Pantai Air Manis; Pantai Indah Dengan Legenda Malin Kundang

0
21
Pantai Air Manis Pulau
Pantai Air Manis Pulau

Pantai Air Manis; Pantai Indah Dengan Legenda Malin Kundang

Pantai Air Manis ialah salah satu tempat wisata yang sangat direkomendasikan untuk dikunjungi bila Anda berada di Kota Padang. Di sini, Anda mampu menikmati pemandangan yang indah dengan ombak yang bergulung-gulung ditemani dengan angin sepoi-sepoi.

Ketenangan dan kenyamanan tersebut yang akan menciptakan Anda betah berlama-lama menghabiskan waktu di sini sebab mampu merefresh pikiran.

Anda mampu berjalan menyusuri bibir pantai sambil bermain ombak. Pemandangan pantai yang indah sangat cocok dijadikan sebagai spot foto.

Pantai Air Manis cukup populer di kalangan masyarakat sebab dongeng legendanya wacana Malin Kundang.

Anda niscaya sudah pernah mendengar kisah ini bukan? Dengan mengunjungi Pantai Air Manis Anda mampu melihat patung kerikil dari Malin Kundang secara langsung.

Sejarah Pantai Air Manis
Sejarah Pantai Air Manis ini sangat terkenal, sehingga banyak wisatawan yang tertarik tiba ke sana untuk melihat bukti adanya Batu Malin Kundang. Sejarah dari kerikil tersebut ialah anak yang dikutuk oleh ibunya menjadi batu.

Jaman dahulu, ada seorang anak yatim yang hanya tinggal bersama ibunya. Anak pria tersebut berjulukan Malin Kundang. Ibunya ialah seorang janda yang sudah tua. Malin Kundang bekerja untuk meringankan beban ibunya dengan menjadi nelayan mirip yang dikerjakan oleh ayahnya dulu.

Karena kasihan dengan ibunya dan ingin merubah nasib, balasannya Malin Kundang bertekad untuk merantau ke kota. Dia tidak ingin hidup terus menerus dalam keadaan miskin dan ingin membahagiakan ibunya. Karena sudah merasa mantap dengan keinginannya, balasannya ia meminta izin pada ibunya untuk merantau. Dengan merasa berat hati sang ibu mengizinkannya dan merelakan anak satu-satunya pergi merantau ke kota.

Tahun demi tahun berganti, namun Malin Kundang tidak pernah kembali pulang untuk menemui ibunya. Sang ibu terus menanti kepulangan anaknya yang sangat dirindukan. Ternyata Malin Kundang bernasib mujur, ia telah menjadi saudagar sukses di perantauan dan menikah dengan putri saudagar kaya raya yang dahulu menjadi majikannya. Ayah sang gadis merestui korelasi keduanya sebab melihat ia ialah perjaka yang gigih dan pekerja keras.

Setelah menikah, sang istri ingin sekali bertemu dengan ibu Malin Kundang dan mengajaknya untuk pulang ke kampung halaman. Permintaan itu disetujuinya walaupun di dalam hati merasa berat sebab merasa aib dengan keadaan ibunya yang miskin. Malin Kundang tidak ingin istrinya tahu kalau ia berasal dari keluarga miskin dengan ibu yang sudah bau tanah renta.

Suatu saat, datanglah sebuah kapal besar tiba dan tersiar kabar bahwa Malin Kundang telah pulang. Dengan penuh harap sang ibu ingin sekali segera menemui anaknya tersebut sebab rasa rindu yang telah dirasakannya sudah tidak terbendung lagi. Ditemuilah Malin Kundang di tepi pantai dikala rombongannya telah tiba. Ibunya eksklusif menghampirinya dan memanggil Malin Kundang sebagai anaknya.

Dia tidak ingin istrinya tahu kalau perempuan renta itu ibu kandungnya. Dengan berangasan Malin Kundang menyangkal bila perempuan bau tanah itu ibunya. Sang ibu merasa sakit hati dan murka sebab tidak diakui sebagai ibunya. Kemudian, perempuan bau tanah tersebut berdoa semoga Tuhan menghukum anaknya dan mengutuknya menjadi batu.

Tiba-tiba terdengar petir dan terjadi angin ribut besar. Malin Kundang bersujud memohon maaf kepada ibunya dengan bersujud ke tanah.

Namun sudah terlambat sebab kutukan tersebut sudah terlanjur mengubahnya menjadi batu.

Lokasi Pantai Air Manis
Pantai Air Manis berlokasi di Kecamatan Padang Selatan. Tepatnya di Kota Padang Provinsi Sumatra Barat.

Anda mampu memakai peta google map di bawah untuk menuju ke pantai ini

BACA JUGA:  Pantai Semeti, Karang Kryptonite di Pulau Seribu Mesjid

Jalan Menuju Pantai Air Manis
Bila Anda akan berkunjung ke Pantai Air Manis, simaklah dulu jalan atau rute menuju kesana semoga tidak bingung.

Jarak dari Pantai Air Manis dari sentra Kota Padang kurang lebih ialah 10 km. Anda mampu berkunjung ke sana dengan memakai angkutan darat yang tersedia.

Dari arah Bandara Ketaping ke lokasi Pantai Air Manis, Anda mampu memakai angkutan umum yang mempunyai rute menuju Pantai Air Manis. Waktu yang dibutuhkan untuk mencapai pantai ini sekitar 30 menit.

Salah satu angkutan umum yang mampu dipilih ialah bus trans Padang yang mempunyai rute melewati tempat Lubuk Buaya – Pasar Raya dan melewati Jalan Raya Teluk Bayur. Sesudah hingga di persimpangan Pantai Air Manis, Anda mampu melanjutkan perjalanan dengan memakai angkot ataupun ojek.

Namun bila Anda memakai kendaraan pribadi, ikutilah petunjuk arah yang terdapat di sepanjang jalan menuju ke Pantai Air Manis.

Harga Tiket Masuk
Harga tiket masuk ke Pantai Air Manis berubah-ubah setiap waktu tergantung dengan momentnya. Biasanya dikala liburan dan weekend tarif masuknya akan lebih mahal dibandingkan hari biasa.

Untuk weekday, tarif harga tiket masuk Pantai Air Manis ialah 5 ribu rupiah. Untuk weekend dan hari libur lainnya, tarif akan berubah mengikuti keputusan pengelola tempat wisata. Kaprikornus untuk berjaga-jaga, sediakanlah uang yang lebih.

Jam Buka
Jam buka Pantai Air Manis ini ialah 24 jam.

Hal ini menawarkan Anda keleluasaan dan kebebasan untuk tiba kapan saja ke pantai.

Daya Tarik Pantai Air Manis
Daya tarik Pantai Air Manis terletak pada pasirnya yang mempunyai warna coklat keputihan di sepanjang bibir pantai yang landai.

Di sini, Anda mampu menikmati keindahan alam sambil surfing ataupun camping bersama sahabat atau keluarga.

Daya tarik lainnya ialah terdapat patung Malin Kundang yang populer di masyarakat. Prasasti ini berwujud puing kapal dan jasad Malin Kundang yang telah bermetamorfosis batu.

Di sini para wisatawan mampu melihat secara eksklusif dan terperinci kerikil Malin Kundang yang populer itu. Konon kabarnya, dikala air dari ombak menghempas kerikil tersebut, akan terdengar mirip bunyi rintihan tangis.

Tidak jauh dari posisi pantai, terdapat sebuah pulau yang cukup menarik perhatian para pengunjung. Pulau tersebut ialah Pulau Pisang Kecil.

Bila Anda berkunjung ke pulau ini, Anda akan menemui banyak monyet di dalamnya. Monyet-monyet tersebut ialah monyet liar yang tinggal di pulau tersebut. Walaupun monyet tersebut liar, mereka tidak mengganggu para wisatawan.

Selain itu, di sekitar Pantai Air Manis juga terdapat beberapa penginapan yang mampu Anda jadikan sebagai tempat beristirahat. Penginapan ini ialah milik masyarakat setempat dan tarifnya juga tidak terlalu mahal.

Selain itu, Anda juga tidak perlu khawatir dikala merasa lapar sebab ada banyak warung makan yang menyajikan bermacam-macam kuliner dan cocok untuk mengisi perut Anda yang lapar sehabis berwisata.

Fasilitas lainnya ialah tempat parkir, kamar mandi yang bersih, mushola dan payung atap pantai. Untuk Anda yang ingin membeli oleh-oleh, Anda mampu membelinya di sekitar tempat pantai sebab banyak penjaja souvenir yang berjualan kerajinan hasil laut.

Pantai Air Manis juga merupakan spot yang pas untuk menikmati sunset serta sunrise. Jangan lewatkan kesempatan ini untuk berfoto dengan background alam yang memukau.

Tunggu apalagi? Segeralah agendakan berwisata ke Pantai Air Manis dan nikmati keindahan alamnya yang menciptakan pikiran Anda fresh kembali. Ajak teman, keluarga atau orang tersayang untuk berwisata ke tempat yang sangat indah ini.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here