Ketep Pass, Pemandangan Gunung Kembar Dalam Satu Titik

0
8
Ketep Pass Sun 1024x768
Ketep Pass Sun 1024x768

Ketep Pass, Pemandangan Gunung Kembar Dalam Satu Titik

Siapa yang tidak mengenal Gunung Merapi dan Gunung Merbabu. Kedua Gunung Kembar ini menjadi sebuah simbol kemegahan wilayah Karesidenan Surakarta dan Yogyakarta. Dimana sebelum perjanjian Giyanti, kedua wilayah ini bersatu dengan nama Mataram. Sebuah Kota yang populer dengan kerajaan Mataram Islam, menjadi kerajaan tersohor di jamannya waktu itu.

Sebenarnya, salah satu cara paling sempurna menikmati kedua gunung ini dengan cara mendakinya hingga menuju titik tertinggi di puncak. Melihat keindahan negeri diatas awan, Tetapi, tidak semua orang bisa dan mempunyai cita-cita untuk mendaki.

Bagi wisatawan yang ingin menikmatinya tanpa harus lelah mendaki, wisatawan bisa berkunjung ke sebuah tempat yang sempurna untuk melihat keduanya.

Ketep Pass Selo ialah tempat yang paling pas untuk menikmati dua sosok gunung yang menjadi incaran para pendaki ini. Pemandangan alam yang begitu indah ditambah udara sejuk khas pegunungan, sudah niscaya bisa mengalihkan dunia wisatawan semua. Dan enggan untuk berkedip satu detik saja.

Daya Tarik Ketep Pass
Bisa dibilang Ketep Pass ialah wisata andalan kabupaten Magelang yang sering dikunjungi wisatawan. Sebenarnya, daerah ini sudah ramai dikunjungi semenjak dahulu. Karena, daerah pegunungan yang menyejukkan dengan jagung bakar dan secangkir kopi. Sembari bercerita dengan sobat atau keluarga Bercanda tawa dan menghabiskan waktu bersama mereka.

Hanya saja, jalanan menuju tempat ini tidak begitu ramah. Berkelok-kelok dan tekstur aspal yang bolong-bolong cukup dalam. Kondisi ini memang sangat membahayakan para pengendara. Apalagi, jalur ini merupakan jalur utama, sehingga sering terlihat truck yang berlalu-lalang.

Kawasan ini berada di Puncak Bukit Sawangan yang berada di tengah-tengah antara Gunung Merbabu dan Gunung Merapi. Jadi, dalam perjalanan menuju daerah ini wisatawan akan disuguhkan pemandangan Gunung Merbabu dan juga Gunung Merapi. Bila wisatawan ialah seorang pendaki maka, wisatawan niscaya ingin mendaki keduanya.

Datanglah pagi dikala matahari belum menampakkan dirinya. Karena, di daerah ini wisatawan akan melihat keindahan cahaya matahari pagi yang begitu menggemaskan dan benar-benar menggoda. Matahari ini muncul diantara dua gunung termegah ini. Jika, dikala ini wisatawan sedang membayangkannya niscaya wisatawan akan teringat dengan citra anak Taman Kanak-kanak bila disuruh menggambar.

Sobat Traveller akan melihat setiap detik matahari itu muncul diantara dua gunung yang terlihat bersandingan ini. Pesona yang tidak akan bisa diungkapkan dengan kata-kata dan digambarkan dengan bentuk apa pun. Hanya saja, ada syarat mutlak untuk bisa melihat keindahan ini. Syarat tersebut ialah cuaca yang harus cerah dan dilarang ada mendung sedikit pun.

Selain menghadirkan pesona matahari terbitnya. Ketep Pass juga menghadirkan segudang ilmu pengetahuan yang menarik untuk disimak yaitu, museum vulkanologi. Dimana wisatawan akan disuguhkan pengetahuan wacana gunung api terutama Gunung Merapi yang merupakan Gunung Teraktif di dunia.

Di museum ini wisatawan akan melihat miniatur gunung merapi yang terlihat sangat gagah. Ada pula semacam video yang mengambarkan bagaimana Gunung Merapi ini. Mulai dari sejarah letusan dan akhir dari letusan yang dihasilkan. Semua wacana gunung merapi ini akan dikupas tuntas.

Ada yang lihat bioskop wacana Gunung api yang seru dan sarat akan ilmu? Wisatawan bisa memanfaakan Bioskop Mini yang tersedia disini. Di Bioskop ini wisatawan akan disuguhkan sejarah lengkap Gunung merapi, mulai dari letusan, jalur pendakian dan bagaimana huruf sebetulnya Gunung ini.

BACA JUGA:  Wisata Bandung – Trans Studio Bandung

Bioskop ini bisa menampung kapasitas 78 orang dengan durasi film kurang lebih 25 menit. Wisatawan niscaya akan dibentuk tercengang dan tak akan berkedip melihat bagaimana sebetulnya Gunung Merapi ini.

Ingin melihat lebih dalam Gunung Merapi? Di daerah ini menyediakan Teropong yang bisa dipakai untuk melihat. Tetapi, untuk memakai Teropong ini wisatawan harus membayar uang sebesar 5 ribu rupiah sebagai sarana pemeliharaan supaya bisa dipakai selalu. Teropong ini ada dua, yang satu berada di Puncak Panca Arga dan yang satu lagi ada di Gardu Pandang.

Ketep Pass dikenal dengan pemandangan Gunung-Gunung yang esoktis. Di Pelataran Puncak Arga, wisatawan akan disuguhkan 5 Gunung Sekaligus yang sangat mempesona. Gunung tersebut ialah Gunung Merapi, Gunung Merbabu, Gunung Sindoro, Gunung Sumbing, dan Gunung tertinggi di Jawa, Gunung Slamet.

Apakah cukup hingga disitu saja? Tunggu dulu, masih ada beberapa perbukitan yang bisa dilihat dan dinikmati di sini. Seperti Gunung Tidar, Gunung Andong, Gunung Pring, Gunung Telomoyo, dan perbukitan menoreh yang terlihat sangat anggun dan mengesankan.

Ingin melihat lebih bersahabat Gunung kembar Merapi dan Merbabu? Wisatawan bisa bekunjung ke Gardu Pandang. Dimana Gazebo-gazebo sudah berdiri. Tempat duduk untuk menikmati keindahan Tuhan ini pun juga sudah disediakan Wisatawan hanya duduk, makan kudapan dan nikmati sajian alam yang mengesankan ini.

Setelah puas melihat jajaran pegunungan yang megah. Saatnya untuk makan di restaurant yang ada di sini. Sayangnya, restaurant ini letaknya berada di dalam. Coba saja kalau berada di luar, niscaya santap siang akan terasa sangat menyenangkan. Apalagi, cita rasa kuliner ini begitu menarik hati lidah. Tatanan yang pas dan bisa menghilangkan penat dan beban hidup yang selama ini menciptakan rasa sesak di dada.

Berada di tempat ini menciptakan semua orang akan lupa waktu. Keindahan yang disajikan mirip bisa mengalihkan dunia yang mungkn gelap dan berdebu. Berubah menjadi indah dan penuh warna. Seakan semua rasa kesal dan sesal itu hilang seketika ketika berada di tempat ini.

Rute, Lokasi, dan Harga Tiket
Kawasan yang di resmikan oleh presiden megawati pada tahun 2002 ini berada di daerah Solo – Selo – Borobudur. Dimana, dikala ini jalanan yang berkelok-kelok ini sudah dibenahi. Jalanannya sudah bagus dan beraspal bagus.

Ada 2 Jalur yang bisa di lalui, jalur pertama melaui Jl. Magelang menuju muntilan. Arahkan kendaraan menuju Blabak. Setelah hingga di pertigaan Blabak bisa belok ke kanan. Bila hingga di daerah sawangan ikuti jalan hingga menuju ke ketep.

Jalur kedua apabila wisatawan berasal dari Jalur Selo. Wisawatan bisa melalui jalur dari boyolali – Pasar Selo –dan Ketep Pass. Di Jalur ini ada beberapa titik pendakian dari Gunung Merbabu dan Gunung Merapi.

Harga Tiket masuk untuk wisata ini ialah 10 ribu rupiah. Ditambah dengan biaya area parkir motor 3000 rupiah. Bila mobil, 5000 rupiah saja. Diluar sini sudah banyak pedagang yang menjual jajanan mirip jagung bakar, mie, dan kopi.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here