6 Tempat Wisata di Garut yang Wajib Dikunjungi

0
11
Curug Orok 768x588
Curug Orok 768x588

6 Tempat Wisata di Garut yang Wajib Dikunjungi

Garut yaitu sebuah kabupaten di Jawa Barat yang berada di antara Bandung dan Tasikmalaya. Selain populer dengan dodolnya, kabupaten yang dikelilingi oleh lima gunung ini juga menyimpan banyak destinasi wisata yang menarik untuk dikunjungi. Mulai dari gunung, pantai, curug, sungai, sampai wisata air panas, semuanya tersedia. Mau tahu apa saja tempat wisata di Garut yang populer dan menjadi favorit para wisatawan? Berikut rekomendasinya.

1. Gunung Papandayan

Gunung Papandayan merupakan gunung api yang cukup populer sebagai wisata pegunungan di Jawa Barat. Gunung ini berlokasi di Kecamatan Cisurupan, Garut Selatan. Jika berangkat dari sentra Kota Garut, Anda mampu menempuhnya dalam waktu sekitar 3 jam perjalanan memakai kendaraan beroda empat pribadi. Sementara kalau memakai angkutan umum, Anda mampu turun di Alun-Alun Cisurupan dan melanjutkan perjalanan memakai ojek atau colt buntung sampai ke area publik Taman Wisata Alam Papandayan.

Berada di ketinggian 2665 meter di atas permukaan laut, tempat wisata di Garut ini memberikan beberapa spot menarik yang mampu Anda jelajahi, mulai dari Kawah Papandayan, Hutan Mati Papandayan, Tegal Panjang, Tegal Alun, serta Camping Ground Pondok Saladah. Sementara kalau ingin mendaki, jalur pendakian gunung ini juga cukup landai dan dekat bagi pendaki yang masih pemula atau bahkan anak-anak.

2. Gunung Cikuray

Gunung Cikuray merupakan gunung paling tinggi yang ada di Garut. Dengan ketinggian mencapai 2.818 meter di atas permukaan laut, tempat wisata alam di Garut yang satu ini menyuguhkan keindahan yang sudah sangat populer di kalangan para pendaki gunung atau pecinta alam. Dari atas puncak Gunung Cikuray, Anda akan disuguhi pemandangan Kota Garut, Gunung Papandayan, Kawah Kamojang, Gunung Slamet, Gunung Ciremai, sampai garis pantai selatan di kejauhan.

Jika cuaca sedang cerah, Anda pun mampu melihat hamparan awan putih yang menggumpal kolam samudra. Karenanya, tak heran kalau banyak pendaki yang menyebut puncak Gunung Cikuray sebagai negeri di atas awan.

Nah, bagi Anda yang ingin melaksanakan pendakian di Gunung Cikuray, ada tiga jalur utama yang mampu Anda pilih, yaitu jalur pendakian via Pemancar Cilawu, jalur pendakian cia Boyongbog, serta jalur pendakian via Cikajang. Namun, sebagai informasi, trek pendakian di gunung ini lebih terjal kalau dibandingkan dengan Gunung Papandayan.

3. Gunung Guntur

Selain Gunung Papandayan dan Gunung Cikuray, tempat wisata pegunungan lainnya yang juga tak boleh Anda lewatkan dikala berkunjung ke Garut yaitu Gunung Guntur. Gunung api yang masih aktif ini mempunyai ketinggian 2.249 meter di atas permukaan laut. Meskipun tidak lebih tinggi daripada Gunung Papandayan, namun trek pendakian di Gunung Guntur lebih sulit alasannya yaitu tanjakannya tidak mengecewakan tajam dan melewati jalur berpasir, seperti jalur pendakian di Gunung Semeru.

Tak kalah dengan Puncak Papandayan atau Cikuray, pemandangan yang disuguhkan dari atas puncak tempat wisata di Garut yang satu ini juga sangat indah. Anda mampu melihat Gunung Cikuray, objek wisata Situ Bagendit, sampai Pemandian Air Panas Cipanas Garut.

BACA JUGA:  Tempat Wisata Air Terjun Cibaliung

4. Arung Jeram Sungai Cimanuk

Sungai Cimanuk yaitu tempat wisata di Garut yang cocok dikunjungi para pecinta arung jeram atau rafting. Dengan fatwa sungai dan jeram-jeramnya yang deras, adrenalin Anda niscaya akan terpacu dikala melaksanakan rafting di sungai ini. Saat mengarungi sungai, Anda pun akan disuguhkan dengan panorama alam yang sangat indah dan asri, tak kalah dari arung jeram di Sukabumi. Berarung jeram di Sungai Cimanuk pastinya akan mampu menjadi acara wisata yang mengasyikkan dan menghilangkan beban pikiran Anda dari rutinitas sehari-hari.

Nah, untuk rute arung jeramnya sendiri, Anda mampu menentukan 1 dari 2 rute yang ada, yaitu rute Kampung Padarek Kecamatan Boyongbong – Lapang Faris Kecamatan Tarogong Kidul – Janger atau rute Patrol Kecamatan Banyuresmi – Leuwigoong – Sasak Beusi Cibatu. Harga paket raftingnya pun cukup beragam, salah satunya yang paling murah yaitu Rp350.000 per orang dengan minimal penerima sebanyak 25 orang. Tarif tersebut sudah termasuk peralatan arung jeram, transportasi menuju lokasi awal, pendampingan oleh pelatih profesional, tim penyelamat berpengalaman, safety equipment, asuransi, P3K, serta satu kali makan siang dan snack. Bagaimana? Tertarik untuk mencobanya?

5. Curug Sanghyang Taraje

Curug Sanghyang Taraje berlokasi di Kampung Kombongan, Desa Pakenjeng, Kecamatan Pamulihan, Garut. Dengan tinggi fatwa air sekitar 90 meter, tempat wisata di Garut ini memberikan pemandangan gerojokan yang sangat indah dengan dua jalur gerojokan yang cukup deras. Karenanya, tak heran kalau para wisatawan sering menyebutnya sebagai curug kembar.

Di sekitar daerah air terjun, Anda juga akan dimanjakan dengan pemandangan alam yang sangat hijau dan asri. Menurut legenda yang beredar di masyarakat setempat, Curug Sanghyang Taraje ini merupakan tempat yang dipakai Sangkuriang untuk mencapai langit dan mengambil bintang untuk diberikan kepada Dayang Sumbi.

6. Curug Orok

Selain Curug Sanghyang Taraje, Garut juga mempunyai curug lain yang tak kalah indah, yakni Curug Orok. Orok berarti anak dalam bahasa Garut. Dinamakan demikian alasannya yaitu berdasarkan dongeng yang beredar di masyarakat Garut, konon pernah ada seorang ibu yang membuang orok atau bayi dari atas curug tersebut.

Namun, terlepas dari mitos yang ada, tempat wisata di Garut yang berlokasi di Desa Cikandang ini memberikan pemandangan alam yang sangat memukau dan sayang untuk dilewatkan. Di sekitar gerojokan utamanya yang tinggi dan deras, terdapat curug kecil yang mengalir dari sela-sela tebing yang tertutup perdu. Saat berkunjung ke tempat wisata ini, Anda mampu menghabiskan waktu dengan bermain air ataupun menikmati udara pegunungan yang segar sambil menyesap kopi hangat. Menyenangkan, bukan?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here