Pantai Setangi, Pantai Berpasir Putih Dengan Villa Hantunya

0
50
Pantai Setangi
Pantai Setangi

Pantai Setangi, Pantai Berpasir Putih Dengan Villa Hantunya

Pantai Setangi merupakan pantai dengan garis pantai yang cukup panjang dan berbatasan dengan air maritim yang biru jernih. Di pantai ini pengunjung akan melihat banyak pepohonan yang tumbuh rindang.

Keberadaan pepohonan pantai menciptakan suasana teduh, sehingga bisa menjadi tempat untuk berlindung ketika terik matahari mulai menusuk. Di pantai di Lombok ini, pengunjung bisa melaksanakan bermacam-macam aktivitas, mulai dari olahraga voli, bersepeda, berenang, dan berendam.

Ombaknya yang hening menciptakan pantai cukup kondusif untuk berenang di lokasi ini.

Pantai Setangi merupakan salah satu diantara sekian pantai di Lombok yang belum banyak dikunjungi wisatawan. Jadi, butuh refreshing sehabis stres menghadapi banyak persoalan, Pantai Setangi ini bisa menjadi tempat yang cocok untuk mengasingkan diri.

Lokasi Pantai Setangi
Pantai indah dilombok ini berlokasi di Jl. Raya Senggigi, Malaka, Pemenang, Kabupaten Lombok Utara, Nusa Tenggara Barat. Letaknya cukup strategis, lantaran berada di daerah wisata Sekotong yang cukup terkenal.

Pantai berjarak sekitar 24 km dari Kota Mataram, dengan waktu tempuh sekitar 46 menit. Sedangkan dari Bandara Internasional Lombok berjarak sekitar 56 km, dengan waktu tempuh sekitar 1 jam 15 menit.

Rute Menuju Pantai Setangi
Untuk menuju ke Pantai Setangi, pengunjung bisa memakai kendaraan pribadi atau memakai angkutan umum dengan tujuan ke Pemenang Tanjung Lombok Utara.

Jika memulai perjalan melalui Mataram, Ambil jalan melewati Ampenan, Pantai Senggigi yang sangat populer kemudian lewati Pantai Kerandangan. Ketika sudah melewati Pantai Kerandangan, sudah sanggup dikatakan telah memasuki wilayah Malaka. Setelah itu jalan pelan-pelan di jalur kiri, lantaran takut terlewat.

Jika mau melewati Pusuk, dengan jalan yang melalui bukit yang masih alami mirip hutan, sehabis itu kalau sudah hingga pemenang, akan menemui perempatan. Ambil jalan yang menuju kiri untuk bisa ke tujuan Pantai Setangi.

Jam Buka Pantai Setangi
Mengenai jam buka, pantai ini intinya buka 24 jam. Pantai bisa dikunjungi sepanjang hari.

Tiket Pantai Setangi
Untuk bisa menikmati keindahan pantai Setangi, pengunjung tidak dikenakan biaya masuk. Gratis.

Fasilitas Pantai Setangi
Di Pantai Setangi ini kemudahan umum belum terlalu lengkap. Tidak mirip di Pantai Senggigi. Mulai dari susukan ke lokasi, tidak ada angkutan umum yang berjalan melalui trayek ini. Selanjutnya, tidak ada juga kamar mandi standar wisata bagi para pengunjung.

Namun demikian, sudah terdapat warung-warung sederhana penjual camilan atau minuman kemasan di sekitar pantai. Makara tidak perlu khawatir kehausan atau kelaparan.

Aktivitas Menarik di Pantai Setangi
Surfing

Surfing merupakan sebuah olahraga yang biasanya berlangsung di atas ombak yang tinggi. Olahraga ini dilakukan dengan memakai sebilah papan. Adrenalin akan terpacu lantaran tertekan untuk mengarahkan papan selancar sekaligus menjaga keseimbangan. Mirip rodeo, tetapi pada Olahraga ini peselancar menunggangi ombak liar.

Namun walau pantai Setangi mempunyai ombak yang tidak terlalu besar, tetap bisa dipakai untuk surfing. Pantai Setangi merupakan salah satu pantai yang mempunyai spot surfing tidak jauh dari daerah Senggigi dan Bukit Malimbu. Kebanyakan surfer di pantai ini merupakan anak muda dari desa sekitar pantai.

Pantai Setangi belum banyak yang tahu tidak mirip pantai-pantai lain di Lombok yang sudah dikenal banyak orang. Pantai ini masih dibilang sepi. Garis pantai yang panjang tentu menciptakan pantai ini sangat indah. Apalagi ombak yang cocok untuk para surfer pemula. Pantai ini sangat cocok untuk liburan keluarga.

Olah Raga Rekreasi

Pantai Setangi mempunyai garis pantai yang panjang dan luas. Oleh alasannya yakni itu sangat cocok dipakai sebagai area untuk melaksanakan banyak sekali macam aktifitas. Diantaranya yakni aktifitas olahraga pantai mirip sepak bola, bola voli, atau bersepeda.

Aktifitas ini akan semakin berkesan dikala dilakukan gotong royong dengan keluarga, sobat dan masyarakat sekitar.

BACA JUGA:  Tempat Wisata di Pontianak yang Wajib Dikunjungi

Olah raga di atas pasir pantai memang lebih bagus daripada olahraga di atas tanah padat. Khususnya kalau dilihat dari jumlah kalori terbakar dalam rentan waktu yang sama. Secara teknis, permukaan pasir yang lembut akan meredam kekuatan otot sehingga imbas tidak sebanding dengan pembakaran kalori.

Alhasil untuk menghasilkan tenaga yang cukup untuk berlari, badan harus memperabukan lebih banyak kalori dari biasanya.

Berenang Dan Berendam

Berenang di air maritim dikala pergi ke pantai lebih dari sekedar untuk bersenang-senang dikala liburan. Sejumlah penelitian mengungkapkan banyak sekali manfaat air maritim untuk kesehatan. Hal ini lantaran air maritim kaya akan mineral, sepert natrium, klorida, sulfat, magnesium, dan kalsium.

Ombak yang cukup hening di pantai Setangi, menciptakan pantai dengan garis pantai yang amat panjang dan luas ini, menjadi tempat yang sempurna untuk berenang dan berendam. Nuansa biru kehijauan air maritim nan jernih dan segar tidak akan bisa ditolak oleh siapapun yang melihat pantai ini.

Ditambah semilir angin maritim yang sejuk dan tenang, berpadu dalam sebuah perpaduan yang sangat cantik. Berenang dan berendam serta menikmati suasana Pantai Setangi memang jadi alternatif aktifitas yang sangat sempurna untuk lepaskan penat.

Walau belum ada kemudahan penunjang mirip persewaan pelampung dan kano, berenang di pantai Setangi tetap Mengasikkan.

Villa Hantu

Selain mengunjungi pantai, tempat wisata di Lombok Pantai setangi ini juga kerap dijadikan lokasi uji nyali. Ada sebuah konstruksi bangunan hotel yang terbengkalai yang disebut warga setempat sebagai villa hantu.

Tulisan ‘Villa Hantu’ di atas pintu masuk sengaja dipasang untuk menciptakan pengunjung yang tiba penasaran. Vila ini merupakan bangunan setengah jadi. Bangunan tampak tidak terawat, dengan beberapa coretan mural di setiap sudut dinding vila.

Tidak menakutkan mirip namanya, Vila Hantu ternyata menyuguhkan pemandangan yang indah. Vila Hantu berdiri di atas tebing menghadap ke laut. Dari atas vila, keelokan Pantai Setangi terlihat terperinci dengan hamparan pasir putih.

Pada sore hari lokasi ini menjadi tempat favorit pengunjung untuk menikmati matahari terbenam, dengan panorama Gunung Agung, Bali. Beberapa penggalan ruangan vila yang kerap dikunjungi yakni tepi kolam renang kosong yang berada di lantai bawah, serta di penggalan atap vila. Dari atas sini, pemandangan tampak lebih indah.

Bangunan yang mulai dibangun tahun 2004 ini dulunya disebut sebagai Rumah Tua oleh para turis abnormal yang datang. Baru sehabis namanya diganti menjadi Vila Hantu oleh para cowok di daerah ini, semakin banyak wisatawan yang ingin tau dan ingin singgah di vila ini. Beberapa wisatawan bahkan tiba ingin membeli vila ini.

Objek Wisata Dekat Pantai Setangi
Mengenai objek wisata pantai, memang tidak ada matinya kalau bicara di lingkungan sekitar lombok. Pantai terdekat dari Setangi ada pantai Senggigi yang legendaris. Terletak di jalur jalan yang sama, Senggigi berada 4,5 km di selatan. Pantai Senggigi memang tidak sebesar Pantai Kuta di Bali, tetapi seketika kita berada di sini akan merasa mirip berada di Pantai Kuta, Bali.

Sementara 4 km ke arah utara terdapat pantai bagus lain, yakni pantai Nipah. Hamparan pasir putih dan air maritim yang biru menjadi pemandangan yang akan Anda nikmati ketika berkunjung ke Pantai Nipah. Keindahan Pantai Nipah juga bisa dilihat dari atas. Lekukan garis pantainya yang bagus sangat cocok untuk penggemar fotografi.

Demikian ulasan singkat mengenai Pantai Setangi yang sanggup kami susun. Sangat menarik bukan?. Buat kalian yang masih resah mencari tempat wisata di dikala liburan mendatang, coba alternatif menarik dengan mengunjungi Pantai Setangi di Lombok. Nikmati indahnya hamparan pasir dan birunya maritim Pantai Setangi.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here