Green Canyon – Primadona Wisata Jawa Barat yang Luar Biasa Indah

0
26
Keindahan Green Canyon Diapit Tebing Tinggi
Keindahan Green Canyon Diapit Tebing Tinggi

Green Canyon – Primadona Wisata Jawa Barat yang Luar Biasa Indah

Wisata di Jawa Barat identik dengan mall, adventure park, dan sentra perbelanjaan. Siapa sangka kalau ternyata Jawa Barat juga mempunyai wisata alam yang menakjubkan yaitu Green Canyon.

Green Canyon atau lebih dikenal sebagai Cukang Taneuh oleh warga sekitar, berlokasi di Desa Kertayasa, Kecamatan Cijulang, Kabupaten Ciamis. Kurang lebih 31 km dari Kota Pangandaran. Asal muasal nama Green Canyon sendiri ialah dari seorang turis Perancis yang tiba pada tahun 1993. Hal ini dikarenakan airnya yang jernih kehijauan dari sungai dan lumut hijau berlimpah di sisi tebing yang membuatnya terkenal dengan nama Green Canyon.

Bagi penduduk lokal, Cukang Taneuh mempunyai makna jembatan tanah. Hal ini alasannya ialah di atas lembah dan jurang dari Green Canyon terdapat sebuah jembatan dari tanah yang dipakai oleh para petani setempat untuk menuju kebun mereka.

Akses ke Green Canyon

Jika Anda berada di luar Jawa Barat maka Anda mampu menggunakan transportasi udara, atau darat menuju kota Bandung. Dari Bandung, Anda mengambil jalur bus ke arah Pangandaran. Setelah hingga di Terminal Pangandaran, Anda mampu menggunakan jasa mini bus hingga terminal Cijulang, lalu melanjutkan perjalanan menggunakan ojek atau menyewa mobil.

Untuk mencapai Green Canyon sendiri dari dermaga Ciseureuh, Anda harus menempuh perjalanan selama 30 hingga 45 menit dengan menggunakan bahtera kayu modern yang juga sering disebut dengan “Ketinting”. Tarif per orang untuk ketinting ini ialah 75.000 Rupiah dengan daya tampung maksimal lima orang dan beroperasi mulai pukul 7.30 hingga 16.00 WIB.

Ketinting ini akan membawa Anda menyusuri sungai. Sepanjang perjalanan nantinya Anda akan disuguhi oleh pemandangan pohon-pohon hijau yang menjulang di sepanjang tepi sungai. Jika beruntung, Anda mampu melihat beberapa satwa di sekitar sungai. Anda juga mampu menikmati gerojokan yang turun dari sisi tebing.

Kegiatan yang mampu dilakukan di Green Canyon

Dengan keindahan yang ditawarkan oleh Green Canyon, Anda niscaya takjub. Kaprikornus jangan lupa untuk menyiapkan kamera selama perjalanan menyusuri sungai. Bidiklah objek-objek indah yang sayang untuk dilewatkan. Jangan lupa siapkan pembungkus kamera anti air alasannya ialah di sini nanti Anda akan banyak berinteraksi dengan air.

Selama perjalanan yang cukup panjang dalam ketinting, nantinya Anda akan bertemu bermacam-macam arus sungai yang memungkinkan bagi Anda untuk berenang. Anda mampu berenang di air sungai super jernih sambil melihat ikan berenang.

BACA JUGA:  4 Lokasi Ngecamp Favorit di Pantai Gunung Kidul Jogja

Anda mampu berjalan-jalan menyusuri gua dengan stalaktit dan stalagmit yang meneteskan air. Selama perjalanan di atas perahu, Anda juga mampu menikmati bunyi gemuruh air yang berjatuhan di tebing.

Jika Anda menyukai tantangan yang memacu andrenalin, Anda mampu mencoba terjun ke sungai dari kerikil berketinggian 5 meter atau mencoba atraksi panjat tebing. Sedangkan bagi Anda yang menyukai ketenangan, bersampan sambil memancing akan menjadi pilihan yang menyenangkan.

Salah satu aktivitas yang menjadi favorit para wisatawan ialah Body Rafting. Harga yang ditawarkan berkisar antara 150.000 Rupiah hingga 250.000 Rupiah. Paket body rafting ini tidak hanya rafting saja tetapi Anda juga mampu menikmati berenang di kejernihan air Green Canyon, melompat dari tebing dengan ketinggian mencapai 9 meter, dan juga trekking.

Makanan
Jika Anda tidak membawa bekal masakan yang cukup, satu-satunya lokasi kawasan penjual masakan ialah di sekitar kawasan parkir di pintu masuk. Di sana terdapat jajaran rumah makan yang menyediakan masakan Sunda dan seafood. Ada juga beberapa masakan gerobak yang menjual bakso, bubur ayam, dan lain-lain.

Tips berwisata di Green Canyon

a. Jangan lupa untuk membawa baju ganti, alasannya ialah di sini nantinya Anda akan banyak berinteraksi dengan air.

b. Jangan lupa membawa tas khusus anti air untuk melindungi barang-barang elektronik Anda mirip handphone dan kamera.

c. Gunakan ganjal kaki anti selip, alasannya ialah Anda akan sering berjalan diatas kerikil licin. Cobalah untuk menggunakan sandal gunung semoga lebih nyaman.

d. Bawalah bekal masakan dan minuman sendiri alasannya ialah penjual masakan hanya ada di pintu masuk utama.

e. Yang terpenting Jangan Buang Sampah Sembarangan! Bawalah kantong plastik khusus untuk membuang sampah sehingga keindahan kawasan wisata Green Canyon tetap terjaga. Sayang kan jikalau Green Canyon yang tersohor kejernihan airnya terkotori tangan-tangan kita sendiri?

Jam operasional kawasan wisata ini berlangsung mulai pukul 07.00 hingga dengan 17.00 WIB. Khusus di hari Jumat, Green Canyon gres dibuka pukul 13.00, sesudah shalat Jumat.

Harga tiket masuk ke Green Canyon mulai dari 150.000 – 250.000 Rupiah tergantung dari paket wisata yang Anda ambil.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here