6 Tempat Wisata di Sumatera Barat yang Sangat Iconic

0
49
Mifan
Mifan

6 Tempat Wisata di Sumatera Barat yang Sangat Iconic

Tempat Wisata Sumatera Barat merupakan salah satu provinsi yang berada di kawasan pesisir selatan. Masyarakat sering menyebut sumatera barat yaitu sumbar.

Sumatera barat berada di barat bukit barisan, sehingga letak geografisnya yang bergelombang berupa perbukitan dan juga pegunungan.

Sumatera Barat juga merupakan salah satu kawasan yang mempunyai tempat wisata yang sangat beragam. Jika mendengar nama Sumatera Barat maka yang akan pertama kali terngiang yaitu jam gading dan juga rendang. Karena kedua kuliner tersebut merupakan salah satu kuliner yang terenak.

Wisata Sumatra Barat Terbaru
Berikut ini yaitu beberapa ulasan mengenai wisata terbaru yang berada di Sematra Barat :

1. Janjang Seribu Great Wall Of Kota Gadang

Sumatera barat mempunyai banyak tempat wisata, dan tempat wisata pertama terletak di bukit tinggi. Salah satu tempat wisata pertama kali yang berada di bukit tinggi yaitu janjang seribu. Janjang Seribu ini merupakan tempat wisata yang hampir ibarat dengan green canyon di AS.

Janjang seribu yang mempunyai tembok besar ibarat tembok china ini, mempunyai panjang 1 Meter. Jika Anda ingin berkunjung kesana, Anda memerlukan istirahat yang cukup. Karena tempat menuju janjang seribu ini cukup menguras tenaga untuk mencapai titiknya.

Jadi, kalau Anda sedang berkunjung ke Sumatera Barat dan berwisata ke tempat ini. Pastikan Anda membawa minuman dan kuliner yang cukup untuk kebutuhan Anda. Simak juga review kami wacana wisata aceh yang tak kalah menariknya.

2. Jam Gadang

Jam gadang ini merupakan salah satu tempat wisata yang menjadi iconnya di Sumatera Barat. Tempat wisata ini sudah ada semenjak terjadinya penjajahan Belanda. Memiliki luas 13 x 4 meter dan tinggi 26 meter yang terdiri atas beberapa tingkat.

Jam gadang yaitu jam besar, alasannya yaitu besarnya jam tersebut yang tak berbeda dan unik. Tempat ini menjadi salah satu tempat yang sering dikunjungi para wisatawan.

3. Pasar Bukittinggi

Tempat ini berada dibelakang jam gadang. Pasar bukittinggi ini terbagi menjadi 3 bagian, pertama dipasar bawah, kedua lereng dan tiga di pasar atas. Setiap dibagian pasar mempunyai tempat penjualan yang berbeda. Dipasar bab bawah menjual sayur dan mayur, buah-buahan dan juga bumbu masak.

BACA JUGA:  3 Tempat Wisata Baru di Yogyakarta Yang Menarik Dikujungi

Kemudian di bab lereng menjual masakan dan buah tangan khas sumatera barat. Seperti dadiah, karakaliang, keripik balado, hingga dnegan souvenir semuanya tersedia. Dan dibagian atas Anda akan menjumpai sulaman khas Sumatera Barat, ikan dan jual pakaian.

4. Ngarai Sianok

Tempat wisata satu ini berada di perbatasan bukit tinggi. Ngarai Sianok merupakan lembah yang curam. Jurangnya mempunyai kedalaman 100 meter dan luar 15 km, dengan lebar 200 meter. Lembahnya berbentuk panjang dan berkelok-kelok. Ngarai Sianok ini membentang dari selatan Ngarai kota gadang hingga dengan nagari.

Ngarai Sianok ini mempunyai pemandangan yang sangat indah dan sangat menyejukkan mata. Jika Anda ingin mengunjungi tempat ini, Anda cukup membayar tiket masuk Rp. 4.000. Sangat murah bukan?

Selanjutnya yaitu tempat wisata Sumatera barat di padang panjang. Padang panjang merupakan salah satu kota kecil yang berada di Sumatera Barat. Kota ini mempunyai julukan Egypte Van Andalas yang tak jauh dari kota padang, dengan jarak 96,7 km.

Padang panjang juga pernah menjadi sentra pemerintahan di Sumatera Barat pada jaman belanda dulu. Padang panjang ini dari Sumatera Barat berjarak 2 jam.

Kota ini mempunyai keindahana budaya dan pemandangan serta masakan yang luar biasa.

5. Air Terjun lembah anai

Tempat wisata ini merupakan salah satu tempat wisata yang sangat terkenal. Untuk mencapai penderasan anai harus mencapai 66,4 km atau 1 jam 50 menit. Air terjun ini juga mempunyai telaga air yang sangat jernih.

Tempat wisata ini juga merupakan salah satu hutan lindung sehingga masih banyak satwa liar yang berkeliaran, ibarat monyet. Arirnya berwarna kebiru-biruan, sangat jernih.

6. Minang Fantasi

Tampat wisata satu ini terletak di pegunungan bukit barisan. Didalam lokasi minang fantasi ini terdapat perkampungan yang menyediakan resort dan juga tempat menginap untuk para wisatawan. Minang fantasi berkonsep wisata dengan masih memakai konsep yang tradisional.

Dengan jumlah pengunjung yang mampu menampung sebanyak 25.000. Untuk masuk ke dalam tempat ini, Di hari senin-jum’at Anda cukup merogoh koceng sebanyak Rp. 40.000. Namun,

untuk hari sabtu-minggu harga normal yaitu Rp. 50.000. Dan untuk operasional pada hari senin-jum’at buka mulai pukul 07.00-17.00, dan untuk hari sabtu-minggu buka pukul 08.00-18.00.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here