Kecantikan Pantai Sepanjang, Julukan ‘Kuta Tempo Dulu’ yang Masih Melekat

0
19
Pantai Sepanjang Spot Foto 1
Pantai Sepanjang Spot Foto 1

Kecantikan Pantai Sepanjang, Julukan ‘Kuta Tempo Dulu’ yang Masih Melekat

Jajaran pantai di Gunung Kidul selalu mempunyai kisahnya masing-masing. Walaupun pemandangan serupa satu sama lain, tetapi tetap saja ada faktor x yang membedakannya. Begitu pula dengan Pantai Sepanjang. Obyek wisata ini memang tergolong baru, tidak menyerupai Baron, Sundak, maupun pantai Kukup.

Pesonanya yang luar biasa ini bisa memikat hati para wisatawan. Terutama jikalau Anda memang berencana menjelajahi pantai-pantai Gunung Kidul satu per satu. Tentu Sepanjang dihentikan terlewatkan.

Satu hal lagi yang perlu Anda ketahui. Pantai Sepanjang mempunyai julukan sebagai Pantai Kuta Tempo Dulu. Topografinya memang hampir mirip, meskipun Pantai Kuta kini yang ada di Bali sudah menjelma lebih modern.

Inilah mengapa Pantai Sepanjang disebut sebagai versi ‘dulu’, lantaran penampakannya mengingatkan kepada keadaan Pantai Kuta sebelum mengalami kemajuan pesat sebagai salah satu ikon Pulau Dewata.

Lalu apa saja hal menarik dari Pantai Sepanjang? Yuk, cari tahu bersama-sama.

Daya Tarik Pantai Sepanjang
Pembahasan pertama mengenai daya tariknya. Berikut ialah beberapa hal yang bisa Anda temui di Pantai Sepanjang :

1. Filosofi Nama Pantai Sepanjang

‘Apalah arti sebuah nama’, mungkin ungkapan ini sering Anda dengar ketika ada seseorang yang mengagumi orang lain tapi tidak mengetahui namanya. Tapi jangan salah, bantuan nama justru menggambarkan kondisi dan situasi suatu subyek secara nyata.

Contohnya Pantai Sepanjang. Pemberian nama ‘Sepanjang’ tentu bukan tanpa alasan.

Faktanya, nama Sepanjang diambil dari garis pantai yang cukup panjang daripada pantai-pantai di Gunung Kidul lainnya. Memang daerah ini mempunyai puluhan obyek wisata pantai yang jaraknya berdekatan, tapi biasanya pantai-pantai lain tak mempunyai garis pantai panjang. Hal ini disebabkan adanya perbukitan karang yang menjulang dan dijadikan sebagai pembatas antar pantai.

Berbeda dengan Pantai Sepanjang. Memang di sebelah timur dan barat terdapat bukit karang, tapi garis pantainya lebih panjang. Kaprikornus di sinilah letak keistimewaannya. Anda bisa dengan puas menikmati pesona pantai berpasir putih sejauh mata memandang.

2. Berburu Biota Laut

Aktivitas lain yang bisa Anda lakukan di Pantai Sepanjang ialah dengan berburu biota laut. Baik itu ikan hias, bintang laut, rumput bahari maupun kerang-kerangan. Cobalah mencarinya di sela-sela karang ketika air bahari sedang surut, biasanya menjelang sore hari.

Hasil perburuan ini sanggup Anda jadikan sebagai oleh-oleh. Untuk membawa buah tangan tak harus masakan kan?

Namun bila Anda ingin membawa buah tangan berupa masakan juga bisa. Warga setempat menjual aneka jajanan menyerupai rempeyek dan sanggup Anda bawa pulang.

3. Situs Bersejarah Banyusepuh

Kemudian daya tarik lain yang bisa Anda telusuri ialah mengenai situs banyusepuh. Letaknya pun tak jauh dari Pantai Sepanjang. Konon, situs ini berupa mata air yang sering dipakai oleh para wali untuk mencuci atau membasuh senjata pusaka mereka. Kadang warga sekitar juga memanfaatkannya sebagai sumber air untuk mandi.

Namun sayangnya situs ini sudah tidak berfungsi menyerupai sedia kala. Kurangnya perawatan menciptakan mata air lama-lama kotor dan kering. Sekelilingnya juga banyak ditumbuhi tanaman-tanaman liar.

Akan tetapi, Anda bisa saja berjalan-jalan untuk sekedar melihatnya jikalau memang penasaran. Tanyakan saja kepada petugas maupun warga sekitar dan minta tolong antarkan hingga tempat tujuan.

4. Santai di Pinggir Pantai

Bersantai di pinggir pantai merupakan acara yang juga banyak disukai oleh masyarakat, lantaran Anda tidak perlu bergerak secara berlebihan. Bukan berarti tidak produktif, tetapi cuaca di pantai yang cenderung panas akan menciptakan Anda cepat lelah dan dehidrasi. Tujuan berkunjung ke pantai itu untuk sekedar healing serta menyegarkan pikiran, jadi manfaatkan momen ini untuk bersantai tanpa banyak bergerak.

Belum lagi angin sepoi-sepoi menambah rasa rileks. Di samping itu masih ada pemandangan lautan dengan gradasi warna dari tosca hingga biru tua, kemudian bunyi deburan ombak yang terkadang lantang namun tetap menenangkan.

Anda bisa bersantai sejenak di gubug-gubug yang sudah disediakan di tepian pantai. Gubug sederhana ini terbuat dari kayu dengan atap jerami. Akan lebih nikmat bila ditemani dengan camilan-camilan dan orang terkasih.

5. Hunting Foto

Daya tarik lainnya dari Pantai Sepanjang yang paling dicari ialah panorama tepat sebagai spot foto. Bagi Anda yang tak ingin ketinggalan membagikan momen berharga di media sosial, hunting foto menjadi kegiatan wajib setiap kali berkunjung ke obyek wisata. Anda pun bisa mendapatkannya di pantai ini.

BACA JUGA:  Gili Labak, Tempat Mengejar Sunrise dan Menikmati Sunset

Dengan latar belakang kombinasi lautan dan pasir putih serta garis pantai yang panjang, hasil foto akan tampak instagramable.

Tapi perlu diingat, bahwa momen ‘tepat’ pengambilan foto ialah ketika air bahari masih pasang.

Mengapa? Karena dikala air bahari surut, karang-karang yang dipenuhi dengan rumput bahari hijau akan terlihat dengan jelas, jadi jadinya kurang fotogenik.

Lokasi Pantai Sepanjang
Tertarik mampir ke Pantai Sepanjang? Jangan khawatir, lokasinya sangat gampang diakses kok. Terletak di Desa Kemadang, Kecamatan Tanjungsari, Kabupaten Gunung Kidul, pantai ini berada tak jauh dari Pantai Kukup.

Jaraknya pun sekitar 60 kilometer saja dari Yogyakarta dengan waktu tempuh tak hingga 2 jam. Kondisi jalan sudah diaspal halus dan pintu masuknya pun sangat mudah. Anda sanggup melihat goresan pena Pantai Sepanjang dari jalan utama.

Sedangkan untuk kendaraan yang dipakai sebaiknya kendaraan pribadi. Baik itu motor, mobil, minibus maupun bus besar. Belum ada transportasi umum yang bisa mengantarkan hingga titik lokasi.

Kalaupun ada, Anda hanya diantar hingga Kota Wonosari saja. Jika tidak punya kendaraan pribadi, silahkan menyewanya selama satu hari. Tempat penyewaan kendaraan sudah banyak tersedia di Wonosari maupun Yogyakarta.

Rute Jalan ke Pantai Sepanjang
Baru pertama kali mau berkunjung ke Pantai Sepanjang? Tentu Anda masih galau kan? Sebenarnya memakai aplikasi Map di Smartphone pun bisa.

Namun di area Gunung Kidul kadang sulit untuk menangkap sinyal, sehingga Anda perlu menghafal dulu rutenya sebelum melaksanakan perjalanan. Lalu pilihan jalurnya juga berbeda-beda, tergantung dimana posisi keberangkatannya.

Pertama, bila Anda berangkat dari Yogyakarta, maka rute yang sanggup diambil ialah melalui Wonosari menuju Pantai Baron. Awalnya, arahkan dulu kendaraan ke ringroad selatan kemudian belok kiri pada perempatan sehabis Terminal Giwangan. Lurus terus hingga melewati Piyungan sehabis itu Anda mulai memasuki tempat Kabupaten Gunung Kidul. Ikuti jalan terus hingga ke Wonosari, selanjutnya lihat papan petunjuk jalan ke arah Pantai Baron. Jika Anda mengikuti instruksi papan petunjuk dengan benar, Anda akan hingga di Tempat Pembayaran Retribusi (TPR) Baron, kemudian bertemu dengan pertigaan. Belok kiri dan ikuti jalan hingga menemukan plang nama Pantai Sepanjang berwarna merah.

Rute selanjutnya ialah titik keberangkatan yang sama, yaitu dari Yogyakarta menuju Kota Wonosari. Hanya saja bukan ke arah Pantai Baron, melainkan lewat Pantai Indrayanti di sebelah timur. Setelah Anda hingga di Kota Wonosari kemudian menemukan pertigaan Mulo, beloklah ke kiri menuju Tepus. Anda pun akan menyusuri pantai-pantai daerah timur menyerupai Indrayanti, Sundak, Pantai Krakal kemudian hingga di Sepanjang.

Nah berbeda lagi bila Anda lewat daerah Bantul. Jalur yang harus diambil ialah melalui Purwosari. Lanjutkan perjalanan hingga Jalan Panggang kemudian akan tembus ke Jalan Pantai Selatan Jawa. Anda akan melewati daerah Saptosari di mana Pantai Ngobaran dan Nguyahan berada. Kemudian lurus terus hingga ke pertigaan Baron kemudian belok kanan. Teruskan hingga Pantai Sepanjang.

Harga Tiket Masuk
Untuk harga tiket masuk ke Pantai Sepanjang masih tergolong murah. Apalagi dalam satu kali bayar meliputi beberapa obyek wisata pantai.

Anda hanya perlu membayar sebesar 10 ribu rupiah per orangnya. Kemudian sehabis hingga tujuan, biaya parkir juga dikenakan.

Biasanya untuk sepeda motor 3 ribu rupiah, kendaraan beroda empat 10 ribu rupiah dan bus 20 ribu rupiah.

Jam Buka Pantai Sepanjang
Hampir semua obyek wisata pantai tidak menerapkan hukum jam operasional secara legal. Artinya, Anda bisa berkunjung kapan saja termasuk malam hari.

Namun harus diketahui, kondisi jalan di Gunung Kidul tidak begitu banyak penerangan dan cenderung sunyi di malam hari. Oleh lantaran itu, datanglah pada waktu-waktu subuh hingga petang saja. Hal ini demi menjaga keselamatan diri Anda sendiri.

Begitulah kisah menarik yang bisa ditemukan di Pantai Sepanjang. Cobalah mampir ketika Anda sedang berkunjung ke pantai lainnya. Dijamin tak akan kecewa dengan suguhan dari Sepanjang. Terlebih lagi Anda bisa menikmati santapan seafood yummy dengan harga miring.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here