAYEN PATI
GARDU PANDANG KAYEN PATI
GARDU PANDANG KAYEN PATI

Wisata Pati bukit pandang ini berada di jalur menuju Kedung Prau tadi. Lereng Gunung Kendeng disulap sedemikian rupa menjadi sebuah wisata menarik lengkap dengan gardu pandang berbentuk unik yang menawarkan keindahan panorama alam Pati yang sangat cantik. Tempat ini menjadi spot favorit para pengunjung untuk berselfie dengan latar belakang landscape perbukitan hijau yang menawan.

  1. TEMPAT PELELANGAN IKAN JUWANA
TEMPAT PELELANGAN IKAN JUWANA
TEMPAT PELELANGAN IKAN JUWANA

Obyek wisata Pati Juwana yang terakhir berupa tempat pelelangan ikan yang terletak di Desa Bendar, Juwana. Di tempat ini juga banyak bersandar kapal kapal nelayan yang sedang istirahat dari melaut. Jika anda ingin membeli ikan laut fresh hasil tangkapan nelayan dengan harga murah, maka TPI (Tempat Pelelangan Ikan) Juwana ini adalah lokasi yang tepat.

Sekian informasi mengenai tempat wisata di Pati yang menarik dan bisa jadi referensi tempat liburan anda beserta keluarga dan teman teman dekat. Jangan lupa juga untuk mengunjungi tempat wisata di Kudus yang letaknya tidak terlalu jauh jika dijangkau dari wilayah Kabupaten Pati. Bagikan keseruan aktivitas liburan anda di Pati melalui media sosial yang anda punya agar semakin banyak wisatawan yang berkunjung ke Kabupaten Pati.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here