Pantai Suwuk, Destinasi Wisata Yang Wajib di Kebumen

0
31
51754845 2404443176253730 3072265304773929146 N
51754845 2404443176253730 3072265304773929146 N

Pantai Suwuk, Destinasi Wisata Yang Wajib di Kebumen

Obyek wisata pantai memang sanggup dengan gampang Anda temui di negara tercinta kita ini. Tapi sebagian besar orang niscaya baiklah bahwa tidak ada rasa bosan untuk terus-menerus mengunjungi pantai. Apalagi bila Anda mempunyai jiwa petualang.

Kali ini cobalah tiba ke daerah selatan Provinsi Jawa Tengah, tepatnya Kebumen. Terdapat sebuah pantai yang sangat direkomendasikan, yaitu Pantai Suwuk.

Apa sih yang membedakan Pantai Suwuk dengan lainnya? Setiap pantai mempunyai aksara tersendiri yang membuatnya mempunyai identitas baru. Lalu apa saja keunikan yang ada di sana? Jika Anda penasaran, pribadi saja yuk ikuti pembahasan selengkapnya di bawah ini.

Sejarah dan Misteri Mengenai Pantai Suwuk
Pantai memang dikenal sebagai salah satu tempat yang banyak menyimpan diam-diam dan misteri. Beberapa destinasi lain selain Pantai Suwuk pun begitu. Selalu ada kisah tersendiri yang menjadi iktikad masyarakat sekitar hingga tersebar secara turun temurun.

Sedangkan kisah dari Pantai Suwuk yaitu eksistensi Nyi Roro Kidul, sang ratu pantai selatan. Kisahnya memang belum bisa dibuktikan secara kasatmata dan ilmiah, tapi keyakinan ini sudah ada semenjak lama.

Ada lagi misteri lainnya yang menimbulkan banyak sekali kecelakaan di sekitar Pantai Suwuk hingga mencabut nyawa seseorang. Semua insiden tersebut kabarnya disebabkan oleh hal-hal yang tidak bisa dinalar insan secara logika. Tapi tetap saja bagi orang awam akan sulit untuk mempercayainya. Tentu sebagai insan biasa, kita dihentikan gampang percaya oleh sesuatu yang bersifat takhayul. Akan tetapi, hormatilah mereka yang mempercayainya.

Selain itu, tempat Pantai Suwuk pernah terkena sapuan tsunami meskipun tidak separah daerah-daerah lain yang pernah mengalaminya. Tsunami ini terjadi pada tahun 2016 lalu. Tak ada kerusakan yang berarti, namun ini menerangkan bahwa kita harus tetap berhati-hati walaupun sedang bermain di pantai.

Daya Tarik yang Ada di Pantai Suwuk
Anda tentu ingin tahu kan apa saja daya tarik yang bisa ditemukan di Pantai Suwuk? Seperti inilah pesonanya :

Jalan Alternatif Menuju Pantai Karang Bolong
Pantai lain yang juga terkenal di wilayah Kebumen yaitu Pantai Karang Bolong. Bila Anda kebetulan sedang berada di Pantai Suwuk dan ingin melanjutkan penjelajahan ke Pantai Karang Bolong, jaraknya sangatlah dekat. Anda sanggup berjalan kaki selama lima menit saja.

Tapi bila sudah terlalu lelah berjalan kaki, maka solusi lainnya yaitu dengan memakai perahu.

Tarifnya pun sangat murah meriah, hanya sekitar 10 ribu rupiah saja. Anda akan menerima suguhan pemandangan maritim yang dipadukan dengan keseruan di atas kapal. Pengalaman ini sangatlah menyenangkan.

Menjelajahi Sungai Telomoyo
Pantai Suwuk menjadi muara dari Sungai Telomoyo yang mengalir di sepanjang wilayah Kebumen. Muara yang terletak di sebelah barat pantai ini juga menjadi pemisah antara Pantai Suwuk dengan Karang Bolong.

Bila Anda berminat untuk menyusuri sungai, silahkan siapkan kocek sebesar 25 ribu rupiah saja untuk menaiki perahu.

Sepanjang perjalanan penyusuran, Anda akan melalui hutan Nipah dengan pemandangan hijau nan menyejukkan. Selain itu, Anda juga akan menemui banyak orang memancing di sekitarnya, lantaran sungai ini memang mempunyai bermacam-macam jenis ikan tawar. Orang-orang yang memancing tersebut biasanya menunggu di atas perahu.

Panorama Tiga Bukit

Pemandangan perbukitan pun bisa Anda saksikan di pantai ini.Tak hanya satu, bukit tersebut berjumlah 3 di sebelah Barat pantai.

Berbeda dengan bukit di sepanjang pantai Gunung Kidul yang berupa karang dan cenderung gersang. Deretan bukit-bukit di Pantai Suwuk ini berupa kapur tapi subur dan berwarna hijau yang bisa menyejukkan mata.

Pesawat Boeing 737
Sisi menarik lain dari obyek wisata ini yaitu dengan adanya bangunan pesawat Boeing 737. Bangunan ini bukanlah merupakan bangkai pesawat asli, melainkan sengaja dibangun untuk memaksimalkan fungsi Pantai Suwuk sebagai destinasi wisata.

BACA JUGA:  Tempat Wisata Arung Jeram Cisadane

Anda sanggup berfoto-foto di sekitar pesawat ini, terlebih lagi letaknya berada di tengah-tengah wahana air untuk anak.

Tempat Untuk Offroad Dan ATV
Daratan Pantai Suwuk ini sangatlah luas. Meskipun warna pasirnya tidak putih mirip pantai-pantai lain, namun tetap saja memukau.

Permukaan daratan pasir yang luas ini sanggup Anda manfaatkan untuk mencoba pengalaman gres berupa offroad atau ATV. Tarif penyewaannya juga masih masuk akal, yaitu sekitar 50 ribu rupiah per jamnya.

Berbagai Fasilitas Pendukung
Tempat wisata yang baik sudah seharusnya menyediakan fasilitas-fasilitas umum memadai untuk menunjang kegiatan bagi para wisatawannya. Syarat ini sudah sanggup dipenuhi di Pantai Suwuk.

Anda akan menerima beberapa kemudahan mirip Masjid, warung-warung penjual makanan, toko buah tangan dan toilet umum. Kaprikornus dikala Anda sedang kelaparan di sini, tak perlu kebingungan mencari makanan. Tinggal pilih saja mana warung yang paling diminati.

Jam Buka Pantai Suwuk
Pantai Suwuk tidak mempunyai jam buka yang signifikan. Artinya, tempat pantai sanggup diakses sepuasnya selama 24 jam. Namun, para wisawatan biasanya tiba ke pantai mulai pagi hari hingga sore hari.

Tapi tak menutup kemungkinan bila Anda ingin mencicipi suasana malam hari.Asalkan jangan kaget ya lantaran tidak ada penerangan. Ombak juga begitu besar, jadi Anda harus lebih waspada. Untuk menghindari risiko yang tidak diinginkan, sebaiknya datanglah di waktu-waktu yang masuk akal saja.

Harga Masuk ke Pantai Suwuk
Untuk bisa masuk ke Pantai Suwuk, Anda tak perlu merogoh kocek dalam-dalam. Cukup dengan mengeluarkan biaya sebesar 4500 rupiah saja sebagai tiket masuk. Setelah itu Anda sanggup melaksanakan kegiatan apapun yang diinginkan di pantai.Baik itu hanya sekedar berjalan-jalan, menikmati wahana, maupun naik perahu.

Anda juga sanggup menikmati semua kemudahan yang disediakan. Tapi ingat, jaga juga kebersihan di sekitar pantai dengan tidak membuang sampah sembarangan.

Lokasi Pantai Suwuk
Dilihat dari sisi administratif, Pantai Suwukberada di daerah Desa Suwuk, Kecamatan Puring, Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah. Kalau dari Kota Kebumen, jarak yang harus ditempuh sekitar 50 kilometer. Sedangkan dari Gombong hanya berjarak sejauh 25 kilometer saja. Kemudian bila Anda dari Kota Karanganyar, jarak tempuhnya sekitar 35 kilometer.

Agar sanggup berkunjung ke Pantai Suwuk, Anda disarankan untuk mengendarai kendaraan pribadi.Alat transportasi umum masih sangat jarang ditemui.

Mungkin Anda bisa menggunakannya hanya hingga wilayah tertentu, sedangkan menuju titik lokasi tidak ada kendaraan umum lainnya. Kalaupun ingin naik ojek, jasa ini harus dipesan dari wilayah kota. Jadi, naik kendaraan pribadi yaitu pilihan yang paling sempurna semoga tidak kebingungan.

Rute Jalan Pantai Suwuk dari Berbagai Jalur
Rute jalan yang harus dilewati menuju Pantai Suwuk tentunya berbeda-beda. Ada banyak sekali kanal yang bisa Anda jajal.

Contohnya bila Anda mulai dari Yogyakarta, maka bisa memakai jalur selatan atau Jalan Daendels ke arah Cilacap. Teruslah ikuti petunjuk jalan hingga Pantai Suwuk.

Kemudian kanal lainnya yaitu melalui Gombong. Waktu tempuh yang harus Anda lalui sekitar 45 menit. Untuk lebih mudahnya, bukalah melalui aplikasi Maps. Di situ Anda akan menerima isu yang lebih rinci dan akurat.

Seperti itulah ulasan lengkap mengenai apa saja yang ada di Pantai Suwuk Kebumen. Kebumen mempunyai potensi wisata pantai yang tak kalah menakjubkan dibandingkan dengan lainnya. Siapkan waktu luang Anda untuk tiba ke sini dengan orang-orang terkasih. Tentu petualangan akan semakin asyik kalau dilakukan secara beramai-ramai.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here