Pantai di Gunungkidul, Jogja yang Wajib Dikunjungi

0
75
Pantai Indrayanti 1024x576
Pantai Indrayanti 1024x576

Pantai di Gunungkidul, Jogja yang Wajib Dikunjungi

Bicara wacana Jogja niscaya tak lepas dengan wisata budaya, sebab Jogja mempunyai banyak bangunan renta bersejarah yang eksotis. Tetapi siapa sangka kota yang menjadi salah satu tujuan wisata favorit para turis ini juga mempunyai banyak pantai yang sayang untuk dilewatkan, terutama bagi Anda yang sudah menyiapkan hari khusus untuk berlibur di Jogja bersama keluarga atau mitra tercinta. 10 pantai di Gunungkidul, Jogja tersebut antara lain:

1. Pantai Baron

Pantai Baron terletak di kabupaten Gunungkidul. Untuk masuk ke Pantai Baron ini nanti Anda akan diminta membayar sebesar 5000 Rupiah dan biaya parkir untuk kendaraan beroda empat atau motor sebesar 1000 hingga 2500 Rupiah. Panorama yang masih alami merupakan salah satu keunggulan dari pantai ini

Para pengunjung yang tiba mampu menghabiskan waktu mereka dengan bermain dan berbasah-basahan di laut. Tidak perlu khawatir terseret ombak, sebab pihak pengelola sudah memperlihatkan pembatas untuk menandai wilayah mana saja yang masih kondusif dikunjungi. Ombak di pantai ini yang cukup menantang juga digemari oleh para peselencar.

2. Pantai Drini

Pantai Drini terletak di Desa Banjarejo, Kecamatan Tanjungsari, Gunungkidul. Yang istimewa dari Pantai Drini yakni sebuah pulau kecil di tengah-tengah pantai. eksistensi pulau kecil ini seolah menciptakan Pantai Drini terbagi menjadi dua bagian.

Di sisi timur pantai terdapat barisan tebing yang berdiri kokoh kolam benteng yang menghadang ombak dipadukan dengan keindahan pulau karang, airnya yang lebih hening memungkinkan bagi Anda untuk berenang. Sedangkan di sisi barat, Anda mampu melihat jajaran bahtera bercadik yang pulang dari berlayar mencari ikan. Ombak yang besar menciptakan perairan di barat ini terlihat lebih ganas.

BACA JUGA:  Tempat Wisata Ke Pantai Pangandaran Yuk!

3. Pantai Sadranan

Pantai Sadranan populer sebagai salah satu spot snorkeling gres yang banyak diminati di pulau Jawa. Di Pantai Sadranan terdapat daerah penyewaan yang dikenal dengan nama ‘Sadranan Snorkeling’ untuk Anda yang ingin menyewa peralatan snorkeling.

Pantai Sadranan merupakan rumah dari beberapa spesies maritim menarik mirip Ikan Lepu, Kerondong, Botana Kuning, Kepe-kepe, Areng-areng, Ikan Neon, dan masih banyak spesies lain yang menunggu kedatangan Anda. Waktu terbaik untuk melaksanakan snorkeling di pantai ini yakni pada pagi, tengah, atau sore hari menjelang matahari terbenam.

4. Pantai Ngobaran

Pantai Ngobaran merupakan pantai yang mempunyai kisah mistis yang kental. Kisah mistis tersebut menceritakan wacana Prabu Brawijaya V. Pantai ini rutin dipakai sebagai lokasi upacara budpekerti masyarakat sekitar.

Beberapa spot menarik yang mampu dinikmati di Pantai Ngobaran yakni Bukit Karang, Candi Pemujaan, dan Patung Dewa. Apabila Anda hendak mengunjungi pantai ini, ada satu daerah wisata masakan yang wajib Anda coba, yaitu “landak goreng”. Landak Goreng di Pantai Ngobaran sudah sangat tersohor sebagai masakan andalan.

5. Pantai Siung

Pantai Siung merupakan satu-satunya pantai di Jogja yang mempunyai medan untuk wisata panjat tebing. Di pantai ini Anda akan disuguhi pemandangan kerikil karang raksasa yang berdiri kokoh di sisi timur dan barat pantai.

Hingga ketika ini Pantai Siung mempunyai 250 jalur pemanjatan dengan tingkat kesulitan yang berbeda-beda. Bahkan Pantai ini menerima julukan sebagai “the best rock climbing site in Jogja”. Pantai Siung yakni pantai yang sangat sempurna untuk moncoba sensasi mendaki. Dari atas bebatuan karang yang kokoh ini Anda mampu menikmati pemandangan maritim lepas yang lain dari biasannya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here