Air Terjun Bidadari Sentul, Wisata Air Terjun yang Modern Untuk Keluarga

0
13
Air Terjun Bidadari Sentul4
Air Terjun Bidadari Sentul4

Air Terjun Bidadari Sentul, Wisata Air Terjun yang Modern Untuk Keluarga

Bukit Sentul atau yang lebih dikenal sebagai Sentul berlokasi di kota Bogor, Jawa Barat. Lokasi ini merupakan daerah perumahan kecil modern di Bogor. Sentul sendiri berjarak sekitar 48 km dari Jakarta dan dikelilingi oleh Gunung Salak dan Gunung Mas.

Saat ini Sentul sudah mengalami banyak kemajuan, mulai dari adanya sentra perbelanjaan, sentra konvensi, sentra rehabilitasi obat nasional, pengembangan eco-tour dan mempunyai dua lapangan golf. Selain itu, di daerah Sentul juga terdapat Jungleland yang sudah tersohor di Indonesia. Selain Jungleland, ada tempat wisata di Sentul lainnya yang terkenal, yaitu Air Terjun Bidadari.

Lokasi

Air Terjun Bidadari Sentul berlokasi di Desa Bojongkeneng, Sentul, Kabupaten Bogor. Tempat wisata ini mampu ditempuh dengan kendaraan roda empat, dan aksesnya juga cukup mudah. Dari Jakarta, pilihlah jalur Tol Jagorawi kemudian pilih jalan keluar melalui Tol Sentul City. Dari gerbang Tol Sentul ambilah jalan ke kiri. Setelah melaksanakan perjalanan selama beberapa meter, Anda akan menemukan sebuah perempatan. Pilih jalan perempatan yang paling sempit dengan papan petunjuk yang akan memandu Anda menuju Sentul Paradise Park. Air Terjun Bidadari Sentul berlokasi di daerah Sentul Paradise Park.

Sejarah Air Terjun Bidadari

Mulanya, lokasi Air Terjun Bidadari sangat tersembunyi. Untuk mencapai riam ini Anda harus berjalan kaki sejauh 2 km. Adanya bukit yang membentuk lembah menciptakan riam ini hanya mampu terlihat sebagian, bukan secara keseluruhan. Alhasil keindahan riam ini tidak mampu terekspos dengan baik.

Karena hal ini, bukit yang membentuk lembah tersebut kesannya digali untuk menciptakan jalan masuk jalan menuju air terjun. Penggalian ini juga bertujuan untuk menciptakan bak penampungan dari riam tersebut. Kemudian muncul hambatan kedua, yaitu sebuah kerikil besar yang sempurna berada di depan air terjun. Alhasil kerikil tersebut dibelah untuk dijadikan hiasan. Jika dilihat dari kejauhan, kerikil tersebut seolah terbelah oleh riam dan memberi jalan untuk pedoman air.

Menurut legenda yang beredar di masyarakat, di antara bebatuan raksasa yang ada terdapat sebuah celah yang dulunya merupakan tempat persembunyian Jaka Tarub. Sesuai dengan dongeng legenda yang ada, Jaka Tarub memakai celah tersebut untuk mengintip para bidadari dari kahyangan yang sedang mandi di sana. Itulah mengapa riam ini dinamakan sebagai Air Terjun Bidadari, alasannya yakni merupakan tempat dari para bidadari kahyangan mandi.

BACA JUGA:  5 Tempat Wisata di Demak yang Wajib Anda Kunjungi

Keindahan Air Terjun Bidadari Sentul

Air Terjun Bidadari Sentul beroperasi mulai pukul 8:00 WIB. Untuk menikmati keindahan riam ini Anda harus membayar tiket masuk sebesar 30.000 Rupiah dan biaya parkir sebesar 5.000 Rupiah. Oh ya, perlu Anda tahu bahwa tiket Wisata Air Terjun Bidadari hanya dijual di loket gerbang masuk. Bila Anda menemukan lokasi lain yang meminta pungutan tiket masuk jangan dibayarkan alasannya yakni pungutan tiket tersebut diduga sebagai pungutan liar yang dilakukan oleh warga sekitar.

Setelah membayar uang tiket di pintu gerbang, Anda masih harus melaksanakan perjalanan lagi dengan kondisi jalan yang tidak terlalu baik. Selama melaksanakan perjalanan dari gerbang utama menuju lokasi air terjun, Anda akan disuguhi pemandangan indah bukit, sawah, dan ladang yang hijau dengan latar Gunung Salak.

Air Terjun Bidadari mempunyai ketinggian sekitar 50 meter dengan debit air yang tidak terlalu deras. Untuk menuju riam dalam jarak dekat, Anda hanya perlu menyusuri tangga dan jembatan yang sudah ada. Di bawah riam juga dibangun sebuah bak yang mampu dipakai sebagi lokasi berenang untuk anak-anak. Kolam ini mempunyai kedalaman hanya 30 cm saja, sehingga sangat kondusif untuk dipakai berenang anak-anak.

Selain bak kecil yang kondusif untuk anak-anak, di sini juga terdapat bak besar yang dirancang sebagai alternatif lain untuk pengunjung yang ingin bermain air. Sayangnya, bak ini tidak kondusif bagi anak-anak, alasannya yakni mempunyai kedalaman sekitar 1,5 meter. Kedua bak air di Air Terjun Bidadari ini sangat jernih dan segar, tanpa kontaminasi materi kimia apapun. Tidak hanya itu, di tepi bak terdapat pasir putih yang pribadi didatangkan dari Pulau Belitung biar menciptakan bak terlihat mirip pantai buatan.

Meskipun pengelolaannya terlihat sudah modern, tetapi jangan khawatir alasannya yakni air di bak untuk berenang ini yakni mata air murni yang tidak akan menjadikan gatal-gatal atau sakit kulit lainnya. Di sini juga tersedia wahana Wave Pool dan Lazy Pool bagi Anda yang masih betah bermain air. Selain kedua jenis wahana air tersebut, di sini juga terdapat permainan lain mirip flying fox dan bahtera tangan. Tidak membawa perlengkapan berenang? Tidak perlu khawatir, alasannya yakni di sini juga tersedia persewaan pelampung donat dengan harga yang relatif terjangkau.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here