6 Tempat Wisata Di Pacitan Yang Mengajak Anda Bertualang

0
12
Pantai Banyu Tibo
Pantai Banyu Tibo

6 Tempat Wisata Di Pacitan Yang Mengajak Anda Bertualang

Berikut ini yakni review tempat wisata di Pacitan, sebuah kabupaten yang terletak di provinsi Jawa Timur. Memang tak banyak yang menjadikan Pacitan sebagai destinasi wisata favorit mirip Bali, Yogyakarta, dan lainnya. Namun, jangan dulu memandang tempat yang dijuluki kota 1001 goa ini dengan sebelah mata.

Bagai cerita Ande Ande Lumut, Pacitan mempunyai kecantikan yang tersembunyi. Ketika kecantikan itu tersibak, pastilah akan mempesona jutaan mata. Topografi Pacitan mirip dengan Gunung Kidul, Yogyakarta, yakni didominasi oleh pegunungan karst atau kapur.

Oleh karenanya, tempat ini juga dikenal tandus. Meski demikian, potensi wisata yang terpendam di dalamnya sungguh luar biasa.

Review Tempat Wisata di Pacitan
Berikut 6 tempat wisata di Pacitan yang menarik hati selera bertualang Anda.

1. Pantai Klayar
Tempat wisata di Pacitan ini tepatnya terletak di Desa Kalak, Kecamatan Donorojo. Tak mirip dengan wisata pantai lainnya, Pantai Klayar menyuguhkan kecantikan alam yang berbeda.

Banyak daya tarik yang disuguhkan di pantai ini, namun yang paling menarik yakni eksistensi kerikil karang yang mirip Sphinx di Mesir. Tak hanya itu, di pantai ini juga terdapat seruling laut. Tentu tidaklah berwujud seruling sebenarnya, tetapi berupa kerikil karang besar yang bercelah. Ketika ombak menghempas mengenai kerikil karang tersebut akan terpancar air dan menjadikan suara mirip seruling.

Sayangnya ombak di pantai ini sangatlah ganas, sehingga pengunjung tidak diperkenankan untuk ‘nyebur’ ke laut. Tak perlu khawatir, alasannya yakni dengan menikmati panorama pantai yang anggun diiringi dengan seruling maritim nan merdu tak akan menciptakan Anda menyesal.

2. Pantai Teleng Ria
Jika dibandingkan dengan Pantai Klayar, Pantai Teleng Ria mempunyai ombak yang lebih bersahabat. Tak heran jikalau tempat wisata di Pacitan yang terletak di Jl. WR. Supratman, Kelurahan Sidoharjo ini menjadi salah satu yang difavoritkan sebagai destinasi wisata keluarga.

Pasir putih yang menghampar mampu menjadi arena bermain bawah umur dan duduk-duduk bersantai. Semakin menarik alasannya yakni di tempat wisata ini telah dilengkapi dengan fasilitas berupa penginapan dan juga area camping.

3. Pantai Watu Karung
Inilah ‘Hawainya’ Pacitan. Gulungan ombak besar yang dimiliki, menjadikan Pantai Watu Karung sebagai salah satu tempat surfing berkelas dunia yang ada di Indonesia. Tempat wisata di Pacitan ini tepatnya terletak di tempat Pringkukung.

Untuk mencapai pantai ini memang diharapkan perjuangan yang besar alasannya yakni aksesnya cukup sulit. Meski demikian hamparan pasir putih dengan pemandangan pulau karang dan air maritim yang kehijauan sudah niscaya akan membayar jerih payah Anda untuk mencapai tempat wisata ini.

BACA JUGA:  Tempat Wisata di Ponorogo Terbaru yang Paling Indah dan Menarik

4. Pantai Srau
Pantai Srau memang belum banyak terekspos, sehingga kecantikannya masih alami. Tempat wisata di Pacitan ini tepatnya berada di Desa Candi, Kecamatan Pringkuku. Keunikan yang ditawarkan oleh tempat wisata ini yakni eksistensi 3 zona dalam satu garis pantai yang sama, tetapi mempunyai aksara yang berbeda.

Di zona pertama mampu ditemui pantai berpasir putih yang halus. Pada zona kedua, pasir pantai cenderung lebih berangasan dan dibentengi dengan kerikil karang. Sementara di zona yang ketiga, tidak terdapat hamparan pasir tetapi hanya berupa kerikil karang yang berjejer. Sungguh sangat menarik bukan?

5. Pantai Banyu Tibo
Masih segaris dengan Pantai Klayar, namun Pantai Banyu Tibo mempunyai aksara yang berbeda. Pantai Banyu Tibo cenderung lebih kondusif bagi pengunjung untuk berenang atau sekadar basah-basahan bermain ombak di tepian. Ya, tempat wisata di Pacitan ini berlokasi di Desa Widoro, Kecamatan Donorejo.

Daya tarik utama dari Pantai Banyu Tibo yakni eksistensi riam kecil yang terletak di bibir pantai. Keindahan riam air tawar yang tumpah ke maritim dan bercampur dengan air maritim menjadi keunikan tersendiri. Sayangnya, pantai ini tidak terlalu luas, sehingga ketika air maritim pasang, maka tempat wisata ini kurang menarik untuk dinikmati. Nah, semoga tidak kecewa berkunjunglah ketika air maritim sedang surut yakni pada pagi atau sore hari.

6. Goa Gong
Julukan kota 1001 goa bagi Pacitan memang benar adanya. Di tempat ini terdapat banyak goa yang tidak ditemui di daerah-daerah lainnya. Goa Gong merupakan satu dari sekian banyak tempat wisata di Pacitan. Letaknya di Desa Bomo, Kecamatan Purung Donorejo. Banyak hal menarik yang disuguhkan tempat wisata ini. Satu yang paling menarik yakni eksistensi kerikil unik yang apabila dipukul akan mengeluarkan suara mirip gong (alat musik Jawa). Itulah alasan penamaan goa ini.

Goa Gong juga memberikan keindahan stalaktit yang menyembul di dinding dan langit-langit goa. Di dalam goa terdapat Sendang Bidadari dengan airnya yang jernih menambah daya tarik tempat wisata ini.

Tak perlu takut terpeleset atau membawa lampu senter, alasannya yakni goa ini telah dilengkapi dengan fasilitas jalan setapak dengan pagar pembatas dan juga penerangan yang temaram. Jadi, tak ada lagi alasan untuk enggan mengunjungi tempat wisata yang satu ini.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here