Pantai Krakal, Wajib Anda Kunjungi Jika Liburan ke Gunung Kidul

0
32
Pantai Krakal Landscape
Pantai Krakal Landscape

Pantai Krakal, Wajib Anda Kunjungi Jika Liburan ke Gunung Kidul

Jika Anda kebetulan sedang merencanakan wisata ke Gunung Kidul, jangan lupa kunjungi pantai-pantai yang ada di sana. Salah satunya yakni Pantai Krakal. Berbagai acara menarik mampu dilakukan, jadi sangat cocok untuk Anda yang suka mencoba hal baru.

Pantai Krakal sendiri sudah cukup terkenal mirip Baron, Sundak maupun pantai Kukup. Lokasinya pun masih berdekatan dengan pantai-pantai tersebut, sehingga Anda mampu mampir ke pantai lain sehabis berkunjung ke Krakal. Pesonanya juga tak kalah mengagumkan.

Ingin tahu lebih lanjut ihwal Pantai Krakal? Kalau begitu, baca hingga habis ulasannya di bawah ini ya.

Sejarah Terbentuknya Pantai Krakal
Terbentuknya Pantai Krakal yang kini ini dikenal sebagai obyek wisata mempesona ternyata tak lepas dari sejarah masa lalu. Perlu Anda ketahui, menurut dongeng yang beredar, dulunya Pantai Krakal ada di bawah permukaan air laut. Kemudian alam mengalami perubahan dari masa ke masa.

Bumi yang terus bergerak kemudian mengalami kejadian epirogenesa negatif, yang mana pergerakan tersebut menjadikan naiknya lapisan bumi. Semula Pantai Krakal yang tersembunyi di bawah lautan pada jadinya muncul ke permukaan. Inilah yang mendasari adanya Pantai Krakal hingga sekarang.

Tak hingga di situ, proses alam yang penuh dengan misteri dan diam-diam menciptakan Pantai Krakal menjadi ekosistem bagi beberapa biota laut. Apalagi dengan adanya dua buah bukit karang besar di sisi barat pantai yang menjadikannya sebagai ciri khas Pantai Krakal. Bukit tersebut juga menjadi pemisah dengan pantai di sebelahnya, yaitu Pantai Sarangan.

Daya Tarik Pantai Krakal
Sebuah pantai niscaya mempunyai daya tariknya sendiri-sendiri. Begitu pula dengan Pantai Krakal. Apa sajakah itu?

1. Naik Ke Bukit Karang
Kurang lengkap rasanya bila berwisata ke Pantai Krakal tapi belum menaiki bukit karang besar yang menjadi ikonnya. Jangan sia-siakan kesempatan yang belum tentu tiba dua kali. Apalagi kalau Anda berasal dari luar Provinsi Yogyakarta, tentu tidak mampu berkunjung sewaktu-waktu kan? Maka dari itu, naiklah ke atas bukit untuk melihat sisi lain Pantai Krakal.

Anda tak perlu khawatir ihwal kanal menuju bukit, sebab sudah disediakan rute dengan struktur tangga yang nyaman. Setelah hingga di atas, Anda akan disuguhi panorama luar biasa baik dari seisi bukit maupun lautan birunya. Jangan bayangkan bukit karang gersang tanpa tumbuhan apapun. Justru Anda akan dibentuk takjub dengan kesuburan bukit. Terdapat banyak sekali tumbuhan dan bunga yang menghiasi sehingga semakin mempercantik suasana perbukitan.

Anda mampu melaksanakan banyak sekali acara di atas bukit, mulai dari hunting foto atau mengabadikan momen dari banyak sekali sudut. Lalu menyaksikan sunset di ufuk barat yang menyihir mata.

2. Selancar
Siapa sangka di Pantai Krakal mampu mencicipi sensasi berselancar melawan ombak? Tempat ini menjadi surganya peselancar yang ingin menaklukkan gelombang pantai selatan. Gulungan ombak yang cukup besar memang menjadi peluang emas bagi Anda yang ingin mencoba pengalaman surfing. Ajaklah sahabat maupun saudara yang sudah hebat dalam bidang ini untuk mengajari Anda.

Tapi perlu diketahui bahwa kegiatan ini tidak mampu dilakukan sewaktu-waktu. Ada saatnya gelombang terlalu tinggi dan justru berbahaya bila Anda tetap nekad berselancar. Bulan-bulan yang sempurna untuk melaksanakan kegiatan ini yakni sekitar Maret dan September. Pada bulan-bulan tersebut ombak akan bergerak cukup besar, namun lebih tenang. Bagaimanapun juga, tetap waspada dan berhati-hati terhadap segala risiko yang mampu ditimbulkan.

3. Mencari Ikan Hias
Ada kalanya Pantai Krakal mengalami air surut, yaitu ketika ombak bergulung jauh dari bibir pantai, tidak hingga naik ke permukaan daratan. Pada ketika inilah Anda akan menjumpai karang-karang yang dihiasi rumput maritim berwarna hijau di pinggiran pantai. Biasanya ikan-ikan pun banyak yang terjebak di bebatuan karang. Nah, Anda mampu memakai kesempatan ini untuk mencari ikan hias. Dua jenis ikan yang seringkali ditangkap sebagai ikan hias yakni ikan damselfish yang berwarna kuning dengan garis kebiruan di punggung dan ikan berwarna biru terang.
Anda mampu menyewa penjaring yang disediakan oleh pengelola sekitar untuk menangkap ikan-ikan maupun biota lainnya. Tapi perhatikan langkah Anda, sebab banyak pula bulu babi di area pantai Gunung Kidul.

BACA JUGA:  Devoyage Bogor, Kampung Eropa Yang Lagi Hits!

4. Snorkeling
Nah, bila Anda lebih suka menyaksikan biota maritim secara pribadi tanpa harus menangkapnya, maka kegiatan yang direkomendasikan yakni snorkeling. Anda hanya perlu menyewa perlengkapannya mirip vest, kacamata snorkeling dan sepatu katak. Harga sewanya sekitar 50 ribu rupiah. Bawa juga kamera maupun ponsel yang sudah dilindungi dengan pengaman waterproof, biar Anda mampu menangkap momen kehidupan makhluk-makhluk di dalam laut.

5. Bersantai Di Gazebo Pinggir Pantai
Terkadang bersantai sembari mencicipi hembusan angin dan menyaksikan deburan ombak sudah cukup menenangkan. Dibandingkan dengan melaksanakan acara lain yang mampu menguras tenaga. Semua itu tergantung masing-masing individu. Santai di tepi pantai ini mampu Anda lakukan di gazebo-gazebo mini yang telah banyak disediakan. Para pengunjung mampu dengan bebas duduk maupun tiduran di tempat tersebut.

6. Makan Olahan Seafood
Ketika sudah hingga di pantai, tentu hidangan seafood yang gurih dan enak sudah pribadi terbayang. Kalau Anda sudah puas melaksanakan segala acara di sekitar Pantai Krakal, perut akan terasa keroncongan kan? Tandanya butuh asupan makanan. Banyak sekali warung makan yang tersedia di pantai ini, silahkan pilih salah satu untuk menyantap seafood dilengkapi dengan es kelapa muda yang menyegarkan.

Lokasi Pantai Krakal
Pantai Krakal berlokasi di Kelurahan Ngestirejo, Kecamatan Tanjungsari, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah spesial Yogyakarta. Jaraknya kira-kira 65 kilometer dari sentra Kota Yogyakarta dengan waktu tempuh sekitar 2 jam.

Anda mampu ke sini memakai kendaraan pribadi maupun sewa. Transportasi umum sendiri kurang direkomendasikan, sebab tidak ada yang mampu mengantarkan hingga titik lokasi pantai.

Rute ke Pantai Krakal
Rute menuju Pantai Krakal mampu diakses dari beberapa jalur, sebab titik keberangkatan masing-masing pengunjung tidaklah sama. Tapi jikalau sebelumnya Anda mengambil penginapan di Wonosari, jarak tempuhnya lebih dekat. Mungkin kurang dari satu jam sudah hingga tempat tujuan.

Arahkan saja jalan ke Mulo, kemudian tetap lurus sehabis bertemu pertigaan. Ikuti jalan menuju Pantai Baron. Sebelum memasuki wilayah pantai, Anda akan berhenti di Tempat Pembayaran Retribusi (TPR) Baron, kemudian ada pertigaan dan beloklah ke kiri. Ikuti jalan terus hingga melewati Pantai Kukup dan sebagainya hingga hingga ke Krakal.

Namun bila Anda berangkat dari Yogyakarta, ambil arah ke ringroad selatan menuju Jalan Piyungan. Lanjutkan perjalanan hingga Wonosari, kemudian ikuti isyarat mirip di atas. Berbeda lagi jikalau Anda memulainya dari Solo, maka rute yang harus dilewati yakni dari Wonogiri, Wuryantoro, kemudian ke arah Purwodadi, Tepus dan sampailah di wilayah Pantai Krakal.

Harga Tiket Masuk Pantai Krakal
TPR Gunung Kidul menciptakan sistem pembayaran tiket masuk sekali untuk beberapa tempat pantai. Jika Anda ingin berkunjung ke Pantai Krakal, biaya yang harus dibayar sebesar 10 ribu rupiah untuk tiket masuk dari Pantai Baron hingga Sundak. Murah meriah kan?

Jadi mampir ke gugusan Pantai dari Baron hingga Sundak tidak perlu membayar lagi. Hanya mengeluarkan biaya embel-embel untuk parkir saja. Biasanya motor tarifnya 2 ribu rupiah dan kendaraan beroda empat 5 ribu rupiah.

Jam Operasional Pantai Krakal
Obyek wisata Pantai yang ada di Gunung Kidul tidak mematok jam operasional secara resmi. Anda mampu berkunjung setiap ketika selama 24 jam. Namun biasanya wisatawan menentukan berkunjung dari pagi (sunrise) hingga petang (sunset).

Kecuali Anda ingin mencicipi suasana pantai non stop, maka carilah penginapan di sekitar Pantai Krakal yang sudah banyak tersedia. Jangan berpikir ihwal penginapan sekelas bintang lima, sebab yang ada hanyalah penginapan sederhana sekelas melati.

Tertarik untuk singgah atau bahkan menginap di sekitar Pantai Krakal? Kalau begitu segera cek jatah libur Anda kemudian tiba ke sini. Ajak juga keluarga, saudara, sahabat maupun pasangan. Berwisata ke pantai bersama orang-orang terkasih tak pernah mengecewakan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here