Pantai Tebing, Hadiah Indah Dari Rinjani Tua Kepada Lombok

0
10
Pantai Tebing 2
Pantai Tebing 2

Pantai Tebing, Hadiah Indah Dari Rinjani Tua Kepada Lombok

Pantai Tebing ini unik, mengusung keindahan dengan cita rasa unik tersendiri. Tebing sekitar 20-25 meter tingginya tampak kokoh membentengi pesisir pantai yang berpasir hitam.

Tidak diketahui tentang asal mula namanya, mungkin tebing inilah yang melatarbelakangi penamaan pantai di perairan sekitar Selat Lombok ini.

Komposisi alam yang memadukan tebing nan gagah, hamparan pasir hitam serta maritim yang membiru benar-benar elok di pandang mata. Meski suasana siang hari cenderung panas, pengunjung pantai mengabaikan hal itu.

Pengunjung lebih disibukkan oleh kegiatan mereka. Mendekati perairan pantai, atau yang paling populer, ber selfie dengan latar belakang tebing. Tebing di sini sangat istimewa dengan dinding bertekstur lekukan.

Terlihat higienis dan indah. Oleh alasannya yaitu itu, banyak wisatawan yang tiba ke sini selalu menyempatkan waktu berselfie kemudian membaginya di sosial media. Bagi penggemar fotografi, lanskap pantai ini sangat eksotis untuk diabadikan.

Terbentuknya Tebing Pantai Tebing
Tebing pasir di pantai Tebing itu yaitu sisa letusan dahsyat Gunung Rinjani Tua atau Samalas tahun 1257. Letusan Samalas diketahui sebagai letusan gunung terbesar pada periode 7.000 tahun terakhir. Muntahan material gunung lebih dari 40 kilometer kubik.

Bandingkan dengan letusan Gunung Tambora di Pulau Sumbawa tahun 1815 melontarkan 33 kilometer kubik material dan Krakatau pada 1883 sebanyak 12,3 kilometer kubik. Menurut pengamat gunung api dari Museum Geologi Bandung, tebing pasir itu yaitu singkapan endapan piroklastik letusan Gunung Samalas.

Tebing dengan ketebalan 50 meter, berwarna abu-abu cerah, dan membentuk struktur pelapisan dengan komponen, antara lain, kerikil apung. Singkapan itu terbentuk dari endapan awan panas, ajaran piroklastik yang masuk ke laut.

Awan panas yang bertemu dengan dinginnya air maritim menjadikan letusan sekunder, kemudian terlontar ke daratan dan endapan material membentuk bukit kerikil di Pantai Tebing itu.

Lokasi Pantai Tebing
Pantai Tebing yang indah ini berlokasi di Dusun Luk, Desa Sambi Bangkol, Kecamatan Gangga, Lombok Utara, Nusa Tenggara Barat.

Rute Menuju Pantai Tebing
Pantai Tebing berjarak sekitar 50 kilometer di sebelah utara Kota Mataram. Perjalanan mampu ditempuh dengan mobil, sepeda motor, atau angkutan umum.

Tarif angkutan umum dari Terminal Mandalika di Mataram ke pantai itu sekitar Rp 25.000 per orang. Perjalanan biasanya melalui daerah Hutan Pusuk. Di hutan ini ada kawanan kera berkumpul di pinggir jalan, menunggu pengguna jalan memberi makanan.

Jika setengah perjalanan mau menikmati panorama alam pantai, pengunjung mampu menelusuri jalan daerah obyek wisata Senggigi, Lombok Barat, sekalian melempar pandangan ke Gili Trawangan, Meno, dan Air yang tampak dari kejauhan.

Pantai Tebing berada di jalan utama yang menghubungkan Desa Bayan dan Mataram. Dari jalan raya itu ada jalan tanah sepanjang 200 meter sebagai pintu masuk, cukup untuk dua kendaraan beroda empat berpapasan. Sebelum tiba di pantai, para pengujung disediakan tempat parkir kendaraan beroda empat dan sepeda motor.

Jam Buka Pantai Tebing
Tidak ada ketentuan niscaya mengenai jam buka pantai tebing. Karena itu secara teknis pantai ini buka 24 jam, untuk dikunjungi.

Tiket Pantai Tebing
Sampai ketika ini, pengunjung yang ingin menikmati keindahan panorama pantai tebing, tidak dikenakan biaya masuk. Gratis.

Pengunjung hanya dikenakan biaya parkir.

Fasilitas Pantai Tebing
Mengenai kemudahan penunjang kegiatan wisata di pantai tebing, ketika ini sudah banyak tempat makan di sekitar pantai. Rumah makan terdekat berjarak sekitar 1,5 km dari pantai. Demikian pula untuk penginapan, ada sejenis resort tidak terlalu jauh dari lokasi pantai.

Di lokasi pantai tebing sendiri belum ada kemudahan penunjang. Sejauh ini hanya ada lahan sebagai tempat parkir kendaraan beroda empat dan sepeda motor.

Aktivitas Menarik di Pantai Tebing
Pantai tebing Lombok mempunyai beberapa keunikan yang menjadi daya tarik khas, yang membedakan pantai ini dengan pantai lain. Untuk pengunjung yang menetapkan mengunjungi pantai tersedia beberapa alternatif aktivitas. Berikut ini beberapa kegiatan menarik yang mampu dilakukan di pantai anggun ini sebagai jadwal liburan.

BACA JUGA:  Tempat Wisata Grojogan Sewu

Menjelajahi Pantai
Hal pertama dan utama yang harus dilakukan pengunjung ketika mengunjungi pantai Tebing yaitu menjelajahi lokasi. Pengunjung mampu menikmati berjalan kaki di sepanjang pantai. Pengunjung mampu menikmati pemandangan pasir warna hitam eksotis dan mempunyai tekstur yang lembut.

Bahkan pengunjung mampu berjalan di atas pasir itu tanpa sandal, ataupun sepatu. Selanjutnya, jangan lupa untuk mendekati tebing yang terletak di dekat pantai. Kebanyakan pengunjung mengambil beberapa gambar di depan tebing indah ini. Pengunjung sebaiknya tidak melewatkan kesempatan langka ini begitu saja.

Selfie Dan Wefie

Kegiatan wajib kedua, sesudah jelajah pantai yaitu berfoto. Baik selfie, wefie, maupun diambil oleh orang laib. Banyak wisatawan yang tiba ke sini untuk sekedar berswafoto atau berfoto bersama keluarga dan teman-teman. Di pantai tebing lombok ini Banyak spot bagus yang mampu dijadikan tempat berfoto.

Spot favorit tentu saja di depan tebing pantai yang fenomenal itu. Pengunjung mampu berfoto di antara tebing tingginya, atau dengan latar pantai yang indah. Siapkan pose terbaik dan jangan lupa jaga perilaku biar tidak merusak spot. Dan terpenting jaga pose biar tidak ekstrim dan membahayakan diri sendiri.

Memancing
Pantai Tebing Lombok juga sangat terkenal sebagai tempat memancing. Di pantai ini banyak nelayan yang beraktivitas memancing untuk memburu ikan. Bagi pengunjung pantai yang ingin memancing, harus membawa peralatan pancing sendiri. Di pantai belum ada kemudahan persewaan alat memancing.

Ada beberapa tempat bagus untuk memancing, tapi tidak banyak pengunjung yang mengenal pantai ini dengan baik. Untuk itu mampu meminta tolong kepada Penduduk setempat untuk mungkin memberi tahu wisatawan mengenai tempat-tempat mirip itu.

Bahkan jikalau memungkinkan sebaiknya ajak mereka sebagai guide. Tentu dengan bayaran yang disepakati terlebih dahulu. Penduduk lokal biasanya cukup dekat dengan semua orang.

Berenang
Air maritim di Pantai Tebing Lombok terkenal jernih dan menyimpan pemandangan maritim yang menarik. Terumbu karang dan ikan-ikan kecil di pantai, siap menyambut pengunjung yang berenang di sini.

Air maritim pantai itu juga tenang. Satu hal yang harus selalu diingat ketika berenang, jangan lupa untuk tetap menjaga kebersihan air dan lingkungan laut.

Berjemur Bersantai
Cuaca di pantai ini terbilang panas, sehingga pengunjung harus menyiapkan kacamata hitam juga menggunakan sunblock. Namun, cuaca panas ini juga cocok untuk pengunjung yang ingin berjemur. Kamu mampu berjemur sembari bersantai menikmati pemandangan maritim yang luar biasa.

Objek Wisata Dekat Pantai Tebing
Mengunjungi pantai tebing di Lombok utara, tidak usah khawatir kesulitan memilih objek kunjungan selanjutnya.

22 km di barat pantai ini ada Pantai Sire. Pantai yang berada di desa Medana, berpasir putih. Pantai ini mempunyai garis pantai yang panjang dengan deretan pepohonan yang menjadi ciri khas pantai ini. Di perairan dangkal pantai ini terlihat hamparan terumbu karang anggun yang menjadi rumah bagi ikan-ikan kecil berwarna-warni.

36 km ke arah timur, di kakai gunung rinjani terdapat Air Terjun Sendang Gile. Dengan ketinggian 31 meter gerojokan tampak megah. Suasana gerojokan ini menyegarkan oleh percikan air terjunnya. Percikan yang masbodoh seakan mengisi ulang energi. Ada mitos soal membasuh muka dengan air di Air Terjun Sendang Gile mampu bikin awet muda.

Di atas yaitu gosip seputar wisata pantai tebing Lombok Utara yang mampu nativeindonesia.com bagikan. Semoga mampu menunjukkan citra soal keindahan wisata pantai ini. Semoga gosip di atas bermanfaat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here