Mengenal Wisata Taman Lansia Bandung

0
18

Mengenal Wisata Taman Lansia Bandung

                Bandung tidak pernah ada matinya untuk selalu ditelusuri setiap sudut kotanya. Meskipun bandung merupakan salah stau besar yang ada di Indonesia, kota ini masih memiliki budaya dan nilai-nilai tradisi yang dijunjung oleh warganya. Mungkin itu merupakan daya tarik dari mayoritas masyarakat suku sunda. Berjalan-jalan di bandung, anda akan dimanjakan dengan wisata alamnya yang membentang dari utara ke selatan, juga ada disuguhkan dengan kuliner bandung yang menggugah selera dan sayang untuk dilewatkan, begitu juga dengan wisata kota, yang memiliki sederet nama yang pasti ingin rasanya anda kunjungi semua tempat wisata di bandung. Berada ditengah kota, pastinya anda sedikit merasa bosan bila harus melulu menyambangi bangunan-bangunan megah, tidak ada salahnya untuk berwisata alam yang tidak jauh dari pusat kota. Solusinya adalah Taman Kota. Pemerintah kota Bandung, setahun yang lalu telah merevitalisasi taman-taman yang semula tidak terawat menjadi alternatif wisata yang dekat dengan keramaian dan hiruk pikuk jalanan kota Bandung. Selain ingin menjadi kota percontohan taman tematik, berkat adanya taman ini, masyarakat Bandung dimudahkan dalam kebutahan akan public space. Salah satu taman yang akan diulas adalah Taman Lansia, berikut informasinya.

Sejarah Taman Lansia Bandung Baru

Kabar yang beredar di masyarakat bandung, terutama mereka yang tinggal di Cisangkuy. Taman ini telah ada sejak tahun 1955 dan dulunya bernama Taman Cisangkuy, tentunya karena alamat taman lansia berada di jalan Cisangkuy serta Cilaki, tepat sebelah gedung sate. Konon kabarnya, pergantian nama itu terjadi karena banyaknya warga lanjut usia yang sering berolahraga di jalan bebatu, akhirnya entah darimana asalnya taman ini sering disebut Taman Lansia. Meskipun namanya yang mungkin bagi sebagian orang dimengerti taman ini hanya untuk mereka yang berumur lanjut, sebenarnya taman ini adalah taman terbuka bagi siapa saja, dari golongan mana saja, serta umur berapapun. Ruang terbuka dengan pepohonan yang rimbung ini bebas dinikmati alias 24 jam nonstop, tentunya tidak di pungut biaya sepersen pun bila berkunjung disini. Untuk menuju ke Taman Lansia, wisatawan dari luar kota dimudahkan dengan patokan gedung sate. Dari terminal Cicaheum, carilah angkot hijau 05 cicaheum-ledeng lalu turun, tepat didepan gedung sate, dan berjalan sedikit menuju taman ini. Sama halnya bila anda dari staisun kiaracondong, carilah angkota hijau ruing bandung permai- dago.

Fasilitas Di Taman Lansia

Selayaknya sebuah taman, pohon yang rimbun nan hijau pastilah menjadi simbol akan keberadaan tempat ini. Selain itu, jalan setapak yang dapat digunaka untuk jogging dan jalan bebatuan dapat digunakan untuk refleksi kaki juga terdapat di Taman ini. Dereta kursi yang terbuat dari batu juga terlihat berjajar di beberapa spot area ini. Bahkan di taman ini terdapat penyewaan kuda, anda dapat berkelilling dan diawasi oleh petugas, atau bagi anda yang telah lincah menunggangi kuda, anda dapat berkeliling sendiri. Harga sewa kuda biasanya dipatok dari Rp 15.000- Rp 20.000. Pemandangan danau buatan di Taman Lansia ini juga dapat anda nikmati. Terdapat dua danau dengan jembatan penghubung, yang biasanya dijadikan area foto oleh muda-mudi Kota Bandung. Danau ini diresmika bebarengan dengan diresmikannya revitalisasi Taman Lansia pada tanggal 31 Desember 2014. Kedua danau ini memiliki ukuran yang berbeda, ada yang memiliki luas 1.397 m2 dengan kedalaman 4,5 m, yang sanggup menyimpan air sebanyak 1806 kubik dan danau satunya memiliki luas yang lebih kecil yaitu 689 m2 dengan kedalaman 3,8 meter dan memiliki kapasitas air sebanyak 753 kubik. Alasan dibangunnya danau di taman ini tidak bukan untuk mengurangi banjir dan menambah daerah resapan air. Taman ini juga dihiasi dengan patung T-Rex yang berada di depan taman, dan miniature tokoh kartun cosplay yang familiar bagi anak-anak.

BACA JUGA:  Tempat Wisata Teluk Hijau
Taman Lansia
Taman Lansia

Tidak hanya itu, keberadaan WiFi dibeberapa spot Taman Lansia ini meramaikan taman ini di sore hari dan di akhir pekan. Jaringan internet yang gratis ini biasanya digunakan oleh mahasiswa dan masyarakat sekitar untuk browsing internet. Keberadaan toilet juga terlihat bersih, kondisinya jauh lebih baik dari sebelum direnovasi. Bukan hanya toilet, dahulu sebelum di renovasi, Taman ini seperti lahan para gelandangan untuk menyambung hidup mereka, terlihat dari rumah-rumah kerdus yang menjadi atap dari tempat tinggal mereka. Ditambah sampah yang menumpuk dan tempat deretan PKL yang tidak tertata rapi.

Sedikit keluar dari Taman lansia, bagi anda yang ingin berjalan-jalan tak jauh dari tempat ini, berkunjunglah ke perpustakaan di taman lansia bandung, yang lebih tepatnya berada di Gasibu. Perpusatakaan ini dapat diakses oleh masyarakat secara umum, tentunya dengan biaya yang gratis. Seperti peraturan perpustakaan pada umumnya, pengunjung tidak diperbolehkan membawa tas, dan tidak boleh memakai sandal atau sepatu masuk kedalam perpustakaan. Bagi anda pecinta buku, disini koleksi bukunya tergolong komplit, dari buku umum, buku anak-anak, dan buku-buku ilmu pengetahuan. Perpustakaan ini ditunjang dengan komputer yang dapat diakses serta WiFi yang memiliki kecepatan memuaskan. Buku-buku di perpustakaan gasibu hanya boleh dibaca di tempat, artinya pengungjung tidak dibolehkan meminjam koleksi bukunya. Bagi anda yang tertarik, perpustakaan ini buka setiap hari, mulai dari jam 08.00 sampai 16.00.

Setelah berjalan-jalan di Taman, membaca buku di perpustakaan. Mampirlah sejenak untuk kuliner disekitar Taman Lansia. Di pinggir taman ini terdapat penjual bakso cuangky yang terkenal lezatnya oleh masyarakat bandung. Atau ingin yang lebih terkenal, berjalan sekitar 150 meter, terdapat Yogurt Cisangkuy Surapati yang sudah melegenda seantero Bandung. Kuliner yang satu ini sudah ada sejak 1976, berada di jalan Cisangkuy nomor 66, lidah anda akan dimanjakan rasa khas yogurt ini yang tidak terlalu asam, cenderung manis dan memiliki bermacam-macam pilihan rasa. Bila anda berjalan-jalan di Taman Lansia di pagi hari, Yogurt Cisangkuy juga buka di pagi hari, mulai dari jam 08.00-17.00 setiap harinya.

Misteri Taman Lansia Bandung

Layaknya tempat yang telah ada selama berpuluh-puluh tahun, taman lansia ini tidak terlepas dari cerita misteri yang ada didalamnya. Percaya atau tidak, konon katanya taman ini dijaga oleh makhluk halus berwujud angsa putih bermoncong hitam. Bagi masyarakat yang pernah melihat si penghuni ini, mereka menyebut penunggu taman lansia dengan sebutan hantu neng siti. Diceritakan jaman dahulu ia adalah korban gantung diri dan keberadaanya sering menggangu warga yang melintasi taman ini di malam hari.

Itulah sedikit ulasan mengenai Taman Lansia yang dapat anda jadikan alternatif, tempat pelepas penat dari tingginya gedung-gedung yang menjulang dan kemacetan di akhir pekan Kota Bandung. Karena berwisata tak harus mahal, dan jauh, Taman Lansia bisa jadi solusinya, selamat berwisata.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here