Curug Cilember, Air Terjun di Bogor Yang Menawan

0
20
Curug Cilember Front 1 E1545053116435
Curug Cilember Front 1 E1545053116435

Curug Cilember, Air Terjun di Bogor Yang Menawan

Pegunungan di Indonesia memang sangat mengesankan, membentang dari ujung Indonesia bab timur hingga barat. Keindahannya tidak hanya ada di atas puncaknya saja, melainkan dengan lereng-lerengnya yang terdiri dari penderasan dan juga perbukitan luas. Dengan suasana serta nuansa sejuk dan teduh menciptakan semua pengunjung yang tiba ke area pegunungan menghadirkan rindu.

Di Bogor, ada sebuah curug yang mengesankan dimana di tempat ini terdapat 7 curug yang berbeda-beda. Dengan suhu kurang lebih 18 hingga 23 derajat, menciptakan sahabat native akan mencicipi kesejukan dan kebugaran dikala menghirup udara di tempat ini. Siapa pun niscaya akan terbius dengan pesonannya dan ingin kembali lagi setelahnya.

Apakah benar kata pengunjung lainnya wacana daerah ini, bila Curug cilember memiliki keindahan yang menawan? Tidak usah berlama-lama, mari eksklusif saja simak penjelajahannya di bawah ini.

Tentang Curug Cilember
Curug Cilember yaitu daerah yang memang wajib dikunjungi oleh sahabat native, terutama bagi mereka yang singgah di daerah puncak Bogor. Kawasan ini berada di ketinggian kurang lebih 800 hingga 900 mdpl, menghasilkan begitu banyak vegetasu hutan hujan tropis yang sanggup dinikmati. Curug ini mulai dikelola oleh Perum Perhutani pada tahun 1990.

Sepuluh tahun sehabis diambil alih pengelolaannya oleh Perhutani, daerah ini diresmikan oleh pemerintahan Kota Bogor. Dengan luas kurang lebih 5,9 Ha, tempat ini didominasi oleh tumbuhan pinus merkuri yang mengesankan. Pemandangan yang dihasilkan pun mirip hasil sebuah lukisan tangan-tangan pelukis ternama, sehingga bisa dijadikan sebagai spot foto kece.

Konon dongeng di tempat ini ada kurang lebih 7 curug, dimana semakin kecil angkanya, semakin sulit medan yang harus ditempuh. Tetapi semua usaha yang harus dilalui akan terbayarkan dengan keindahan dan kepuasan yang akan tercipta. Setiap tetes keringat seakan tak berarti dengan semua pesona Curug Cilember.

Menjelajahi ke tujuh curug ini sangat menyenangkan dan tidak akan mungkin tersesat, sebab ada begitu banyak bagan dan peta yang disediakan tihak pengelola. Selain pesona curug, objek wisata ini juga menghadirkan konservasi kupu-kupu yang berbentuk jaring kubah raksasa. Sobat natïve bisa menyaksikan 12 jenis kupu-kupu yang dihasilkan di sekitar curug.

Ada pula laboratorium khusus meneliti wacana binatang yang bisa terbang ini. Dengan hadirnya laboratorium ini, wisatawan bisa menikmati bagaimana proses metamorphosis kupu-kupu. Bagaimana prosesnya dari telur, ulat dan menjadi kupu-kupu. Semua bisa dinikmati di setiap detiknya.

Jangan lupa untuk berkunjung ke jembatan cinta. Dimana jembatan ini yaitu jembatan gantung yang sangat menyenangkan untuk selfie-selfie. Kawasan jembatan gantung ini merupakan daerah favorit yang niscaya akan selalu didatangi oleh banyak wisatawan. Ada juga akomodasi outbond mirip flying fox dengan tantangan adrenalin super tinggi.

Harga Tiket Masuk
Harga tiket masuk daerah ini yaitu 6 ribu rupiah, ditambah dengan biaya parkir untuk kendaraan beroda empat seharga 10 ribu rupiah. Nah untuk pengguna motor, akan dikenakan biaya sebesar 5 ribu rupiah saja. bagi yang ingin bermalam dengan camping, wisatawan akan dikenakan biaya komplemen sebesar 30 ribu rupiah.

Untuk biaya inap mobil, sahabat native harus merogoh kocek sebesar 20 ribu rupiah. Bagi yang tiba dengan kendaraan bermotor akan dikenakan tarif menginap sebesar 10 ribu rupiah. Jika anda ingin melihat koservasi kupu-kupu, anda akan dikenakan biaya 5 ribu rupiah. Jangan heran bila harga parkir ini akan naik kalau demam isu liburan dan juga weekend.

BACA JUGA:  Danau Sentani, Nirwana Dunia di Tanah Papua

Alamat Lokasi
Alamat lokasi Curug Cilember berada di Jalan Raya Puncak, Dusun Megamendung, Desa Cilember, Kecamatan Cisarua, Puncak Bogor, Jawa Barat 1650. Menuju ke tempat ini memang cukup gampang sebab terdapat papan petunjuk arah jalan kalau anda berkendara ke arah puncak.

Rute Ke Curug Cilember
Arahkan kendaraan menuju kearah puncak, kemudian melaju terus hingga menuju ke Taman Matahari. Tak jauh dari daerah ini sudah ada petunjuk menuju ke Curug Cilember. Jalanan yang harus dilalui menuju ke tempat ini memang sedikit sempit serta berkelok-kelok, jadi harus sedikit berhati-hati. Tetapi suguhan pemandangannya begitu mengesankan.

Misteri dan Mitos
Curug Cilember memiliki banyak sekali macam mitos dan misteri yang berkembang di kalangan masyarakat. Dimana konon disini bersembunyi putri dari Kerajaan Pasundan yang dikenal baik dan sangat cantik. Putri ini seringkali membasuh muka disini dan juga menjaga curug hingga dikala ini.

Masyarakat sekitar pun percaya, kalau curug ini menjadi tempat pemandian raja-raja Siliwangi. Selain misteri ini, ada juga mitos yang juga berkembang yaitu siapa membasuh muka di curug ini akan abadi muda. Tidak hanya itu saja, ada juga yang percaya bila air di sini juga bisa menyembuhkan banyak sekali macam penyakit.

Selain itu, bila mandi di sebelah kanan curug akan menambah kekuatan, bila di kiri curug akan menambah abadi muda serta keberkahan. Inilah yang menjadi alasan mengapa banyak pengunjung tiba dan juga mandi di daerah ini. Mitos ini terus saja berkembang hingga hingga dikala ini.

Villa Di Sekitar Curug
Butuh penginapan? Tenang saja, di sekitar curug ini ada beberapa penginapan yang bisa dinikmati. Dengan banyak sekali harga dan juga fasilitas. Ada juga banyak sekali macam pondokan yang bisa dipergunakan untuk sahabat native yang membawa keluarga besar. Pondok-pondok ini dilengkapi dengan dapur, water heater, dan tungku pemanas.

Harga yang ditawarkan pun antara 800 ribu hingga 1 juta rupiah. Ada beberapa villa yang bisa dipilih di sekitar lokasi, sehingga tidak perlu takut kehabisan kamar. Selain Villa, ada juga hotel-hotel dengan harga kurang dari 500 ribu.

Mau lebih murah lagi, sahabat native bisa memakai akomodasi camping ground yang disediakan oleh pengelola. Camping ground ini ada di curug ke tujuh dan juga curug ke lima. Nah, bagi yang tidak membawa tenda, sahabat native bisa menyewa tenda di daerah ini dengan harga 125 ribu per malam, dengan kapasitas untuk 2 orang.

Untuk berkapasitas 6 orang yaitu 250 ribu. Untuk 10 orang akan dikenakan biaya sebesar 350 ribu rupiah. Di area camping ground ini tersedia akomodasi toilet bersih. Penjaja kuliner dan minuman yang buka hingga hingga malam hari. Sehingga sahabat native tidak perlu takut-takut untuk menginap di camping ground sekitar curug ini.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here