5 Tempat Wisata Temanggung, Lokasi-Lokasi Indah di Tanah Leluhur Jawa Suriname

0
14
Watu Layah
Watu Layah

5 Tempat Wisata Temanggung, Lokasi-Lokasi Indah di Tanah Leluhur Jawa Suriname

Tempat wisata Temanggung tidak kalah serunya untuk dicoba kunjungi. Daerah ini mempunyai banyak wisata embung, riam dan dataran tinggi. Di daerah ini hutan wisata, yang di dalamnya ada pohon yang konon telah berusia ratusan Tahun.

Sekilas Soal Temanggung
Sebagian besar wilayah Kabupaten Temanggung merupakan dataran tinggi dan pegunungan. Bagian dari rangkaian Dataran Tinggi Dieng. Di perbatasan dengan Kabupaten Wonosobo terdapat Gunung Sindoro dan Gunung Sumbing.

Cengklungan, merupakan kesenian khas Temanggung. Cengklungan bekerjsama bercerita wacana kehidupan petani. Setiap gerakannya menggambarkan tarian petani dalam mengolah tanah pertaniannya. Ada gerakan mencangkul, menanam padi, menyiangi padi, menghalau burung, menuai hingga menumbuk padi.

Bahasa daerah yang umum digunakan masyarakat Temanggung yaitu Bahasa Jawa Kedu. Dialek Kedu yaitu nenek moyang dari bahasa Jawa yang biasa digunakan di Suriname. Dialek ini terkenal dengan cara bicaranya yang khas. Merupakan pertemuan antara dialek “Mataram/bandek” dan dialek Banyumasan.

Temanggung berada di jalan provinsi yang menghubungkan Semarang-Purwokerto. Jalan Raya Parakan-Weleri menghubungkan Temanggung dengan jalur pantura. Untuk daerah yang berbatasan dengan Kabupaten Semarang dilalui oleh jalan nasional yang menghubungkan Semarang-Yogyakarta.

Embung Kledung

Embung Kledung merupakan sebuah waduk kecil yang berfungsi untuk penampungan air di Temanggung. Awalnya embung tepat wisata Temanggung ini digunakan oleh warga sekitar untuk sumber air di trend kemarau, dan lambat laun dijadikan tempat wisata baru.

Di tempat Embung Kledung ini banyak pemandangan yang disuguhkan. Salah satunya yaitu kemegahan Gunung Sindoro. Pemandangan gunug, di tempat wisata Temanggung ini seperti dengan pemandangan ala Gunung Fujiyama dan ada juga panorama keeropaannya.

Ketika cuaca sedang cerah pengunjung mampu melihat permukaan air Embung yang membiaskan bayangan Gunung Sindoro dan Alam sekitar Embung Kledung. Selan itu juga terlihat kerumunan ikan yang bermunculan di Embung ini.

Wisata ini banyak tempat yang sangat cocok untuk berfoto foto instagenik dan keren pastinya. Udara yang sejuk juga menjadi daya tarik tersendiri, sebab memang Embung Kledung ini di bagung di lereng Gunung Sundoro. Kaprikornus suasana khas pengunungan mampu dirasakand negan tepat di tempat wisata Pasuruan ini.

Adapun spot yang disediakan untuk berfoto antara lain andalah Kursi Gantung, Ayunan, Jembatan Warna dan Rumah pohon. Tak hanya itu dikawasan Embung Kledung ini juga di jadikan Agrowisata. Dimana selain anda berwisata anda juga mampu berguru megenai banyak sekali tumbuhan, diantaranya Sayur, Buah, Bunga dll.

Lokasi: Kecamatan Kledung, Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah
Tiket: 4.000
Jam Buka: 06.00-17.15

Embung Tlogopucang

Embung atau telaga buatan yang menampung air hujan ini terletak di Desa Tlogopucang. Bagi penduduk sekitar, air di telaga tempat wisata Temanggung ini penting di ketika trend kemarau. Hal ini sebab desa setempat sering mengalami kekeringan.

Seperti objek wisata lainnya, embung Tlogopucang sekarang makin ramai dikunjungi oleh akil balig cukup akal Temanggung. Tidak hanya untuk liburan, mereka juga menghabiskan waktu di sana mencari spot foto kece serta instagram-able. Melihat semangat dari pengunjung, pengelola telaga mengembangkan spot foto cantik.

Bukan hanya nirwana bagi pecinta fotografi, embung Tlogopucang tempat wisata Temanggung ini juga tempatnya traveler yang suka dengan alam. Beberapa pengunjung menetapkan untuk bermalam dan membangun tenda di area berkemah.

Dengan berkemah, mereka bukan hanya ingin menikmati keindahan desa Tlogopucang di malam hari tapi menanti senja dengan pemandangan Gunung Sumbing, Gunung Sindoro dan Gunung Prau.

BACA JUGA:  Tempat Wisata di Lampung Yang Keren dan Indah Banget!

Sebelum menerima pemandangan telaga buatan, pengunjung yang berkunjung ke embung Tlogopucang akan disuguhkan dengan pemandangan yang tidak kalah menarik. Sepanjang jalan, pepohonan pinus yang berjajar rapi seakan menjadi tuan rumah yang ramah dan menyenangkan. Meski jauh, tentu saja wisatawan tidak akan bosan.

Lokasi: Tlogopucang, Kandangan, Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah
Tiket: 3.000
Jam Buka: 24 Jam

Wisata Alam Mijil Loka

Mijil Loka Temanggung ini merupakan tempat wisata alam di Temanggung yang tergolong baru. Tempat wisata temanggung ini lokasinya terletak di desa Pongangan. Saat mengunjungi Mijil Loka Temanggung ini, pengunjung akan menemukan gardu pandang yang mana mampu kau gunakan untuk menikmati pemandangan di atas ketinggian.

Bagi yang suka berswafoto dengan latar sunrise dan pemandangan alam berupa gunung, maka wajib berkunjung ke tempat wisata temanggung ini. Meskipun tidak setenar dengan bukit lainnya di temanggung, namun tempat ini dilarang kau abaikan.

Tersedia gardu pandang di atas ketinggian tertentu yang mampu kau jadikan sebagai tempat untuk menghasilkan foto instagramable.

Lokasi: Dusun Pongangan, Candisari, Bansari, Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah
Tiket: 5.000
Jam Buka: 08.00-17.00

Wisata Alam Posong

Wisata alam posong kledung temanggung, merupakan sebuah tempat wisata temanggung yang gres di populerkan beberapa tahun ini. Tempat ini menyuguhkan keindahan khas alam pegunungan yang begitu memanjakan mata sebab lokasinya yang begitu strategis yaitu berada di padang safana kledung.

Padang safana kledung ini merupakan belahan tengah tengah anatar gunug sindoro dan gunung sumbing yang nampak indah kalau di lihat dari dari tempat wisata alam posong. Bila berkunjung ke tempat pada waktu sore hari, akan disuguhkan pemandangan golden sunset dengan pancaran sinar yang membelah kedua gunung tersebut.

Selain menyuguhkan pemandangan khas pegunungan dan golden sunset, tempat wisata temanggung ini juga menyediakan gazebo bagi pengunjung. Fasilitas ini untuk menciptakan pengunjung semakin nyaman ketika menikmati indah panorama di sekitar wisata alam posong.

Untuk pengunjung yang ingin mencoba suasana lain dari wisata ini, mampu mencoba fliying fox di sekitar area. Pengunjung akan menikmati sensasi meluncur di sejuknya udara pegunungan yang di hiasi dengan hijaunya pepohonan dan area perkebunan masyarakat sekitar.

Lokasi: Parakan Wonosobo Km. 9, Kec. Temanggung, Jawa Tengah
Tiket: 7.000
Jam Buka: 03.00-17.00

Watu Layah

Watu Layah Temanggung. Menjadi salah satu destinasi wisata hits di Jawa Tengah. Baru saja diresmikan tamat tahun 2016, tempat wisata temanggung ini pribadi menjadi materi omongan menarik di banyak sekali sosial media.

Panorama dimilikinya begitu eksotis dengan menyajikan keindahan pegunungan dan hamparan rerimbunan hutan pinus asri. Selain keindahan alam di sini mengasyikkan, kalau masih pagi hari kabut sekitar sangat pekat menyelimuti pepohonan dan bukit-bukit kecil di sekeliling, menciptakan semakin betah berlama-lama.

Hal menarik lainnya, sobat mampu menaiki sebuah deck view atau gardu pandangan berukuran besar biar mampu menyaksikan hamparan serta panorama kece. Sebagai info tambahan, kalau ingin camping di sini maka wajib ijin terlebih dulu kepada Pokdarwis setempat.

Fasilitas yang ada di tempat wisata temanggung Watu Layah terbilang cukup untuk ukuran wisata baru. Di sini tersedia area parkir dan warung kecil. Untuk terusan jalannya terbilang baik, meski di beberapa titik kau akan menemui jalan berbatu.

Lokasi: Desa Tlogopucang sebelah utara, Kecamatan Kandangan, Temanggung, Jawa Tengah.
Tiket: 5.000
Jam Buka: 08.00-18.00

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here