Kediri Eco Park, Wisata Edukasi di Tengah Kota Kediri

0
8
Taman Bunga Matahari
Taman Bunga Matahari

Kediri Eco Park, Wisata Edukasi di Tengah Kota Kediri

Kediri Eco Park merupakan wahana wisata alam dengan konsep edukasi. Dimana pengunjung mampu berwisata sambil belajar, diantaranya proses menciptakan pupuk kompos, budidaya jamur, tumbuhan hydroponic dan aquaponic.

Sedangkan untuk wahana rekreasi, Kediri eco park cocok untuk semua kalangan usia. Diantaranya terdapat saung untuk bersantai, hammock, akomodasi outbound, permainan anak. Terdapat juga kolam pancing, kolam tangkap ikan, kolam bahtera kano, Doctor fish (terapi ikan), dan beberapa akomodasi lainnya.

Kediri Eco Park memanjakan pengunjung dengan pemandangan alam berupa hutan sengon. Pihak pengelola juga menyediakan kafetaria yang bersih dan bersih sehingga pengunjung mampu menikmati masakan berupa kuliner berat dan ringan di tengah hutan.

Selain itu juga mampu menikmati kesegaran alam, tempat bersantai di tempat tengah hutan kota. Tidak heran lokasi Kediri Eco Park kerap dikunjungi anak sekolah yang tiba berombongan dengan tujuan utama berguru dan rekreasi.

Lokasi Kediri Eco Park
Lokasi Kediri Eco Park berada di sebelah timur sentra kota Kediri, tepatnya berada di Jalan Kelapa, Kelurahan Ketami, Kecamatan Pesantren, Kota Kediri.

Lokasi ini berjarak hanya sekitar 7 km dari kota Kediri, dengan waktu tempuh sekitar 15 menit.

Rute Menuju Kediri Eco Park
Akses ke kediri Eco park, mampu ditempuh dengan kendaraa pribadi maupun umum.

Rute ke Kediri Eco Park dari alun-alun kota Kediri ke arah utara di Jl kabupaten lama, belok kanan ke Jl sultan Agung. Selanjutnya belok kanan le Jl Sam Ratulangi, belok kiri ke Jl Brigadir Jenderal Katamso terus ke Jl Letjend. Mt Haryono.

Kemudian terus ke Jl Letnan jendral Suparman belok kiri ke Jl Raya Kediri-Pare. Belok kanan sesudah toko aksesoris di sebelah kiri. Kemudian belok kiri ke Jl mauni. Dilanjutkan belok kanan ke Jl Raya tugurejo, belok kanan ke Jl Kelapa. Lokasi Kediri Eco Park ada di sebelah kanan jalan.

Jam Buka Kediri Eco Park
Kediri Eco Park buka setiap hari mulai pukul 08.00 dan tutup pukul 17.00

Tiket Kediri Eco Park
Harga tiket masuk ke taman edukasi di Kediri ini sebesar Rp 5.000.

Fasilitas Kediri Eco Park
Secara umum, akomodasi untuk pengunjung dalam lokasi Kediri Eco Park cukup bagus. Karena masih relatif gres memang masih dilakukan pengembangan lebih lanjut. Tersedia akomodasi umum mirip tempat parkir, mushola dan juga toilet.

Salah satu akomodasi yang cukup penting ialah tempat makan. Di Kediri Eco Park sudah tersedia semacam food court dengan aneka pilihan hidangan makanan. Harga hidangan terjangkau untuk ukuran daerah wisata.

Apabila sudah bermain, bersantai serta menikmati semua fasilitas, pengunjung juga mampu membeli cinderamata untuk oleh-oleh. Ada stan khusus yang menjual cinderamata untuk buah tangan dengan tampilan yang sangat unik dan anggun serta harga yang ramah di kantong.

Daya Tarik Kediri Eco Park

Sebagus apapun tempat wisata jikalau tidak dilengkapi dengan aneka macam daya tarik wisata pastilah kurang mampu memaksimalkan keseruan berwisata. Namun mengenai taman eco park ini, pengunjung tidak perlu khawatir. Kediri Eco Park sendiri mempunyai aneka macam daya tarik wisata mulai dari aneka macam jenis kolam hingga aneka macam jenis permainan.

Kediri Eco Park mempunyai aneka macam kelengkapan wahana juga yang sesuai untuk bawah umur hingga orang sampaumur sekalipun. Berbagai macam kolam juga tersedia demi mendukung kegiatan para pengunjung taman. Pengunjung akan mampu mengajarkan kepada anak cara memancing, menangkap ikan dan kegiatan fisik lainnya.

Jika ingin merasakan atmosfer liburan yang sesungguhnya, pengunjung mampu membawa bekal sendiri dan menyantapnya di sana. Kediri Eco Park sudah sediakan banyak gazebo dan tempat istirahat yang sesuai dipakai sebagai tempat makan bersama keluarga atau piknik.

Jika memang tidak sempat memasak sendiri dan membawa bekal pun, sebenarnya sudah tersedia banyak stand makanan. Banyak sekali pilihan kuliner yang mampu Anda pilih di Kediri Eco Park sehingga pastinya akan tetap nyaman tanpa repot. Harga dari semua kuliner pun dijamin terjangkau.

Berikut beberapa daya tarik yang ada di Kediri Eco Park

Gazebo
Gazebo ialah salah satu akomodasi wisata dengan ruang-ruang terbuka. Bangunan sederhana ini menjadi alternatif tempat berkumpul dan melaksanakan kegiatan kalem bersama sobat perjalanan. Kuncinya ialah suasana alami, keakraban, kenyamanan dan keindahan.

BACA JUGA:  Tempat Wisata Taman Suropati

Gazebo di taman ini dibentuk dan ditempatkan di beberapa tempat strategis, mirip area taman bunga dan di tepi kolam. Gazebo taman Kediri eco park dibentuk secara artistik dan terbuka namun tetap dengan konstruksi sederhana, tidak masif atau tidak terlalu berlebihan.

Dengan bersantai di Gazebo, Pengunjung yang sedang berada di dalamnya mampu menikmati pemandangan taman dengan lebih bebas. Juga mampu menikmati udara yang bertiup tanpa terhalang epilog pada tiap sisi.

Ada banyak gazebo yang berjejer di are. Pengunjung mampu bersantai atau berbincang-bincang hangat di gazeb. Dapat juga dijadikan tempat membuka bekal kuliner yang sudah dibawa, sambil menikmati udara sejuk bawah pohon.

Hammock

Bagi yang sering mendaki gunung atau beraktifitas di luar lapangan niscaya tahu apa itu Hammock dan Hammocking. Dalam bahasa Indonesia, hammock diterjemahkan sebagai Buaian.

Hammock ialah sebutan untuk ayunan yang terbuat dari kain, memakai materi kain pilihan. Sehingga cukup berpengaruh untuk menahan beban orang yang duduk atau tiduran di atasnya. Ayunan Hammock dibentuk dengan aneka macam macam jenis ukuran dan bentuk serta model.

Kediri Eco Park juga menyediakan hammock, meski tidak sebanyak di Bukit Dhoho Indah Kediri. Pengunjung mampu bersantai sambil bergelantungan di bawah pohon yang rindang dan menikmati udara sejuk.

Hammock yang ada di taman Kediri Eco Park lebih ditujukan sebagai latar foto dan hiasan dari pada sebagai sempurna tidur. Karena kalau tiduran tentu tidak nyaman, alasannya faktor ramae dan mengganggu giliran pengunjung lain.

Outbond

Outbound ialah suatu bentuk dari pembelajaran segala ilmu terapan yang disimulasikan dan dilakukan di alam terbuka atau tertutup dengan bentuk permainan yang efektif, yang menggabungkan antara intelegensia, fisik dan mental.

Dalam bahasa Indonesia, outbound disebut Mancakrida. Dalam kegiatan ini terdapat bentuk pembelajaran sikap kepemimpinan dan manajemen. Kegiatan outbound pribadi diterapkan pada elemen-elemen yang fundamental yang bersifat sehari-hari, mirip saling percaya, saling memperhatikan serta sikap proaktif dan komunikatif. Dimensi alam sebagai objek permainan mampu menjadi laboratorium sesungguhnya dan tempat bermain yang mengasikan dengan aneka macam metode.

Karena tempatnya di alam bebas dan asri, tentu Kediri eco park layak dijadikan tempat outbond. Taman ini juga menyediakan akomodasi outbond yang mampu menguji adrenalin. Beberapa akomodasi outbound yang ada ialah Flaying fox, sky Bridge, dan mini tubing.

Kolam Pancing

Bagi pengunjung yang punya hobi mancing, pilihan yang sempurna jikalau menentukan berlibur ke Kediri Eco Park membawa stik. Karena disini juga disediakan kolam pancing ikan yang mampu Anda coba.

Bahkan pada hari Rabu dan Sabtu, kolam pemancingan di taman ini buka hingga jam 1 malam.

Untuk memancing di pemancingan Kediri eco park, dibutuhkan pembayaran selain tiket masuk. Biaynya Rp 25.000 hari Senin-Sabtu, dan Rp 35.000 untuk hari munggu. Unruk biaya mancing malam, biayaya sama dengan biaya hari biasa.

Kolam Perahu Kano
Liburan di Kediri Eco Park makin seru dan asyik dengan merasakan wahana kolam bahtera kano. Berkeliling-liling dengan naik bahtera kano. Bercengkrama dengan ombak air dan udara segar.

Objek Wisata Dekat Kediri Eco Park
Setelah paus menikmati liburan alam di dekat kota, pengunjung mampu mencoba liburan alam yang benar-benar di alam pegunungan dan pedesaan. Objek wisata Air Terjun dolo mampu dijadikan alternatif terdekat. Dengan jarak hanya 30 km dari Kediri eco park, jeram setinggi 25 meter itu menyajikan panorama khas alam pegunungan.

Atau jikalau ingin objek wisata yang memadukan antara sejarah, budaya, kola renang, dan pendakian mampu menentukan Goa Selomangleng yang hanya berjarak 12 km saja. Di goa bersejarah ini pengunjung mampu menikmati keindahan warisan budaya zaman raja erlangga. Juga mampu mendaki bukit untuk siarah ke maka para pendiri kota Kediri.

Baik, hingga di sini dulu dialog soal Kediri Eco Park. Dan jangan bosen baca-baca terus nativeindonesia.com untuk ulasan objek-objek wisata indah lainnya di seluruh wilayah Indonesia.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here