Beberapa Tempat Wisata di Samarinda Yang Menarik

0
160
Beberapa Tempat Wisata di Samarinda Yang Menarik
Beberapa Tempat Wisata di Samarinda Yang Menarik

Beberapa Tempat Wisata di Samarinda Yang Menarik – Samarinda merupakan kota paling besar yang ada di Propinsi Kalimantan Timur, kota ini juga menjadi ibukota dari propinsi tersebut dengan luasnya yang mencapai kurang lebih 718 km². Wilayah Samarinda memiliki topografi wilayah yang cukup bervariasi mulai dari kawasan dataran rendah hingga perbukitan dengan ketinggian antara 10 hingga 20 meter di atas permukaan laut. Selain itu kota ini juga dibelah oleh Sungai Mahakam yang menjadi gerbang menuju ke pedalaman Kalimantan Timur.

Sebagai ibukota dari Propinsi Kalimantan Timur, tentu saja Samarinda memiliki sejuta pesona. Kota yang satu ini menyimpan potensi yang besar di bidang pariwisata sehingga tentu saja akan bisa menjadi magnet bagi para wisatawan untuk mengunjunginya. Anda akan bisa menemukan banyak sekali tempat wisata menarik yang ada di wilayah Samarinda dan sekitarnya yang mana bisa Anda jadikan sebagai tujuan wisata pada saat liburan, pada kesempatan kali ini akan kami ulas beberapa tempat wisata di Samarinda yang menarik untuk dikunjungi.

Beberapa Tempat Wisata di Samarinda Yang Menarik

  1. Air Terjun Tanah Merah

Salah satu tempat wisata di Samarinda yang bisa Anda kunjungi adalah Air Terjun Tanah Merah yang terletak di Dusun Purwosari, Kecamatan Samarinda Utara. Air Terjun Tanah Merah memiliki ketinggian kurang lebih 15 meter, air terjun ini memiliki keunikan di mana air yang mengalir terlihat jernih, namun setelah sampai di bawah maka airnya akan berubah menjadi keruh karena tanah di daerah tersebut berjenis gambut.

Air Terjun Tanah Merah
Air Terjun Tanah Merah
  1. Desa Budaya Pampang

Tempat wisata kedua di Samarinda yang tidak boleh Anda lewatkan adalah Desa Budaya Pampang, tempat wisata ini sangat populer di kalangan wisatawan. Desa Budaya Pampang sendiri dihuni oleh suku Dayak Kenyah di mana para wisatawan akan bisa mengenal kehidupan masyarakat Dayak secara langsung, selain itu Anda bisa menyaksikan kesenian tradisional setiap hari Minggu.

BACA JUGA:  Pemandian Air Panas Ciater
Desa Budaya Pampang
Desa Budaya Pampang
  1. Telaga Permai Batu Besaung

Telaga Permai Batu Besaung menjadi tempat wisata ketiga yang wajib untuk Anda kunjungi, tempat wisata yang satu ini berupa sebuah kawasan hijau dengan kondisi alam yamg masih asri dan udaranya yang sejuk sehingga sangat sesuai sebagai tempat rekreasi. Selain itu Anda juga akan menemui sebuah sungai yang menyerupai air terjun karena kontur tanahnya yang tidak rata.

Telaga Permai Batu Besaung
Telaga Permai Batu Besaung
  1. Pulau Kumala

Destinasi wisata berikutnya yang juga bisa Anda kunjungi adalah Pulau Kumala yang mana merupakan sebuah pulau mungil yang lokasinya berada di bagian tengah Sungai Mahakam. Perlu Anda ketahui bahwa objek wisata ini menyerupai Taman Mini Indonesia Indah karena Pulau Kumala menjadi simbol budaya Kalimantan di mana Anda bisa menemukan rumah adat, candi, serta patung lembu.

Pulau Kumala
Pulau Kumala
  1. Masjid Islamic Center Samarinda

Bagi Anda yang menyukai wisata religi, maka Anda wajib mengunjungi Masjid Islamic Center Samarinda yang berada di Kelurahan Teluk Lerong Ulu, Kota Samarinda. Masjid yang diresmikan pada tahun 2008 ini arsitekturnya terinspirasi dari Hagia Sophia yang ada di Turki terutama pada bagia kubahnya, selain itu Anda bisa menemukan menara setinggi 99 meter yang menjadi simbol asmaul husna.

Masjid Islamic Center Samarinda
Masjid Islamic Center Samarinda

Jika Anda memiliki rencana untuk mengisi liburan di Samarinda, maka Anda bisa mengunjungi beberapa tempat wisata menarik di atas.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here