Pesona Pantai Parangtritis Jogja Yang Abadi

0
15
Pantai Parangtritis Bukit Paralayang 1024x576
Pantai Parangtritis Bukit Paralayang 1024x576

Pesona Pantai Parangtritis Jogja Yang Abadi

Pantai Parangritis yakni sebuah daerah di Yogyakarta yang mempunyai daya magis yang cukup kuat. Sehingga, menarik minat wisatawan untuk tiba dan tiba lagi ke pantai yang sudah semenjak usang menjadi ikon tempat wisata di Jogja ini. Tempat yang selalu dihubungkan dengan Ratu Pantai Selatan ini tidak pernah kehilangan pengunjungnya sedikit pun.

Dahulu, pada zaman pariwisata belum berkembang dan masyarakat belum sadar akan media umum serta selfie. Tempat tujuan wisata di Yogyakarta yang terkenal ketika itu yakni Malioboro, Pantai Baron, Pantai Krakal, Kukup dan juga Pantai Parangtritis. Berbagai belahan masyarakat dan banyak sekali belahan daerah selalu menyempatkan waktu untuk berkunjung ke tempat ini.

Sekarang, pariwisata sudah berkembang dengan pesat, kebanyakan masyarakat sudah mengenal media sosial. Banyak sekali pariwisata di Yogyakarta mulai bermunculan dan menghadirkan sebuah pesona serta keindahaan tersendiri.

Tetapi, pantai klasik parangtritis ini tetap kokoh berdiri menjadi salah satu wisata yang tidak pernah terlupakan. Selalu ramai dan menjadi sebuah piihan.

Pantai parangtritis tidak lantas kehilangan pamornya sebagai primadona seluruh masyarakat. Bahkan, ketika ini parangtritis pun mengembangkan diri dengan membuatkan macam wahana yang bisa dinikmati. Bisa dibilang, Pantai Parangtritis menjadi sebuah wisata kekinian yang bisa menjawab kebutuhan zaman.

Kawasan ini bisa menyampaikan sebuah pelajaran berharga bila pantai tidak hanya sekedar pasir, dan juga ombak saja. Melainkan, ada sisi lain yang masih bisa untuk di eksplor lebih jauh lagi dan lebih dalam lagi, tergantung bagaimana para pengelola mengemasnya.

Kehadiran mitos Nyai roro kidul pun tidak lantas luntur begitu saja. Karena, apa yang ditakutkan oleh masyarakat dahulu sudah terjawab secara ilmiah. Tentang ganasnya ombak yang bisa menyeret orang dan menenggelamkannya ke dasar laut. JIka, zaman dahulu orang-orang renta akan menyampaikan bila, ada wisatawan yang mengalami peristiwa mirip itu berarti, wisatawan tersebut dibawa kealam lain, ke kerajaan pantai selatan dengan mitos kaos atau pun baju yang berwana hijau.

Fasilitas di Pantai Parangtritis
Kawasan pantai yang cukup luas membuat pihak pengelola pun mencoba menyampaikan acara olahraga yang cukup ekstrem yaitu ATV. Kehadiran ATV ini pun disambut kolam oleh para warga dan juga wisatawan dari luar daerah Jogja. Mereka mirip menerima pengalaman yang baru. Dengan harga 50 ribu untuk 15 menit, wisatawan semua bisa mencicipi sensasinya naik motor yang satu ini.

Ada lagi delman yang bisa disewa untuk menikmati hembusan angin pantai selatan yang terkenal begitu kencang. Hanya dengan 20 ribu saja. Wisatawan semua akan diajak berkeliling dari ujung sampai ke ujung pantai. Pengalaman yang menarik mengingat wisatawan yang berasal dari luar kota Jogja mirip Jakarta, dan juga Surabaya yang eksistensi delman bisa dibilang tidak ada.

Pantai Parangtritis mungkin menjadi satu-satunya yang bisa memadukan antara air maritim dengan air tawar. Di daerah ini sudah banyak kolam renang buatan yang sengaja dibangun untuk belum dewasa bermain. Dengan hadirnya kolam ini bisa menjadi sebuah pengalihan untuk anak-anak.

Seperti diketahui, ombak pantai selatan sangat menakutkan. Apalagi palung lautnya yang bisa membentuk kumparan menakutkan, membuat belum dewasa kecil yang masih polos bisa terseret arus ombak. Keberadaan kolam renang buatan ini tidak hanya ada satu saja. Melainkan, ada banyak tempat dengan permainan yang beragam. Seperti sebuah bola, atau air mancur dan juga bejana air yang akan jatuh bila sudah terisi penuh.

Salah satu keunggulan dari kolam renang buatan ini yakni airnya yang hangat dan juga menyegarkan. Bermain, di kolam ini sudah sama mirip bermain di pantai dan menerjang ombak yang datang. Keceriaan akan terasa apalagi, banyak belum dewasa yang juga ikut bermain, menghadirkan sebuah keseruan tersendiri.

BACA JUGA:  Indahnya Situ Cisanti Bandung Yang Masih Alami

Soal perut jangan khawatir. Para pedagang sudah menyiapkan banyak sekali macam sajian kuliner dan juga kudapan yang bisa dinikmati dengan harga yang cukup ramah. Rasanya pun cukup nikmat dan tentunya kondusif untuk dikonsumsi.

Di pinggir pantai parangtritis terdapat sebuah pohon-pohon yang rindang. Sobat Traveler semua bisa memanfaatkan pepohonan ini untuk bersantai bersama keluarga, bercengkrama sembari menikmait deburan ombak yang terasa sangat menyejukkan. Hanya saja, untuk menerima tempat ini wisatawan akan dikenakan tarif sebesar 10 ribu rupiah.

Di bersahabat pantai pun juga sudah disediakan payung-payung besar layaknya berada di Pantai Sanur. Dengan harga yang sama yaitu 10 ribu rupiah. Hanya saja, di tempat ini banyak pengamen yang merusak pemandangan dan merusak suasana yang sudah terbentuk semenjak awal. Entah mengapa opsi pengamen juga dimasukkan untuk membuat wisata kekinian di tempat ini.

Pengelola pun mendirikan spot foto kekinian, yang berada di sepanjang pantai. Dengan harga 10 ribu saja, wisatawan bisa menentukan mana yang akan dijadikan tempat untuk mengambil gambar yang akan menjadi bab dari galeri media umum Sobat Traveller semuanya.

Menikmati jagung bakar dan duduk di pinggir pantai yakni sebuah kenikmatan tersendiri. Parangtritis pun tahu akan kebutuhan itu dan menyediakan beberapa pedagang jagung bakar untuk menyampaikan sajian jajanan masakan yang beragam.

Waktu yang paling sempurna mengunjungi pantai ini yakni sore hari. Dimana matahari yang akan tebenam menghadirkan pesona alam yang sangat luar bisa. Bila bosan dengan pantai ini. Sobat Traveller bisa naik ke atas bukit paralayang yang tak jauh dari parangtritis.

Di bukit ini Sobat Traveller semua akan menyuguhkan keindahan matahari terbenam dengan langit dan matahari yang berkembang menjadi oranye. Disini ada pula kafe kecil yang menyediakan tempat duduk serta kuliner ringan untuk meletwakan sore bersama dengan orang-orang yang tercinta.

Belum puas menikmati Parangtritis? Tenang sudah banyak penginapan yang bisa disewa. Tetapi, wisatawan semua wajib untuk menginap di Queen of Resort nya parangtritis. Karena, ditempat ini menyampaikan sebuah pengalaman menginap yang sangat berbeda. Dimana, Sobat Traveller semua akan disajikan sebuah tempat yang bisa dibilang merupakan cerminannya Bali.

Resort yang eksklusif menghadap ke pantai, dengan kolam renang yang megah dan tempat makan yang mempunyai kualitas. Per malam, sahabat Traveller harus merogoh kocek sebesar 1, 6 juta rupiah. Harga yang memang cukup fantastis untuk sebuah pengalaman menginap kelas atas yang niscaya akan sangat memanjakan Sobat Traveller semuanya.

Wahana terakhir yang wajib dan dihentikan dilupakan yakni Paris tour. Dimana konsepnya hampir sama dengan merapi tour. Sobat Traveller semua akan diajak berkeliling ke beberapa objek wisata di sekitar parangtritis. Ada bermacam-macam paket yang bisa dipilih di sini, dengan harga yang berbeda-beda sesuai dengan jarak dan jumlah wisata yang akan dituju.

Atau, Sobat Traveller juga bisa mencicipi bagaimana rasanya bermain layangan di pantai. Banyak tersedia para penjual layangan dengan banyak sekali macam bentuk dan juga warna yang membuat belum dewasa terpincut untuk membelinya.

Pantai Parangtritis yakni sebuah legenda bagi pariwisata di Yogyakarta yang tidak akan pernah luntur oleh waktu. Jangan lupa untuk berkunjung ke tempat ini bila berada di Yogyakarta. Rasakan perbedaan Parangtritis zaman Now dengan Parangtritis Zaman old.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here