Museum Tsunami

0
114
Wisata Hits Museum Tsunami Aceh
Wisata Hits Museum Tsunami Aceh

Peristiwa tsunami di tahun 2004 menjadi musibah yang sangat memilukan dengan banyaknya korban yang jatuh, demikian juga dengan bangunan dan banyak sekali akomodasi umum yang porak poranda.

Dalam Museum Tsunami, terdapat beberapa ruangan yang menggambarkan betapa dahsyatnya peristiwa tsunami yang terjdai pada ketika itu. Ruangan tersebut antara lain adalah:

Lorong tsunami: Lorong ini disebut sebagai space of fear yang menggambarkan bagaimana rasa ketakutan yang dialami oleh masyarakat Aceh ketika tsunami melanda. Di lorong ini, kau mampu mendengar kembali bunyi gemuruh air dan kucuran air sebagai citra ketika tsunami datang. Cahaya lorong yang remang dan gelap menciptakan suasana pun semakin mencekam.

Ruang kenangan: Di ruangan ini terdapat kenangan terjadinya tsunami pada 26 layar monitor yang menggambarkan tanggal terjadinya tsunami, yaitu pada 26 Desember 2004. Setiap monitor akan menampilkan foto para korban tsunami dalam bentuk slide.

Sumur do’a: Dengan tinggi ruangan mencapai 30 meter, terdapat lebih dari 2000 nama para korban tsunami berbentuk slider. Ruangan ini menyimpan makna filosofi dimana kau diajak untuk mendo’akan para korban peristiwa tsunami berdasarkan agama dan keyakinannya masing-masing.

Lorong cerobong: Lorong cerobong mempunyai design yang cukup unik dengan lantai yang berkelok-kelok dan tidak rata. Filosofi yang terkandung dalam ruangan ini mewakili kondisi masyarakat ketika itu yang sedang dalam keadaan resah dan panik mencari sanak keluarga yang hilang. Ruangan yang didominasi dengan lorong gelap ini nantinya akan menuju cahaya alami yang mempunyai makna sebuah impian untuk kehidupan di masa yang akan datang.

Jembatan harapan: Di ruangan ini terdapat 54 bendera dari 54 negara yang secara suka rela turut serta membantu masyarakat Aceh berdiri kembali membangun Aceh dengan banyak sekali jenis pertolongan yang sangat berarti.

BACA JUGA:  Tempat Wisata Terfavorit di Kota Kendari

Lokasi: Jl. Iskandar Muda No 3, Sukaramai, Baiturrahman, Kota Banda Aceh.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here