Gunung Andong, Pendakian 1726 mdpl Dengan Fasilitas Ala Camping Park

0
7
Pedagang Puncak Andong
Pedagang Puncak Andong

Gunung Andong, Pendakian 1726 mdpl Dengan Fasilitas Ala Camping Park

Dengan ketinggian yang tak lebih dari 2000 mdpl, Gunung Andong cocok bagi mereka yang gres pertama kali mendaki dan pendaki pemula.

Untuk mendaki dan berhasil hingga di puncak , traveler butuh waktu sekitar 1,5 hingga dua jam. jalur pendakian Gunung Andong terbilang cukup landai, terlebih bila mendaki via Dusun Sawit. Dari gerbang pintu pendakian, terdapat jalur berupa makadam ditata rapi menuju jalur tangga.

Begitu masuk ke daerah hutan pinus, jalur berganti menjadi jalan setapak dan mulai menanjak. Usai track menanjak dan panjang di sepanjang Pos 2 menuju Pos 3, pendaki akan disuguhkan tangga bebatuan khas Gunung Andong. Dari Pos 2 Dewandaru menuju Pos 3 Watu Wayang, disediakan pegangan berupa tali.

Gunung Andong mempunyai empat puncak. Dari puncak, pendaki mampu melihat Gunung Merapi, Merbabu, Sindoro, Sumbing, Prau, Ungaran, Telomoyo. Juga mampu melihat puncak Gunung lainnya, hanya dengan memutar badan. Termasuk formasi perbukitan yang membentang dan panorama Magelang serta daerah lain.

Asal Mula Nama Gunung Andong
Nama Gunung Andong berasal dari nama sebuah daun yang sering disebut “Andong“. Daun Andong dalam dogma Jawa merupakan salah satu daun yang dipersyaratkan dalam ritual. Khususnya dalam program Selamatan. Daun Andong mempunyai makna “Andongoo” yaitu Berdoa, Berdoa kepada Tuhan.

Ada fersi lain soal asal undangan nama Andong. Menurut pendaki Gunung, mereka sering menyebut Gunung Andong mirip punggung. Hal ini dikarenakan Gunung ini kalau dilihat dari samping mempunyai puncak yang ibarat Punggung Sapi, yang sering disebut “Andong”. Hal ini menciptakan pendaki sering menyebutnya Andong

Lokasi Gunung Andong
Gunung Andong secara administratif masuk wilayah Kabupaten Magelang – Jawa Tengah, namun lebih bersahabat diakses lewat Salatiga via Kopeng

Rute Menuju Base Camp Pendakian Gunung Andong

Rute menuju base camp Sawit, sebagai awal titik pendakian mampu dicapai dari 3 rute.

Pertama dari Jalur dari Selatan. Ini yaitu jalur yang paling banyak dipakai oleh para pendaki. Hal ini dikarenakan rute jalur selatan mempunyai jalan yang sudah beraspal dan bagus. Juga pemandangan yang ada di jalur selatan lebih indah dibandingkan dengan jalur-jalur lainnya.

Perjalanan lewat jalur selatan mampu dimulai dari Terminal Tidar Magelang. Kemudian perjalanan menuju Pasar Ngablak. Dari pasar ngablak perjalanan sejauh 2 km ke arah makam dusun kenteng. Dari dusun kenteng inilah base camp Sawit sudah dekat.

Jika tiba dari wilayah barat kota magelang, maka mampu dimulai melalui Terminal Secang, kemudian menaiki bus ke arah Krincing dan menuju pasar Grabag. Pengunjung mampu membeli perbekalan di desa grabag ini. Selesai dari pasar grabag mampu melanjutkan perjalanan menuju Desa Mangu kemudian melanjutkan perjalanan ke base camp Sawit.

Selain melewati jalur barat atau selatan, rute lainnya menuju titik start pendakian base camp Sawit mampu dimulai dari jalur utara. Yakni dari jalan Semarang menuju solo kemudian Anda harus transit ke Pasar Sapi Salatiga. Dari Pasar Sapi Salatiga, melanjutkan perjalanan ke Pasar Ngablak. Dari Pasar Ngablak mampu melanjutkan perjalanan sejauh 2 km menuju ke Desa Kenteng, kemudian sampailah pada base camp Sawit yaitu base utama untuk mendaki puncak Gunung.

Jam Buka Gunung Andong
Karena jalur pendakian Gunung Andong juga menyediakan acara camping, maka jalur pendakian buka 24 jam.

Tiket Gunung Andong
Seperti wisata pada umumnya, wisata gunung Andong juga mempunyai biaya tiket masuk berupa retribusi. Harga tiket masuk wisata, cukup membayarkan Rp 5.000. Biaya itu sudah termasuk kas dusun Sawit dan uang parkir.

BACA JUGA:  43 Rekomendasi Wisata di Tulungagung

Fasilitas Gunung Andong

Gunung Andong, yang mempunyai keindahan alam yang tak kalah dengan gunung-gunung tinggi, juga telah dilengkapi dengan akomodasi yang menciptakan perjalanan mendaki jadi terasa gampang dan menyenangkan.

Tersedia akomodasi berupa Seperti jalur pendakian yang cenderung landai dan sinyal internet yang cukup kencang. Sehingga pengunjung mampu membagikan keindahan alam dan pengalaman kau ini di media sosial. Hal yang tentu tidak mampu dilakukan pada pendakian di gunung lain.

Daya Tarik Pendakian Gunung Andong
Melihat Gunung – Gunung Lain

Saat cuaca cerah pengunjung akan mampu memandang 360° melihat Gunung-Gunung di sekitar Gunung Andong.

Di arah Timur, pengunjungakan mampu melihat : Gunung Merbabu, Gunung Merapi, Gunung Lawu.

Di arah Selatan, pengunjung akan mampu melihat : Gunung Tidar dan Pegunungan Menoreh.

Di arah Barat, pengunjung mampu meihat 3 Puncak lain dari Gunung Andong , Gunung Sindoro, Gunung Sumbing, Gunung Prau.

Di arah Utara, pengunjung mampu melihat Gunung Telomoyodan Gunung Muria.

Sunrise Dan Sunset
Bagi pengunjung yang menginginkan bermalam di puncak gunung, mampu memulai perjalanan sehabis pukul 12 siang semoga mampu menikmati sunset di puncak gunung. Kemudian keesokan pagi bhsia pula menikmati sunrise. Kaprikornus dobel istimewa sebab di hari berikutnya anda mampu menikmati sunrise juga di puncak gunung ini.

Berkemah Di Puncak

Pengunjung tidak perlu terlalu berat membawa bekal. Karena di atas gunung andong terdapat warung yang menyediakan logistik untuk para pendaki. Sungguh sebuah gunung yang praktis.

Dengan berkemah, pengunjung punya banyak waktu untuk melaksanakan eksplorasi di puncak gunung ini. Gunung Andong mempunyai dua puncak, yaitu barat dan timur. Untuk menuju puncak barat, pengunjung diharuskan melewati salah satu trek berjulukan Geger Sapi yang berarti punggung sapi.

Trek ini cukup memacu adrenalin dikarenakan ukuran jalurnya yang kecil dengan kanan kiri berupa jurang. Di sebelah timur dari gunung ini, terdapat pula sebuah makam berjulukan Makam Pak Pekik.

Memiliki 4 Puncak
Puncak Gunung Andong berbentuk memanjang dari barat ke timur. Di sepanjang bentangan puncak tersebut terdapat beberapa titik yang dianggap sebagai puncak. Terhitung ada 4 puncak yang akan pengunjung temukan di Gunung ini.

Dari yang paling barat ada Puncak Makam kemudian Puncak Jiwa, Puncak Andong dan Puncak Alap-alap (paling timur). Puncak Andong merupakan titik tertinggi di Gunung Andong. Dari masing-masing puncak tersebut kita akan disuguhi pemandangan alam yang indah.

Puncak paling tertinggi yaitu Puncak Andong, sedangkan Puncak Jiwa biasanya menjadi camping ground alias tempat ngecamp.

Objek Wisata Dekat Gunung Andong
Untuk pengunjung yang terlanjur terpesona pada panorama dataran tinggi, namun khawatir kelelahan jikalau mendaki gunung lain lagi, mampu menentukan Gardu pandang Silancur. Objek wisata dataran tinggi ini berjarak 40 km dari Gunung Andong. Destinasi wisata ini menunjukkan panorama indah berlatar belakang Gunung Sumbing dan potret Kota Magelang dari kejauhan.

Bagi yang ingin berwisata sambil mandi mandi di alam bebas, bsia menentukan melanjutkan wisata ke Curug silawe. Curug ini berjarak 46 km dari gunung andong. Dengan ketinggian sekitar 50 meter, suara jatuhan penderasan menciptakan suasana terasa hening dan nyaman untuk bersantai. Air yang higienis dan jernih menciptakan beberapa orang menyempatkan diri untuk mandi dan bermain air.

Tertarik berwisata ke Gunung andong yang sudah populer ini? Selamat menikmati waktu berkunjung. Mohon tetap diingat, jaga selalu kebersihan dan kelestarian lingkungan. Jangan ambil apapun kecuali foto, jangan tinggalkan apapun kecuali kenangan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here