Muncak Tirtayasa, Lokasi Berburu Foto Bakal Viral di Medsos

0
12
Puncak Tirtayasa
Puncak Tirtayasa

Muncak Tirtayasa, Lokasi Berburu Foto Bakal Viral di Medsos

Pesawaran Lampung memang terkenal dengan wisata pantai di teluk lampung. Diantara keramaian pantai itu muncul sebuah nama gres Muncak Tirtayasa. Destinasi terkenal yang bukan merupakan wisata berbasis pantai.

Destinasi Muncak Tirtayasa yang dahulu dikenal dengan nama Puncak Teropong Laut muncul sebagai destinasi wisata dengan konsep dataran tinggi. Sebuah destinasi yang mengandalkan keindahan panorama dengan sudut pandang luas yang sangat Instagramable.

Muncak Tirtayasa menyampaikan menikmati teluk lampung dengan cara berbeda. Jika dari pantai hanya bisa menikmati sebagian kecil keindahan teluk, maka dari puncak ini ter-cover keseluruhan teluk. Bahkan hingga ke batas cakrawala.

Selain pemandangan teluk, memandang kota bandar lampung dari ketinggian juga tidak kalah indah. Terutama di malam hari ketika lampu kota bertaburan bagai bintang di langit yang hitam. Sungguh sebuah pemandangan yang patut dikenang seumur hidup.

Lokasi Muncak Tirtayasa
Wisata instagramable Muncak Tirtayasa beralamat di Gunung Muncak, Sukajaya Lempasing, Padang Cermin, Sukajaya Lempasing, Padang Cermin, Kabupaten Pesawaran, Lampung.

Rute Menuju Muncak Tirtayasa
Untuk pengunjung yang berangkat dari arah kota Bandar Lampung , bisa pribadi ke arah Pantai Tirtayasa. Jika sudah hingga di jalan RE Martadinata, perjalan tinggal sedikit lagi. Lurus saja melewati pantai duta wisata, sebelum PPI Lempasing belok ke kanan.

Disana ada banner besar yang bertuliskan Muncak Teropong laut. Dari sini jarak puncak masih 1,5 km lagi. Lintasan pada jalur ini berupa jalan berkelok, tapi masih kondusif di lewati motor maupun mobil.

Jika dihitung dari Kota Bandar Lampung, jaraknya sekitar 17 Kilometer. Perjalanan Muncak Tirtayasa tidak begitu terasa, lantaran sepanjang jalan sudah bagus dan telah diaspal. Namun harus berhati-hati alasannya yaitu banyak jalan yang berkelok. Makara pastikan driver atau pengemudi sudah mahir dalam mengendarai mobil, atau kalau kau menggunakan motor juga berhati-hati.

Disana sudah tersedia tempat parkir baik untuk motor atau kendaraan beroda empat yang luas. Sehingga tidak perlu khawatir menemukan parkir kendaraan.

Jam Buka Muncak Tirtayasa
Lokasi wisata lampung menara pandang alami ini dibuka untuk kunjungan publik mulai jam 07.00 hingga jam 22.00.

Waktu bukan hingga larut malam itu, lantaran di lokasi ini pemandangan ketika malam hari justru lebih indah lagi.

Tiket Muncak Tirtayasa
Bagi pengunjung yang ingin berlibur di wisata Muncak Tirtayasa, hendaknya mempersiapkan biaya tiket sebesar Rp 5.000/orang.

Biaya lain yaitu untuk parkir kendaraan yakni parkir motor sebesar Rp 5.000 dan parkir kendaraan beroda empat Rp 10.000.

Tiket yang sangat murah, tak sebanding dengan keindahan alam di Muncak Tirtayasa.

Fasilitas Muncak Tirtayasa
Beberapa akomodasi yang ada di Muncak Tirtayasa yakni kantin, cafe, tempat duduk, gazebo, spot selfie dan juga pondok besar untuk melihat pemandangan.

Daya Tarik di Muncak Tirtayasa
Pemandangan Dataran Tinggi

Muncak Tirtayasa, juga biasa dikenal Muncak Teropong Laut. Mungkin lantaran dari spot ini pengunjung bisa mengamati maritim dengan sudut pandang yang luas. Suguhan pemandangan yang disajikan di Muncak Tirtayasa begitu menakjubkan. Ada pemandangan laut, pemandangan perbukitan, perkotaan dan juga pemandangan desa.

Dari muncak pengunjung bisa melihat kepadatan Kota Bandar Lampung. Bangunan yang rapat ala perkotaan menjadi pemandangan yang bisa memanjakan mata anda. Kawasan wisata ini juga menghadap pribadi ke arah laut. Sehingga lautan nampak terperinci dari sini. Beberapa perbukitan dan perkampungan di sekitarnya juga nampak terperinci dari sini.

Samar-samar lampu kota nampak berkilauan dari lokasi ini. Waktu malam hari sering diburu para anak muda jaman now untuk berfoto. Letak muncak yang lebih tinggi dibandingkan kota Bandar Lampung juga menciptakan pemandangan seolah-olah anda berada di lokasi yang sangat tinggi.

Spot Foto

Pengelola lokasi Muncak Tirtayasa memahami dengan baik kebutuhan primer pengunjung lokasi wisata zaman ini. Yakni Spot Foto. Untuk menciptakan foto indah kenang-kenangan dan juga senjata untuk eksis di Media sosial.

Selain menyaksikan panorama alam yang begitu eksotis, acara menarik yang sanggup dilakukan di Muncak Tirtayasa yaitu hunting foto. Berburu foto yang manis merupakan hal yang paling diminati di lokasi ini. Tak sedikit pula yang melaksanakan sesi prewedding di Muncak Tirtayasa.

Saat pertama kali dibangun hanya ada satu spot menarik sebagai tempat untuk mengambil gambar dan banyak wisatawan yang harus mengantri hanya untuk berfoto di lokasi tersebut. Saat ini sudah banyak dibangun spot-spot menarik yang sanggup memanjakan anda.

Spot foto yang ada merupakan perpaduan artistik antara bot foto buatan dengan latar panorama yang memang sudah sangat indah. Dengan pengambilan sudut yang tepat, pengunjung bisa mempunyai gambar yang menakjubkan. Untuk berfoto di spot-spot foto tersebut anda tidak dikenakan biaya lagi. Namun kalau ramai, pengunjung harus tabah bergantian.

BACA JUGA:  Menyaksikan Pesona Taman Belanda di Bantul Yogyakarta

Karena pemandangan yang mempesona dengan spot-spot foto kekinian yang asyik, teropong maritim Muncak Tirtayasa menjadi tempat yang sempurna untuk mengembangkan kenangan. Berbagi wefie konyol dengan sobat terdekat atau mengabadikan matahari senja di jembatan cinta bersama kekasih, niscaya jadi kenangan yang berharga.

Setiap kunjungan ke Muncak bersama orang tersayang akan menjadi momen-momen yang tak terlupakan. Apalagi foto-foto itu niscaya sangat mengesankan dengan latar pesona alam Teluk Lampung di kejauhan

Menara Pandang

Di lokasi wisata ketinggian ini, terdapat 4 spot gardu pandang dan dua diantaranya dibentuk ibarat rumah pohon. Sama dengan spot foto, pengunjung tidak dipungut biaya suplemen ketika akan menikmati semua gardu pandang yang tersedia di area tersebut.

Saat mulai menaiki menara rumah pohon itu mungkin terasa sedikit menakutkan, lantaran dahan nya sedikit bergoyang. Tapi ketika hingga di posisi duduk yang enak, dan mulai melihat panorama yang tersaji, niscaya akan menciptakan duduk usang di rumah pohon ini.

Sangat menyenangkan dan mendamaikan hati menikmati terpaan angin di wajah, sembari menatap indah kota Bandar Lampung dari atas. Walau demikian, jangan hingga lena, harus hati – hati sambil sedikit berpegangan agak erat pada dahan.

Panorama Malam

Muncak Tirtayasa tak hanya terlihat indah ketika siang hari. Ketika malam hari pun lokasi wisata ini nampak begitu manis dan mempesona. View yang disajikan begitu romantis dan bisa mempengaruhi mata pengunjung.

Lokasi wisata yang sedang hits ini nampak mirip bukit bintang ketika malam hari. Bisa disebut demikian lantaran panorama alam Muncak Tirtayasa ketika malam hari sangat indah dilengkapi dengan kerlap-kerlip lampu dari perumahan warga yang nampak mirip bintang-bintang.

Saat malam hari pengunjung bisa melihat kerlap kerlip lampu kota dan hingar bingar pelabuhan di bawah sana. Ditemani dengan nyanyian serangga, langit cerah dan kerlipan lampu, tentu akan menciptakan perasaan ikut tenang dan damai. Apalagi kalau pergi bersama orang tersayang, tentunya menciptakan suasana kencan semakin romantis

Tidak mengherankan kalau lokasi wisata ini pribadi terkenal dan menjadi salah satu yang paling diminati di tempat Lampung.

Lokasi Yang Terpelihara
Lingkungan alam Desa Muncak masih alami dan bebas polusi. Cocok sekali untuk mengistirahatkan jiwa dan raga dari bising dan polusi di perkotaan. Alam masih hijau, indah dan terawat, menciptakan liburan ke sini semakin menyehatkan dan menyenangkan. Di sekitar zona wisata juga cukup teduh dan banyak dihuni pohon-pohon rindang.

Pengelola Teropong Laut sangat memperhatikan kebersihan zona wisata. Rumah-rumah pohon di cat natural dan apik. Jalan-jalan dan area pesanggrahan juga tidak ada sampah berserakan. Hal ini juga harus diingat oleh para pengunjung semoga tidak membuang sampah sembarangan, apalagi mencoret-coret zona wisata Muncak Tirtayasa.

Tak hanya problem kebersihan, pengelola juga berupaya menjaga keselamatan pengunjung. Rumah-rumah pohon di berdiri dengan besar lengan berkuasa dan diberi pagar pengaman. Tertulis juga batas maksimum pengunjung yang bisa naik di satu rumah pohon.

Tentu saja, apabila sedang ramai, maka harus rela bergantian dan mengantri untuk berfoto ria. Pengelola sudah menghimbau semoga setiap sesi berdurasi 10 menit, yang semoga saja selalu dijalankan dengan kesadaran diri oleh pengunjung.

Objek Wisata Dekat Muncak Tirtayasa
Setelah puas berburu foto dan memandangi pantai teluk lampung dari kejauhan, pengunjung sanggup melanjutkan kunjungan pribadi ke salah satu pantai di teluk di kejauhan itu. Ini tentu akan menyampaikan pengalaman yang lengkap, antara menikmati dari kejauhan dipadukan dengan menikmati dari dekat.

Pilihan pertama dan terdekat tentu saja Pantai Tirtayasa. Pantai yang punya nama sama ini berjarak hanya 3.4 km. Di Pantai ini sudah tersedia akomodasi menarik mirip jet sky, banana boat, bahtera layar, dan ban renang. Pemandangan yang disuguhkan yaitu pulau tangkil dan pulau kubur yang tersebar di pecahan teluk Lampung.

Pilihan lain bisa menentukan pantai Mutun. Pantai indah dengan dermaga terdekat ke tangkil ini berjarak kurang dari 8 km. Selain menjadi titik berangkat ke pulau tangkil, pantai Mutun sendiri juga lokasi yang menyenangkan untuk berwisata. Fasilitas yang tersedia salah satunya persewaan kano dan perosotan ala water park tapi di pantai.

Nah, tunggu apalagi? Segera ajak orang-orang terdekat untuk mengunjungi dan menghayati bersama keromantisan wisata alam manis Muncak Tirtayasa.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here