6 Tempat Wisata di Jawa Timur yang Wajib Dikunjungi

0
16
Gili Labak
Gili Labak

6 Tempat Wisata di Jawa Timur yang Wajib Dikunjungi

Jawa Timur yaitu salah satu provinsi di Indonesia yang mempunyai destinasi wisata lengkap. Wilayah ini menunjukkan bermacam-macam wisata alam mulai dari pegunungan, pantai, gua, hingga air terjun. Selanjutnya, wisatawan yang menyukai taman bermain juga mampu tiba ke beberapa lokasi di daerah Batu dan Lamongan.

Secara umum, hampir setiap kabupaten atau kota di Jawa Timur mempunyai destinasi unggulan masing-masing. Nah, pada artikel ini, kita akan membahas 15 tempat wisata di Jawa Timur yang terbaik dan selalu diburu oleh wisatawan ketika hari libur. Berikut ulasan selengkapnya.

1. Gunung Bromo

Gunung Bromo yaitu ikon dari Jawa Timur yang sudah populer hingga ke mancanegara. Setiap tahun, ribuan turis gila dari daerah Eropa berdatangan ke tempat wisata di Jawa Timur ini, terutama ketika ekspresi dominan panas. Mereka ingin melihat sendiri menyerupai apa kemagisan dari Gunung Bromo yang mempunyai ketinggian 2.329 mdpl ini.

Gunung yang terletak di Probolinggo ini menunjukkan 3 pesona yang tidak mampu ditolak dengan mudah. Pertama yaitu lautan pasir yang luas. Berjalan dari parkiran hingga ke puncak gunung akan membuat Anda menyerupai berada di gurun pasir. Kedua yaitu pemandangan dari jauh yang Instaram-able. Dari daerah Penanjakan Anda mampu menyaksikan matahari terbit yang menembus kabut.

Ketiga yaitu sensasi menunggang kuda di padang pasir. Kalau Anda tidak berpengaruh melaksanakan perjalanan, sewalah kuda hingga ke kaki gunung kemudian kemudian naik tangga hingga ke puncak.

2. Kawah Ijen

Kawah Ijen telah berhasil menjadi ikon kedua dari Jawa Timur yang ketenarannya tidak kalah dengan Bali. Terletak di daerah Banyuwangi, kawah dari gunung yang terus mengeluarkan welirang ini menjadi tujuan wisatawan yang ingin mencicipi pendakian kecil sembari menyaksikan bentang alam yang menakjubkan.

Atraksi yang ditawarkan oleh tempat wisata di Jawa Timur ini yaitu kegiatan penambang welirang yang unik. Ada puluhan orang menambang dari pagi untuk membawa bongkahan kerikil welirang dari gunung hingga ke bawah. Selain itu, Kawah Ijen juga mempunyai blue fire yang merupakan salah satu fenomena alam terbaik di dunia.

Saat dini hari, daerah kawah di gunung ini memendarkan warna biru menyerupai api. Untuk mampu menyaksikannya, wisatawan harus berangkat pukul 01.00 atau 02.00 pagi biar sinar matahari tidak mengaburkan fenomena menakjubkan ini.

3. Jatim Park

Jatim Park 1 dan Jatim Park 2 merupakan taman bermain yang berada di Kota Batu. Taman bermain ini menunjukkan puluhan wahana yang unik dan cocok untuk bawah umur dan dewasa. Dengan harga tiket masuk Rp100.000 ketika final pekan dan Rp70.000 ketika hari biasa, Anda mampu mencicipi sensasi berlibur yang mengasyikan.

Di Jatim Park 1, Anda mampu bermain hingga puas di aneka wahana yang disajikan. Selanjutnya di Jatim Park 2, Anda mampu menikmati dua atraksi yang menarik. Pertama ada Batu Secret Zoo yang berisi banyak satwa dari aneka macam dunia dan yang kedua yaitu Museum Satwa yang berisi koleksi binatang yang telah mati dan diawetkan untuk keperluan edukasi.

BACA JUGA:  4 Tempat Wisata di Lampung Menarik dan Wajib untuk Anda Kunjungi

Kalau Anda ingin tiba ke tempat wisata di Jawa Timur tersebut, disarankan untuk tiba ketika hari biasa saja. Ketika hari libur atau final pekan tiba, daerah ini akan penuh sesak sehingga Anda tidak mampu menikmati semua atraksinya dengan lengkap.

4. Museum Angkut

Museum Angkut masih terletak di daerah Kota Batu yang merupakan sentra wisata Jawa Timur. Tempat wisata di Jawa Timur ini menunjukkan aneka koleksi kendaraan untuk angkutan dari zaman kuno hingga modern. Ada aneka sepeda, motor, mobil, hingga miniatur pesawat terbang yang dipajang untuk menarik banyak wisatawan.

Selain menunjukkan aneka koleksi kendaraan, museum yang mempunyai luas hingga berhektare-hektare ini juga mempunyai bab bertema. Bagian dari museum didesain menyerupai sekali dengan daerah Hollywood hingga Eropa Kuno. Pada beberapa kesempatan juga ada parade menyerupai mirip karnaval.

Dengan koleksi kendaraan lebih dari 300 buah, daerah Museum Angkut cocok untuk tempat foto. Setiap hari ada ratusan orang berburu gambar di titik-titik menarik atau melaksanakan swafoto bersama dengan teman-teman.

5. Pantai Klayar

Kalau di daerah Bali ada Devil’s Tear, maka di Pacitan ada Pantai Klayar yang menunjukkan deburan air ke udara. Saat ombak mengenai kerikil karang, buliran air akan terciprat ke udara sehingga siapa saja yang berada di bersahabat lokasi mampu berair kuyup tanpa harus mencebur ke laut.

Wisatawan yang tiba ke Pantai Klayar mampu menikmati pemandangan perbukitan karang yang terukir alami oleh air plus ombak yang besar dan selalu membuat atraksi. Selain itu, keadaan alam sekitar juga masih alami dikarenakan telah dikelola dengan baik oleh pemerintah setempat.

Oh ya, alasannya yaitu Pantai Klayar terletak di Samudra Hindia, ombaknya sangatlah ganas. Bahkan, setiap hari gelombang airnya selalu berubah sehingga tidak cocok untuk lokasi berenang atau melaksanakan acara maritim lainnya.

6. Gili Labak
Setelah berkutat di daerah Pulau Utama, kini kita akan berlanjut ke daerah Madura yang ternyata juga menunjukkan destinasi menarik. Di daerah Sumenep terdapat sebuah pulau berjulukan Gili Labak yang keindahannya mampu menyamai Gili Trawangan yang ada di daerah Lombok, Nusa Tenggara Timur.

Gili Labak mampu diakses dengan memakai bahtera motor dengan tarif sewa Rp350.000 per 15 orang. Setelah melaksanakan perjalanan dari Kawasan Kalianget, wisatawan mampu menyaksikan birunya lautan yang bening dan juga pulau kecil yang mempunyai pasir putih nan lembut.

Di tempat wisata di Jawa Timur ini, wisatawan mampu melaksanakan acara menarik menyerupai berenang di air yang tenang, berkeliling pulau yang tidak begitu luas, dan melaksanakan snorkeling untuk menikmati keindahan terumbu karang. Gili Labak yaitu alternatif wisata pulau yang menarik dan masih sepi di Jawa Timur & bahkan di Indonesia.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here