Daftar Lengkap Tempat Wisata Di Banjarnegara

0
88

Daftar Lengkap Tempat Wisata Di Banjarnegara

Wilayah Kabupaten Banjarnegara mempunyai beragam potensi dan keindahan alam. Salah satu tempat wisata di Banjarnegara yang sangat terkenal bahkan sampai ke mancanegara adalah kawasan Dieng. Di daerah Dieng yang masuk dalam wilayah administrasi Kabupaten Banjarnegara, juga terdapat banyak sekali wisata Dieng yang bisa kamu datangi. Berdekatan dengan Kabupaten Wonosobo, tentunya kamu harus mampir juga ke beberapa tempat wisata Wonosobo yang menarik. Bukan hanya dataran tinggi saja yang disajikan oleh wilayah Banjarnegara, namun masih banyak destinasi wisata Banjarnegara yang tidak kalah eksotis dan menunggu untuk didatangi. Berikut ini akan kami sajikan daftar wisata Banjarnegara dan sekitarnya yang harus kamu singgahi saat berkunjung ke Banjarnegara.

  1. CURUG PITU
CURUG PITU
CURUG PITU

Curug Pitu berlokasi di Desa Sigaluh, Kecamatan Sigaluh, Kabupaten Banjarnegara. Curug Pitu dalam bahasa Indonesia mempunyai makna air terjun tujuh karena memang curug ini terdiri atas 7 tingkatan. Kamu bisa berjalan menyusuri 7 tingkatan curug ini melalui anak tangga yang sudah disediakan.

  1. CURUG MRAWU
CURUG MRAWU
CURUG MRAWU

Wisata alam Banjarnegara Jawa Tengah yang kedua sangat cocok bagi kamu yang berjiwa petualang. Untuk dapat mencapai curug ini, kamu harus berjalan kaki melewati jalan setapak dengan pemandangan sawah dan hutan yang sangat memanjakan mata.

  1. CURUG PUNDUNG SEWU
CURUG PUNDUNG SEWU
CURUG PUNDUNG SEWU

Berlokasi di Desa Petir, Kecamatan Purwonegoro, Kabupaten Banjarnegara, curug Pundung Sewu menyuguhkan sebuah pemandangan alam berupa air terjun yang masih sangat alami. Jika kamu sedang berada di Banjarnegara, harus menyempatkan untuk mengunjungi curug yang satu ini.

  1. CURUG SIKOPEL
CURUG SIKOPEL
CURUG SIKOPEL

Curug Sikopel merupakan tempat wisata tersembunyi di Banjarnegara karena daya tariknya sangat tinggi. Ada satu mitos yang berkembang di curug ini, yaitu air yang berasal dari Curug Sikopel bisa membuat kamu menjadi awet muda. Mitos inilah yang membuat banyak sekali pengunjung penasaran dan datang ke curug ini untuk sekedar bermain air ataupun berenang.

  1. TAMAN REKREASI MARGASATWA SERULINGMAS
TAMAN REKREASI MARGASATWA SERULINGMAS
TAMAN REKREASI MARGASATWA SERULINGMAS

Destinasi wisata Banjarnegara Serulingmas terletak di Kecamatan Bawang. Taman rekreasi ini berisikan berbagai macam satwa yang bisa menambah wawasan anak-anak. Serulingmas merupakan ikon wisata Banjarnegara yang cukup lengkap ditambah dengan pemandangan yang menarik.

  1. WADUK MRICA (BENDUNGAN PANGLIMA BESAR JENDERAL SUDIRMAN)
WADUK MRICA
WADUK MRICA

Setelah puas menjelajah di wisata Serunglingmas Banjarnegara, kamu bisa mendatangi waduk mrica atau dikenal dengan bendungan Panglima Besar Jenderal Soedirman. Di tempat ini, kamu bisa menikmati hamparan air yang tenang. Konon, waduk ini merupakan danau terbesar yang ada di Asia Tenggara. Panorama yang disajikan dari pinggir waduk sungguh tidak ada duanya. Fakta menarik dari waduk mrica adalah bahwa waduk ini merupakan salah satu pemasok listrik yang disalurkan bagi wilayah Jawa dan Bali. Wow!

  1. SURYA YUDHA PARK
SURYA YUDHA PARK
SURYA YUDHA PARK

Lokasi wisata Banjarnegara Surya Yudha tepatnya berada di Jalan Raya Karang Kobar km 1, Desa Rejasa, Kecamatan Madukara. Satu hal yang menjadi ciri khas Surya Yudha Park adalah adanya maskot Singapura dan juga Amerika di satu titik sehingga kamu bisa berfoto layaknya sedang mengunjungi Singapura ataupun Amerika disini.

  1. ARUNG JERAM SUNGAI SERAYU
ARUNG JERAM SUNGAI SERAYU
ARUNG JERAM SUNGAI SERAYU

Sungai Serayu merupakan sungai yang dikenal oleh seluruh warga Banjarnegara. Di sungai ini ada aktivitas olahraga air yang bisa kamu lakukan, yaitu arung jeram atau rafting. Olahraga ini sangat cocok bagi kamu penyuka wisata air dan juga uji adrenalin. Selain menikmati lika liku Sungai Serayu, kamu juga akan disuguhi pemandangan alam eksotis di sepanjang sungai.

  1. WADAS TUMPANG
WADAS TUMPANG
WADAS TUMPANG

Wisata Banjarnegara Jateng selanjutnya adalah wadas tumpang yang dulunya merupakan tempat pertapaan masyarakat Banjarnegara dan sekitarnya. Wadas tumpang mempunyai daya tarik dari sisi mistisnya dan juga pemandangan yang indah di sekelilingnya.

  1. ANGLIR MENDUNG
ANGLIR MENDUNG
ANGLIR MENDUNG

Obyek wisata Banjarnegara Jawa Tengah yang berikutnya mempunyai udara yang sangat sejuk karena berada di tengah tengah hutan lindung. Ada beberapa fasilitas yang disediakan untuk pengunjung di tempat ini, berupa kolam renang dan juga taman bermain khusus anak-anak. Anglir mendung biasanya juga dijadikan lokasi camping dengan kapasitas sampai 200 tenda.

  1. KOMPLEKS CANDI ARJUNA
KOMPLEKS CANDI ARJUNA
KOMPLEKS CANDI ARJUNA

Candi Arjuna berada di dataran tinggi Dieng yang sudah sangat terkenal. Tempat ini sering dijadikan lokasi untuk menyelenggarakan acara tahunan Dieng Culture Festival yang menampilkan Jazz Atas Awan dan juga upacara adat pencukuran rambut gimbal. Di sekitar Candi Arjuna juga terdapat candi candi lainnya, seperti Candi Srikandi, Candi Puntadewa, dan Candi Sembadra.

  1. TELAGA MERDADA
TELAGA MERDADA
TELAGA MERDADA

Telaga Merdada masuk dalam daftar tempat wisata di Banjarnegara Jawa Tengah. Jika dilihat dari bentuk telaganya, telaga Merdada mirip dengan kaldera bekas letusan gunung api yang sudah tergenang air. Telaga ini merupakan telaga terluas yang ada di kawasan Dieng Plateau.

  1. KAWAH SIKIDANG DIENG
KAWAH SIKIDANG DIENG
KAWAH SIKIDANG DIENG

Siapa yang tidak tahu Kawah Sikidang? Obyek wisata ini selalu menjadi tujuan utama para wisatawan yang berkunjung ke Dieng. Lokasinya sangat mudah dijangkau dengan menyajikan pesonan alam serta udara yang sejuk. Disini kamu bisa melihat secara langsung aktivitas kawah sikidang dan menjadikannya pengalaman yang menarik.

  1. KAWAH CANDRADIMUKA DIENG
KAWAH CANDRADIMUKA DIENG
KAWAH CANDRADIMUKA DIENG

Obyek wisata Dieng Banjarnegara Kawah Candradimuka ini mempunyai cerita yang cukup menarik. Konon katanya, di kawah inilah Gatotkaca memperoleh kesaktiannya. Sama halnya dengan kawah Sikidang, disini kamu bisa melihat aktivitas kawah aktif secara dekat.

  1. SUMUR JALATUNDA DIENG
SUMUR JALATUNDA DIENG
SUMUR JALATUNDA DIENG

Sumur Jalatunda merupakan sebuah sumur dengan diameter mencapai 90 meter dan kedalaman lebih dari 150 meter. Sumur ini terbentuk dari letusan kawah yang sudah terjadi beratus ratus tahun lalu.

  1. KAWAH SILERI DIENG
KAWAH SILERI DIENG
KAWAH SILERI DIENG

Tempat wisata di Kab Banjarnegara selanjutnya adalah kawah sileri yang pernah meletus beberapa kali yakni di tahun 1964, 1984, 2003, dan juga 2009. Meskipun begitu, sampai sekarang kawah ini masih aman untuk dikunjungi. Kawah ini berlokasi di dekat kedua kawah yang telah dibahas sebelumnya.

  1. CANDI GATOTKACA DIENG
CANDI GATOTKACA DIENG
CANDI GATOTKACA DIENG

Berada di sebelah barat Candi Arjuna, tentunya candi yang satu ini harus menjadi destinasi wisatamu saat berada di kawasan Dieng. Fasilitas yang tersedia di sekitar candi ini juga cukup lengkap mulai dari warung makan sampai dengan toilet dengan tiket masuk sebesar 10.000 rupiah per orang.

  1. MUSEUM KALIASA DIENG
MUSEUM KALIASA DIENG
MUSEUM KALIASA DIENG

Tempat wisata keluarga di Banjarnegara yang berikutnya baru diresmikan pertengahan tahun 2008 lalu. Kaliasa mempunyai makna tempat tinggal dari Dewa Syiwa. Meseum ini mempunyai berbagai benda koleksi warisan arkeologi, artefak, dan beberapa sisa sisa kejayaan masa purba dulu.

  1. GUNUNG LANANG
GUNUNG LANANG
GUNUNG LANANG

Objek wisata di Banjarnegara ini cukup unik. Dinamakan gunung Lanang karena dari jauh, bentuk gunung tersebut menyerupai alat kelamin laki laki. Gunung Lanang ini konon katanya merupakan pasangan dari gunung Wadon yang diberi nama Gunung Tampomas. Saat berkunjung kesini dimohon untuk dapat menjaga sikap dan berhati hati dalam berkata karena gunung ini merupakan tempat yang disakralkan oleh masyarakat.

  1. CANDI BIMA DIENG
CANDI BIMA DIENG
CANDI BIMA DIENG

Kondisinya pernah memburuk di tahun 2012 dan mengalami pemugaran kembali. Arsitektur candi ini mirip dengan arsitektur candi yang ada di India.

  1. CANDI DWARAWATI DIENG
CANDI DWARAWATI DIENG
CANDI DWARAWATI DIENG

Meskipun namanya tidak terlalu populer, namun candi ini tetap kokoh berdiri di saat candi candi lainnya yang berada dalam satu kompleks telah hancur dimakan waktu. Candi ini dibangun sebagai tempat pemujaan bagi Dewa Syiwa pada dulu kala.

  1. TELAGA DRINGO
TELAGA DRINGO
TELAGA DRINGO

Wisata alam Banjarnegara berikutnya merupakan sebuah telaga tertinggi yang berada di wilayah dataran tinggi Dieng. Tlogo Dringo bahkan mendapat julukan sebagai Ranu Kumbolonya Jawa Tengah karena keindahan alamnya. Lokasi telaga Dringo cukup dekat dengan kawah Candradimuka.

  1. TAMPO MAS
BACA JUGA:  10 Tempat Wisata di Puncak Bogor untuk Berlibur Bersama Keluarga
TAMPO MAS
TAMPO MAS

Pasangan dari Gunung Lanang ini sekarang sudah dihancurkan seiring dengan dibangunnya waduk mrica. Reruntuhan dari bekas gunung tersebut sekarang malah memiliki daya tarik tersendiri bagi para wisatawan, khususnya bagi mereka yang doyan selfie. Tekstur tebingnya cukup unik sehingga menarik untuk difoto.

  1. SERAYU PARK
SERAYU PARK
SERAYU PARK

Jika di Surya Yudha Park kamu bisa menemukan objek wisata Banjarnegara patung singa, lain halnya di Serayu Park yang menyuguhkan sebuah rest area nyaman yang dikombinasikan dengan wisata air yang menarik. Di Serayu Park kamu juga bisa mengolah vocal setelah seharian keliling Banjarnegara karena disediakan tempat untuk karaoke.

  1. CURUG MUNCAR
CURUG MUNCAR
CURUG MUNCAR

Tempat wisata di Banjarnegara yang masih alami ini merupakan curug yang paling bagus di Banjarnegara. Lokasinya berada tepat di perbatasan antara dua kabupaten, yaitu Kabupaten Banjarnegara dan Kabupaten Pekalongan.

  1. CURUG SIRAWE
CURUG SIRAWE
CURUG SIRAWE

Curug Sirawe berada di Dusun Bitingan, Desa Kepakisan, Kecamatan Batur, Banjarnegara. Curug ini mempunyai ketinggian sekitar 80 meter dan airnya yang jatuh menimpa beberapa bebatuan meninggalkan sebuah kolam kecil tepat dibawah curug. Curug ini sebenarnya juga menjadi rebutan bagi dua wilayah, yaitu Kabupaten Batang dan Kabupaten Banjarnegara.

  1. GUNUNG PRAU DIENG
GUNUNG PRAU DIENG
GUNUNG PRAU DIENG

Tempat wisata menarik di Banjarnegara ini sangat pas dikunjungi oleh kamu penyuka olahraga pendakian gunung. Puncak Gunung Prau cukup lapang sehingga banyak dijadikan menyediakan spot foto dan lokasi berkemah yang beratapkan ribuan bintang dilangit. Cobalah rasakan sensasi camping di puncak Gunung Prau dan dapatkan golden sunrise terbaik seumur hidupmu.

  1. TELAGA PENGILON DIENG
TELAGA PENGILON DIENG

Telaga ini berdekatan dengan Telaga Warna yang populer. Telaga Pengilon berair jernih, beda dari Telaga Warna. Bagi kamu penggemar fotografi, telaga ini merupakan spot ciamik untuk menghasilkan foto yang instagramable.

  1. BUKIT SIKUNIR DIENG
BUKIT SIKUNIR DIENG
BUKIT SIKUNIR DIENG

Objek wisata di Banjarnegara Jawa Tengah ini merupakan satu tempat favorit untuk menikmati keeksotisan negara di atas awan, Dieng. Jika kamu bisa bangun sangat pagi dan mendaki untuk mendapatkan golden sunrise di bukit ini maka kamu harus banyak bersyukur karena kamu merupakan orang yang beruntung. Konon katanya, sunrise di puncak Sikunir merupakan sunrise terindah yang ada di Indonesia. Untuk mendapatkannya, kamu harus datang sekitar Bulan Juli sampai Agustus tepatnya saat musim kemarau tiba.

  1. DIENG PLATEU THEATER
DIENG PLATEU THEATER
DIENG PLATEU THEATER

Yang satu ini bukanlah tempat wisata di Kota Banjarnegara, tapi jauh di daerah dataran tinggi Dieng yang masuk dalam wilayah administrasi Kabupaten Banjarnegara. Di tempat ini kamu akan disuguhkan sebuah film dokumenter berjudul Bumi Kahyangan Dieng Plateau berdurasi 20 menit dengan kapasitas sekali main mencapai 60 orang.

  1. GARDU PANDANG TIENG
GARDU PANDANG TIENG
GARDU PANDANG TIENG

Tempat wisata di daerah Banjarnegara yang satu ini merupakan tempat yang asyik untuk menikmati keindahan panorama Dieng. Utamanya pada pagi hari yang cerah, kamu akan mendapatkan sunrise terbaik yang pernah ada dihidupmu. Ketinggian gardu pandang Tieng berada pada angka 1700 di atas permukaan laut.

  1. BATU RATAPAN ANGIN
BATU RATAPAN ANGIN
BATU RATAPAN ANGIN

Merupakan sebuah tebing yang berdekatan dengan Telaga Warna. Dari atas tebing ini kamu bisa melihat dua telaga yang terkenal di Dieng sekaligus sembari berswafoto. Dua telaga tersebut adalah Telaga Warna dan Telaga Pengilon. Batu Ratapan Angin ini mempunyai nama lain yaitu Batu Pandang Dieng.

  1. TELAGA WARNA DIENG
TELAGA WARNA DIENG
TELAGA WARNA DIENG

Tempat wisata Dieng Banjarnegara selanjutnya sudah sangat terkenal sejak dulu kala. Berada di ketinggian sekitar 2000 mdpl, pemandangan yang disuguhkan sangatlah indah. Seperti namanya, telaga ini cukup unik karena airnya mengeluarkan warna warna yang berbeda setiap saat seperti warna merah, hijau, biru, putih, dan juga lembayung. Fenomena ini terjadi karena air di telaga Warna mengandung sulfur yang tinggi dan akan menimbulkan warna warna indah saat terkena matahari.

  1. TELAGA CEBONG DIENG
TELAGA CEBONG DIENG
TELAGA CEBONG DIENG

Berada di desa tertinggi di Jawa Tengah, di tempat ini kamu bisa bercamping ria. Pemandangan yang disuguhkan sangat indah berupa lahan lahan pertanian warga. Telaga Cebong mendapatkan julukan telaga di atas awan karena kecantikannya.

  1. GOA SEMAR DIENG
GOA SEMAR DIENG
GOA SEMAR DIENG

Goa Semar dianggap gaib oleh masyarakat setempat, hal inilah yang menjadi daya tarik obyek wisata satu ini. Jika kamu penyuka wisata mistis, maka tidak ada salahnya berkunjung ke Goa Semar ini.

  1. TELAGA MENJER
TELAGA MENJER
TELAGA MENJER

Obyek wisata di Banjarnegara ini menyajikan fasilitas perahu yang bisa kamu sewa untuk mengelilingi telaga selama 30 menit. Rasakan sensasi berkeliling di telaga yang sangat luas ini sembari merasakan hawa mistis yang menusuk jiwa raga.

  1. CURUG GENTING GIRI TIRTA
CURUG GENTING GIRI TIRTA
CURUG GENTING GIRI TIRTA

Daftar tempat wisata alam di Banjarnegara berikutnya adalah Curug Genting Giri Tirta yang terletak di Kecamatan Pejawaran. Selain air terjun, ditempat ini juga terdapat sumber mata air panas yang bisa dijadikan tempat berendam.

  1. D’QIANO WATERPARK
D’QIANO WATERPARK
D’QIANO WATERPARK

Tempat wisata baru di Banjarnegara ini merupakan waterpark air panas pertama di Dieng. Selain beberapa wahana permainan air, disini juga disediakan fasilitas homestay yang bisa kamu sewa bersama dengan keluarga.

  1. JEMBATAN PELANGI
JEMBATAN PELANGI
JEMBATAN PELANGI

Tempat wisata Banjarnegara terbaru ini cukup hits di kalangan anak muda. Sesuai dengan namanya, jembatan pelangi menyajikan sebuah jembatan dari kayu dan bambu yang dicat warna warni menyerupai warna pelangi. Jangan lupa berswafoto di jembatan ini agar feeds instragrammu lebih menarik.

  1. WISATA TEMBI
WISATA TEMBI
WISATA TEMBI

Wisata Banjarnegara selain Dieng adalah kawasan Tembi. Disini kamu bisa menemukan perkebunan teh yang sangat luas dan tertata rapi serta apik. Selain itu, kamu bisa masuk ke pabrik pengolahan tehnya dan merasakan kekhasan aroma dan rasa teh asli Tembi.

  1. BUKIT ASMARA SITUK
BUKIT ASMARA SITUK
BUKIT ASMARA SITUK

Peta wisata Banjarnegara rumah pohon bisa dengan mudah kamu temukan melalui aplikasi pencari jejak seperti gmaps maupun waze. Tempat wisata ini terbilang baru dan sedang booming di kalangan warga Banjarnegara. Keunikan tempat wisata ini adalah pemberian nama nama yang berkaitan dengan percintaan di setiap spot yang disediakan seperti tanjakan cinta, tanjakan pengorbanan cinta, dan nama nama unik lainnya. Di lokasi ini juga ada rumah pohon yang sangat instagramable.

  1. MIE ONGKLOK
MIE ONGKLOK
MIE ONGKLOK

Jika kamu mencari wisata kuliner Banjarnegara, maka kamu harus mencoba mie ongkloknya. Tekstur kuah mie ongklok yang legit dan mirip dengan lendir akan memberikan pengalaman tersendiri bagi kamu yang baru pertama kali mencoba. Jangan lupa tambahkan lauk berupa sate sapi saat menyantapnya agar lebih nikmat. Mie ongklok biasanya banyak kamu temui bukan di wilayah Banjarnegara, tapi di wilayah Wonosobo.

  1. PEMANDIAN KALIANGET KALIBENING
PEMANDIAN KALIANGET KALIBENING
PEMANDIAN KALIANGET KALIBENING

Tempat wisata di Kalibening Banjarnegara yang terakhir adalah sebuah pemandian air hangat. Kamu bisa memilih untuk mandi di kolam renang air hangat ataupun berendam di bak berair hangat. Hanya saja, untuk dapat menikmati berendam air hangat di bak, kamu dibatasi dengan waktu sekitar 10 menit saja per orang.

Sekian daftar wisata di Banjarnegara yang berhasil kami himpun informasinya. Jangan lupa untuk mampir juga ke daerah Purbalingga yang letaknya berdekatan dengan Kabupaten Banjarnegara untuk mengunjungi tempat wisata Purbalingga. Untuk destinasi wisata di Indonesia lainnya, silahkan mampir ke artikel wisata Indonesia agar bisa kamu jadikan referensi.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here