Pantai Menganti, Pantai Indah dengan Hamparan Pasir Putih di Kebumen

0
28
Jalan Setapak Di Pantai Menganti
Jalan Setapak Di Pantai Menganti

Pantai Menganti, Pantai Indah dengan Hamparan Pasir Putih di Kebumen

Bila sedang berkunjung ke kawasan Kebumen dan mencari tempat wisata yang asyik, cobalah untuk tiba ke Pantai Menganti. Daerah Kebumen memang kurang populer akan potensi tempat wisatanya, akan tetapi pantai ini sangat direkomendasikan untuk dikunjungi.

Pemandangan yang ditawarkan sangat mempesona sehingga menciptakan Anda merasa takjub dengan hamparan bahari dan bukit yang menghijau. Tempat ini sangat cocok dijadikan sebagai tempat wisata untuk menghabiskan waktu bersama keluarga.

Lokasi Pantai Menganti
Pantai ini terletak di kawasan Karangduwur, Kecamatan Ayah yang masih termasuk wilayah Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah.

Letaknya kira-kira 42 kilometer kalau ditempuh dari Kota Kebumen. Sedangkan dari Kecamatan Gombong jaraknya sekitar 35 kilometer.

Rute Jalan Ke Pantai Menganti
Di sepanjang jalan yang dilewati menuju Pantai Menganti, Anda akan disuguhi pemandangan yang indah alasannya yaitu terdapat banyak perbukitan. Selain itu, hawa sejuk kawasan Kebumen akan memanjakan jiwa raga Anda yang haus akan kenyamanan dan ketenangan.

Bila Anda dari arah sentra Kota Kebumen, jaraknya sekitar 40 kilometer. Ambillah arah selatan dengan usang perjalanan kurang lebih 60 menit. Rute yang dilewati yaitu Kebumen-Petanahan-Puring-Karangbolong-Menganti.

Selain itu Anda juga mampu melewati rute Kebumen-Gombong kemudian ambil jalan ke arah Jatijajar. Waktu tempuhnya kurang lebih juga 60 menit.

Jika Anda dari arah Purwokerto, ambillah jalur menuju Pantai Ayah atau Pantai Logending. Saat menuju ke jalur tersebut, Anda akan menemukan persimpangan arah ke kanan dan ke kiri. Ambillah persimpangan dengan arah ke kiri untuk hingga ke Pantai Menganti.

Jika Anda mengambil arah ke kanan, Anda akan hingga ke Pantai Ayah. Setelah mengikuti arah jalan ke kiri tadi, Anda akan menemui jalan menanjak. Untuk hingga ke Pantai Menganti Anda membutuhkan waktu sekitar 20 hingga 30 menit lamanya.

Harga Tiket Masuk Pantai Menganti
Bertamasya di pantai ini biayanya tidaklah mahal. Anda hanya membutuhkan uang 10 ribu rupiah per orang untuk membeli tiketnya. Di sana, Anda akan disuguhi dengan pemandangan yang sangat indah beserta banyak sekali macam objek yang mengasyikkan.

Harga 10 ribu rupiah yang dibayarkan tadi sudah termasuk dengan tarif parkirnya. Kaprikornus Anda tidak usah membayar lagi untuk parkir.

Pelayanan yang menyenangkan juga akan Anda dapatkan di pantai ini alasannya yaitu bagi pengunjung yang mengendarai kendaraan beroda empat akan diarahkan ke tempat parkir induk yang lebih luas. Setelah itu, ada kendaraan beroda empat shuttle yang siap membawa Anda berkeliling dan mengarahkan Anda ke banyak sekali objek wisata.

Yang lebih menyenangkannya lagi, tidak ada biaya untuk pelayanan ini alasannya yaitu pengelola wisata menyediakannya secara gratis.

Jam buka
Pantai Menganti dibuka selama 24 jam non stop sehingga Anda mampu dengan bebas mengunjunginya kapan saja.

Waktu terbaik untuk mengunjungi pantai ini yaitu di ketika sunset dan sunrise. Semua pantai memang selalu lebih indah di kedua ketika ini ya? Semburat sinar matahari ketika terbit atau karam memang menunjukkan aura yang berbeda.

Daya Tarik Pantai Menganti
Pantai ini tergolong objek wisata yang masih gres alasannya yaitu resmi dibuka untuk umum sekitar tahun 2011. Letaknya berada di sepanjang pantai selatan yang mempunyai ombak cukup anggun sehingga sangat cocok dipakai sebagai tempat surfing.

Selain itu, ada hal lain yang menjadi daya tarik Pantai Menganti yaitu hamparan pasir putih yang berpadu dengan birunya air laut. Semua itu berpadu indah dengan tebing yang tinggi dan bukit yang menghijau sehingga begitu memanjakan mata.

Anda juga mampu menemui tebing raksasa di bab barat Pantai Menganti. Orang biasa menyebutnya dengan nama Tebing Bidadari. Di sana, mata Anda akan semakin dimanjakan oleh indahnya pahatan alam berupa 4 curug yang berketinggian lebih dari 30 meter.

BACA JUGA:  9 Tempat Wisata di Sumedang Terbaru Paling Menarik

Anda pun mampu melihat keindahan pemandangan pantai dari ketinggian melalui puncak mercusuar. Tinggi mercusuar ini kurang lebih 20 meter. Tempat ini yaitu spot yang paling pas untuk menikmati sunset ataupun sunrise yang sempurna. Suasana akan bertambah syahdu dan indah dengan burung yang beterbangan.

Bila Anda mau mengunjungi spot lain, di pantai Menganti juga terdapat objek lainnya mirip berikut ini:

Jembatan Merah

Anda mampu mengunjungi tempat ini dengan berjalan kaki alasannya yaitu jaraknya yang cukup erat yaitu 300 meter saja dari area pantai. Jika tidak ingin lelah berjalan, Anda mampu menaiki shuttle tanpa dipungut biaya.

Jembatan ini yaitu spot foto yang instagramable dan dilarang dilewatkan ketika Anda berkunjung di Pantai Menganti.

Lembah Menguneng

Salah satu spot fotogenic dengan pemandangan yang lepas. Di lembah Menguneng anda mampu menikmati suasana seputar pantai dengan lebih luas.

Balon Udara
Untuk Anda yang belum pernah naik balon udara, ada kesempatan yang dilarang dilewatkan di sini. Di kawasan pantai ini ada balon udara yang mampu Anda tumpangi untuk menerima pengalaman terbang memakai balon udara.

Tarif yang dipatok tidaklah mahal alasannya yaitu Anda cukup membayar 15 ribu rupiah saja.

Sepeda Gantung
Bagi Anda yang gemar melaksanakan acara yang antimainstream dan mengabadikannya dalam foto, cobalah wahana sepeda terbang. Wahana ini cukup menguji adrenalin sekaligus menunjukkan pengalaman melihat pemandangan yang indah.

Untuk menerima pengalaman ini Anda cukup membayar 15 ribu rupiah saja.

Bukit Sigatel
Untuk Anda yang mempunyai hobi mendaki, jangan lewatkan pengalaman mendaki Bukit Sigatel. Anda tidak akan dipungut biaya kalau ke sini.

Jika mengunjungi tempat ini, sebaiknya pakailah pakaian yang nyaman untuk mendaki sehingga tidak merasa gerah. Dengan begitu, pendakian mampu berjalan lancar tanpa merasa lelah yang berlebihan.

Tanjung Karang Bata
Objek wisata ini berupa Gunung Api Purba yang menyuguhkan pemandangan menakjubkan dan menarik. Selain itu, Anda juga mampu mencicipi sejuknya angin yang berhembus. Hal ini akan membawa ketenangan dan kesegaran.

Mitos Pantai Menganti
Pantai ini menyimpan cerita tragis sebuah percintaan. Jaman dahulu ada seorang panglima kerajaan yang menjalin cinta dengan seorang gadis. Sayangnya, kekerabatan ini tidak menerima restu dari orang bau tanah sang panglima.

Pada suatu saat, keduanya setuju untuk bertemu di Samudra Selatan Jawa. Sayangnya, sang gadis pujaan hati tidak kunjung datang. Sang Panglima terus menanti kedatangan sang gadis hingga waktu yang lama. Dia selalu berharap biar kekasihnya tiba menemuinya.

Dari sinilah nama Pantai Menganti berasal. Nama itu berawal dari kata menanti atau menunggu. Selain hal tersebut ada lagi mitos yang beredar di masyarakat dan banyak yang mempercayainya.

Mitosnya yaitu para pengunjung tidak diperkenankan mengenakan baju berwarna hijau gadung. Mitos ini erat kaitannya dengan kepercayaan masyarakat wacana Nyi Roro Kidul yang melegenda.

Sebenarnya kepercayaan ini tidak hanya muncul di sini namun juga di sepanjang pantai selatan pulau Jawa. Masyarakat telah menganggapnya sebagai penguasa bahari selatan.

Nah, tunggu apalagi? Segeralah ajak keluarga Anda untuk berlibur dan menikmati banyak sekali spot wisata menarik di Pantai Menganti. Berwisata di alam bebas mampu menyegarkan pikiran dari rutinitas kerja dan hiruk pikuk kota yang menjenuhkan.

Nikmatilah sejenak hijaunya hamparan bukit di Kebumen yang berpadu dengan udara segar serta pemandangan alam yang indah. Akan tetapi, jangan lupa untuk selalu menjaga kebersihan lingkungan biar alam kita tetap asri dan indah tanpa sampah.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here